Mari kita lihat kalimat selanjutnya, “Para Buddha yang
tersebar di sepuluh penjuru, yang banyaknya bagaikan butiran pasir di Sungai
Gangga, juga serentak memuji Buddha Amitabha”.
Tidak ada seorang pun Buddha yang tidak memuji Buddha
Amitabha; terhadap praktisi yang melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam
Sukhavati, tidak ada seorang pun Buddha yang tidak bersukacita dan memuji
praktisi ini.
Sebagian manusia di alam saha ini memang sudah kelamaan
berada di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, memiliki kemelekatan pada
perasaan (suka dan benci) yang terlampau mendalam, menerima ajaran Buddha
Sakyamuni, menganggap Buddha Sakyamuni sebagai Ayahanda universal.
Buddha Sakyamuni menasehati kita supaya bertekad terlahir ke
Alam Sukhavati, tetapi dia malah melawan dan tidak bersedia ke sana, oleh
karena terlalu cinta pada Papa, makanya tidak mau belajar pada Guru (Buddha
Amitabha), alhasil Papa hanya bisa mengeluh dan menggeleng-gelengkan kepala,
kenapa anak-anakNya ini memiliki rintangan karma yang terlampau berat, sungguh
kasihan, tidak patuh dan tidak mau mendengar nasehat.
Andaikata anda anak yang patuh, pasti akan membangkitkan
Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, membulatkan
tekad terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha
Amitabha, barulah Papa anda merasa bersukacita! Barulah Papa akan memujimu!
Mengapa demikian?
Oleh karena setibanya di Alam Sukhavati, anda dapat
menyempurnakan KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 April 2011
我們再看下面一段,「下」,這是底下一段,「復舉十方恆沙諸佛,亦復如是稱讚彌陀」。前面是說的東方,這一方講得詳細,「南西北方,四維上下亦復如是」。稱讚彌陀,跟東方恆沙諸佛一樣,沒有一尊佛不讚歎阿彌陀佛;念阿彌陀佛求生淨土,沒有一尊佛不歡喜、不讚歎。我們這個世間人確實在六道輪迴久了,有很深的情執,接受釋迦牟尼佛的教育,把釋迦牟尼佛當作慈父,釋迦牟尼佛勸我們到極樂世界去,不肯去,我不去,我愛爸爸,我不愛老師,結果爸爸搖頭嘆氣,孩子業障太重,可憐,不聽話。你要聽話,發菩提心,一向專念,求生西方極樂世界,親近阿彌陀佛,你爸爸才歡喜!你爸爸才讚歎!為什麼?到極樂世界就成佛了,你就證得大圓滿。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八四集) 2011/4/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0384
Para Buddha dan Bodhisattva berharap supaya anda lebih dini
meraih keberhasilan, berharap pencapaianmu dapat mengungguli diriNya. Para
insan suci dan bijak juga memiliki kelapangan hati yang sedemikian rupa, takkan
ada iri hati, takkan menghalangi, berharap semoga generasi berikutnya memiliki
pencapaian yang mengungguli dirinya, sehingga kondisi masyarakat kian lama kian
membaik, kehidupan manusia kian lama kian sejahtera, niat pikiran begini adalah
normal.
Lain halnya dengan orang yang sempit hatinya, akan berpikir,
“saya ini kan sudah bersusah payah lho, kalian harusnya juga harus bersusah
payah dulu, mestinya kalian harus lebih sengsara daripada yang pernah ku-alami”,
pemikiran begini tidak normal lagi, ini merupakan niat pikiran siapa? Niat
pikiran Mara, “saya kan sudah menderita, jadi kamu juga harus menderita; saya
ini hidup susah, jadi kamu harus hidup lebih susah lagi”, begitulah pemikiran
Mara.
Lain halnya dengan Buddha dan Bodhisattva, “Saya pernah
menjalani kesengsaraan, maka itu Saya tidak ingin kamu juga sengsara, saya akan
mengerahkan segenap hati guna membantumu supaya dapat menjauhi penderitaan”.
Kini orang yang memiliki kelapangan hati yang serupa dengan
Buddha dan Bodhisattva tidaklah banyak, yang ada adalah orang yang memiliki
niat pikiran serupa dengan Raja Mara, justru jumlahnya banyak sekali, maka itu
masyarakat jadi kacau, hati manusia jadi jahat, Planet Bumi jadi berubah,
bencana terjadi di mana-mana.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 April 2011
真正諸佛菩薩希望你早一點成就,希望你超過我。東方的聖賢是這樣的心量,沒有嫉妒、沒有障礙,希望底下一輩超過我這一輩,社會愈變愈好,人生愈來愈幸福,這一種心念是正常的。我吃苦了,你們也應該吃苦,你們應該比我吃得更苦,這種心念是不正常的,這是反常的,那是什麼人的念頭?魔王就這個念頭,我吃的苦,你也應該吃苦;我吃得很苦,你必須比我吃得更苦,魔王外道,那不是佛菩薩。佛菩薩慈悲,我受苦受難,絕不希望你也受苦受難,我還全心幫助你如何離開苦難。
現在有佛菩薩心量的人不多,有魔王那個念頭的人很多,所以社會亂了,人心壞了,地球變了,災難這麼多。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八四集) 2011/4/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0384
Saya
tidak menyaksikan siaran berita, juga tidak baca koran, ada beberapa rekan
praktisi yang merangkum dari internet tentang bencana yang terjadi di berbagai
belahan Bumi. Masih ada banyak prediksi bencana yang mengerikan.
Sesungguhnya
yang kita butuhkan adalah solusi dari segala permasalahan yang ada, bagaimana
sikap kita dalam menanggapinya, yakni menasehati orang melafal Amituofo.
Serupa
dengan perkataan Master Yin Guang, “Melafal Amituofo dengan tulus dan hormat”,
selain dapat menyelamatkan diri sendiri juga dapat memberi manfaat bagi orang
lain.
Menyelamatkan
diri sendiri adalah mengeliminasi rintangan karma, menyelamatkan orang lain
adalah membantunya untuk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, hal
ini gampang diucapkan, namun sulit dijalankan.
Sekarang
di dunia ini, membantu orang lain lebih sulit daripada membantu diri sendiri,
dimana letak kesulitannya? Dia curiga dan tidak percaya.
Orang
sekarang lebih suka dikelabui dan tidak suka mendengar nasehat, anda
mengelabuinya, dia langsung percaya dan ikut denganmu; sebaliknya anda berhati
tulus dan berniat baik padanya, dia malah mencurigai-mu, dia jadi berpikir,
kenapa orang ini baik sekali padaku, apa niat terselubung-nya? Dia jadi cemas.
Sebaliknya
terhadap orang yang mengelabuinya, yang membawanya ke dalam bara api, justru
dengan senang hati pergi mengikutinya. Mengapa bisa begini?
Tidak ada
orang yang mengajarinya, inilah yang disebut sesat, tidak memahami kebenaran,
tidak tahu membedakan mana yang sesat dan mana yang benar, bahkan betul dan
salah juga tak berdaya dibedakannya, apa tidak celaka!
Inilah
masalah terbesar yang sesungguhnya, masalah terbesar ini justru sangat sulit
diatasi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 April 2011
我是不看新聞、不看報紙,有一些好心的同學把世界各地災難,從網路上下載,節錄一點給我看。還有很多傳聞,很多恐怖的傳聞,我看到這些信息,我只看一樁事情,這些災難用什麼方法化解,用什麼樣的心態來應對,幾乎大多數,百分之九十是相同的,都勸人念佛。證明印光老法師兩句話,「竭誠恭敬念佛」,你能夠自度,能夠利他。自度,消業障,度他是幫助別人破迷開悟,這一樁事情說得容易,做起來很難。現在在這個世間,幫助眾生比幫助自己難得多了,難在哪裡?他多疑,他不相信。現在人聽騙不聽勸,你騙他,他很歡喜跟你走;你誠心誠意待他,他懷疑,這個人對我這麼好,他有什麼企圖?他有什麼目的?提心吊膽。把你帶到火坑裡去,歡歡喜喜跟他去。這真難!什麼原因?沒人教,真叫迷惑顛倒,不懂事,沒有能力辨別邪正是非,連善惡利害都沒有能力辨別,你說糟不糟!這才是個真正大問題,這個大問題很難解決。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八四集) 2011/4/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0384