Di
dalam sutra Buddha selalu dikatakan, Buddha tidak menyelamatkan orang yang
tidak berjodoh, dia tidak berjodoh dengan dirimu, anda tak berdaya
menyelamatkan-nya. Mengapa demikian? Anda berniat menyelamatkannya tetapi dia
tak percaya padamu.
Apa
yang dimaksud dengan berjodoh? Dia percaya padamu, bersedia mendengar
perkataanmu, inilah yang disebut berjodoh. Sehebat apapun dirimu, jika dia tak
percaya padamu, tidak bersedia mendengarkan ucapanmu, bagaimana pun anda
berdaya upaya mengajarinya, juga takkan ada gunanya, inilah yang disebut tidak
berjodoh.
Makhluk
yang berjodoh selama kalpa yang tak terhingga, tak peduli menjalin jodoh baik
maupun jodoh buruk dengan dirimu, asalkan berjodoh, maka dia akan mendengar
perkataanmu.
Ketika
jodoh sudah masak, dia akan datang belajar padamu, pada satu masa kehidupan ini
dia akan meraih keberhasilan. Sebaliknya jika jodoh belum masak, maka anda
harus bersabar menanti hingga jodoh sudah masak, barulah anda mengajarinya.
Bila
pada satu masa kehidupan ini jodoh belum masak, maka ajarilah dia sedikit, pada
masa kehidupan berikutnya akan bersua lagi, ajari lagi dia sedikit.
Buddha
menyelamatkan para makhluk bukan hanya pada satu masa kehidupan saja, namun
kehidupan demi kehidupan membimbing para makhluk, perlahan-lahan menanti hingga
jodohnya masak.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Mei 2011
佛經上常講,佛不度無緣之人,他跟你沒有緣,你度不了他。為什麼?你度他,他不相信你。什麼叫有緣?他相信你,他聽你的話,這叫有緣。你再高明,他不相信你,不聽你的,你怎麼教他都沒用處,那叫無緣。有緣眾生,這是無量劫中,不管跟你是有善緣還是有惡緣,只要是有緣,他就會聽你的。緣成熟了,他會熱心的來向你學習,他一生他就能成就;緣不成熟,要慢慢等待,要教他。這一生緣沒成熟,教他一點,下一生又遇到,再教他一點。佛度眾生不是一生成就,生生世世幫助眾生,慢慢等待他成熟。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九七集) 2011/5/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0397
Buddha
menyelamatkan para makhluk bukan hanya pada satu masa kehidupan saja, namun
kehidupan demi kehidupan membimbing para makhluk, perlahan-lahan menanti hingga
jodohnya masak.
Kalau
sudah masak maka menggunakan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo guna membantunya
terlahir ke Alam Sukhavati, agar dia dapat meraih keberhasilan nan sempurna.
Dengan
perkataan lain, praktisi yang bertemu dengan Aliran Sukhavati, yang
membangkitkan keyakinan benar, tekad menyeluruh, berarti jodohnya telah masak,
dalam satu masa kehidupan ini dia terlahir ke Alam Sukhavati menyempurnakan
KeBuddhaan.
Sebaliknya
apabila dia telah bertemu dengan Ajaran Sukhavati, tetapi masih ada sedikit
keraguan, tidak sanggup meyakini secara keseluruhan, masih ingin belajar metode
ini dan metode itu, ini berarti jodohnya belum masak, pada satu masa kehidupan
ini tidak dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, harus menunggu lagi hingga
kelahiran berikutnya.
Hal
ini dapat kita saksikan sekarang juga, begitu melihatnya, kita sudah tahu,
orang ini berjodoh atau tidak, jodohnya sudah masak atau belum. Semua ini harus
kita bantu, orang yang belum berjodoh, kita jalin jodohnya, agar pada masa
kelahiran mendatang, dia bisa berjodoh dengan Ajaran Tanah Suci.
Maka
itu terhadap upaya menjalin jodoh ini hendaknya dilakukan secara meluas, tidak
boleh tidak melakukan-nya, melafal sepatah Amituofo dan membiarkan orang lain
mendengarnya, ini juga merupakan upaya menjalin jodoh.
Mengenakan
tasbih juga merupakan upaya menjalin jodoh, begitu dia melihat tasbih, dia akan
segera terbayang pada Buddha, ini juga merupakan upaya menjalin jodoh,
senantiasa berupaya supaya dia dapat berinteraksi dengan kita, baik secara
sengaja maupun tidak sengaja, huruf Buddha dapat terukir di hati sanubarinya.
Seperti
apa yang dikatakan sebagai “Begitu melintasi indra pendengaran, selamanya
tertanam menjadi benih di gudang kesadaran”, baik melihat rupang Buddha Amitabha
maupun mendengar suara lafalan Amituofo, maka benih ini akan tertanam selamanya
di Alaya-vijnana (gudang kesadaran)-nya, dengan demikian barulah dapat
mengajarkan Dharma kepada para makhluk.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Mei 2011
佛度眾生不是一生成就,生生世世幫助眾生,慢慢等待他成熟。成熟,就用這個法門幫助他往生,他就圓滿成就。換句話說,一切學佛的人遇到淨宗,真信、切願,我們就曉得,這叫什麼?這緣完全成熟了,他這一生決定成佛去了。如果遇到淨宗,還有一點懷疑,還不能完全相信,還想學這個學那個,那就是他的緣還沒成熟,這一生不能往生,再等來生後世。這個我們都在現在看得到,一看就曉得,他是不是有緣,他緣有沒有成熟。統統要幫助,沒有緣的人要跟他結緣,結緣來生就有緣了。因此我們對於結緣不能不廣、不能不做,念一句阿彌陀佛他聽到了,這都是跟他結緣。我們身上戴一串念珠,他一看到,曉得這是佛,也結緣了,總要叫他跟我們接觸,讓他心裡有意無意會有一個佛字放在心上。所謂是一歷耳根永為道種,他看到,一歷眼根永為道種,這個阿賴耶識裡頭佛的種子,特別是阿彌陀佛的種子種下去了,這樣才能夠教化眾生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九七集) 2011/5/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0397
Menebar
hati cinta kasih di seluruh alam semesta, niat baik memenuhi jagat raya. Hati
begini adalah Bodhicitta. Apakah kita boleh tidak membantu orang lain?
Hendaknya melakukannya dengan penuh sukacita.
Ketika
bertemu dengan jodoh ini, pasti harus melakukannya, sebaliknya jika tidak
berjodoh maka janganlah memaksakan kehendak. Kalau ada kesempatan maka menuruti
jodoh melakukannya.
Sebaliknya
kalau tidak ada kesempatan atau tidak berjodoh, tetapi sengaja pergi
mencari-cari, inilah yang namanya memaksakan kehendak. Tidak perlu mencarinya,
saat jodoh masak, dia akan datang dengan sendirinya, inilah yang disebut dengan
menuruti jodoh.
Menuruti
jodoh namun takkan berubah, inilah yang disebut menakjubkan, sebaliknya jika
dalam menuruti jodoh juga ikut berubah, maka ini tidak menakjubkan lagi.
Apa
yang dimaksud dengan “berubah”? Di dalam hatimu ada niat mengutamakan
kepentingan dan keuntungan pribadi,
mendambakan ketenaran dan keuntungan, sikap begini telah keliru, ini
bukan lagi melatih Jalan Bodhisattva, melainkan menciptakan karma, hanya saja
dia menciptakan karma baik yang membuahkan pahala di Alam Dewa dan Alam
Manusia.
Apabila
di dalam menuruti jodoh, takkan ada khayalan, perbedaan dan kemelekatan, inilah
yang disebut jasa kebajikan, melimpahkan jasa kebajikan ini kepada KeBodhian
dan kepada semua makhluk, mewujudkan Jalan KeBuddhaan yang tertinggi tiada
taranya! Maka itu setiap niat pikiran yang timbul takkan melupakan para makhluk
yang menderita.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Mei 2011
愛心遍法界,善意遍法界。這是什麼心?圓滿的菩提心。我們能不幫助嗎?歡歡喜喜的去做。遇到這個緣應該去做,不遇到不要去找,找就是攀緣。遇怎麼樣?遇是隨緣。隨緣跟攀緣意思不一樣,我們先去找這個機緣,這叫攀緣;不找,緣來了,自然而然來了,這是隨緣。隨緣要不變,這個就叫妙用,隨緣隨著變就不妙了。變是什麼?你裡頭有個人自私自利、名聞利養夾雜在裡頭,那就錯了,那就不是在修菩薩道,那是什麼?那叫造業,不過造的是善業,善業果報在人天福報。如果隨緣裡面沒有妄想分別執著,那叫功德,這個功德迴向菩提、迴向實際、迴向眾生,成無上道!所以念念不忘苦難眾生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九七集) 2011/5/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0397
Menurut
“Sukhavati-vyuhopadesa”, Bodhicitta adalah tekad mencapai KeBuddhaan
menyelamatkan semua makhluk, hati yang menuntun para makhluk terlahir ke Tanah
Suci Sukhavati, yakni setiap niat pikiran yang timbul adalah membantu para
makhluk mengenal Ajaran Sukhavati, meyakini Tanah Suci, bertekad terlahir ke
Alam Sukhavati. Ini merupakan perbuatan baik!
Hati begini adalah sama dengan
hati semua Buddha Tathagata, setiap saat memikirkan bagaimana supaya bisa
membantu para makhluk mengenal Ajaran Tanah Suci, bertekad terlahir ke Alam
Sukhavati, setelah terlahir ke Alam Sukhavati, dia pasti mencapai KeBuddhaan.
Yang juga berarti setiap
Ayahbunda berharap putra-putrinya dapat menuntut ilmu di sekolah terbaik,
memilihkan sekolah mana yang ada jaminan kelulusan bagi buah hatinya.
Para Buddha yang tersebar di
seluruh jagat raya juga sedang membuka sekolah, tetapi cuma sekolah yang
didirikan Buddha Amitabha yang menjamin anak anda pasti lulus dan tidak pernah
tinggal kelas.
Maka itu para Buddha Tathagata
juga bersedia mengantar murid-murid di sekolah Mereka yang benar-benar serius
belajarnya, yang membangkitkan keyakinan dan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, agar
anak didik Mereka dapat mewujudkan prestasi di sekolah terunggul tersebut.
Semua Buddha Tathagata di
sepuluh penjuru serentak memuji Buddha Amitabha sebagai CahayaNya yang
terunggul, rajanya para Buddha.
Para Buddha Tathagata bagaikan
Ayahbunda, Buddha Amitabha bagaikan Guru, sama halnya pula dengan Buddha Sakyamuni
yang membabarkan Dharma di dunia ini, mengantarkan kita menuntut ilmu ke Alam
Sukhavati di penjuru barat.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Mei 2011
我們再看第二段,「次者引《淨土論》」,《淨土論》就是《往生論》,「謂菩提心,即願成佛度生」,願意成佛度眾生的心就是菩提心,「攝取眾生往生淨土之心」,也就是念念希望幫助一切眾生認識淨土、信淨土、願意往生淨土。這是好事!這樁事情跟一切諸佛如來那個心完全相同,一切諸佛的心,都是念念想著怎樣幫助他教化這些眾生認識淨土,求生極樂世界,生到極樂世界他就成佛了。就等於說,父母對兒女,總希望給他找一個好學校去給他念書,在這個學校就一舉成名,博士學位就拿到。哪一個學校有這種保證?十方諸佛剎土都在開學校,只有阿彌陀佛這個學校有保證班。所以十方如來都願意把他學生當中有真正能信、能願、真想往生的,全都保送到這個學校來,這個意思我們要懂。十方諸佛如來,異口同音讚歎阿彌陀佛光中極尊,佛中之王。十方如來像父母,阿彌陀佛是好老師,我們這邊釋迦牟尼佛像父母一樣,保送我們到西方極樂世界。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九七集) 2011/5/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0397