Saturday, December 26, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011 (Bgn 5)

 

 

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas versi terjemahan masa Dinasti Tang, disebutkan : “Bodhisattva Ajita (nama lain dari Bodhisattva Maitreya), Saya mewariskan Pintu Dharma ini dan Buddha Dharma kepada dirimu, anda mesti mengamalkannya”.

 

“Mempertahankan keberlangsungan Buddha Dharma, jangan sampai lenyap”. Anda harus mewariskan Dharma ini dari satu generasi ke generasi selanjutnya, jangan sampai lenyap, ini adalah pesan dari Buddha Sakyamuni kepada Bodhisattva Maitreya.

 

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas diuraikan lebih jelas, Buddha Sakyamuni berpesan pada Bodhisattva Maitreya dan hadirin lainnya supaya menjadi Pelindung Agung, termasuk diri kita, setiap praktisi yang mengamalkan sesuai dengan ajaran, setiap praktisi yang menyebarluaskan Pintu Dharma ini, yang mendukung dan melindungi Pintu Dharma ini, semuanya tercakup di dalamnya.

 

Kita jadi menyadari, meskipun sepanjang hayat kita melakukan kebajikan secara diam-diam, tidak ada yang mengetahuinya, namun kita telah melakukan sebuah kebajikan besar, Buddha mengetahuinya.

 

Dengan jasa kebajikan ini melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, mana ada alasan tidak berhasil! Keyakinan hati kita boleh dibangkitkan dari tempat ini, boleh dari hal ini sehingga menjadi kokoh.

 

Buddha Sakyamuni berpesan, “Karena itu Bodhisattva Maitreya dan hadirin lainnya hendaknya menjadi Pelindung Agung”, Dia pasti akan melindungi dan mempertahankan Pintu Dharma ini, menuruti metode ini melatih diri, menyebarluaskan metode ini, yakni menyebarluaskan Ajaran Tanah Suci.

 

“Bodhisattva Maitreya di dalam Persamuan Sutra Usia Tanpa Batas menerima pesan dari Buddha Sakyamuni, maka itu kelak Bodhisattva Maitreya ketika lahir dan mencapai KeBuddhaan di dunia ini, Beliau pasti membabarkan sutra ini”.

 

Setelah menerima pesan dari Buddha Sakyamuni, bagaimana mungkin Bodhisattva Maitreya tidak membabarkan Sutra Usia Tanpa Batas? Kelak Buddha Maitreya pasti membabarkan tiga judul sutra Aliran Tanah Suci yakni Sutra Usia Tanpa Batas, Amitabha Sutra dan Amitayurdhyana Sutra, melindungi Pintu Dharma ini.

 

Kelak ketika Bodhisattva Maitreya mencapai KeBuddhaan, di dalam tiga persamuan Nagapuspa, pasti membabarkan Ajaran Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

Tiga Persamuan Nagapuspa :

http://avaivartika48.blogspot.com/

 

 

  「又《唐譯》云」,五種原譯本裡面唐譯的,這段經文《唐譯》是這麼說的,「汝阿逸多,我以此法門及諸佛法,囑累於汝,汝當修行。我今為大囑累」,囑咐給你,累是麻煩你,「當令是法久住不滅」。你應當把這個法一代一代傳下去,不能讓它滅掉,對彌勒菩薩講的。這個經裡面講得就更清楚,世尊囑咐彌勒等作大守護,把我們每一個依教修行的人,每一個弘揚這個法門的人、護持這法門的人全部都包括在其中。我們就曉得,我們這一生雖然默默無聞,做了一樁大好事,這個大好事佛知道。我們以這個功德念佛求生淨土,哪有不往生的道理!我們的信心可以從這個地方建立,可以從這樁事情堅定了。「世尊作大囑累」,囑是咐囑,累就是麻煩大家,「是故彌勒大士等應作大守護也」,他決定護持,依照這個方法修行,弘揚這個方法,就是弘揚淨土。「慈氏大士於無量壽會上受佛咐囑,故知大士當來下生必宏本經」。這是接受佛的付託,他怎麼能不弘揚?肯定淨土三經他一定講,這個法門他一定護持。將來彌勒菩薩降生,龍華三會,一定講這個淨宗法門。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585

 

 

 

 

Penceramah dan pendukung Dharma merupakan satu kesatuan, jasa kebajikannya adalah setara, bahkan pendukung lebih besar jasa kebajikannya daripada penceramah, ini nyata adanya.

 

Tetapi untuk menjadi pendukung Dharma tidaklah gampang, jika memahami Buddha Dharma secara jelas, maka dia akan menjadi pendukung Dharma yang benar, jasa kebajikannya sungguh tak terbayangkan. Apa alasannya? Oleh karena Buddha Dharma dibawah upayamu perlahan-lahan menjadi bangkit dan berjaya, perlahan-lahan tersebar luas.

 

Sebaliknya jika anda tidak memahami Buddha Dharma secara jelas, maka maksud hati semula ingin mendukung, malah berbalik jadi merintangi Buddha Dharma.

 

Dia memang menjadi pendukung Dharma, namun dalam upaya-nya tersebut, tanpa sadar dia ikut menciptakan karma buruk, akibatnya tentu saja tidak baik, karma buruk yang dilakukannya tersebut mungkin akan merintangi upayanya terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kasus begini telah kami saksikan banyak sekali jumlahnya, tak peduli di Vihara praktisi non awam maupun Vihara praktisi awam, tidak ada pengecualian.

 

Pepatah mengatakan, “Di depan gerbang Neraka terdapat banyak praktisi non awam”, makna kalimat ini sungguh mendalam. Hari ini anda telah bertemu dengan Buddha Dharma, tetapi anda malah tidak baik-baik melatih diri, ini telah melakukan kesalahan. Apalagi kalau sampai melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Dharma, maka anda telah menciptakan karma buruk.

 

Bagi pendukung Dharma, yang seharusnya diselamatkan, anda tidak membantunya; sebaliknya yang tidak seharusnya diselamatkan, malah anda bantu.

 

Anda sudah membantu banyak sosok yang kekotoran batin dan tabiatnya begitu berat, dia tidak berhasil. Sedangkan insan bajik yang memiliki harapan meraih keberhasilan malah tidak dibantu, karena tidak suka melihatnya, makanya tidak dihiraukan, tidak dibantu, ini telah melakukan kesalahan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

弘護是一體,護法跟弘法功德一樣,甚至於護法的功德還超過弘法,這是真的。但是護法不容易,護法自己要內行,要懂得,那個護就是善護,功德真的不可思議。因為什麼?佛法在你手上慢慢復興起來,慢慢推廣。你不懂就不行,不懂,護法有的時候障礙佛法。是護持,護持裡頭造業,果報不好,這個造業可能對往生都受障礙。這個事情我們看到很多很多,無論是出家人道場,或者在家居士道場,沒有例外的。古諺語有句話說,「地獄門前僧道多」,這個話是什麼意思?意思很深。你已經遇到佛法,你沒有好好的修學,這就是過失;如果還做些不如法的,那你是造罪業。護持佛法的,該得度的你沒有幫他,不該得度的你幫他很多。幫了很多,他的煩惱習氣很重,他沒有成就;能夠有成就的,我看得不順眼,不喜歡他,我不理會他、不幫助他,都是過失。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585