Thursday, August 13, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011 (Bgn 3)

 

 

Akar kebajikan dari Buddha Dharma hanya ada satu yaitu “ketekunan”, apa makna ketekunan? Yakni seperti yang dikatakan oleh Guru Sesepuh dan praktisi senior sebagai memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang. Dengan demikian barulah anda dapat mencapai kemajuan.

 

Belajar itu yang paling ditakutkan adalah tidak terfokus, bercabang-cabang. Masyarakat sekarang ini, belajar itu tidak terfokus makanya jadi kacau balau, mungkin sejak usia kecil sudah dimulai, lihatlah Ayahbunda menetapkan pelajaran yang harus dikuasai anak-anaknya begitu banyak sekali.

 

Murid-murid di Taman Kanak-kanak belajar bahasa, bermain, menggambar, menyanyi, menari, apapun juga dipelajari, begitu banyak dan kacau, alhasil segala bidang tersebut cuma diketahui secuil saja, tidak ada satupun yang benar-benar dikuasainya.

 

Andaikata sejak usia kecil dia belajarnya terfokus pada satu bidang saja, maka kelak dia akan menjadi seorang ahli. Jika satu bidang telah dikuasai, maka segala bidang pasti dengan mudah dapat dipahaminya, tak peduli dalam Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, juga menekankan pada belajar terfokus, ini adalah akar kebajikan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

出世間法的善根只有一個,「精進」,菩薩善根。精是什麼?純而不雜,進是進而不退,這叫精進,也就是祖師大德常說的一門深入、長時薰修。一門深入是精,長時薰修是進,你就有進步。學東西就怕雜、就怕亂。現前這個社會,學東西他就是雜亂,大概從小學、幼稚園就開始,你看父母給他定的課程,很多。幼稚園小朋友學語文、學遊戲,又學畫畫、又學唱歌、又學跳舞,什麼都要學,學得那麼多就雜了,結果是樣樣都懂一點,樣樣都不精。他要從小學一樣,他將來就變成專家。一門通了,門門都可以貫通,無論是世出世間法都講究專精,這是善根。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三九集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0439

 

 

 

 

Sutra Buddha menyebutkan bahwa setiap manusia sesungguhnya adalah Buddha, Buddha memiliki kemampuan di segala bidang, tetapi sekarang jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) kita sedang tersesat, makanya kita kehilangan kemampuan alami kita.

 

Andaikata kita mau menuruti perkataan Buddha yakni memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, anda suka metode yang mana, maka anda mendalami satu bidang saja, 10 tahun kemudian anda akan menjadi ahli di satu bidang tersebut, merupakan sosok terunggul di seantero dunia.  Mengapa demikian?

 

Oleh karena orang sekarang hobinya belajar beraneka ragam, sedangkan anda cuma mendalami satu bidang saja, sehingga anda berhasil muncul sebagai ahli. Sekarang jika ingin menonjolkan diri sudah sangat gampang, zaman dulu masih sulit, apa alasannya?

 

Oleh karena zaman dulu setiap orang memfokuskan diri mendalami satu bidang saja, jika anda ingin menonjolkan diri tentunya sulit. Sekarang anda ingin menjadi terkemuka sudah gampang, tiap orang juga bisa menjadi terkemuka, asalkan anda bersedia menggunakan waktu 10 tahun guna mendalami satu bidang saja, setelah berhasil, anda akan menjadi ahli dan sosok terunggul di seantero dunia, oleh karena tidak dapat dicari lagi sosok kedua yang bersedia mengikuti cara belajar serupa dengan dirimu.

 

Andaikata sebagai Ayahbunda memahami hal ini, membiarkan putra-putrinya sejak usia kecil mendalami satu bidang, setelah satu dekade kemudian, tiap anak akan menjadi murid yang paling berbakat.

 

Maka itu bagi mereka yang berusia muda, hendaknya dapat menumpukan tenaga dan waktu pada satu Pintu Dharma, dengan demikian dia pasti meraih keberhasilan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

其實照佛經上的說法,每個人本來是佛,佛是萬德萬能,現在迷失自性變成這個樣子。如果聽佛的教誨,佛的教誨指導決定沒有錯誤,你真聽話的時候,一門深入,你自己喜歡什麼,你就專攻這一門東西,十年之後你就變成世界第一,所謂出類拔萃。為什麼?因為大家都在學很多,學雜了,你一個人學一門,你就突出了。現在突出很容易,古時候突出很難,為什麼?每個人都專精一門,你要想能夠突出真不容易。現在是個個都能突出,人人都可以突出,只要你有十年時間用在一門上,你這一門就變成世界第一,因為找不到人像你這樣學法的。所以現在出類拔萃很容易。如果家長懂得這個道理,他的兒女十年之後個個都是最優秀的學生。這是人年輕的時候,應該把精神時間精力用在一門上,他就成功了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三九集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0439

 

 

 

 

Hendaknya mengenali bahwa karir Buddha dan karir Bodhisattva adalah mendidik, selain mengajar, takkan ada kegiatan lainnya lagi, sepanjang hayat hanya mengajar.

 

Di dalam pintu Buddha tidak ada organisasi, hanya ada aktivitas belajar mengajar. Bahkan Ajaran Buddha hanya menyampaikan teori, persoalan melatih diri adalah urusan masing-masing individu, Buddha tidak mengurusi hal yang satu ini, seperti yang dikatakan sebagai guru hanya menuntun dirimu memasuki pintu, tetapi urusan melatih diri terpulang kembali pada perorangan.

 

Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, tiap hari hanya membabarkan Dharma kepada khalayak ramai, menjawab pertanyaan, sedangkan metode apa yang harus digunakan untuk melatih diri adalah terpulang kembali pada diri anda sendiri.

 

Ketika anda menemukan kesulitan waktu melatih diri, bertemu dengan rintangan, anda boleh mengajukan pertanyaan, Buddha akan memberikan jawaban dan menjelaskannya padamu, setelah mendengar dan memahaminya, anda akan tahu bagaimana cara mengatasi persoalanmu.

 

Melatih diri itu harus memahami makna-nya secara benar, yakni meluruskan niat pikiran, ucapan dan tindakan. Jadi melatih diri itu harus ke mana melatihnya? Di dalam kehidupan keseharian, dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati.

 

Kapan saja dan di mana saja, niat pikiran, ucapan dan tindakan, jika ada yang salah maka harus diperbaiki dan diluruskan kembali.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

要認識菩薩的事業、佛的事業就是教學,除了教學之外,他什麼都不搞,終身教學,純粹的教學。佛門裡頭沒有組織、沒有團體,確確實實它是個學校,不像其他宗教有組織,佛教沒有組織。而且佛教只管教學,修行是你自己的事情,佛可不管這個事情,所謂是師父領進門,修行在個人。釋迦牟尼佛當年在世,每天只是跟大家上課講學、解答疑問,用什麼方法來修行是你個人自己的事情,你修行遇到困難,遇到障礙,你提出來,佛給你講解,真正聽懂、聽明白了,就曉得怎麼個修法。

 

修行兩個字這個意思要搞清楚,修是修正,行是行為。行為包括身口意,起心動念是意業的行為,言語是口業的行為,身體造作叫身體的行為,行為錯誤把它修正過來叫修行,這個意思要懂。所以修行在哪裡修?生活上修,工作當中去修,待人接物之處去修,一切時、一切處,起心動念、言語造作有了過失就把它修正過來。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三九集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0439

 

 

 

 

Standar untuk membedakan baik dan jahat adalah Sutra, atau secara terpisah dikatakan sebagai, Sutra dan Sastra merupakan standar untuk meluruskan pola pikir kita; Sila adalah standar untuk meluruskan ucapan dan tindakan kita, jika anda tidak memiliki standar, bagaimana bisa melatih diri? Semua ini tidak boleh tidak dipahami.

 

Setiap Vihara menetapkan peraturan tersendiri guna dipatuhi oleh para penghuni-nya, agar kehidupan di dalamnya berjalan secara teratur, tidak kacau, rapi, berwibawa, suci, sehingga masyarakat yang melihatnya timbul perasaan sukacita dan hormat, inilah makna-nya.

 

Persoalan melatih diri terletak pada niat pikiran yang timbul, maka itu Buddha Dharma menekankan pada pengamalan nyata dan bukan pada penampilan semata.

 

Penampilan luar hanyalah sebuah peragaan di atas pentas, untuk diperlihatkan kepada khalayak ramai, ini adalah tata krama. Sedangkan melatih diri itu terletak pada niat pikiran yang timbul, hendaknya menyingkirkan kejahatan menimbun kebajikan, menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, mengubah awam menjadi suci, inilah yang dimaksud dengan melatih diri, tak terpisahkan dari karir Bodhisattva.

 

Hari ini banyak orang yang tidak mengetahui apa yang disebut sebagai karir Bodhisattva, tetapi ada begitu banyak umat awam yang mengambil sila Bodhisattva, setelah mengambil sila Bodhisattva tetapi tidak tahu apa yang dinamakan karir Bodhisattva, maka itu disebut sebagai Bodhisattva gadungan, cuma punya status tanpa pengamalan nyata.

 

Sedangkan praktisi yang benar-benar menjalankan karir Bodhisattva, meskipun tidak mengambil sila Bodhisattva, namun para Buddha Tathagata mengakui-nya sebagai Bodhisattva, Dewa, Naga dan makhluk suci lainnya mengakui-nya sebagai Bodhisattva; manusia duniawi tidak mengakuinya oleh karena manusia duniawi hobi mengakui yang palsu dan mengabaikan yang tulen.

 

Manusia duniawi hanya mengakui dirimu kalau sudah mengikuti ritual pengambilan sila lalu mendapat selembar sertifikat yang terpampang pas foto-mu, maka mereka akan mengakuimu sebagai Bodhisattva, yang lainnya dia sudah tidak kenal lagi.

 

Sedangkan para Buddha, Bodhisattva, Dewa, Naga dan malaikat bajik hanya mengakui Bodhisattva tulen dan bukan yang ber-sertifikat, demikian pula dengan bukti Trisarana juga tidak sah, jika tidak disertai pengamalan nyata, jangan jadi praktisi ecek-ecek.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

善惡的標準是經典,分開來說,經論是修正我們思想的標準,戒律是修正我們身口的標準,你沒有標準怎麼個修法?這些不能不懂得。寺院庵堂大眾在一塊薰修定的一些規矩,那叫禮儀,那叫秩序。大家在一起有秩序、有禮節,不亂,整齊、莊嚴、清淨,這等於舞台表演一樣,讓社會大眾看到了,生歡喜心,生恭敬心,是這個意思。真正修行是在起心動念之處,所以佛法才講重實質不重形式。形式是表演,對社會大眾的,那叫儀規;真正修行是起心動念,斷惡修善,破迷開悟,轉凡成聖,這叫真修行,不離菩薩業。今天大多數人不知道什麼叫菩薩業,可是有很多在家人受菩薩戒了,受了菩薩戒不知道什麼叫菩薩業,那也是假的不是真的,假菩薩有名無實。真正修菩薩業的,沒有受菩薩戒,諸佛如來承認他是菩薩,龍天善神承認他是菩薩;世間人不承認,世間人認假不認真,你受個戒,拿了戒牒,你受菩薩戒,你是菩薩,他真認真,其他都不認識。所以真正諸佛菩薩天龍善神,他認真不認假,那個戒牒不算數,那皈依證也不算數,你得要搞真的,不能搞假的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三九集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0439