Thursday, November 12, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011 (Bgn 3)

 

 

Anda jatuh ke Kota Keraguan, hal ini bukanlah atas kehendak Buddha, “Hasil perbuatan diri sendiri, niat pikiran diri sendiri menentukan ke arah mana akan menuju”, adalah hasil perbuatanmu sendiri, kekuatan karma ini menuntun dirimu sehingga anda mengikuti arah tersebut, niat pikiran diri sendirilah yang mengundang fenomena tersebut muncul di hadapanmu. Alam semesta beserta seluruh isinya, juga tercipta dari hati dan pikiran diri sendiri.

 

“Alam Neraka, Alam Surga, Tanah Suci, Negeri Buddha, semuanya muncul dari hati dan pikiran. Ke alam mana kelak akan menuju, adalah dituntun oleh kekuatan karma diri sendiri. Kekuatan karma juga muncul dari hati dan pikiran, maka itu disebut niat pikiran diri sendiri menentukan ke arah mana akan menuju.”

 

Tidak ada orang yang mengendalikan dirimu, juga tidak ada orang yang mengatur dirimu, tak peduli anda lahir ke alam mana dengan penampilan yang bagaimana.

 

Kita hidup di dunia ini, melihat ada orang yang kaya dan ada pula yang miskin, mengapa ada perbedaan sedemikian rupa? Muncul dari kekuatan karma diri sendiri. Nasib tidak mempermainkan manusia, nasib itu bersikap adil, kita tidak mengetahui bahwa segala kejadian merupakan hasil perbuatan diri sendiri.

 

Sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) membawa manfaat yang sangat besar bagi diri kita, membantu kita mengurai beragam persoalan. Apabila kita ingin kondisi hidup kita jadi baik, maka harus berhati bajik, yang dimaksud hati itu adalah niat pikiran, niat pikiran itu harus bajik, sebaliknya jika niat pikiran buruk maka segalanya jadi buruk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

Dimanakah letak Kota Keraguan?

http://keseimbanganpikiran.blogspot.com/2015/04/kutipan-ceramah-master-chin-kung-25.html

 

 

下面說得更好,『佛不使爾』,不是佛要你到邊地,不是,『身行所作,心自趣向』,這是真的,是你的身心、是你的行為所造的業因,果牽著你向著這個地方去,還是你自己的心感應境界現前。「正如《華嚴經》云:應觀法界性,一切唯心造。」心就是體性,遍法界虛空界一切萬法,它的體性是什麼?是自己心造的。這個心,真心、妄心都合在一起,用一個字,就是心現識變。「蓋心生種種法生,地獄、天堂、淨土、佛國,皆是自心所現。身所趣向,唯是自業所牽。業由心生,故云心自趣向。」沒有人控制你,沒有人主宰你,無論你受的是什麼身,無論你在哪一道,這是真理。我們在一切時、一切處,你所看到的一切人,人有貧富貴賤,怎麼來的?自己業力所現的。你這一生富貴,我這一生貧賤,我們的業不一樣。造化不捉弄人,造化大公無私,我們真的不知道,自作自受。這個經對我們的利益太大,把這些問題都給我們解釋開了。我們要好,心善就好,這個心善就是念頭,念頭善就好,念頭不善就不好。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555

 

 

 

 

Manusia di dunia ini rakus akan harta, tamak akan popularitas, serakah akan ketenaran, Buddha tidak membantahnya, asalkan diperoleh dengan cara yang benar, kalau memakai cara curang, musibah pun menyusul.

 

Anda ingin memperoleh kekayaan, caranya adalah dengan melakukan Amisa Dana (dana materi). Hasilnya memang nyata, makin banyak berdana makin banyak yang diperoleh, makin banyak yang diperoleh makin banyak berdana, jangan ditimbun, menimbun harta merusak pembinaan diri.

 

Mengapa dikatakan menimbun kekayaan merusak pembinaan diri? Oleh karena menambah keserakahanmu, ketamakan terjalin dengan Alam Setan Kelaparan.

 

Hendaknya harta kekayaan itu digunakan untuk berdana, jika anda sanggup berdana untuk satu negara, maka buah akibatnya adalah menjadi raja; jika anda sanggup berdana buat satu planet, maka buah akibatnya adalah menjadi Raja Cakravartin.

 

Jika di dalam garis hidup terdapat harta kekayaan, maka dibuang pun takkan bisa, usai berdana, kekayaan itu datang lagi, malah lebih besar daripada jumlah yang anda danakan.

 

Saya belajar Dharma sudah enam dekade lamanya, pengalaman begini telah banyak dialami secara langsung, nyata dan tidak semu. Cara ini tempo dulu disampaikan oleh Master Zhangjia kepada diriku.

 

Di dalam garis hidupku tidak ada harta kekayaan, umumnya orang yang pergi meramal nasib, di dalam garis hidupnya terdapat gudang harta yang berisi sejumlah kekayaan, sedangkan gudang hartaku malah kosong melompong.

 

Apapun tidak ada di gudang hartaku, apa sebabnya? Oleh karena pada masa kehidupan lampau tidak berdana. Masih untung, saya memiliki sedikit kebijaksanaan, dari mana kebijaksanaan ini berasal? Pada masa kehidupan lampau ada melakukan Dharma Dana. Guruku Master Zhangjia sangat jelas akan kondisiku ini, makanya mengajariku satu jurus ini.

 

Untuk menyebarluaskan Dharma tak terpisahkan dari sejumlah uang, jika tidak memiliki kemampuan finansial, bagaimana anda dapat menyebarluaskan Buddha Dharma? Tetapi sejak kecil saya tidak berminat pada harta kekayaan, tidak punya pemikiran begini, juga tidak menyukainya.

 

Master Zhangjia mengajariku melakukan Amisa Dana, Dharma Dana dan Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk), barulah saya menyadari ternyata “Di dalam pintu Buddha tidak ada permohonan yang tidak terkabulkan”.

 

Saya telah menerimanya, saya serius mengamalkan, hasilnya benar-benar nyata.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

 

  世間人貪財、貪名、貪利,佛不反對,你有正確的方法,你把方法用錯了,那你麻煩就來了。正確的方法,佛講得很清楚,你想得財富,你修財布施。真能得到,愈施愈多,愈多愈施,不要積財,積財喪道。積財是什麼?增長你貪心,這個不是好事情,這個跟餓鬼道結上緣了。你有財,你做更大的布施,你能布施一個國家,你的果報是國王;你能布施一個地球,你的果報是轉輪聖王,你為什麼不幹這個事情?命中有財,怎麼丟都丟不掉,布施完了,又來了,來了比你布施的還多。我學佛六十年,這個經驗很豐富,真的,一點不假。這個方法是早年,六十年前,章嘉大師教給我的。我命裡沒有財富,一般人算命,人有財庫,我這個財庫是空空如也,什麼都沒有。什麼原因?過去生中沒有修財布施。還好,還有點智慧。智慧是什麼?過去生中修法布施,沒有修財布施。老師清楚,教我這一招。弘法利生離不開財富,沒有財力你怎麼去弘法?但是我從小對財富就沒有放在心上,沒有這個概念,不喜歡這個東西。老師教我修財布施、修法布施、修無畏布施,我才知道佛門裡有這些東西,就是「佛氏門中,有求必應」。我接受了,我真幹,幹的時候真有效應。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555