Tiga
jenis kekotoran batin adalah yang pertama disebut kegelapan batin atau
ketidaktahuan (Avidya), ini adalah lapisan terdalam, yang paling sulit
dilenyapkan.
Secara
sederhana kegelapan batin dapat dijelaskan sebagai kebingungan, tidak punya
kebijaksanaan, dungu. Para makhluk yang berada di alam semesta berada dalam
kebingungan, tidak memiliki kebijaksanaan, sehingga diselimuti oleh kegelapan
batin.
Yang
kedua adalah kekotoran batin bagaikan debu dan pasir, debu dan pasir adalah
perumpamaan, mengumpamakan kekotoran batin ini sangat banyak sekali, apa ini?
Bentuk-bentuk pikiran terlampau banyak.
Yang
ketiga adalah yang paling kasar yaitu kekotoran batin pandangan dan pemikiran,
tidak memahami kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, pemikiran anda
keliru, pandangan anda juga keliru, tidak ada satu pun yang benar, semuanya
adalah salah.
Tiga
jenis kekotoran batin ini dimiliki para makhluk di enam alam tumimbal lahir,
andaikata “Kekotoran batin pandangan dan pemikiran” berhasil dilenyapkan, maka
enam alam tumimbal lahir takkan ada lagi.
Maka
itu enam alam tumimbal lahir bukan nyata adanya, tetapi muncul dari hati dan
pikiran, muncul dari pikiran yang bagaimana? Khayalan yang muncul dari pikiran
yang keliru.
Khayalan
ini adalah buah akibatnya, pemikiran yang keliru adalah benih sebabnya.
“Avatamsaka
Sutra” menyebutkan “Kekotoran batin pandangan dan pemikiran” sebagai
kemelekatan. Orang awam suka melekat, terhadap apa saja juga melekat, melekat itu
sudah jadi sebuah kebiasaan.
Mendengar
ceramah sudah bertahun-tahun lamanya, sudah paham tidak boleh melekat, tetapi
niat pikiran yang timbul tetap saja melekat, inilah yang disebut tabiat.
Tabiat
ini lalu diwujudkan melalui tindakan, sehingga para makhluk terpuruk kembali ke
dalam lingkaran tumimbal lahir, inilah alasan mengapa para makhluk tidak mampu
keluar dari lingkaran tumimbal lahir.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Mei 2011
Artikel
terkait :
Tiga
Kelompok Kekotoran Batin :
三種障礙就是三種煩惱,佛說得清楚,第一個叫無明煩惱,它是最深的一層,最不容易斷。無明,用我們淺顯的話來說,就糊塗、沒智慧,愚痴、糊塗。十法界的眾生個個都糊塗,都沒有智慧,被煩惱蓋住了。第二種煩惱是塵沙煩惱,塵沙是比喻,比喻這煩惱多,這是什麼?妄想,妄想太多,妄念紛飛。第三種就很粗很重,叫見思煩惱,你對於宇宙人生的真相完全不了解,你想全是錯誤,你的看法也是錯誤,沒有一樣是對的,全錯了。這三種煩惱統統具足就是六道凡夫,六道凡夫能夠把見思煩惱斷掉,六道就沒有了。所以六道不是真的,從心想生,什麼心想?錯誤的心想產生這個幻相。這個幻相是果,你想錯了是因。所以見思煩惱斷了,在《華嚴經》稱之為執著,執著就是見思煩惱。什麼都要執著,執著成了一個習慣,經上聽,聽了不少年,聽懂了,知道執著,可是起心動念還是執著,這是什麼?習氣。習氣又變成現行,變成眼前的造作,這就是眾生墮落在輪迴裡頭,為什麼出不了輪迴真正的原因。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一六集) 2011/5/17 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0416
Master
Zhangjia berulang kali menyampaikan padaku, sehingga membawa kesan yang
mendalam bagi diriku, yakni “Buddha Dharma itu sulit dipelajari mudah diamalkan”.
Jika anda
bermaksud memahami teori hingga sejelas-jelasnya, maka hal ini sulit
diwujudkan; sebaliknya jika anda ingin mencapai pencerahan, justru sangat gampang,
kuncinya cuma satu yakni melepaskan kemelekatan.
Untuk
poin ini mesti serius mengamalkannya, diamalkan di mana? Dalam kehidupan
keseharian, terutama dalam berinteraksi dengan orang lain.
Orang
yang tahu cara melatih diri, akan menempatkan segala ruang dan waktu sebagai
objek pelatihan diri guna mengembangkan kualitas batinnya. Tanpa godaan dan
cobaan, apa yang mesti anda latih?
Dalam
waktu keseharian apa yang mesti kita latih? Takkan membeda-bedakan, takkan
memilih-milih, inilah yang dilatih, menyingkirkan hati yang membeda-bedakan dan
melekat, apa saja juga bagus, tidak ada satupun yang tidak bagus.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Mei 2011
章嘉大師告訴我好幾次,我的印象很深,「佛法知難行易」,你要把它搞清楚、搞明白那真難;你要真幹,想證得究竟的果位很容易,放下就是。這樁事情,一定要真幹,在哪裡幹?在生活當中幹,特別是人事環境。會修行的人了不起,會修行的人一切時一切處都是他的大道場。為什麼?沒有境界你修什麼?在生活當中去修行,修什麼?不再挑挑揀揀,就修這個,把分別執著丟掉,什麼都好,沒有一樣不好。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一六集) 2011/5/17 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0416
Apa
yang mesti kita latih? Menyingkirkan tabiat buruk diri sendiri. Penyakit batin
manusia adalah membeda-bedakan dan melekat. Apa yang sesuai dengan keinginannya
adalah sangat bagus, apa yang tidak sesuai dengan keinginannya adalah tidak
bagus.
Selera
diri sendiri dijadikan patokan, tahun ini suka sama yang ini, tahun depan
seleranya sudah berubah, suka sama yang lain, tidak bisa bertahan selamanya.
Lihatlah
hubungan antara pria dan wanita sekarang lagi akur-akurnya, makanya memutuskan
menikah, dua tahun kemudian bercerai, bisa berubah, jadi bukan nyata adanya,
tapi palsu dan semu.
Zaman
dulu oleh karena masih ada pendidikan kesusilaan dan pendidikan etika moral,
masih ada standar, bagaimana pun dia berubah juga tidak berani bertindak
sembarangan.
Sekarang
standar ini sudah tidak ada lagi, ajaran insan suci dan bijak telah diabaikan
orang. Oleh karena standar sudah tidak ada lagi, tata susila pun jadi kacau,
akibatnya cuma satu yakni jatuh ke Neraka.
Manusia
sekarang sudah tidak tahu menyayangi dirinya sendiri, mana mungkin bisa
mengasihi orang lain? Oleh karena tidak tahu menyayangi diri sendiri, makanya
tidak tahu menyayangi Ayahbundanya, tidak tahu menyayangi saudara-saudarinya,
niat pikiran yang timbul tidak ada yang tidak merupakan karma buruk yang
mengantarnya jatuh ke Neraka.
Orang
yang tidak belajar Ajaran Buddha maka apa boleh buat, tetapi bagi insan yang
telah belajar Ajaran Buddha, tidak boleh tidak tahu, anda harus mengamalkannya
dengan serius.
Praktisi
Buddhis itu jumlahnya banyak, tapi yang gadungan lebih banyak, yang serius itu
jumlahnya sedikit. Ketika ketenaran dan keuntungan sudah terpampang di depan
mata, Buddha Dharma pun ditaruh ke belakang! Beginilah praktisi gadungan.
Padahal
sesungguhnya hal apa yang paling penting? Buddha Dharma-lah yang paling
penting.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Mei 2011
修什麼?修我們自己習慣裡面,合意思的很好,不合意思的就不好,這是毛病。什麼毛病?分別執著,合自己意思的就好,不合自己意思就不好。自己意思也沒標準,今年喜歡這個,明年喜歡那個,它不是永恆的。你看現在男女兩個人好了結婚了,過了兩天離婚了,會變,不是真的,是假的。過去因為有倫理道德的教育,還有個標準,所謂不管怎麼變還不離譜,距離標準不太遠;現在標準沒有了,古聖先賢的標準都被人否定了,沒有標準。沒有標準就亂套了,亂套得的果報是什麼?六道裡頭只有一道地獄道。有標準才有六道,沒有標準只有地獄道,除地獄道沒第二道,你說多可怕。現在講無信,人無愛,他不愛自己,他怎麼會愛別人?因為他不愛自己,所以對他父母不愛,對他兄弟姐妹不愛,起心動念、言語造作無不是地獄罪業,《地藏經》上講的一點都不錯。不學佛的人那沒法子,學佛的人不能不知道,你要真學你就得真幹,學佛的人多,假的多,真的少,真的多就好了,假學佛不是真學佛,名利現前他還是放不下。這是什麼?這都考驗你,高名厚利擺在面前,佛法忘掉!所以他不是真的。什麼東西重要?佛菩薩知道,學佛重要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一六集) 2011/5/17 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0416