Kita mengetahui bahwa niat
tulus merupakan poin yang sangat penting. Master Yin Guang selalu berkata, “Dengan
membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian
manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat
memperoleh sepuluh bagian manfaat”.
Mengapa tidak menggunakan hati
yang tulus dan hormat? Mengapa masih saja munafik penuh kepura-puraan? Yang
menderita kerugian itu bukan orang lain, tetapi adalah diri sendiri!
Orang lain tidak menderita
kerugian apa-apa, tetapi diri sendiri malah menderita kerugian besar. Semoga kita dapat menyelami makna mendalam
ini, hendaknya menerapkannya dalam kehidupan keseharian, dalam bekerja, menangani
urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, terhadap setiap
kata dan kalimat yang diucapkan Buddha, takkan ada keraguan sama sekali.
Sekarang belajar Ajaran Buddha,
kesulitan terbesar adalah tidak memiliki ketulusan hati terhadap Buddha. Meskipun
Buddha Tathagata yang langsung datang membimbingnya, dia juga tidak dapat menerimanya.
Maka itu, dalam menyebarluaskan
Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, kesulitannya terletak di sini, bagaimana
cara mengatasinya? Solusinya ada pada diri sendiri, saya harus sanggup
mengamalkan apa yang saya pelajari selama ini, yakni saya mesti menyelamatkan
diri sendiri terlebih dulu, barulah kemudian menyelamatkan para makhluk yang
berjodoh.
Apa yang dimaksud dengan
berjodoh? Setelah melihat dan mendengarnya, dia dapat membangkitkan keyakinan,
dia dapat memahami, dia dapat membulatkan tekad, inilah yang dimaksud dengan
berjodoh.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
於是我們就曉得,真誠多重要。印光大師常講,「一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益」,我後頭把它補充幾句,百分誠敬得一百分利益,千分誠敬得一千分利益,萬分誠敬得一萬分利益。為什麼不用誠敬心?為什麼還搞虛情假意?吃虧的不是別人,自己!別人沒吃虧,自己可吃了大虧。希望我們對這個甚深義趣能夠深深去體會,我們要把它用在日常生活當中,用在工作、用在處事待人接物,對於佛的話句句不懷疑。現在學佛,最大的困難就是一般人對佛沒有誠敬心,這非常非常困難,諸佛如來來教他,他都聽不進去。所以,弘法利生難處難在這裡,我們如何克服這個困難?克服困難還在自己,我要把我所學的全做到、全落實,就是我先自度,自度而後有緣的眾生就得度,沒有緣的就隨他去。什麼叫有緣?他看到、他聽到了,他能信、他能解、他能發願,這就是有緣的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八三集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0383
Kejujuran dan ketulusan merupakan
sikap yang harus kita terapkan dalam kehidupan keseharian, dalam pekerjaan dan
berinteraksi dengan orang lain.
Para Buddha Tathagata juga
bersikap demikian, sama halnya pula dengan para Bodhisattva Dharmakaya dan Guru
Sesepuh serta praktisi senior juga bersikap demikian, maka itu saya juga harus
meneladaninya.
Bahkan Konfusius juga memahami
kebenaran ini, di dalam “Lun Yu (Analek Konfusius)” disebutkan, “Menyampaikan
ajaran para pendahulu, tidak menciptakan teori sendiri, yakin dan suka pada
ajaran para pendahulu”, Konfusius benar-benar dapat mempertahankan prinsip ini,
tidak menciptakan teori sendiri, tidak ada penemuan baru. Mengapa demikian?
Tak peduli bagaimana pun anda
berkreativitas, tak peduli bagaimana pun anda melakukan penemuan baru, anda
juga tidak mungkin dapat melampaui kebenaran yang diungkapkan oleh para
pendahulu yang mengalir keluar dari jiwa sejati.
Insan yang telah menemukan
kembali jiwa sejati telah mencapai kesempurnaan, sementara sekarang anda masih
merupakan orang awam semata, mungkinkah anda sanggup melampauiNya? Mustahil.
Terkecuali anda sekarang juga telah mencapai kesempurnaan seperti diriNya,
menemukan kembali jiwa sejati.
Maka itu kita hanya dapat
mengatakan, semoga kelak saya bisa menyerupai Buddha Amitabha, andaikata saya
mengatakan bahwa kelak saya harus melampaui Buddha Amitabha, hal ini adalah
mustahil.
Buddha Amitabha melambangkan
jiwa sejati yang sempurna. Ibarat sebuah gambar bulatan yang tanpa cacat sama
sekali, jika anda bermaksud menambahkan sebuah titik saja di atasnya, maka anda
sudah keliru, hal ini adalah mustahil, atau anda ingin menggambarnya gepeng atau pipih
sedikit, hal ini juga mustahil, oleh karena bulatan tersebut memang sudah
sempurna adanya, sudah sebagaimana mestinya, yang takkan berubah buat
selama-lamanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
「又云,純真絕妄」,純,一絲毫夾雜都沒有,「萬劫如然,言誠實者,孰過於是」,講到誠實,還有能超過它嗎?沒有了。這是我們生活、工作、處世待人的態度。諸佛如來如是,法身菩薩如是,我們的祖師大德們亦如是,我能不學嗎?連孔老夫子都懂得這個道理,他老人家在《論語》裡說,「述而不作,信而好古」,他真能守得住,沒有創造、沒有發明。為什麼?無論你怎麼創造,無論怎麼樣發明,都在自性清淨圓明體那個圈子裡頭,你沒有辦法超越。明心見性的人都證得大圓滿了,你能超過他,不可能的;你跟他一樣,行,因為他究竟圓滿了,不增不減。所以,我們只能夠說我希望將來跟阿彌陀佛一樣,你說我將來要超過阿彌陀佛不可能,沒這個事情。阿彌陀佛代表自性清淨圓明體,阿彌陀佛代表究竟圓滿。就像一個圓一樣,沒有一絲毫欠缺,你加一點錯了,加不上去,你讓它缺一點也不可能,就是那麼圓滿。純真絕妄,萬劫如然。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八三集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0383