Monday, August 3, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2011 (Bgn 1)


Di dalam “Fa Gu Jing” atau Sutra Tambur Dharma, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, apabila praktisi pelafal Amituofo saat menjelang ajal, tubuhnya lemah, tidak sanggup bersuara, yang berarti sepatah Amituofo pun tidak sanggup dilafalkannya keluar, hal ini bukanlah masalah, asalkan di dalam hatinya sangat jelas, sangat mengerti, benar-benar ada Alam Sukhavati, ada Buddha Amitabha, benar-benar ingin terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha, asalkan ada niat pikiran begini, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

“Kebajikan Maitri Tathagata, menakjubkan tak terbayangkan.” Ini merupakan pujian, Tathagata adalah Buddha Amitabha, budi kebajikan Maha Maitri Maha Karuna Buddha Amitabha, sungguh tak terbayangkan, asalkan memiliki pikiran sedemikian rupa, tidak perlu melafal keluar suara, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Maka itu An-Le-Ji menyebutkan : “Ketahuilah bahwa Tathagata memiliki upaya kausalya terunggul”. Dengan perkataan lain, Buddha Amitabha memiliki Pintu Dharma Upaya Kausalya yang terunggul tiada bandingnya, membimbing dan melindungi orang yang memiliki keyakinan hati.

 

Syarat keyakinan hati adalah memfokuskan pikiran pada pelafalan Amituofo, di dalam hatimu cuma ada Buddha Amitabha, dalam kehidupan keseharian berupaya mengurangi aktivitas yang tidak perlu, interaksi sosial juga usahakan dikurangi, hendaknya tahu untuk melepaskan kemelekatan.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2011

 

Catatan :

An-Le-Ji atau Kumpulan Syair Kedamaian karya Master Daochuo yang mengutip kalimat-kalimat dari Sutra untuk menasehati praktisi Buddhis supaya melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

 

「若人臨終,不能作念。但知彼方有佛,作往生意,亦得往生。」佛在《法鼓經》裡面告訴我們,念佛的人臨命終的時候,身體虛弱,沒有聲音了,也就是說這一句佛號都念不出來,這個不要緊,只要他心裡很清楚、很明白,確確實實有極樂世界、有阿彌陀佛,心裡真的想往生,真想親近阿彌陀佛,只要有這個念頭、這個意念,都能往生。這就是說臨終即使沒有這一念,有這個一念的意念都行。「如來慈德,微妙難思。」這一句是讚歎,如來是阿彌陀佛,阿彌陀佛大慈大悲的恩德,實實在在不可思議,只要有這個意念,不必出聲,都能往生。「是故《安樂集》云:當知如來有勝方便」,這個勝是殊勝,換句話說,阿彌陀佛有無比殊勝的方便法門,「攝護信心」,攝是攝受,護是護念,攝受護念真正有信心的人。信心的條件就是下面這一句,「謂以專意念佛因緣,隨願往生」。這裡頭最重要就是專意,意就是心,專意跟專心是一個意思。專心意念阿彌陀佛,也就是你心裡想著阿彌陀佛,真想阿彌陀佛,希望在日常生活當中把這些雜事、雜的緣盡量要少,要知道放下。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二五集)  2011/5/27  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0425

 

 

 

 

Kita menggunakan hati yang suci, bukan saja saat melafal Amituofo, namun dalam menjalani kehidupan keseharian, berinteraksi dengan orang lain, kita juga harus menjaga sebutir hati yang suci.

 

Jadi bukan berarti saat melafal Amituofo, kita menggunakan hati yang suci, tetapi dalam melakukan aktivitas keseharian kita boleh menggunakan hati yang semu (munafik penuh kepura-puraan).

 

Begitu usai melafal Amituofo, kita kembali pada tabiat lama kita, mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, mengejar popularitas dan laba, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, anda telah keliru.

 

Mengapa ada orang yang melafal Amituofo “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha”, sedangkan kita melafal 10 ribu lafalan, tetapi ada berapa lafalan yang bisa terjalin dengan Buddha Amitabha?

 

Hal ini mesti kita renungkan dengan seksama, setelah memahaminya, hendaknya bertobat. Bertobat adalah memperbaiki diri, takkan mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya, meneladani Buddha dan Bodhisattva. Mengapa demikian?

 

Buddha dan Bodhisattva telah menemukan kembali jiwa sejati, dalam berinteraksi dengan orang lain hendaknya menggunakan ketulusan hati secara keseluruhan. Maka itu memfokuskan diri melafal Amituofo lebih penting dari segala-galanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2011

 

我們用心,不僅是念佛,生活、待人接物都要用清淨心,這就好。並不是說念佛的時候用清淨心,生活、日常雜事我們就可以用一般的心,這個不可以的。佛在經教裡告訴我們,一真一切真,一妄是一切都妄,生活當中我們用的是虛情假意,念佛的時候這個真心也不是真的,這個道理要懂。

 

  諸佛菩薩,我們說法身菩薩,他全用的是真心,沒有妄心,所以他能夠證得法身的境界。我們往往以為自己做對了,那就是禮佛、念佛的時候如經上所說的,我們把妄念放下,可是在日常生活當中,工作、待人接物依舊是妄心,依舊裡面有非常濃厚的自私自利、名聞利養、五欲六塵、貪瞋痴慢,這個不行。為什麼有人念佛一念相應一念佛,我們念佛一萬聲佛號有幾聲能相應?相應是功夫得力,不相應是功夫不得力。這個道理我們要認真去反省、去思惟,真正明白了,要懺悔。懺悔是改過自新,把這些過失真的把它改掉,重新做人,完全學佛菩薩就對了。為什麼?佛菩薩明心見性,佛菩薩沒有絲毫的染污,待人接物完全是真心顯露。所以專意念佛因緣比什麼都重要。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二五集)  2011/5/27  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0425