Wednesday, November 4, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2011

 

 

Hidup di dunia ini susah sedikit ada bagusnya, diperlakukan orang lain dengan buruk juga lebih bagus lagi. Mengapa demikian? Supaya kita tidak melekat dan tidak mendambakan dunia ini, saat berpisah juga ikhlas.

 

Sedangkan orang yang memiliki jalinan jodoh yang baik, disukai dan disayangi banyak orang, kemelekatannya pada perasaan akan sangat mendalam, saat menjelang ajal sulit untuk berpisah.

 

Kita sulit melepaskan kemelekatan, sekarang ada orang yang sengaja datang memperlakukan kita dengan buruk, memaksa kita supaya belajar melepaskan kemelekatan, ini justru merupakan hal yang bagus.

 

Terhadap orang yang menindas kita, kita harus berterima kasih pada mereka, dia memaksa diriku supaya belajar melepaskan kemelekatan, dengan perkataan lain dia telah membantuku terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Buddha Dharma mengatakan “Insan yang penuh kebajikan tidak mempunyai musuh”. Insan yang penuh kebajikan adalah Bodhisattva, Bodhisattva takkan berseteru dengan orang lain, inilah yang disebut tidak memiliki musuh.

 

Bukan saja tidak berseteru dengan orang lain, bahkan dengan semua makhluk juga takkan berseteru, mengetahui bahwa alam semesta beserta seluruh isinya merupakan satu kesatuan dengan diri sendiri.

 

Yang ada hanyalah suci, setara, tercerahkan, Maitri Karuna, inilah yang disebut melatih Jalan Bodhisattva.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2011

 

現在在這個世間受一點苦好,受一點委屈更好。為什麼?這個世間,凡所有相皆是虛妄。我們對這個世間沒有留戀的心,我們離開容易。情執深的人很難離開。我們不肯放下,有人逼著我們放下,是好事情,不是壞事情。對於逼迫我們的人,我們要生感恩的心,他逼著我們放下,換句話說,他幫助我們超生。大乘佛法裡頭說仁者無敵,仁者是菩薩,菩薩永遠不跟人對立,這叫無敵。不但不跟人對立,跟一切萬物都沒有對立,知道虛空法界一切萬法跟自己是一體。只有清淨、平等、正覺、慈悲,這叫修菩薩道。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五三八集)  2011/8/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0538

 

 

 

 

“Mengerjakan sesuatu secara terburu-buru pasti akan menemui kegagalan dan penyesalan”. Tetapi masyarakat sekarang menuntut kecepatan, tindakan harus cepat dan efisien.

 

Kita amati dengan seksama, Kazuo Inamori, dia bertolak belakang dengan prinsip masyarakat masa kini, dia masih mempertahankan nilai-nilai budaya tradisional.

 

Dia telah mengelola bisnis selama lima dekade, tidak pernah menemui kegagalan, juga tidak pernah menderita kerugian. Lihatlah perusahaan yang dikelolanya, meskipun diterpa badai finansial juga tidak terpengaruh.

 

Pelaku bisnis lainnya sudah kepanikan, namun Kazuo Inamori tetap tenang, makanya segala kesulitan tidak berdampak pada dirinya.

 

Dia tidak berminat pada keuntungan yang diperoleh dengan jalan yang tidak benar, juga tidak menghendaki penghasilan yang diperoleh tanpa memeras keringat.

 

Banyak orang yang menyarankan-nya supaya terjun ke bidang investasi, dia tidak sudi melakukannya, dia tidak menginginkan laba yang diperoleh tanpa kerja keras, termasuk investasi di bidang properti.

 

Apa yang dia inginkan adalah laba yang diperoleh dari hasil kerja keras, katanya inilah yang pantas dia peroleh, sedangkan investasi dan spekulasi betul-betul tidak boleh dilakukan, makanya sepanjang hayatnya tidak pernah menemui kegagalan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2011

 

Artikel Terkait :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2011 (Bgn1)

 

『倉卒』,匆促,慌忙。倉卒就是現在所說的心浮氣躁。『諦』,審慎。「作事慌忙,必將失敗與後悔」。可是現在的社會要求的是快,動作要快,講求效率。我們細心去觀察,稻盛和夫他違背了今天社會上一般的要求的原則,他違背了,他走中國古老的路子。五十多年的經營,沒有失敗,營業從來沒有虧欠。看看別人的公司,在金融風暴泡沬經濟的時候都有受傷害,他如如不動,這些地方能看出。別人看起來心浮氣躁,他老人家安詳鎮定,從容不迫,所以對他不產生影響。不該做的決定不幹,所以不義之財,他沒有貪心,不勞而獲這個事情他不幹。商場上投機的生意人家勸他做,他不做,他說這個是不勞而獲,投資房地產。他要做的,自己一定是真正辛辛苦苦去耕耘收穫的,他說這是他應該得的,投機取巧這是萬萬不能做,所以一生永遠立於不敗之地。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五三八集)  2011/8/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0538