Sunday, August 16, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2011 (Bgn 2)

 

  

Mari kita lihat Sutra Usia Tanpa Batas bab selanjutnya, “Bab 28 Cahaya Para Bodhisattva”, yang khusus mengenalkan dua orang Bodhisattva di Alam Sukhavati, yakni Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta.

 

Dua orang Bodhisattva ini sesungguhnya adalah Buddha dari masa lampau yang bertekad datang kembali, Mereka berdua sejak masa lampau telah mencapai KeBuddhaan.

 

Mereka memiliki jodoh istimewa dengan Buddha Amitabha, setelah Buddha Amitabha mencapai KeBuddhaan, Mereka datang membantu Buddha Amitabha guna menjalankan misi menyelamatkan para makhluk, menjadi siswa utama Buddha Amitabha.

 

Lihatlah peragaan ini sedang mendidik kita, ketika kita melihat orang lain sedang mewujudkan sebuah misi kebajikan, janganlah timbul perasaan sentimen, lihatlah, dia itu manalah mungkin sebanding dengan diriku, lagi pula kebijaksanaan-nya manalah sebanding dengan diriku, apalagi etika moralnya, manalah sebanding dengan diriku, dia itu sedang mewujudkan sebuah misi kebajikan, dia sedang memimpin nih, kalau saya bergabung dengannya, berarti saya jadi bawahannya, tak eloklah. Beginilah pemikiran orang awam.

 

Lain halnya dengan Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, tiada rasa pongah sama sekali, dengan kerendahan hati dan perasaan hormat, memperlihatkan peragaan kepada semua makhluk, Buddha masa lampau pun datang mendukung Guru Pembimbing Buddha Amitabha, agar praktisi pemula yang melihatnya segera tahu bahwa Guru Pembimbing ini pasti merupakan yang terunggul, mesti berguru padaNya.

 

Lihatlah para Praktisi Senior datang mendukungNya, memujiNya, mendengar arahanNya, membangkitkan keyakinan hati para praktisi pemula, membantu mereka menanam akar kebajikan, mengembangkan akar kebajikan, jasa kebajikan ini tak terhingga.

 

Pastinya takkan ada pandangan yang membeda-bedakan, tidak ada perasaan pongah, hal ini wajib kita teladani. Harus dapat menekan harga diri sendiri, memuji orang lain, keberhasilan bukanlah milik diri sendiri, mewujudkan jasa kebajikan Bodhisattva dalam menyelamatkan semua makhluk.

 

Asalkan bermanfaat bagi para makhluk, tak peduli kedudukan yang bagaimana, status yang bagaimana, juga bukanlah masalah. Dia kekurangan insan yang berbakat guna menjalankan misinya, makanya kita datang membantunya, agar pementasan ini dapat berjalan dengan sempurna, semua orang dapat bersukacita, begini barulah merupakan keberhasilan bersama.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2011

 

我們看底下一品,「大士神光第二十八」,這個特別介紹極樂世界兩位菩薩,觀世音、大勢至。「本品顯極樂大士神通光明。於聖眾中,特顯觀世音菩薩與大勢至菩薩最尊第一,威神光明,利生功德,悉超餘聖」。他為什麼超餘聖?這兩位菩薩都是古佛再來的,他們早就成佛了。跟阿彌陀佛有特別的緣分,阿彌陀佛成佛,他來幫助阿彌陀佛教化眾生,成為阿彌陀佛的助手。你看這都是教我們,教我們遇到一樁好事,別人在做,這個人不如我,智慧也不如我,德行也不如我,他現在做一樁好事,他在領導,我去做他的部下幫助他。觀音、勢至就是這樣的,沒有絲毫傲慢,謙虛恭敬,讓大眾看到了,古佛都來幫助這個老師,讓初學的人看到,這老師一定了不起。你看這些大德都來幫助他,都稱讚他,都聽他的,激發初學人的信心,幫助他們種善根、增長善根,這個功德無量。決定沒有門戶之見,決定沒有傲慢,這是我們應當要學的。要能夠委屈自己,奉承別人,成就的不是自己的,成就菩薩度眾生的功德。只要對眾生有利益,什麼樣地位、什麼樣身分這無所謂。他缺少這種人,我們去承當,把這台戲唱好,把這台戲唱得很圓滿,讓大家都很快樂,這就成功了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四八集)  2011/6/11  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0448

 

 

 


Seorang praktisi pelafal Amituofo, bahkan sebersit niat pikiran buruk pun tidak boleh ada sama sekali, apakah anda boleh melakukan kejahatan? Anda kira orang lain takkan mengetahuinya, setan dan malaikat mungkin tidak mengetahuinya, tetapi Buddha dan Bodhisattva mengetahuinya dengan jelas.

 

Sesungguhnya secara umum setan dan malaikat juga dapat mengetahuinya, anda mana boleh memiliki niat buruk? Mana boleh berbuat jahat? Mana boleh mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi?

 

Orang begini pasti tidak memahami Hukum Karma, jika dia memahami Hukum Sebab Akibat, dia pasti tidak berani mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi.

 

Yang dibutuhkan manusia sesungguhnya tidaklah banyak, namun yang diinginkan itu sangatlah banyak, lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan dan tidur).

 

 Segala sesuatu yang sejak semula telah ada di dalam garis hidup, dibuang pun takkan bisa, ketika waktunya masak, kekayaan dan kedudukan yang ada di dalam garis hidup akan muncul ke permukaan.

 

Jika waktunya belum tiba, berkah tersebut takkan muncul, jadi bukan tidak ada, hanya saja waktunya belum tiba. Kalau memang sejak semula sudah ada di dalam garis hidup, ditambah lagi sekarang anda berbuat baik, maka apa yang ada di dalam garis hidup akan makin bertambah.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2011

 

你真正念佛,一點點小的惡念都不可以有,你還能幹壞事嗎?你以為人不知道,鬼神或者不知道,佛菩薩沒有一個不曉得。其實在一般狀況之下鬼神都知道,你怎麼可以有惡念?怎麼可以有惡行?怎麼可以有自私自利?人有自私自利是絕大的錯誤,為什麼?他連因果都不懂。他要懂得因果的話,自私自利就放下了。人所求的都是身外之物,財色名食睡全外面的,這些東西命裡有的,你丟都丟不掉,它有時節因緣,時節因緣到了,你命裡面的功名富貴統統現前。時節因緣沒到它不現前,不是沒有,到了不是橫財,命裡有的。你真正修善積德,你命裡有的會增加。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四八集)  2011/6/11  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0448

 

 

 

 

Dari mana garis hidup berasal? Merupakan berkah yang ditimbun dari masa kehidupan lampau. Jika pada masa kehidupan lampau, anda tidak menimbunnya, bagaimana mungkin ada di dalam garis hidupmu?

 

Yang pastinya bukanlah karena anda memiliki kemampuan tertentu, sehingga bisa memperoleh harta kekayaan dengan cara curang, mustahil. Harta kekayaan yang diperoleh dengan cara yang tidak benar atau dengan cara menipu, akan mengurangi moralitasmu, bahkan harta kekayaan yang ada di dalam garis hidupmu jadi menyusut drastis.

 

Umpama-nya harta kekayaan yang ada di dalam garis hidupmu berjumlah 100 miliar, oleh karena anda memperoleh kekayaan dengan cara menipu orang lain, maka harta kekayaanmu menyusut hingga tersisa separuh saja, hanya bisa memperoleh 50 miliar saja, anda sudah merasa begitu kegirangan, merasa diri sendiri sudah begitu hebat, berotak brilian.

 

Sementara itu diri sendiri masih tidak menyadari ternyata harta kekayaan di dalam garis hidup sudah menyusut hingga tersisa separuh saja, sungguh kasihan.

 

Jika menggunakan cara keji, sampai mencelakai orang lain, lalu merampas harta bendanya, maka penyusutannya akan lebih besar lagi, mungkin yang bisa diperoleh cuma tersisa 10 persen saja, sementara yang 90 persen sudah raib dari garis hidupmu.

 

Setelah memahami kebenaran ini, di hatinya takkan ada niat pikiran buruk lagi, dengan demikian harta kekayaannya akan datang berlimpah-limpah.

 

Jika harta berlimpah ini digunakan untuk beramal, mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna membantu orang lain yang kesusahan, maka harta kekayaanmu akan lebih banyak lagi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2011

 

  命裡從哪來的?過去生中修的。你過去生中不修,你命裡怎麼會有?絕不是你有什麼能力,你能夠得到不應該得到的這些財富,決定不可能。用不正常的手段、欺騙的手段得到,是損你的德,而且你的財還打折扣。你本來可以有一千億的財富,因為用不正常的手段,得到的時候你只得到一半,得到五百億,已經覺得不得了,我的本事。其實虧了一半自己不知道,很可憐,虧折了一半。如果用狠毒的手段,害人的手段而得到的時候,虧折得更大,可能你只能得到十分之一、十分之二,十之八、九虧失了。所以這個道理不能不懂,如果道理真懂得,他心裡不會再有這些念頭。財富它自然滾滾而來,來了怎麼樣?來了跟大家共享,有些苦難眾生,全心全力幫助他們,那就不得了,你的財富就愈來愈多。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四八集)  2011/6/11  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0448