Friday, March 13, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011 (Bgn 1)


Ketulusan dan rasa hormat, serta akar kebajikan butuh waktu jangka panjang untuk memeliharanya jadi kebiasaan, jadi bukan alami. Terutama kita yang telah kelamaan tersesat di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, kekotoran batin dan tabiat sudah terlampau berat, meskipun bertemu dengan Buddha dan Bodhisattva, Kalyanamitra Sejati datang membimbingmu juga kewalahan, terutama pada era sekarang ini dimana perasaan hormat itu sudah hilang.

Beberapa dekade yang silam, masyarakat masih tahu saling menghormati, bahkan sampai menulis nama juga penuh rasa hormat, menorehkan goresan demi goresan secara teratur, takkan bergaya tulisan coret moret atau tidak beraturan.

Lihatlah anak muda sekarang, tulisannya coret moret tidak beraturan, kalau tidak diamati secara seksama, anda tidak mengenali aksara apa yang ditulisnya; tempo dulu hal ini tidak diperbolehkan, tempo dulu tindakan ini dikatakan sebagai tidak punya rasa hormat sama sekali.

Zaman dulu guru membaca gulungan bambu, kalau ada tulisan bergaya coret moret alias tulisan cakar ayam, maka guru takkan melihatnya lagi, nilaimu tidak ada lagi.

Artikel yang ditulis tidak menarik bukanlah masalah, yang penting tulisannya rapi, inilah syarat yang harus dipenuhi pada zaman dulu, menorehkan satu goresan demi satu goresan dengan rapi dan teratur.

Manalah seperti sekarang ini? Perilaku anak muda seperti sekarang ini, insan tempo dulu pasti takkan sudi membimbingnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011


誠敬、善根是要靠長時期去培養,不是天生的。尤其是我們在六道迷的時間太久,染污的習氣太重,縱然遇到佛菩薩、大善知識來教誨也非常困難,特別是在這個時代恭敬已經失掉。在我這種年齡、年代,可以說是我四、五十歲以前,社會上大眾對人都有尊敬、尊重心,寫個名字都是恭恭敬敬、規規矩矩,沒有潦草的。你看現在的年輕人,寫個東西潦草,草的字你不仔細觀察你不認識;這在從前決定不許可的,在從前叫大不敬。以前老師看卷子,字潦草就不看,你的分數就沒有了。寫得不好沒有關係,要寫得工工整整的,工整這是古時候所要求的,一筆一畫工工整整、整整齊齊,行列整齊。哪像現在?現在年輕人這種態度,古人不教。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六五集)  2011/4/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0365

  

 

Pada era sekarang ini, pendidikan keluarga sudah tidak ada lagi, maka itu terhadap perilaku anak muda zaman now, anda tidak bisa menyalahkan mereka. Budaya baik telah runtuh, masyarakat dunia diliputi kekacauan, batin manusia tidak memiliki tempat berlindung, bingung dan tidak memiliki kepastian, tidak punya rasa aman, manusia hidup di dunia ini betapa menyengsarakan, bahkan kadang kala boleh dikatakan dengan binatang pun tak sebanding, kita telah bertemu dengan era separah ini.

Maka itu betapa beruntungnya kita masih memiliki kesempatan bersua dengan ajaran insan suci dan bijak, kita bersua dengan Buddha Dharma, ini merupakan keberuntungan yang tiada taranya, apa alasannya?

Kita dapat mengikuti petunjuk yang tercantum di dalam Sutra untuk keluar dari kondisi susah ini. Terutama dapat bersua dengan Aliran Sukhavati, merupakan kesempatan yang sungguh sulit diperoleh, sehingga kita memiliki peluang dalam satu masa kehidupan ini terlahir ke Alam Sukhavati.

Alam Sukhavati merupakan tempat ideal yang ingin dituju setiap insan di alam semesta, hanya saja banyak yang belum berjodoh bersua dengan Pintu Dharma ini, dimana dalam satu kelahiran menyempurnakan Jalan KeBuddhaan. Ke mana lagi dapat mencari kesempatan begini? Tidak ada.

Dengan Pintu Dharma Tanah Suci, orang awam yang ingin berhasil dalam satu kelahiran, tidaklah sulit, syaratnya cukup mudah, yakni keyakinan benar, tekad benar dan bersedia melafal Amituofo, dengan demikian sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kuncinya ada pada kata “Tulus”, anda mesti memiliki niat yang tulus. Apabila anda menggunakan hati khayal atau hati semu, tidak punya rasa hormat, tidak serius, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Hanya bisa menanam akar kebajikan, pada satu masa kehidupan ini tidak dapat meraih keberhasilan.

Jika ingin pada satu masa kehidupan ini meraih keberhasilan, maka lakukanlah dengan serius, yakni membangkitkan keyakinan benar, tekad benar dan melafal Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011


現在在這個時代,家教沒有了,所以這些年輕人你都不能怪他。整個社會的文化、文明崩潰了,社會大亂,人心沒有依歸,無所適從,沒有安全感,這人活在世間多苦,有時候實在講連畜生都不如,這個時代我們遇到了。非常幸運我們遇到聖賢的教誨,我們遇到佛法的經典,這是無比的幸運,為什麼?可以依照這些典籍教誨走出我們現前的困境。遇到淨宗尤其難得,讓我們有機會在這一生當中能往生極樂世界。極樂世界是遍法界虛空界多少人所嚮往,而遇不到這個緣分,一生圓成佛道,到哪裡去找這樣的機會?真的找不到。這個法門,凡夫一生成就不難,條件非常簡單,真信、真願意去、真肯念佛,就能往生。這個裡頭關鍵,我講的話就是「真」字,你要用真心。妄心、不恭敬、不尊重,像兒戲一樣,那是不能往生的,那是種個善根,這一生不能成就。這一生能成就,就真幹,我真相信、我真願意去、我真念佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六五集)  2011/4/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0365




 

Melatih samadhi bukanlah mesti duduk bersila. Yang penting adalah tubuh boleh bergerak tetapi pikiran tidak boleh bergerak. Maka itu di dalam Sutra Mahayana dikatakan “Baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, semuanya adalah samadhi”.

Hari ini kita melatih samadhi adalah memusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, semua aktivitas dilakukan sambil melafal Amituofo di dalam hati, selain lafalan Amituofo takkan ada hal lainnya lagi, anda berada dalam samadhi.

Samadhi begini dipuji oleh Buddha Sakyamuni, di dalam “Mahavaipulya mahasamghata Sutra”, Buddha Sakyamuni berkata, “Melafal Amituofo merupakan samadhi menakjubkan nan mendalam dan tertinggi tiada taranya”, perkataan ini diucapkan oleh Buddha Sakyamuni.  

Melafal Amituofo merupakan samadhi menakjubkan nan mendalam dan tertinggi tiada taranya, lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengan segala jenis samadhi lainnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011


坐禪這個坐不一定是指打坐,是取這個字的意思,坐是什麼?坐是不動,坐在這裡就不動了。不是身不動,身都不是我,它動不動有什麼關係?重要是心不動。所以大乘經裡常講「行住坐臥皆是禪」,你走著,住是站著,坐著,躺在床上睡著,全是禪,心不動,心住在一個境界上。我們今天坐禪,就是心住在阿彌陀佛上,行住坐臥心裡面只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,你就在禪定當中。這個禪,釋迦牟尼佛讚歎,在《大集經》上,佛說「持名念佛是無上深妙禪」,這釋迦牟尼佛親口說的。禪在大乘,一般說比別的法門都高一等,念佛是無上深妙禪,比禪又要高一等。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六五集)  2011/4/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0365