Wednesday, September 23, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011 (Bgn 4)

 

 

 “Dengan memukul genderang Dharma dan meninggikan dhvaja Dharma, memancarkan cahaya kebijaksanaan, menyebarluaskan Dharma menakjubkan, menghancurkan kegelapan batin para makhluk”.

 

Hal ini menjelaskan bahwa pertama-tama diri sendiri melatih diri hingga memiliki secuil prestasi, kemudian jalinan jodohmu masak, sahabat Dharma-mu jumlahnya semakin banyak, hingga mencapai beratus-ratus orang, beribu-ribu orang, maka anda boleh mendirikan vihara.

 

Orang awam mendirikan asosiasi lotus, sekarang kita menyebutnya dengan nama Pure Land Learning Society, inilah contoh dari meninggikan dhvaja Dharma.

 

Memancarkan cahaya kebijaksanaan adalah memberi ceramah Dharma, zaman sekarang ilmu dan teknologi berkembang pesat, modal yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan Buddha Dharma kian lama kian murah, kita boleh mempertimbangkan menggunakan siaran televisi internet, kini modal untuk menyelenggarakan siaran televisi satelit juga tidak tinggi, sarana untuk menyebarluaskan Buddha Dharma adalah bentuk dari meninggikan Dhvaja Dharma.

 

Cukup memberi ceramah atau menyelenggarakan kebaktian di satu tempat saja, namun seluruh dunia dapat ikut menyaksikannya, insan yang berjodoh dapat berkumpul bersama-sama.

 

Meskipun secara fisik berada di tempat yang berbeda-beda, namun niat pikiran kita berkumpul bersama, kekuatan ini sangatlah besar, inilah yang disebut menyebarluaskan Dharma menakjubkan.

 

Tujuan dari memberi ceramah Dharma, tak lain adalah membantu menghancurkan kesesatan menumbuhkan keyakinan, terhadap Dharma sejati membangkitkan keyakinan hati, memiliki pengenalan secara benar, lebih maju selangkah adalah memotivasi setiap insan supaya membangkitkan tekad, bersama-sama terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Saya melakukannya dengan sangat serius, sangat tekun, barulah orang lain memercayainya; sebaliknya jika diri sendiri tidak mengamalkan, namun menasehati orang lain, maka ini namanya praktisi gadungan. Diri sendiri harus menjadi panutan, mengamalkannya terlebih dulu, dengan penuh kesungguhan hati, takkan ambigu sama sekali.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

Catatan :

Ambigu = kabur atau samar-samar, mengandung keraguan atau ketidakjelasan

 

「於是則大鳴法鼓,高建法幢,大放慧光,廣宏妙法,破除眾生無明痴暗。」這是講先有小成就,然後因緣成熟,你的同修伴侶多了,能有幾百個人、幾千個人,你就可以建道場。在家居士建蓮社,現在我們叫淨宗學會,建居士林、建念佛堂,這就是高建法幢。大放慧光這是講經說法,現在科學昌明,技術不斷在進步,成本愈來愈低廉,我們就可以考慮網路電視,網路電視的成本便宜,現在衛星成本也不高,這種弘法的工具真的是高建法幢。一個地方講學、共修,全世界都能夠收看到,有緣人都能夠集在一起,雖然人身體不在一起,我們的意念集在一起,這個力量非常之大,這是廣宏妙法。講經說法的目的,沒有別的,第一個目標就是幫助大家破迷生信,對正法有了信心,有了正確的認識,再進一步鼓勵大家發願,我們一起到極樂世界。我幹得很認真、很努力,別人相信;如果自己不幹,勸別人,這大概是假的,不是真的。自己要頭帶好,真幹,一點都不含糊。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九0集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0490

 

 

 

 

“Hati Bodhisattva murni suci, sikapNya harmonis, pikiran dan tindakan adalah selaras.”

 

 Ini merupakan syarat dasar bagi Bodhisattva, tidak ada alasan tidak sanggup diwujudkan, dalam hatiNya murni suci adalah memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, takkan bercampur-aduk dan takkan kacau, pintu pelaksanaannya adalah melafal sepatah Amituofo berkesinambungan tak terputus, sikap yang ditampilkan keluar minimal juga harus dapat sebanding dengan Konfusius, yakni harmonis, bajik, hormat, bersahaja, mengalah, benar-benar mampu mewujudkannya.

 

Orang lain berebutan, saya mengalah, benar-benar dapat mewujudkan tidak berebutan dengan orang lain, takkan mendambakan dunia ini, hidup berdampingan dengan orang lain secara harmonis, mengapa demikian? Takkan timbul perseteruan.

 

Tempo dulu, saya sanggup bekerja sama dengan Pengurus Han selama tiga dekade, ada banyak orang berkata : Pengurus Han ini orang yang sulit bersosialisasi, merupakan sosok wanita karir.

 

Saya berkata : Bagiku bukanlah masalah, apa yang dia hendaki, saya tidak berminat; apa yang saya hendaki, dia tidak berminat, makanya diantara kami tidak ada perseteruan, kami dapat bekerja sama dengan harmonis.

 

Apa yang saya hendaki adalah kesempatan berceramah, sementara Pengurus Han tidak berminat; apa yang dia hendaki adalah ketenaran dan keuntungan, sementara saya tidak berminat pada hal ini.

 

Dia senang menjadi ketua pengurus Vihara, punya kedudukan, punya kekuasaan, dia suka mengurus anggota, mengurus keuangan, menangani segala urusan, dia suka pada hal-hal begini, sedangkan saya tidak suka menangani urusan.

 

Jadi saya memiliki prinsip “Menghindari Tiga Urusan”,  yakni tidak mengurus anggota, tidak mengurus keuangan, tidak menangani urusan apapun, makanya diantara kami takkan ada perseteruan.

 

Andaikata saya juga ikut campur dalam segala urusan, maka terjadilah perseteruan, akibatnya saya dan dia tidak dapat bekerjasama.

 

Makanya kami jadi terpikir, mengapa Konfusius dapat hidup berdampingan dengan semua orang secara harmonis, oleh karena beliau harmonis, bajik, hormat, bersahaja, mengalah, lima kebajikan ini harus sanggup kita teladani.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

「菩薩內心純淨,儀態溫和,得乎中而形於外,表裡一如。」這是菩薩基本的一個條件,不能不做到,內心純淨就是一門深入、不雜不亂,行門就是一句彌陀念到底,表現在外面的儀態至少也能跟孔子相比,溫良恭儉讓,真能做到。別人爭,我讓,真正做到於人無爭、於世無求,我們跟任何一個人都能和睦相處,為什麼?沒有衝突。早年,我跟韓館長相處三十年,有很多人說:韓館長很難相處,是個女強人。我說:我沒問題,她要的,我不要;我要的,她不要,我們倆很好相處,沒有衝突。我要的是講經教學,這她不要;她要的是名聞利養,這個我不要。她當館長有名、有權、有勢,她管人、管錢、管事,她都管去,我就不要管了,所以我就變成三不管。她是三管,我這三不管,所以就沒有衝突。如果我也要管的話,衝突就起來,那就不能相處。所以我們想到,孔老夫子跟任何人都會和睦相處,因為他老人家溫良恭儉讓,這是我們應該要學習的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九0集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0490