Orang zaman dulu berkata “Ikatan permusuhan hendaknya diurai dan jangan dijalin”, sepanjang hayat jangan mengikat permusuhan dengan orang lain.
Kita giat melatih etika moral, terhadap orang yang salah paham pada diri kita, yang mendengar hasutan orang lain, yang menebar fitnah, baik disengaja maupun tidak disengaja, setelah mendengarnya dia jadi percaya, lalu muncul niat berseteru, bahkan timbul kebencian dan mendendam, dalam kondisi begini, bagaimana cara kita menghadapinya?
Sutra memberitahukan kepada kita, “Di manapun Bodhisattva berada, membuat semua makhluk membangkitkan hati sukacita”. Orang ini tidak suka melihat diriku, sebaiknya saya menghindar saja, agar dia tidak melihat diriku, supaya dia dapat bersukacita. Ini adalah kebijaksanaan, upaya kausalya.
Dia sering menfitnah diriku, saya malah memujinya. Dia memiliki niat jahat, bertindak jahat, saya takkan menaruhnya di hati, saya juga takkan menjelek-jelekkan dirinya. Ketika dia melakukan secuil kebajikan, saya akan menceritakan kebajikannya, lama kelamaan setelah mendengarnya, si A sering memujimu, sedangkan anda tiap kali selalu mengkritiknya.
Demikianlah setelah 1 dekade, 2 dekade, bahkan 3 dekade telah berlalu, akhirnya dia pasti sadar juga. Makanya untuk menyadarkan seseorang itu tidak bisa tergesa-gesa, 1-2 tahun sudah tercerahkan, itu artinya dia memiliki akar kebijaksanaan yang tajam, sedangkan kebanyakan orang butuh 10-20 tahun barulah tercerahkan.
Tanpa waktu yang begitu panjang, dia tidak memiliki cukup waktu guna mengamati kebajikanmu padanya, yang juga berarti kekotoran batin dan tabiatnya sangat berat, setelah melewati kurun waktu yang panjang, rintangan kekotoran batinnya perlahan-lahan mereda, barulah dia tercerahkan.
Dalam satu masa kehidupan ini, dia merasa malu dan bersalah padamu, sepanjang hayat bisa berjumpa dengan berapa orang yang sebaik begini? Jalinan persahabatan seperti ini, bolehkah tidak dihargai?
Bersua dengan orang baik, bergaul dengan orang baik, begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh; sebaliknya bergaul dengan orang jahat, luka batin yang diderita akan banyak sekali.
Biarlah waktu yang akan membuktikannya. Mengapa demikian? Mungkin dia akan mencurigai, kebajikan orang itu cuma sekadar pura-pura saja, tetapi kalau dia bisa berpura-pura seumur hidupnya, maka yang ecek-ecek juga akan berubah menjadi nyata.
Kalau dia berpura-pura, apa mungkin bisa berpura-pura seumur hidup, berlakon hingga usia tua dan mati juga masih berpura-pura, maka ini nyata adanya, cobalah anda berpura-pura, apakah anda sanggup? Berapa lamakah anda mampu berpura-pura?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011
古人教給我們一句話,「冤家宜解不宜結」,一生不要跟人結怨。我們自己勤修道德,有誤會我們的人,有聽信兩舌的人,挑撥是非,挑撥是非的人有有意的、有無意的,你聽信了,於是就起對立的念頭,甚至於有怨恨,我們在這個境界如何處理?經上告訴我們,「菩薩所在之處,令一切眾生生歡喜心」。這個眾生討厭我,我怎麼叫他生歡喜心?我看到他在那裡我迴避、我離開,他就歡喜了。這個都是智慧,善巧方便。他常常毀謗我,我讚歎他。他有惡的行為、惡的念頭,我不放在心上,我一口不提,他做一點點好事我都讚歎他,時間久了,他聽到了,某人在那常讚歎你,你天天去批評他。假以時日,十年、二十年、三十年,他明白了,他覺悟了。所以覺悟不是那麼快的,一年、兩年覺悟的,那個根很利,十年、二十年覺悟的很多。沒有這麼長的時間,他沒有這麼長的時間觀察,也就是他的煩惱習氣很重,時間久了,煩惱障慢慢的平息,他才覺悟了。在一生當中,他感覺到慚愧,對不起他,這個人這麼好,真的是好人,一生當中能遇到幾個?這樣好的友誼能不珍惜嗎?親近一個好人,親近一個善人,得的利益多;親近一個惡人,你受的傷害很多。總是以時間去做證明。為什麼?他那個好他是裝的,他要裝一輩子也就變成真的。他裝,能裝一輩子,裝到老死還裝那個樣子,那就是真的,那就不是假的。你裝裝看,你能不能裝?你能裝幾天?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八一集) 2011/7/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0481
Ketika seseorang menenangkan dirinya, saat mulai memasuki usia senja, akan mengenang kembali masa lalu, masa muda-nya yang dilalui bersama dengan para sahabatnya, dimana sebagian-nya telah pergi buat selama-lamanya.
30 tahun yang silam, saya memberi ceramah di Hong Kong, sahabatku ada banyak sekali, baik yang berasal dari anggota Sangha maupun umat berkeluarga, kini dua pertiga-nya telah tiada.
Sisanya yang masih hidup ini, juga sudah jarang bertatap muka, saat berjumpa beragam perasaan pun berkecamuk, sungguh merupakan “Tidak sanggup menahan kesedihan ketika mengenang masa silam”.
Berapa banyak kesempatan yang dilewatkan begitu saja, tidak tahu menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, tidak tahu beralih dari jahat menjadi baik, tidak tahu beralih dari sesat menjadi tercerahkan, tidak tahu beralih dari awam menjadi suci, semua kesempatan ini telah terlewatkan sia-sia, bahkan tidak tahu melatih diri dengan serius. Waktu telah dilewati secara sia-sia.
Menuruti ajaran sutra disebut sebagai melatih diri secara benar. Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang disebut sebagai melatih diri secara benar.
Satkaya-drsti (pandangan salah yang menganggap tubuh kasar adalah diriku yang sesungguhnya) dan Antagraha-drsti (pandangan dualisme yakni segala sesuatu yang saling bertentangan contohnya suka-benci, salah-benar), hendaknya makin tawar, semoga diri sendiri terhadap kedua pandangan salah ini, dari tahun ke tahun semakin hambar, ini menunjukkan keterampilan melatih diri mengalami kemajuan.
Sebaliknya terhadap dua pandangan salah ini, dari tahun ke tahun semakin parah saja, berarti diri sendiri telah mengalami kemerosotan batin, sebanyak apapun teori yang anda pelajari, akibatnya kelak tetap saja jatuh ke tiga alam rendah, tak berdaya mencapai Alam Sukhavati! Hal ini tidak boleh tidak dipahami.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011
人到冷靜的時候,年歲大的時候他就會思考,想想過去,年輕的時候在一起的這些朋友,年老的時候一半都不在了。我三十年前在香港講經,出家在家的同修、朋友很多,現在三分之二都不在了。還在的人也不常見面,見面的時候感慨萬千,真叫不堪回首。多少的機緣遇到了沒有抓住,不知道積功累德,不知道改惡向善,不知道轉迷為悟,不知道轉凡為聖,這個機會統統錯過,甚至於不知道真修真練。依照經教那叫真修、叫真練,一門深入,長時薰修是真練。身見、邊見總要看得淡薄,希望自己一年比一年淡薄,這就是功夫有進步。如果一年比一年嚴重,那不但沒有進步,也退墮了,你學得再多、學得再好,將來果報在三途,西方極樂世界沒分!這不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八一集) 2011/7/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0481