Monday, February 1, 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011 (Bgn 8)

 

 

Hati yang lurus adalah Bodhi-manda (tempat pelatihan diri), apa yang dimaksud dengan hati yang lurus? Sebutir niat pikiran pun tidak ada. Jika masih timbul niat pikiran adalah hati khayal, di dalam hati khayal ada niat baik dan niat buruk, sedangkan di dalam hati yang lurus, tidak ada niat pikiran baik maupun buruk, begini barulah disebut hati yang lurus.

 

Namun jangan sampai salah tafsir mengira hati yang lurus itu sama dengan pikiran kosong, tidak memikirkan apa-apa lagi. Jadi jangan samakan “Asamjni samapatti” atau samadhi pikiran hampa dengan hati yang lurus, ini merupakan kekeliruan yang besar.

 

Setelah berhasil melatih “Asamjni samapatti”, si praktisi akan terlahir di Alam Asannasatta (Pali) atau Alam Asamjnasattva (Sanskrit), yang terdapat di empat tingkatan Alam Jhana di Arupaloka, masih saja berada di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

 

Apa yang dimaksud dengan hati yang lurus? Niat pikiran apapun tidak ada, ketika orang lain yang bertanya padamu, apapun dapat diketahui, ada kebijaksanaan di dalamnya.

 

Apa yang dimaksud dengan “Asamjni samapatti”? Tidak memikirkan apa-apa lagi, tidak ada niat pikiran apapun lagi, apapun tidak diketahuinya, tidak tahu apa-apa, inilah yang disebut sebagai Avidya (ketidaktahuan/kegelapan batin).

 

Hati yang lurus adalah hati yang tercerahkan, hati yang suci, setara dan tercerahkan, inilah yang dimaksud dengan hati yang lurus, jadi bukan berarti apapun tidak tahu.

 

Yang juga kita katakan bahwa apapun diketahuinya, namun tidak ada satupun hal yang ditaruh di hatinya, di dalam hatinya adalah suci bersih, tidak ternoda meskipun oleh setitik debu pun, segalanya diketahuinya, inilah yang dimaksud dengan hati yang lurus.

 

Di dalam hati yang lurus terdapat kebijaksanaan yang tak terhingga, kemampuan kebajikan yang tak terhingga, rupa bagus yang tak terhingga, yang dapat memunculkan segala-galanya.

 

Di sini pastinya tidak boleh ada salah paham. Hati yang lurus adalah Bodhi-manda (tempat pelatihan diri) Tathagata.

 

Maka itu kita menempatkan Buddha Amitabha di dalam hati kita, segala sampah batin mesti dibuang, setiap niat pikiran yang timbul adalah Amituofo, mulut melafal Amituofo, di dalam hati cuma ada Buddha Amitabha saja, selain lafalan Amituofo tidak ada bentuk pikiran lainnya.

 

Serupa dengan yang disampaikan oleh Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) sebagai mengganti hati, beliau sering mengajarkan kita supaya mengganti hati, di hati cuma boleh ditaruh lafalan Amituofo saja.

 

Apa yang terjadi setelah berhasil menggantinya? Melihat semua orang adalah Buddha Amitabha, melihat segala hal dan benda juga adalah Buddha Amitabha, melihat keseluruhannya adalah Buddha Amitabha.

 

Sekarang anda telah berhasil, selain lafalan Amituofo, tidak ada lagi bentuk pikiran lainnya, kekotoran batin dan tabiatmu juga tidak ada lagi, timbul hati sukacita.

 

Setelah diri sendiri meraih keberhasilan, tak lupa menyelamatkan para makhluk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011

 

Artikel Terkait :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2011 (Bgn 2)

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011 (Bgn 10)

 

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html

 

 

「《六祖壇經》曰:若於一切處,行住坐臥,純一直心,不動道場,直成淨土,此名一行三昧」。《大乘起信論》裡面講菩提心,菩提心的體就是直心,它的作用有自受用、有他受用,自受用是深心,他受用是大悲心,一體二用。直心是道場,直心是什麼?一個念頭都沒有。起念頭就是妄心,妄心裡頭有善念、有惡念,直心裡頭善惡念頭全沒有,這是直心。這個地方有差別,如果一個念頭都沒有,你認為是直心就錯了,為什麼?那是無想定,什麼都不想了。千萬不能把無想定當作是直心,就大錯特錯了。無想定修成,到四禪無想天,還在六道裡頭。直心是什麼?什麼念頭都沒有,人家問你什麼,什麼都知道,會有智慧在裡頭。無想定是什麼?心是定了,什麼念頭都沒有,他什麼也不知道,什麼都不知道他是無明。直心是覺心,清淨平等覺是直心,不是什麼都不知道。也就是我們說,樣樣都知道,沒有一樣放在心上,心地裡乾乾淨淨一塵不染,樣樣知道,這是真心;真心裡頭無量智慧、無量德能、無量相好,能生萬法。所以,這裡決定不能夠誤會。直心是道場,妙覺如來的道場,直成淨土,這真的清淨。這是理一行三昧。

 

  「次,事之一行三昧,即念佛三昧之異名。」所以不要把念佛看小了,念佛是修一行三昧。為什麼?一心念佛,心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外全放下了。因為心裡有阿彌陀佛,這叫事,從事一心念到理一心,這是我們能夠用的辦法。如果沒有事,單單講理一心,我們做不到,肯定有妄想、雜念滲透進去。所以我們把心裡擺上阿彌陀佛,其他的拉雜東西清除掉,起心動念是阿彌陀佛,口裡念的是阿彌陀佛,我們一舉一動都是佛事。這就是早年我們在台中跟李老師,老師常常教導我們換心,心上只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有。真換過來了,是什麼樣子?看到一切人都是阿彌陀佛,看到一切物都是阿彌陀佛,看到一切事統統是阿彌陀佛。你修成功了,你的妄想沒有了,你的煩惱習氣沒有了,一團歡喜,真的常生歡喜心。自己成就了,要普度眾生。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五九六集)  2011/9/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0596

 

 

 


Para Buddha Tathagata memberi gelar kepada Buddha Amitabha sebagai “Rajanya para Buddha”, melafal Amituofo disebut sebagai rajanya dari segala samadhi, hendaknya memahami kebenaran ini.

 

Kekotoran batin dan tabiat para makhluk, serta bentuk-bentuk pikirannya sangat banyak, bagaimana mungkin bisa melenyapkannya? Melafal Amituofo adalah cara yang bagus.

 

Membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, meskipun tidak dapat melenyapkannya, namun dapat menawarkan-nya (membuatnya jadi hambar), tidak seperti dulu begitu melekat sekali, sekarang perlahan-lahan jadi tawar, semakin hambar maka semakin besar pula kepastian berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kemelekatan yang kuat merupakan masalah yang sangat besar, mengapa demikian? Tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Harus diketahui bahwa, pada masa kehidupan lampau, kita telah memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga, kalimat ini harus anda akui. Apa alasannya?

 

Tanpa memiliki akar kebajikan sedemikian rupa, pada satu masa kehidupan ini anda tidak mungkin berkesempatan bersua dengan Buddha Dharma, tidak dapat bertemu dengan Aliran Sukhavati.

 

Anda memiliki kesempatan bersua dengan Buddha Dharma dan Ajaran Sukhavati, maka dapat dipastikan bahwa pada masa kehidupan lampau, anda telah memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga, adanya akar kebajikan yang sedemikian besarnya, barulah anda dapat bersua dengan Buddha Dharma dan Aliran Sukhavati.

 

Setelah bertemu tetapi tidak dapat meyakini-nya, tidak sanggup memahaminya, ini dikarenakan rintangan karma diri sendiri yang terlampau berat, yakni pada masa kehidupan lampau dan masa kehidupan sekarang menciptakan karma buruk yang terlampau banyak.

 

Pada masa kehidupan sekarang tidak menciptakan karma buruk, tetapi bagaimana dengan kehidupan masa lampau? Apakah dapat memastikan diri sendiri tidak menciptakan karma buruk? Bagaimana pula dengan masa-masa kehidupan lampau, adakah menciptakan karma buruk?

 

Andaikata bukan karena rintangan karma yang terlampau mendalam, lihatlah, tidak sedikit orang yang begitu mendengar langsung meyakini, begitu mendengar langsung menerima, mengerahkan segenap hati guna melafal Amituofo, hingga 3-5 tahun kemudian berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, orang tipe begini sudah sering kami jumpai.

 

Mari kita bandingkan diri kita dengan dia, mengapa dia dapat meyakini begitu saja, lalu dengan tekun mengamalkannya? Begitu bersua dengan orang lain langsung menyapa dengan lafalan Amituofo, ketika anda bicara dengannya, dia cuma menjawab Amituofo.

 

Sepertinya dia tidak punya kosa kata lain selain lafalan Amituofo, tidak memiliki bentuk pikiran lainnya, juga tidak punya topik perbincangan lainnya, satu-satunya cuma melafal Amituofo sambil tersenyum pada dirimu, beginilah sikapnya pada orang lain.

 

Apa yang anda katakan padanya, entah dia paham atau tidak, semuanya ditanggapi dengan sepatah Amituofo. Kita tahu bahwa orang-orang ini sedang melatih samadhi, janganlah meremehkannya, keterampilan melatih dirinya telah efektif.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011

 

諸佛如來都稱阿彌陀佛為「佛中之王」,念阿彌陀佛,稱為三昧中王,要明白這個道理。凡夫業障、習氣、雜念太多,怎麼能把這個東西斷掉?念佛是個好辦法。真心念佛,雖然不能斷,會完全淡化,不像從前那麼嚴重的執著,就慢慢淡化,愈淡,往生西方極樂世界愈有把握。堅固的執著是很麻煩的事情,為什麼?依然不能往生。要知道,我們過去生中已曾供養無量諸佛如來,這句話你要承認。為什麼?你沒有這個善根,你在這一生當中遇不到佛法,遇不到淨宗。你能遇到佛法、遇到淨宗,就肯定了你過去生中曾經供養無量諸佛如來,這麼大的善根你才遇到。遇到還不能相信、還不能理解,這是你業障太重了,也就是宿世今生造的惡業太多。這一生沒造什麼,過去生中有沒有造?再過去有沒有造?如果不是很深的這些業障,你看真有不少人一聽就相信,一聽就接受,他就真用功去念,念個三年、五年他真往生了,這種人我們常常看到。我們跟他比一比,為什麼他就相信、他就真幹?見到人都是阿彌陀佛、阿彌陀佛,你跟他講話,他也是阿彌陀佛、阿彌陀佛。好像他沒有雜心閒話,就是一句阿彌陀佛笑咪咪的來對你,跟你應對。你講的東西,不管他聽懂聽不懂,他全是阿彌陀佛。我們曉得,這些人他在修一行三昧,不能小看他,他真有功夫,功夫真得力了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五九六集)  2011/9/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0596

 

 

 


 

Hari ini secara teori tampaknya kita telah mengerti, namun sesungguhnya tidaklah demikian, andaikata kita telah memahaminya, pasti segera mengamalkannya.

 

Serupa dengan Master Huineng, guru sesepuh aliran Dhyana ke-6, ketika berada di ruang kuti Sesepuh ke-5, beliau telah memahaminya maka itu mencapai pencerahan seketika.

 

Sesepuh ke-5 memberikan pengesahan kepada dirinya, mewariskan jubah dan patra sebagai bukti bahwa Sesepuh ke-6 telah mencapai pencerahan, menemukan kembali jiwa sejati.

 

Hari ini kami juga sangat berterima kasih, dalam perjalanan pelatihan diri kami menemui banyak kesulitan, jika Buddha tidak menganugerahkan usia yang panjang, maka pengetahuan kami akan Buddha Dharma amatlah terbatas.

 

Terbatas dalam arti tidak dapat mengakhiri samsara, tidak dapat keluar dari Triloka, hanya dapat mengembangkan kebijaksanaan untuk masa kehidupan berikutnya.

 

Pada masa kehidupan mendatang, pastinya takkan jatuh ke tiga alam rendah, pastinya berada di Alam Dewa atau di Alam Manusia, menjadi sosok yang memiliki kebijaksanaan, inilah yang dapat kami pahami tentang buah akibat dari masa kehidupan mendatang diri kami.

 

Namun Buddha telah memperpanjang usia kami sehingga kami memiliki waktu untuk mendalami ajaran sutra, kami sangat bersyukur. Berterima kasih pada budi para Buddha Tathagata, berterima kasih pada budi semua makhluk, dukungan dari banyak orang, upaya kami tak terpisahkan dari para makhluk (pemberi ceramah tidak mungkin terpisahkan dari pendengar ceramah).

 

Setelah memahaminya, kami jadi sanggup melepaskan kemelekatan, hal ini serupa dengan ucapan Master Zhangjia padaku, seberapa banyak yang anda pahami, maka sebanyak itu pula anda sanggup melepaskan.

 

Maka itu hendaknya melihat dari pengamalan, jika anda tidak sanggup mengamalkan, berarti anda masih belum paham. Ini juga merupakan persoalan ilmiah, persentase dari pemahaman dan pengamalan pastinya berbanding lurus atau sebanding.

 

Kita lihat banyak Opa Oma, mereka tidak memahami ajaran sutra, tetapi begitu dinasehati melafal Amituofo, mereka langsung mengamalkannya dengan tekun, ini dikarenakan pada masa kehidupan lampau memupuk akar kebajikan dan berkah kebajikan hingga sedemikian mendalamnya.

 

Sementara kita ini meskipun sudah tahu teorinya tapi keraguannya masih segudang, lantas mengapa para lansia bisa langsung mengamalkan? Oleh karena mereka tiada keraguan lagi, makanya tidak perlu bertanya-tanya pada orang lain, dalam benak mereka tidak ada pertanyaan, yang ada hanyalah sepatah Amituofo yang dilafal berkesinambungan tak terputus.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011

 

Catatan :

Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami

Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan

Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci

 

 

  我們今天在經教上學到了,好像也懂得,其實還差很大一段距離。真正懂得,馬上就落實。就像惠能大師,在五祖方丈室裡,真懂了,立刻就開悟。五祖跟他做證明,衣缽給他就是證明,證明他真開悟了。他是釋迦牟尼佛的傳人,傳的是釋迦牟尼佛正宗的佛法。正宗的佛法是諸法實相,他見到諸法實相,所以他的心不動。我們今天很感慨,自己修行非常艱難,如果佛不給我們這麼長的壽命,我們對於佛法知道的是有限。這種有限的解悟,不能了生死,不能出三界,只能培育出來生的慧根。來生肯定不會落三惡道,來生一定在人天,在人天有智慧,這是我們能夠理解我們將來的果報。延長我們的壽命,讓我們有時間更深入,這個要感恩。感諸佛如來之恩,要感一切眾生之恩,一切眾生的護持,點點滴滴我們沒辦法離開眾生。真知道了,我們就真放下,這是過去章嘉大師告訴我的,你知道幾分你就能放下幾分。所以,知要從行上去看。如果你行不到,不是行不到,是知不到。這是個哲學上的問題,知跟行決定是正比例。我們看到很多阿公阿婆,他對經教確實不知,可是勸他念佛,他那麼樣用功,真幹,這是什麼?過去善根福德太深了。我們接觸到懷疑,為什麼他接觸到一點都不懷疑?他沒有懷疑,所以他也不需要問別人,他沒有問題,就是一句佛號念到底。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五九六集)  2011/9/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0596