Saturday, April 18, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 April 2011 (Bgn 3)


Pemikiran yang salah harus diluruskan, ucapan dan tindakan yang salah juga harus diperbaiki, inilah yang disebut sebagai melatih diri.

Tetapi sekarang kesulitannya adalah membaca Sutra tidak memahami makna-nya, mendengar ceramah juga tidak paham, inilah letak kesulitannya. Mengapa tidak sanggup memahaminya? Oleh karena keraguan dan kecurigaan berkutat di pikirannya.

Lihatlah sekarang anak-anak sejak kecil dididik untuk memiliki kecurigaan berlebihan. Sedangkan pendidikan kesusilaan orang Tiongkok zaman dulu malah mengajari orang supaya tidak curiga, sejak kecil anak-anak diajarkan supaya jujur dan tulus.

Ilmu dan teknologi membutuhkan keraguan dan kecurigaan barulah mampu menghasilkan penemuan baru, tetapi pendidikan kesusilaan justru sebaliknya, jika ada keraguan, bagaimana bisa menyelami ajaran insan suci dan bijak.

Maka itu Master Yin Guang berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat.”

Ajaran Suciwan dapat dipahami dari samadhi (konsentrasi), sebaliknya dengan suasana hati yang labil, takkan dapat menyelaminya. Lihatlah berapa besar upaya yang dihabiskan oleh para ilmuwan, dengan menggunakan peralatan canggih yang berjubel-jubel, rumus-rumus matematika menghitung hingga secermat-cermatnya, alhasil menemukan kesamaan hasil penemuannya dengan kebenaran yang terkandung di dalam Buddha Dharma.

Padahal tiga ribu tahun yang silam, Buddha Sakyamuni tidak butuh peralatan apapun, namun Beliau dapat melihat keseluruhannya dalam samadhi-Nya.

Di dalam samadhi-Nya, Sang Buddha dapat melihat asal mula terbentuknya alam semesta dan segala fenomena alam. Sementara itu para ilmuwan yang telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga, malah tidak mampu mengungkapkan dengan jelas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 April 2011


思想錯了把思想改正過來,言行錯了把言行改正過來,這叫真修行。修行是修正錯誤的行為,思想是心的行為、意的行為。現在最麻煩的是心壞了,他全想壞的,不想好的,全迷了,完全不覺,看經看不懂,聽經聽不懂,麻煩就發生在這裡。為什麼不懂?他懷疑。現在小孩,你看從小就教他懷疑,認為不懷疑就沒有智慧。可是我們中國人自古以來,教人不懷疑,從小就教老實。科學是要靠懷疑才能發現,可是倫理道德一懷疑就完了,心性這門學問懷疑就絲毫都不能夠契入。所以印光大師常講,一分誠敬得一分利益,十分誠敬你得十分利益,百分誠敬你得一百分利益,千分誠敬你得一千分利益,萬分誠敬你得一萬分利益。有絲毫懷疑在就全破壞了,心性之學要從定中你才能夠體會到。心浮氣躁入不了門,世出世間法不一樣。求真理、求智慧,中國傳統的方法、大乘的方法,非常管用。我們求現在科學,佛法比他們的方法還要管用,你看他們用這麼多的心思,用數學來推算,用精密儀器來觀察,發現了。

  佛在三千年前什麼儀器也沒有,什麼都不需要,他在禪定當中發現。禪定裡面看到宇宙的源起,看到物質、精神、自然現象究竟是怎麼回事情,現在科學講的沒他講得那麼清楚、那麼透徹。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八六集)  2011/4/28  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0386




 

“Para Buddha Melindungi”, anda adalah orang baik, orang baik pasti terjalin dengan orang baik, “Suci, setara dan tercerahkan”, hati begini pasti terjalin dengan Buddha sehingga memperoleh perlindungan dari Buddha.

Saat anda kehilangan arah, Buddha akan datang membantumu supaya kembali ke jalan yang benar, dengan berbagai upaya kausalya membantu manusia, Maitri Karuna para Buddha adalah sedemikian mendalamnya. Apa alasannya?

Oleh karena para Buddha mengetahui bahwa anda dan Dia merupakan satu kesatuan, makanya Dia membantu dan menjaga dirimu. Umpamanya ada satu sel bagian tubuh kita yang terinfeksi, kita cepat-cepat pergi berobat untuk menyembuhkannya, mengapa kita begitu perhatian?

Oleh karena bagian tersebut merupakan satu kesatuan dengan tubuhku, sel tubuh tersebut mungkin tidak tahu bahwa dia merupakan satu kesatuan dengan sel tubuh lainnya. Buddha dan Bodhisattva mengetahuinya, “Maitri Karuna Buddha kepada semua makhluk adalah tanpa syarat.“

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 April 2011

「諸佛護念」,肯定的,你是善人,善與善相應,清淨就與佛相應,「清淨平等覺」決定得佛護念,佛幫助你、照顧你。你迷失方向的時候,他來幫助你糾正,以種種善巧方便來幫助人,慈悲到極處。他為什麼要這樣做法?他知道我們跟他是一體,我們不知道,他知道,他一定要照顧。好像我們有一個細胞染上病毒了,我知道一定要把它治好,為什麼?我知道它跟我是一體,它跟別的細胞可能不知道。佛菩薩知道,無緣大慈,同體大悲,沒有任何條件。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八六集)  2011/4/28  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0386


 

 

Masa kini ketika ada orang yang berbaik hati pada kita, kita malah merasa curiga, apakah dia mempunyai niat terselubung? Kita akan memandangnya dengan pandangan curiga, tak percaya. Kita tidak percaya di dunia ini masih ada orang baik hati, beginilah kenyataan dalam masyarakat sekarang ini.

Lain halnya tempo dulu, hubungan antar manusia masih ada rasa saling percaya, ketika kami masih berusia kecil, tinggal di dusun petani, di dusun terdapat kedai, warga sekitar beli barang di sana pakai utang, penjual juga masih percaya pada kami.

Bahkan kadang kala si penjual kelupaan mencatat utang langganannya, namun ketika jatuh tempo, si pelanggan tetap datang melunasinya, barulah si penjual menyadari ada catatan yang tercecer. Tempo dulu, manusia masih dapat dipercaya!

Masa kini kepercayaan antar manusia sudah tidak ada lagi, orang lain tidak bisa dipercaya, tetapi kita sendiri harus bisa dipercaya. Ketika masih menjadi praktisi pemula, kehidupanku begitu susah, di Vihara Shandao ada sebuah toko buku yang dikelola oleh seorang Upasaka lansia.

Kadang kala kami melihat ada buku yang menarik, lalu membawa pergi buku tersebut dan cuma berpesan pada beliau, “Nanti kalau saya sudah punya uang baru melunasinya ya.”

Kadang kala dia mencatatnya, kadang kala dia juga kelupaan mencatatnya, beberapa bulan kemudian setelah saya mempunyai uang yang cukup, saya datang melunasinya.

Upasaka itu malah kelupaan dan bertanya kembali padaku, “Benar ya ada kejadian begini?”. Saya menjawabnya : “Benar, bukunya ada di tempat saya”. Beliau hanya menghela nafas panjang, “Sekarang orang tipe begini sudah langka”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 April 2011


我們現在遇到,人家以好心、善心對待我們,大概是多數人怎麼回應?小心著,到底他是什麼用意?他存的是什麼心?你看懷疑他,不相信。不相信世間會有好人,現在社會確實如此。但是在過去人跟人有信心,我們從小住在農村,農村也有商店,去買東西都賒帳,就是一句話,大家都有信用,守信。甚至於說記帳記漏掉,到時候人家照樣還錢,「這說沒記著。」「你忘掉了,你沒記上,哪一天確確實實。」人守信!現在人對人不相信,別人不守信,我們一定要守信。我初學佛的時候生活很艱苦,善導寺它有個佛經流通處,買賣的,是個老居士管理這個事情。我們有的時候看到好書就拿走了,告訴他,「我有錢的時候我再來還你。」有時候他記,有時候他就忘掉,過幾個月我去還錢的時候,人家不記得了,「真有這個事情嗎?」我說:真有,書在我這個地方。他很感嘆,「現在這樣的人不多了。」

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八六集)  2011/4/28  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0386







Andaikata memahami Hukum Sebab Akibat, utang nyawa bayar nyawa, utang uang bayar uang, beranikah kita melukai orang lain? Tidak berani. Beranikah kita berutang dan mengakali orang lain? Tidak berani. Apa alasannya?

Yang menderita kerugian adalah diri sendiri, bukan orang lain. Orang Tiongkok zaman dulu sering berkata “Menderita kerugian adalah berkah, sulit meniru orang lugu”, apa yang dimaksud dengan lugu? Tidak berperhitungan dengan orang lain.

Orang lain sudah mengakali dan mengambil keuntungan dariku, menindas diriku, jangan berperhitungan dengannya, begini barulah hal yang bagus.

Apa yang ada di dalam garis hidup, pasti tetap ada, tidak bisa dienyahkan. Sebaliknya apa yang tidak ada di dalam garis hidup, meskipun dikejar juga takkan bisa memperolehnya.

Apa yang berhasil anda peroleh, itu pun karena memang ada di dalam garis hidupmu, jadi buat apa anda mengakali orang lain?

Maka itu apabila setiap orang memahami kebenaran Hukum Sebab Akibat, hatinya pun jadi stabil, takkan berani melakukan kejahatan, mengetahui bahwa perbuatan baik ada balasan baiknya, perbuatan jahat ada balasan buruknya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 April 2011


如果真正懂得因果,殺生償命,欠債還錢,敢不敢傷害別人?不敢。敢不敢欠債不還去欺騙人?不敢,為什麼?吃虧是自己,不是別人。中國古人常說「吃虧是福,難得糊塗」,糊塗是什麼?不跟人計較。別人佔了我的便宜,欺負我,別計較,好事情。命裡有的肯定有,丟都丟不掉;命裡沒有的求不來,想盡方法也求不到。能真正求到的還是你命裡有的,那又何苦?所以人真正要是懂得因果的道理,他心就定了,絕對不會為非作歹,他知道善有善果,惡有惡報。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八六集)  2011/4/28  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0386