Sunday, November 15, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011 (Bgn 3)

 

 

“Terhadap orang yang tidak memiliki kebijaksanaan dan tidak memiliki keyakinan, jangan sampaikan sutra ini padanya”, mengapa demikian? Dia akan melontarkan fitnahan, dia menciptakan karma buruk.

 

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 41 tercantum :

“Buddha Sakyamuni memberitahukan Bodhisattva Maitreya : Para makhluk inimemiliki kebijaksanaan yang dangkal dan tipis, membedakan Alam Sukhavati, tidak sebanding dengan alam surga, maka tidak berkeinginan untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Bodhisattva Maitreya bertanya lagi pada Buddha Sakyamuni : Para makhluk yang membedakan Alam Sukhavati tidak sebanding alam surga, dikarenakan mereka memiliki pikiran khayal dan diskriminasi, maka itu tidak berniat terlahir ke Alam Sukhavati. Bila tidak membangkitkan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, bagaimana mungkin bisa terbebas dari tumimbal lahir?”

 

Bodhisattva Maitreya ber-Maitri Karuna mewakili kita memohon bimbingan pada Buddha Sakyamuni, sekaligus juga mengingatkan kita dan membantu kita memecahkan masalah.

 

Dengan Maitri Karuna mengasihi para makhluk yang berada pada zaman berakhirnya Dharma. Para makhluk yang berada pada periode akhir Dharma, mereka juga mengetahui untuk menghapus kejahatan menimbun kebajikan, tetapi mereka tidak berniat terlahir ke Alam Sukhavati. Apa sebabnya? Bodhisattva Maitreya mewakili kita bertanya dan memohon bimbingan pada Buddha Sakyamuni.

 

Kalimat berikutnya adalah jawaban dari Buddha Sakyamuni yakni, “Para makhluk ini, memiliki kebijaksanaan yang dangkal dan tipis”, dia memiliki pengetahuan namun tidak memiliki kebijaksanaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas :

http://sutrausiatanpabatas.blogspot.com/

 

Periode berlangsungnya Dharma Buddha Sakyamuni 12 ribu tahun, terdiri dari :

Saddharma (Periode Dharma Sejati) : 1000 tahun

Saddharma-pratirupaka (Periode Dharma Mirip) :  1000 tahun

Saddharma-vipralopa (Periode Akhir Dharma) : 10 ribu tahun

 

「是故無智無信人中,莫說是經也」。這句話講得很重要,對於不相信的人,沒有智慧的人,你不要跟他講這部經。為什麼?他毀謗,他造業。

 

【佛告慈氏。此等眾生。智慧微淺。分別西方不及天界。是以非樂。不求生彼。慈氏白言。此等眾生。虛妄分別。不求佛剎。何免輪迴。】

 

句句話都是真話。「慈氏」就是彌勒菩薩,彌勒菩薩大慈大悲替我們請法,提醒我們,幫助我們解決問題。「以無緣大慈」,同體大悲,「憫念末世中有一類眾生」,末法時期這一類不少人,很多很多,這些人也知道斷惡修善,但是他們不求生西方極樂世界。這什麼原因?彌勒菩薩代我們向佛請教。下面佛給我們說,「此一類眾生缺少智慧」,他有知識,他沒有智慧。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558

 

 

 

 

“Mendambakan berkah Alam Dewa dan Alam Manusia, makanya tidak berniat terlahir ke Alam Sukhavati”.

 

Alam Sukhavati tidak pernah dilihat langsung olehnya, sedangkan pahala di depan mata sudah diperolehnya, Ajaran Mahayana selalu mengatakannya sebagai “Orang kaya sulit membangkitkan niat melatih diri”, dia mendambakan harta kekayaannya, niat pikiran yang timbul adalah bagaimana melindungi kekayaannya.

 

Dia juga memuja Buddha, tetapi tujuannya adalah memohon pada Buddha dan Bodhisattva melindunginya supaya cepat naik pangkat dan kaya raya, jadi tujuannya bukan untuk terlahir ke Alam Sukhavati, bukan untuk mencapai KeBuddhaan atau menjadi Bodhisattva, dia tidak berminat terhadap hal-hal begini.

 

Dia hanya memohon pada Buddha supaya dia bisa sehat dan panjang umur, mempunyai banyak anak cucu, naik pangkat dan kaya raya, inilah yang diinginkannya. Umat Buddha jenis begini ada berapa persentase-nya? Sekitar 99 persen.

 

Cobalah bertanya padanya, kenapa anda belajar Ajaran Buddha? Kenapa anda sembahyang ke Vihara? Ini sungguh merupakan kebijaksanaan yang dangkal, menganggap Buddha Dharma sebagai alat untuk memohon pahala.

 

Di dalam Buddha Dharma terdapat sebuah perkataan yang memang nyata dan tidak semu yakni “Segala permohonan di pintu Buddha pasti terkabulkan”, juga disebutkan dengan jelas, ingin kaya bisa tercapai, ingin punya anak juga bisa tercapai, ingin panjang umur juga bisa tercapai, segala permohonan bisa terkabul, jadi umat ini cuma mengerti satu kalimat ini saja, hal lainnya tidak dipahaminya lagi.

 

Cara yang diajarkan Buddha malah tidak digubrisnya, mungkin juga dia tidak percaya. Apa yang diajarkan Buddha supaya bisa kaya? Melakukan Amisa Dana (dana materi) berbuah kekayaan.

 

Tetapi orang kikir malah tidak mau berdana, saat berdana juga tawar menawar dengan Buddha, di dalam pintu Buddha dikatakan berdana satu memperoleh balasan sepuluh ribu kali lipat, jadi dia cuma berdana satu saja, lalu esoknya mengharapkan balasan sepuluh ribu kali lipat, kalau esok tidak memperoleh balasan-nya, dia akan menganggap Ajaran Buddha tidak sakti, curiga, maka fitnahan pun dilontarkannya.

 

Apa yang dikatakan Buddhisme adalah kebenaran, pahala memang diperoleh dari tiga jenis dana (Amisa Dana, Dharma Dana, Abhaya Dana).

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

 

「迷戀天人之福,故不願生」。極樂世界他沒有看到,眼前的福報他得到了,大乘教常說「富貴學道難」,他迷戀在富貴裡頭,他們起心動念怎樣保住富貴。他也拜佛,他拜佛的目的是什麼?求佛菩薩保佑他升官發財,目的在此地,不是往生極樂世界,不是去作佛、作菩薩,不是,他對這個沒興趣,保佑他長壽,保佑他健康,保佑他多子多孫,保佑他升官發財,他搞這個。學佛的人這一類的佔多少?大概佔百分之九十九。你問他,你為什麼學佛?你為什麼到廟裡燒香?這個就是真的智慧微淺,把佛法當作求福報的一種方法來看待。佛教裡頭有這麼一句話,真的不是假的,「佛氏門中有求必應」,也說得很清楚,求富貴得富貴,求男女得男女,求長壽得長壽,有求必應,他就懂這一句,其他的都不懂。佛所教的方法他又沒有學會,可能他也不相信。佛教怎麼求富貴?財布施得富貴。又不肯布施,布施都是談條件的,佛門講捨一得萬報,他就捨一,希望什麼?希望明天得萬報,明天要沒有得到果報,佛教不靈,懷疑、毀謗就來了。佛家講的是真道理,福報確確實實從三種布施得來的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558

 

 

 

 

 Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 41 tercantum :

Terhadap orang-orang yang tidak berminat terlahir ke Alam Sukhavati, Bodhisattva Maitreya mengatakannya sebagai berikut, “Bila tidak membangkitkan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, bagaimana mungkin bisa terbebas dari tumimbal lahir?”

 

Berapa panjang usia manusia? Anda bersusah payah sepanjang hidup mengelola bisnis, kekayaan yang anda peroleh dapat dinikmati selama berapa tahun saja?  

 

Di dalam sejarah Tiongkok, kita dapat melihat para kaisar generasi demi generasi, mereka memiliki pahala yang besar, tetapi yang dapat berkuasa lebih dari 20 tahun, ada berapa orang saja? Sebagian besar bertakhta tidak melampaui 20 tahun, pahalanya sudah habis dinikmati.

 

Ada yang bertakhta selama 60 tahun, sungguh hebat, Dinasti Qing cuma ada dua kaisar yang berkuasa 6 dekade yakni Kaisar Kangxi dan Kaisar Qianlong bertakhta selama 60 tahun, Kaisar Yongzheng bertakhta selama 13 tahun, tidak sampai 20 tahun.

 

Maka itu pikir-pikir apalah makna-nya, cuma bertakhta belasan hingga 20 tahun saja, terlampau singkat waktunya, meskipun 6 dekade juga hanya satu petikan jari sudah berlalu begitu saja.

 

Makanya jika tidak membangkitkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, anda telah keliru, benar-benar telah keliru!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

對於這一類人,彌勒菩薩後頭這句說得好,「不求佛剎,何免輪迴」。你這一生壽命有多長?你辛辛苦苦去經營,你得到的富貴能享受幾年?我們如果看看中國的歷史,你看看歷代帝王,那是福報最大的,能夠超過二十年的有幾個人?一半以上在位都不能超過二十年,他就享完了。在位六十年的,不得了,清朝只有兩個人,康熙跟乾隆,在位六十年。雍正十三年,不到二十年的,清朝一共十個皇帝,佔多數。所以想想有什麼意思,十幾二十年,太短暫了,六十年也一彈指而已。所以不求生淨土你就錯了,真錯了!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558