Mengapa manusia tidak dapat mencapai KeBuddhaan? Tidak tahu memberi manfaat bagi para makhluk, tiap hari berbohong, betapa beratnya karma buruk yang diciptakan-nya.
Sebelum belajar Ajaran Buddha masih tidak banyak berbohong, justru setelah belajar Ajaran Buddha, tiap hari berdusta, siapa yang dikelabuinya? Menipu diri sendiri, mengelabui Buddha dan Bodhisattva, membohongi para makhluk, tiap hari melakukannya.
Pembohongan apa yang dilakukannya? Tiap hari anda melakukan kebaktian pagi dan kebaktian sore, pasti ada membaca kalimat “Bertekad menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas”, betul bukan?
Ini berarti anda harus memberi manfaat bagi para makhluk dan bukannya malah mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, mengejar ketenaran dan keuntungan, di mulut mengucapkan “Bertekad menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas”, kenyataannya tidak punya niat menyelamatkan para makhluk, hanya memiliki niat mengambil keuntungan dengan mengakali orang lain.
Tiap butir niat pikiran yang timbul adalah bagaimana mengambil keuntungan dengan mengakali orang lain, mengelabui para makhluk, guna memelihara diri sendiri sampai gendut-gendut, bukankah ini yang dikerjakan?
Tiap butir niat pikiran yang timbul adalah merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, hal ini jelas bertentangan dengan memberi manfaat bagi para makhluk.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011
人為什麼不能作佛?不知道利益眾生,天天打妄語,你說你造業多重。不學佛沒造這個業,學了佛之後天天打妄語,打什麼妄語?騙自己、騙佛菩薩、騙眾生,每天都幹。打什麼妄語?你早晚課誦裡頭不是念「眾生無邊誓願度」嗎?眾生無邊誓願度是要利益眾生,還是自私自利,還搞名聞利養,口頭裡說的眾生無邊誓願度,實際上沒有度眾生的心,只有佔便宜的心。念念想佔眾生的便宜,念念在欺騙眾生,在把自己養肥,不就幹這個事情嗎?起心動念損人利己,這個跟利益眾生供養一百八十度的相違背。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三九集) 2011/6/6 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0439
Praktisi pelafal Amituofo pada akhirnya gagal terlahir ke Alam Sukhavati, siapa yang hendak disalahkan? Salahkan saja diri sendiri, berdaya upaya di atas tempat yang keliru.
Hendaknya melakukan pengamatan terhadap diri sendiri secara cermat, tujuan melakukan kebaktian pagi adalah untuk mengingatkan diri sendiri, sepanjang hari ini tidak boleh melupakan ajaran yang telah disampaikan Sang Buddha; tujuan melakukan kebaktian sore adalah melakukan introspeksi diri, yakni bertobat, sepanjang hari ini apa yang telah kulakukan secara benar dan mana yang salah.
Hal yang telah dilakukan secara benar, harus memotivasi diri sendiri supaya meneruskan-nya, sebaliknya hal yang keliru, harus segera diperbaiki, jangan diulangi lagi.
Harus menghapus kejahatan, menimbun kebajikan, mesti mengakui kekotoran batin dan tabiat diri sendiri begitu berat, baik disengaja maupun tidak disengaja telah melakukan kesalahan.
Tiap hari membaca sutra Buddha, namun begitu cobaan dan godaan muncul, tidak sanggup menahan diri, sudah tahu tidak boleh masih saja melanggarnya. Ini dikarenakan tabiat menjadi majikan, tabiat menjadi pengendali, diri sendiri tak berdaya, inilah yang disebut dengan kekuatan karma, tabiat adalah kekuatan karma, kekuatan karma sungguh tak terbayangkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011
念佛人到最後不能往生,你能怪誰?統統怪自己錯用了心。要認真去反省,每天早課,早課的目的是提醒自己,我今天一天不要忘記佛陀的教誨;晚課就是反省、就是懺悔,我這一天當中哪些做對了,哪些做錯了。做對了,要鼓勵自己,明天繼續幹;做錯了的事情,明天決定不能幹了。要斷惡,要修善,要承認自己的習氣重。煩惱重,習氣重,自己一定要承認,有意無意全犯錯了。佛經天天讀,境界現前就忘掉了,他不是不知道,知道,是不是明知故犯?也不是,習氣在做主,習氣在操縱,自己無可奈何,這講業力,習氣就是業力,業力不可思議。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三九集) 2011/6/6 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0439
Mengamalkan sesuai dengan ajaran adalah cara untuk mengatasi kekuatan karma, “Di Zi Gui” adalah sila dasar, dengan adanya “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran yang Setimpal”, maka untuk menjalankan "Sepuluh Sila" takkan ada kesulitan lagi.
Hari ini “Sepuluh Kebajikan” tidak sanggup diamalkan, oleh karena tidak belajar dari dasar yakni “Di Zi Gui” dan “Risalah Balasan dan Ganjaran yang Setimpal”, makanya anda tidak sanggup menjalankan “Sepuluh Kebajikan”.
Hal ini tidak boleh tidak diperhatikan dengan seksama, kalau tidak demikian, maka satu masa kehidupan ini hanya akan terlewatkan sia-sia, sungguh patut disayangkan.
Berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, entah harus menjalani berapa banyak lagi siksaan, entah harus menanti sampai kalpa ke-berapa barulah memperoleh kesempatan bersua kembali dengan Pintu Dharma Tanah Suci.
Maka itu Buddha Sakyamuni berkata “Merupakan kesempatan yang sulit diperoleh untuk terlahir jadi manusia, juga merupakan kesempatan yang sulit diperoleh untuk dapat mendengar Buddha Dharma” merupakan perkataan yang sejujurnya, memperoleh kesempatan terlahir sebagai manusia dan dapat mendengar Buddha Dharma sungguh tidak mudah!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011
Penjelasan “Di Zi Gui” baca di :
http://cahayatanpabatas.blogspot.com/2013/03/di-zi-gui-01.html
Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal :
http://pelitakebajikan.blogspot.com/
Sepuluh Kebajikan :
http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html
依教奉行就能夠對治業力,《弟子規》是戒律,根本戒,有《弟子規》、有《感應篇》,十善業道就做到,就不難了。今天十善業道做不到,就是因為沒有《弟子規》、沒有《感應篇》,所以十善業你做不到。這不能不重視,不重視這一生決定空過,那真可惜。在六道輪迴下一次再遇到這個緣,不知道到哪一劫。在六道裡頭輪迴,不知道受多少苦,不曉得到哪一劫才遇到。所以佛說「人身難得,佛法難聞」是真話,得人身聞佛法不容易!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三九集) 2011/6/6 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0439