Saturday, March 28, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011 (Bgn 2)


“Sutra Usia Tanpa Batas” sebelumnya telah pernah saya ceramahkan sebanyak sepuluh kali, setiap kali tidaklah sama, kali ini kami menggunakan penjelasan sutra yang ditulis oleh Upasaka Huang Nian-zu.

Saya sangat terharu terhadap upaya beliau menyelesaikan karyanya ini, yang mengerahkan segenap hati sehingga memperoleh pemberkatan dari Tri Ratna (Buddha, Dharma, Sangha).

Dalam kondisi yang begitu sulit, dia berhasil mengumpulkan bahan sebanyak lebih dari 130 jenis buku referensi atau rujukan, saya sangat terkesima.

Padahal waktu itu beliau sedang menderita sakit-sakitan, bahkan sangat parah, dalam kondisi begini, beliau kurang istirahat dan kurang tidur, demi menyelesaikan menulis penjelasan sutra ini.

Kita harus salut padanya, berterima kasih atas jasanya. Beliau telah memperagakan kepada kita semuanya, melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati.

Setengah tahun sebelum wafat, Upasaka Huang Nian-zu melepaskan segala kemelekatan, memfokuskan pikiran melafal Amituofo, sehari melafal sebanyak 140 ribu lafalan, hingga enam bulan kemudian, beliau terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Peragaan ini diperlihatkan kepada kita, apabila kita berniat terlahir ke Alam Sukhavati, dapat mengandalkan cara yang digunakan beliau! 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011


    《無量壽經》過去講過十遍,遍遍不一樣,這一次我們採取黃念老的註解。他寫這個註解我很感動,真叫一心一意,求得三寶的加持。在那樣困境之下,他能找到一百三十多種參考書,我很驚訝。身體不好,病很重,在這種情況之下不眠不休,把這部註解寫成。我們不能不佩服,不能不感恩。我們相知一場,他往生了,真往生了,做出往生的樣子給我們看。往生前半年,六個月的時間,萬緣放下,一心念佛,一天十四萬聲佛號。我們試試看,十四萬聲佛號要念多長的時間?念了六個月,往生淨土了,這是做出榜樣給我們看,我們今天要想往生極樂世界,用他這個辦法那最可靠!這是他老人家現身說法,我們千萬不能疏忽。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七七集)  2011/4/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0377


 

 
 
Pada era sekarang ini, dimana dunia diliputi kekacauan, bencana yang kian hari kian meningkat frekuensinya, dengan mengandalkan cara yang digunakan Upasaka Huang Nian-zu, pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Syarat utamanya adalah melepaskan kemelekatan, di dalam hati hanya ada satu arah dan satu tujuan, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Tiap butir niat pikiran yang timbul adalah membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka akan menjadi kenyataan, jika masih memiliki niat pikiran lainnya maka sudah keliru.

Jika masih memiliki pemikiran untuk merawat secara berlebihan tubuh jasmani ini, maka ini sudah keliru. Bila kemelekatan terhadap tubuh kasar ini telah dilepaskan, buat apa lagi dirawat secara berlebihan?

Jika memang telah membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka kemelekatan pada fisik ini mesti dilepaskan, jangan terlampau dihiraukan! Begini barulah disebut melafal Amituofo secara benar.

Tubuh fisik saja sudah tidak dihendaki lagi, apalagi benda materi yang ada di luar diri, untuk apa anda mendambakannya lagi? Asalkan bersedia melepaskan segala kemelekatan maka pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Terjalin dengan Buddha Amitabha, alangkah bahagianya, inilah yang disebut penuh dengan kebahagiaan Dharma! Kapan saja boleh terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu anda memperoleh hati sukacita.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011


在現前這個時代,亂世,災難頻繁,用他(黃念祖老居士)那個方法決定得生。先決的條件是放得下,心裡只有一個方向、一個目標,求生淨土。念念都向著求生淨土就真去了,還要有別的念頭錯了。這身體在,還得要去保養身體,錯了,不要身體了,你保養它幹什麼?到極樂世界去了,有保養身體這個念頭,還不想去,真想去,這身體不要了,隨它去!這才叫真念佛。身體都不要了,何況身外之物,你還要它幹什麼?決定得生。跟阿彌陀佛信息接通了,那多快樂,叫法喜充滿!隨時可以去,所以你得歡喜心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七七集)  2011/4/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0377