Oleh karena segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran, maka itu hati dan pikiran dapat mengubah segala sesuatu, termasuk alam dan seluruh isinya.
Setelah memahami kebenaran ini barulah kita percaya bahwa para Buddha dapat menyelamatkan semua makhluk, berdasarkan apa? Pikiran. Pikiran para Buddha murni suci dan murni bajik, sedangkan pikiran para makhluk adalah sedemikian rumitnya, suci dan kotor, bajik dan jahat saling bercampur aduk, mengundang balasan buruk yang tak terhingga dan tanpa batas.
Lain halnya dengan hati Buddha yang suci, setelah mendekatkan diri pada Buddha, kekotoran batin kita berangsur-angsur sirna. Apabila dapat menuruti ajaran Buddha, dengan segera jadi bersih dan suci.
Meskipun tidak percaya pada Buddha Dharma, menolak Buddha Dharma, bahkan berupaya melenyapkan Buddha Dharma, namun Buddha dan Bodhisattva tetap memberkati dirinya, agar dosa-dosanya berkurang, siksaan yang dijalaninya jadi lebih singkat, Maitri Karuna hingga sedemikian mendalamnya.
Kapan dia barulah mengetahuinya? Pepatah Tiongkok mengatakan, ketika penderitaan usai kebahagiaan menjelang. Dia menjalani siksaan di tiga alam penderitaan hingga puncaknya, perlahan-lahan dia mulai sadar dan bertobat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2011
又因為一切法從心想生,所以心想能改變一切法,山河大地是一切法,芸芸眾生是一切法。明白這個道理,我們才能夠相信,相信什麼?相信佛能救度一切苦難眾生。憑什麼?意念,佛的意念純淨純善。眾生的意念是非常複雜,染淨善惡混雜,感得無量無邊的苦報。佛不是的,佛心清淨,接觸到佛之後,我們的染污就淡化了。如果能隨順佛陀教誨的,很快就乾淨了。縱然不相信佛法、排斥佛法,甚至於還把佛法消滅,佛菩薩還是保佑他,佛菩薩冥冥當中還是加持他,讓他的罪業減輕,讓他的苦報縮短,慈悲到極處。什麼時候他知道?中國有句諺語說,苦盡甘來。他在三途受苦,受到極處,慢慢他覺悟了,他懺悔了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四六七集) 2011/6/24 台灣高雄 檔名:02-039-0467
Manusia hidup di dunia ini, sering bertemu dengan kondisi begini. Dalam waktu keseharian berpikiran sesat, bertindak sesuka hati, menciptakan banyak karma buruk.
Saat ajal tiba, musuh kerabat datang menagih utang, barulah dia menyesali perbuatannya. Namun penyesalannya sudah terlambat, dia jatuh ke tiga alam rendah.
Apabila dia adalah praktisi Buddhis, dalam waktu keseharian ada membaca Sutra, mendengar ceramah, walaupun setengah percaya setengah tidak, pada saat begini barulah mengalami secara langsung bagaimana musuh kerabat datang menagih utang, utang nyawa dibalas nyawa, utang uang dibayar uang.
Ketika fenomena ini muncul di depan mata, barulah dia menyadari ternyata ini nyata adanya, Hukum Sebab Akibat tidaklah semu, barulah dia bertobat dengan tulus.
Sahabat Dharma semacam ini, saya pernah melihatnya, ketika sakit berat, adakah gunanya bertobat? Berguna. Begitu dia bertobat, gejala penyakitnya jadi berkurang. Apakah bisa sembuh? Bisa, serupa dengan yang disebutkan di dalam sutra sebagai membangkitkan Bodhicitta, nasib dapat diubah.
Masa hidupmu telah berakhir, hal ini adalah urusan tubuh kasarmu. Jika benar-benar membangkitkan Bodhicitta, setelah penyakitku sembuh, saya tidak memiliki diriku sendiri lagi, mempersembahkan jiwa dan raga diri sendiri, berkontribusi bagi kepentingan semua makhluk, demi keberlangsungan Dharma Sejati di dunia ini, usianya pasti diperpanjang.
Yang diperpanjang itu bukan lagi usianya, oleh karena masa hidupnya telah habis, yang berlanjut itu adalah jiwa kebijaksanaan Dharmakaya. Anda membangkitkan niat mulia, Buddha dan Bodhisattva memberkati, garis hidupmu berubah.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2011
我們世間人,這種情形也常有。平常迷惑顛倒,任性妄為,造作種種惡業。到壽命快終的時候,冤親債主來索命的時候,他後悔了。在一般凡人,後悔也來不及了,到三途去了。如果是學佛的人,平常他也讀經,他也聽教,他聽得多,雖然半信半疑,到這個時候他親自體驗到冤親債主來索命,這不是假的,欠命的還命,欠債的還錢。這個現象現前之後,他知道這是真的,因果報應是真的不是假的,才真正發心懺悔。這樣的同修我見過。得重病的時候,懺悔有沒有效?有效。真正一懺悔,他的病痛並不是好了,病痛減輕了。能不能好?能好,真正像經前面所講,真正發菩提心,命運可以轉過來。你的壽命到了,那是你自己的業報身。如果真正發菩提心,我病好了之後,我這一生沒有自己,把自己的身心奉獻出來,為一切苦難眾生服務,為正法久住來服務,他的壽命肯定延長。延長不是他的壽命,他的壽命已經完了,這是什麼?是法身慧命。你自己發這樣的心,佛菩薩威神加持,它就轉了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四六七集) 2011/6/24 台灣高雄 檔名:02-039-0467