Hati harus lapang, harus dapat memaafkan, jangan mendengar hasutan, oleh karena dengki dan niat merintangi itu amatlah banyak. Orang ini adalah sosok yang boleh dibimbing, tetapi ada orang yang menghasut “Jangan dekati dia, dia itu jahat lho”, kalau kita percaya omongan si sirik, kita pasti tidak jadi membimbing orang itu.
Kita tidak jadi membimbing insan baik itu hanya karena mendengar hasutan, kita tidak berdosa tetapi kita tetap bersalah, sementara si sirik harus menanggung dosa akibat perbuatannya, dosa ini tergolong berat.
Kasus begini sepanjang hayat telah kami jumpai banyak sekali, merupakan pengalaman yang langsung saya alami, orang lain salah paham pada kami, kasus begini sudah sering terjadi.
Kami menyadari di dalam masyarakat sekarang ini untuk menyebarluaskan Dharma sejati adalah hal yang sangat sulit sekali, terlampau susah juga sangat merana, ada begitu banyak jodoh buruk yang merintangi!
Kami juga menyadari sesungguhnya dia adalah orang baik, makanya bermaksud membimbingnya, tetapi orang-orang di sekitar kami tidak mengizinkannya, tidak setuju, alhasil hanya bisa mengabaikannya.
Orang-orang yang di sekitar ini sedang menciptakan karma buruk, mereka ini harus menanggung akibat karma. Mengapa mereka menghalanginya? Oleh karena iri hati, merebut kekuasaan.
Organisasi kita ini terlampau kecil, tidak ada kekuasaan besar dan jabatan penting, juga tidak ada keuntungan empuk, apakah ada orang yang ingin memperebutkannya? Ada, bukan tidak ada, kami mengetahuinya dengan sejelas-jelasnya.
Sekarang saya tidak ingin bertanya juga tidak ingin mendengarnya lagi, mengapa demikian? Saya berharap bisa selekasnya terlahir ke Alam Sukhavati, saya tidak ingin berada di sini lagi, makanya apapun yang kalian perbuat, saya hanya bisa ikut bersukacita, lakukan saja apa maumu!
Buddha Sakyamuni tak kenal jenuh memberi nasehat kepada kita supaya sepanjang hayat menetapkan satu tujuan, tujuan kita sudah tepat sasaran, inilah yang disebut dengan membalas budi Buddha.
Dengan melafal Namo Amituofo, melimpahkan jasa kebajikan ini ke Tanah Suci Sukhavati, menjadi siswa Buddha Amitabha, seperti yang disebutkan di dalam sutra sebagai siswa terunggul, kita harus serius mengamalkannya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 September 2011
心量要大,要能包涵,不要聽謠言,因為嫉妒障礙很多。這個人是可以造就的人,那人說「你可別惹他,他是個壞人」,好了,我們就放棄了。我們放棄有過失,我們沒有罪有過,但是他有罪,他的罪重了。這些事情在我們一生當中多次遇到,我們自己有親身的經驗,我們被別人誤會,別人誤會我們,這些事情常常發生。我們知道這個社會弘揚正法是非常艱苦的一樁大事情,太難太苦了,障緣太多太多了!我們自己也曉得那是好人,想幫助他,可是周邊的人不許可、不同意,那只好算了。周邊這些人造業,造業他要承受果報,果報不好。他為什麼這麼做?無非是嫉妒障礙,無非是爭權奪利。我們這個團體太小,沒有大權,也沒大利,有沒有人爭?有,不是沒有人,我們清清楚楚。我現在不聞不問了,為什麼?我希望我趕快到極樂世界,我不想在這裡住了,所以你們無論做什麼事情,我都歡喜,去做吧!明年這個大災難真的要爆發,我跟香港同存亡。我們相信災難來臨那個時候佛來接引我,我有這個信心,好事不是壞事!釋迦牟尼佛苦口婆心在經典裡面教訓我們、勸導我們,我們這一生唯一的目標、方向正確了,這是報佛恩,這報老師的恩。六字洪名,心心回歸淨土,做阿彌陀佛真實弟子,像經上講的第一弟子,我們要真幹。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五八六集) 2011/9/9 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0586
Untuk menjadi seorang guru tidaklah gampang, kadang kala sudah menyimpang, diri sendiri masih belum menyadarinya, maka itu mesti tiap hari melakukan introspeksi diri, tiap hari melakukan pertobatan, tiap hari memperbaiki diri.
Saya berguru pada Upasaka Li Bing-nan selama 10 tahun, banyak pengalaman yang saya pelajari dari beliau, yang paling penting adalah beliau tidak pernah menyinggung perasaan orang lain.
Melihat orang lain melakukan kejahatan, merusak reputasi Buddha Dharma, juga takkan berdebat dengannya atau menyinggung perasaan orang itu, juga tidak perlu pergi memberi wejangan padanya, mengapa demikian? Dia takkan mau mendengar dan menerimanya, malah berbalik memusuhi diri kita.
Sepanjang hayatnya Guru Li mengajar di Taichung, kami menyaksikannya sendiri, murid yang serius belajarnya, Guru Li juga mengajarnya dengan serius; sebaliknya yang tidak serius belajarnya, Guru Li bersikap basa-basi dengannya, takkan menegur dan melukai perasaannya.
Guru Li bilang padaku, jangan mengikat jodoh buruk dengan orang lain, hendaknya menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain.
Murid yang sanggup menerima satu bagian, Guru Li mengajarinya satu bagian, murid yang sanggup menerima dua bagian, Guru Li mengajarinya dua bagian, ini merupakan kebijaksanaan sejati.
Andaikata dia cuma sanggup menerima satu bagian, lalu anda mengajarinya dua bagian, maka yang sisa satu bagian tersebut tidak sanggup dicerna-nya, sia-sia saja anda capek-capek mengajarinya.
Sebaliknya jika dia sanggup menerima 10 bagian, tetapi anda cuma mengajarinya 9 bagian, maka anda bersalah padanya, 1 bagian lagi tidak anda sampaikan padanya.
Inilah faktor yang sulit dalam pengajaran. Hendaknya senantiasa merenungkan bahwa kesempatan terlahir sebagai manusia adalah sulit diperoleh, demikian pula kesempatan mendengarkan Buddha Dharma juga sulit diperoleh, andaikata dua kesempatan langka ini tidak digenggam seerat-eratnya, tidak meraih keberhasilan dalam satu masa kehidupan ini, maka sungguh patut disayangkan!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 September 2011
師心自用是非常可怕,最怕的是什麼?最怕的發生在自己,自己還不知道,不是天天去反省、天天去懺悔、天天去改過,難,真難!我跟李老師十年,在那裡學到很多教訓,最重要的,不得罪任何一個人。他幹壞事,破壞佛法,也不得罪他,也不必勸導他,為什麼?他不能接受,不能接受勸導他就變成仇人,這個不能不知道。李老師在台中一生教學,我們親眼看到,能接受的,老師真教,不能接受的,老師非常客氣。告訴我,決定不跟人結惡緣,恆順眾生,隨喜功德。能接受一分的教一分,能接受二分的教二分,這是真實智慧。只能接受一分的教二分,那一分他吸收不進去,你白說了;能接受十分的你只教九分,你對不起他,你還有一分沒教他。這是教學裡頭最不容易的一樁事情。要常常想到人身難得,佛法難聞,得人身好不容易,得人身遇到佛法要不能抓住,要不能在這一生成就,就太可惜了!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五八六集) 2011/9/9 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0586
Untuk meraih keberhasilan, anda harus belajar melepaskan segala kemelekatan, barulah anda dapat memasuki kondisi batin, jika masih ada secuil saja hati yang mementingkan diri sendiri, maka ini adalah rintangan yang berat.
Maka itu beberapa kalimat berikut ini sangatlah bagus. Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 46 terdapat kalimat “Terhadap ajaran sutra, tidak boleh merusaknya, tidak boleh menambah atau mengurangi isi sutra.”
Dalam menyebarluaskan Dharma, tidak boleh menuruti penafsiran diri sendiri lalu mengubah isinya, harus mempertahankan teks aslinya.
Kalimat berikutnya adalah “Terpisah satu aksara saja dari ajaran sutra, maka akan sama dengan ucapan Mara”, hendaknya menaati setiap aksara yang tercantum di dalam sutra, jika isi ceramah terpisah dari ajaran sutra maka sama dengan ucapan Mara, bukan lagi perkataan Buddha.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 September 2011
那要成就,你就要真的放下,這不是開玩笑的。要徹底放下,你才能夠契入境界,有一毫私心就是障礙,嚴重障礙。所以後頭這個四句說得非常好。『無得為妄,增減經法』,這是講流傳法寶,不能夠隨自己意思改動它,一定要遵從經典裡面的原文原意這樣傳下去。末後總結的說,「蓋離經一字,便同魔說」,經典裡頭字字句句都要遵守,離開經典是魔說,它不是佛說。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五八六集) 2011/9/9 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0586