Tuesday, August 4, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011 (Bgn 2)


Keterampilan melafal Amituofo terletak pada kesucian hati, hati semakin suci, tahun ini sudah lebih suci dibandingkan tahun lalu, demikian pula tahun lalu sudah lebih suci dibanding tahun sebelumnya, tahun demi tahun hati kian suci, ini merupakan kondisi batin yang bagus.

 

Dari mana kita bisa melihatnya? Tahun demi tahun kerisauan kian berkurang, beban pikiran kian berkurang. Benar-benar dapat meningkatkan kualitan batin hingga bulan demi bulan beban batin kian berkurang, anda pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Jika sebaliknya ketika cobaan dan godaan muncul, tabiat jelek langsung kambuh, dalam kondisi yang menyenangkan timbul hati loba, dalam kondisi yang tidak sesuai keinginan hati, timbul kebencian, kalau masih tetap saja lagu lama maka keterampilan melafal Amituofo tidak efektif.

 

Dalam menjalani aktivitas keseharian, berinteraksi dengan orang lain, setiap saat merupakan ujian bagi keterampilan kita. Maka itu apakah kita berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati, hanya diri sendiri yang dapat memastikannya, jangan tanyakan pada orang lain, tetapi tepuk dada tanyakan pada hati sendiri.

 

Apakah saya dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Haruskah saya terlahir ke Tanah Suci Sukhavati? Hanya diri sendiri yang paling jelas dan mengerti.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011

 

念佛功夫端在身心清淨,心地愈清淨,今年比去年清淨,去年比前年清淨,一年比一年清淨,好境界。從哪裡看?一年比一年煩惱少,煩惱輕了,一年比一年輕。真正能提升到一個月比一個月輕,你決定得生,你就沒有問題了。如果境界現前還發作,順境裡頭有貪心,逆境裡頭有瞋恚心,還會有這個念頭起來,念佛功夫不得力。日常在生活當中,工作處事待人接物,時時刻刻都在考驗我們的功夫。所以能不能往生,有沒有把握往生,不要問人,你問你自己,清清楚楚、明明白白。我能不能生淨土?我應不應該生淨土?自己比什麼都清楚,對這個世間確確實實沒有貪戀了。所以這是叫人乘世善。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三0集)  2011/5/31  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0430

 

 

 


“Iri hati pada kebajikan yang dilakukan orang lain”, melihat keadaan orang lain lebih baik daripada diri sendiri, dalam hati merasa tidak nyaman, memikirkan segala cara untuk merusak reputasi-nya.  

 

Ketika melihat orang lain melakukan kebajikan, dia selalu ingin merintanginya, supaya kebajikan itu tidak dapat terwujud, kasus begini sejak zaman dulu hingga sekarang kerap terjadi, dari sekian banyak bentuk karma buruk yang terberat, ini berada di urutan pertama.

 

Karena iri hati lalu anda merintangi orang lain, harus tahu seberapa besar dampak atau pengaruh dari kebajikan yang dilakukan orang itu, cakupannya berapa luas, berapa lama pengaruh kebajikannya akan berlangsung, dari sinilah bobot dosa anda terbentuk.

 

Lain halnya kalau kebajikan itu cuma buat dirinya sendiri, takkan membawa manfaat bagi orang lain, anda merintanginya, berarti cuma menjalin jodoh buruk dengan dia seorang saja, musuh anda cuma seorang saja, namun perlu diketahui bahwa setiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas, takkan ada usainya.

 

Apabila kebajikannya itu berdampak positif atau membawa manfaat bagi orang banyak, anda merintanginya, maka dosa ini akan sangat berat sekali. Anda mengikat permusuhan bukan dengan dia seorang saja, tetapi dengan khalayak ramai yang akan menerima manfaat tersebut, cakupan ini sangat luas sekali.

 

Apalagi kalau pengaruh kebajikannya itu akan berlangsung hingga jangka panjang, bukan saja orang zaman sekarang tidak bisa memperoleh manfaat, bahkan orang di masa depan juga tidak bisa memperoleh manfaat gara-gara ulahmu. Ini dikarenakan kebajikannya dapat membawa manfaat bagi para makhluk di era sekarang dan era yang akan datang, maka bisa dibayangkan seberapa luasnya ikatan permusuhan yang anda jalin, seberapa berat bobot dosa anda. Tiada tempat lain lagi selain jatuh ke Neraka Avici.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011

 

這裡也舉了幾個例子,「嫉妒,妒忌他人之盛事」,盛事是好事,看到別人比自己好,心裡面受不了,要想方法破壞。「又害賢曰嫉」,好人做的好事,他偏偏要障礙,讓他這個好事做不成功。這樁事古今中外常常看到,這是煩惱當中造作罪業極重的一項,它擺在第一。嫉妒,你障礙別人,要看這個障礙的影響多大,範圍多大,影響時間多久,從這裡結罪。如果這個事情好事,是他個人的利益,與別人不相干,你障礙他,你破壞他,那個結罪很小。為什麼?對一個人,冤家對頭只有一個,冤冤相報沒完沒了,也就這麼一回事情。如果他這個事情對社會對眾生有大好處、有大利益,你把它破壞了,這個事可麻煩了,結罪不是跟他結罪了,跟所有得利益的人結罪,這個範圍就太大了。如果影響深遠,不但現在人這個好處你得到了,他這個好處會延到將來,能延到將來的時候,連將來的人也得不到好處,這個罪可重了,這個罪就變成無間地獄的罪了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三0集)  2011/5/31  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0430

 

 

 

 

Perbuatan baik dan perbuatan buruk tidak ada sistem impas, karma baik tidak bisa mengimbangi atau menutupi karma buruk yang pernah dilakukan, jadi bukan berarti setelah melakukan karma buruk, sekarang saya beramal sedikit guna menutupi karma burukku, tidak ada aturan begini.

 

Karma baik ada balasan baiknya, karma buruk pasti ada akibat buruknya, menanam buah dapat buah, menanam kacang dapat kacang. Tidak bisa dikatakan saya menanam buah tetapi saya berharap bisa menghasilkan kacang, hal ini mustahil.

 

Hukum Sebab Akibat memang sedemikian rupanya, apa yang ditabur itulah yang dituai, jadi tidak ada sistem saling mengimbangi, karma baik menutupi karma buruk, mustahil, hal ini mesti dipahami.

 

Setelah anda memahaminya, manusia tidak boleh membangkitkan niat buruk, ucapan buruk dan tindakan buruk, karma buruk pasti ada balasan buruknya. Sedangkan karma baik yang dilakukan akan memiliki balasan yang baik, masing-masing karma ada buah akibatnya, tidak bisa dicampurbaurkan.

 

Yang mana duluan yang berbuah, karma baik atau karma buruk, tergantung pada faktor pendukung atau jalinan jodoh. Jadi faktor pendukung menentukan karma mana yang masak duluan, sedangkan benih karma menentukan balasan yang akan diterima.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011

 

好事也不行,要知道,因果這樁事情善惡沒有抵消的,沒有說我做了很多壞事,我多做一點好事可以彌補,可以把那個惡的抵消,沒有,因果裡頭沒有抵消的,善就有善報,惡就有惡報,種瓜就得瓜,種豆就得豆。不能說我種的這個瓜,我不想瓜了,希望這個瓜能長出豆來,這不可能的事情。因果確實就是如此,你一個惡念一個惡行就有惡報,一個善念善行它就有善報,不能說用善來抵惡,不可能的,這是一定要知道的。你真明白之後,你就曉得人不能有惡念,不能有惡言,不能有惡行,肯定有惡報,善做得再多,那是善報,各有各的報。什麼時候先報,什麼時候後報,那是緣不一樣。所以佛法講緣生,它不講因,緣決定你果報的先後,因是決定你有果報,你有報應,善有善報,惡有惡報,決定有,什麼時候報,什麼在先,什麼在後,緣,緣非常重要,要明白這個道理。佛家講緣生,講得很深。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三0集)  2011/5/31  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0430