Friday, October 23, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011 (Bgn 2)

 

Usia manusia di dunia ini ada batasnya, benih karma apa yang ditanam pada masa kelahiran lampau, sekarang harus menerima buah akibatnya, sementara karma apa yang diciptakan pada masa kehidupan sekarang, buah akibatnya akan diterima pada masa kelahiran yang akan datang, Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa kehidupan.

 

Karma baik besar dan karma buruk berat, buah akibatnya tidak menanti hingga masa kehidupan yang akan datang, namun pada masa kehidupan sekarang langsung berbuah.

 

Umumnya jika bukan kebajikan yang terlampau besar atau kejahatan yang terlampau berat, takkan mengubah “Karma Tetap”-mu, yakni karma yang anda lakukan pada masa kehidupan lampau disebut Karma Tetap, tidak gampang bisa diubah.

 

Insan yang memahami Buddha Dharma lebih mudah mengubahnya, praktisi yang melatih diri sangat mudah mengubahnya. Mengapa demikian? Ini adalah kebajikan besar, karma yang anda perbuat ini adalah memberi manfaat bagi orang banyak, bukan hanya memberi manfaat pada masa kehidupan sekarang saja, bahkan juga memberi manfaat bagi para makhluk di masa kehidupan mendatang, ini merupakan kebajikan besar.

 

Apa yang merupakan kebajikan besar ini? Yakni mengajar. Lihatlah Konfusius profesinya adalah mengajar, saat masih hidup beliau bukanlah orang hebat, hanya orang biasa, tidak punya kedudukan apa-apa di dalam masyarakat, hanya merupakan rakyat biasa, dalam pemenuhan kebutuhan hidup, dia melewati kehidupan yang sangat bersahaja, tidak memiliki kelebihan harta benda.

 

Dari mana dia memperoleh nafkah hidup? Yakni dari mengajar murid-muridnya, sebagai ungkapan terima kasih mereka akan memberi sedikit bahan pangan, murid yang berasal dari keluarga yang lebih lumayan akan memberi lebih banyak, sedangkan murid yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, hanya bisa memberi lebih sedikit.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011

 

人在這個世間,壽命是有定數的,這個一點不假。為什麼?你過去世造的業因,你這一世應該受的果報,你今生所造的這些業是來生受的,因果通三世。大善大惡,不等來世,今生就受了。一般不是極大的善惡大概都不會轉你的定業,就是你前世造作的這叫定業,不容易轉。懂得佛法的人容易,像道家的修行、佛教的修行,很容易轉。為什麼?這是大善,這不是小善,你所造的這個業是利益許許多多眾生,不但利益現前,而且利益後世,這大善。大善是什麼?就是教學。你們想想孔老夫子教學,他在世的時候沒有什麼了不起,平民,在社會上沒有政治地位,平民,在物質生活上,他很勉強能過日子,沒有多餘的財富。他的生活來源從哪裡來?就是學生家裡送一點禮,學生家庭好的,多送一點,家庭差一點的,最低的什麼?束脩。束脩是什麼?大概內地人都曉得,肉乾,切一條,細細的,一長條,那叫做束脩。也不過四兩、半斤肉而已,逢年過節送一點給老師。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九八集)  2011/7/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0498

 

 

 

 

Hari ini perkembangan ilmu dan teknologi maju pesat, kemajuan industri dan perdagangan telah menyebabkan ketimpangan antara orang miskin dan orang kaya di dalam masyarakat, fenomena begini hampir merata di seluruh dunia, orang kaya jumlahnya sedikit, orang miskin jumlahnya banyak.

 

Orang kaya menikmati kekayaannya, setelah berkahnya habis dinikmati, jatuh ke tiga alam penderitaan; orang miskin meskipun sepanjang hidup merana, namun kelahiran mendatang masih berpeluang lahir kembali jadi manusia, dia tidak menciptakan karma buruk yang berat.

 

Orang miskin memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk lahir kembali jadi manusia, sebaliknya orang kaya memiliki kesempatan yang sangat kecil untuk lahir kembali jadi manusia, ini merupakan kenyataan, namun banyak orang yang tidak memahaminya.

 

Lain halnya apabila orang kaya yang menggunakan kekayaannya untuk membantu orang miskin, dia telah menimbun kebajikan besar, maka pada masa kelahiran mendatang pahalanya sungguh tak terbayangkan.

 

Sebaliknya jika kekayaannya dinikmati diri sendiri atau satu keluarga saja, maka dosa ini sangat berat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011

 

今天科學技術進步,工商業發達,但是造成的是社會貧富不均,這種現象在全世界每個地區都是的,富人少,窮人多。富人在享受,享受完了之後都到三途去了;窮人雖然窮苦一生,大概來生還得人身,他沒造業。窮人來生再到人間來的機會多,富人來生再到人間來的機會很少,這都是真的,完全都是事實真相,但是大家不了解。如何把事實真相,用什麼樣善巧方便,讓大家能夠認識、能夠覺悟、能夠回頭?富人如果以他的財富來照顧窮人,他就積了大德,那來生的福報不可思議。如果所有財富供給自己一個人、一家人、少數人去享受,那個罪孽可不得了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九八集)  2011/7/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0498

 

 

 


Dalam menyebarluaskan Ajaran Buddha mesti menyesuaikan diri dengan budaya masyarakat setempat, barulah mereka akan bersukacita menerimanya. Buddha Dharma senantiasa menuruti kehendak para makhluk, takkan kaku, bukan berarti saya harusnya begini, jadi Buddha Dharma memiliki kelapangan hati yang sangat luas.

 

Lihatlah ketika Ajaran Buddha tersebar hingga ke Tiongkok, langsung beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan budaya dan tradisi setempat, andaikata harus mempertahankan budaya orang India, maka orang Tiongkok takkan bisa menerimanya.

 

Contohnya tradisi pindapatra, tidak dapat dilaksanakan di Tiongkok, masyarakat Tiongkok menganggapnya serupa dengan mengemis. Para Bhiksu India ketika tiba di Tiongkok diangkat menjadi guru kaisar, kaisar belajar pada mereka, jadi mana ada alasan kaisar membiarkan gurunya pergi mengemis, apa kata orang nantinya, jadi tradisi ini mustahil dilaksanakan di Tiongkok.

 

Oleh karena merupakan guru kaisar maka tempat hunian anggota Sangha dibangun menyerupai istana, seluruh keluarga bangsawan datang memberi persembahan, kehidupan para Bhiksu kala itu tiada bedanya dengan kaisar.

 

Demikian pula dengan cara berpakaian, juga harus menuruti cara berpakaian orang Tiongkok, jubah kebaktian Haiqing yang kita kenakan merupakan pakaian dari Dinasti Han. Maka itu Ajaran Buddha telah membaur dengan budaya masyarakat Tiongkok.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011

 

所以菩薩,「善契機宜,禮義都合」,這八個字非常非常重要,特別是在現在這個社會,要推動聖賢教育、佛陀教育,這八個字要緊。我們的教學一定適合於這個社會一般大眾,他就歡喜,他願意接受。佛教的教學最了不起的,它恆順眾生,它不固執,不是說我一定要怎樣,不是這樣的,所以他的心量非常之大。你看到中國,他完全用中國這個社會的風俗習慣,如果他要執著一定要用印度那個方式,中國人不能接受。頭一個,托缽在中國就不能實行,中國托缽是叫化子。印度這些法師到中國來都是帝王的老師,帝王都皈依,跟他學習,哪有皇帝的老師出去要飯,這成什麼話,這在中國決定行不通的。所以必須有建築的宮殿,一切皇家來供養,生活跟皇帝一樣,你要不隨順,在中國行不通。所以衣服完全換成中國服裝,印度的服裝就變成我這披衣了,變成表示一點,在講經、法會典禮當中,這是禮服,就披一下,除這個,全是中國服裝。我們裡面穿的海青是漢朝服裝,普通穿的這些長褂、小褂是明朝服裝,都跟世俗融成一片,這個才好辦。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九八集)  2011/7/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0498

 

 

 

 

Kita selalu membahas, melepaskan (menyingkirkan) niat mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, melepaskan niat mengejar ketenaran dan keuntungan, melepaskan kenikmatan terhadap lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, wangi-wangian, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), melepaskan kemelekatan pada tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan), memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, barulah dia dapat menggunakan keterampilan yang sesungguhnya.

 

Menggunakan keterampilan ini barulah dapat menjadi majikan diri yang sesungguhnya, yakni jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan). Sepatah Amituofo ini adalah Jiwa KeBuddhaan diri sendiri.

 

Ajaran Sukhavati adalah sedemikian unggulnya, seperti dengan yang tercantum di dalam “Mahavaipulya mahasamghata Sutra”, melafal Amituofo adalah samadhi menakjubkan yang mendalam dan tertinggi tiada taranya.

 

Jadi apakah melafal Amituofo dapat mencapai penerangan sempurna? Apakah dengan melafal Amituofo dapat menemukan kembali jiwa sejati? DAPAT!

 

Bagaimana mungkin tidak bisa? Melafal Amituofo sungguh merupakan cara untuk “Memfokuskan pikiran pada satu objek, maka tidak ada hal yang tidak dapat tertangani”.

 

Memfokuskan pikiran pada satu objek adalah menemukan kembali jiwa sejati, hal lainnya tidak perlu dibahas lagi, sungguh merupakan tidak ada hal yang tidak dapat tertangani.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011

 

我們常常講的,放下自私自利,放下名聞利養,放下對五欲六塵的享受,放下七情五欲,一向專念,相續不斷,他才行,他才能用這個功夫。用這個功夫可了不得,叫主中主。主是什麼?真如自性。這一句阿彌陀佛就是真如自性,跟自己真如自性完全相應。淨宗的殊勝,所以阿彌陀佛在《大集經》裡面告訴我們持名念佛,就是我們今天所用的這個方法,佛說這是無上深妙禪,跟禪宗比的時候這是無上深妙禪,不是假的。念佛能不能大徹大悟?能不能明心見性?能!怎麼不能?這個才真正是「制心一處,無事不辦」。制心一處能明心見性,那其他就不必說了,真正是無事不辦。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九九集)  2011/7/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0499