Semua
perbuatan baik juga harus dilakukan, apa yang dimaksud dengan perbuatan baik?
Yakni hal yang memberi manfaat bagi semua makhluk. Memberi manfaat bagi semua
makhluk mesti mempertimbangkan, baik masa sekarang maupun mendatang para
makhluk juga bisa menikmati manfaat ini, pada masa kehidupan yang akan datang
juga masih dapat menikmati manfaat ini, barulah disebut sebagai manfaat yang
sesungguhnya.
Andaikata
manfaat yang diperoleh hanya buat sekarang saja, sedangkan masa kehidupan
mendatang sudah kehilangan manfaat, ini bukanlah manfaat yang sesungguhnya.
Contohnya
pada masa kehidupan sekarang ini dia memperoleh kekayaan yang berlimpah,
sekarang dia bisa menikmatinya, tetapi setelah meninggal dunia, sepeser pun
tidak bisa dia bawa pergi, bahkan mungkin saja pada masa kelahiran mendatang
harus jatuh ke alam rendah.
Sekarang
memperoleh manfaat, namun kehidupan mendatang tidak bisa memperoleh manfaat,
ini adalah manfaat semu, bukanlah manfaat yang sesungguhnya.
Manfaat
yang diberikan para Buddha dan Bodhisattva kepada semua makhluk, tidak hanya
pada satu masa kehidupan sekarang ini saja, namun manfaat yang diberikan adalah
manfaat sesungguhnya.
Pada
masa kehidupan sekarang, tubuh fisik masih berada di dunia ini, asalkan cukup
sandang dan cukup pangan, melewati kehidupan dengan layak, maka begini sudah
bagus, buat apa menghendaki lebih banyak lagi? Tidak perlu.
Pada
satu masa kehidupan ini, hendaknya mengembangkan manfaat besar buat masa
kehidupan mendatang, yakni membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati,
mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, dalam satu kelahiran menyempurnakan
KeBuddhaan, inilah manfaat terunggul nan sempurna, hal ini mesti dipahami.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Mei 2011
凡是好事都要做,什麼叫好事?利益眾生的事情。利益眾生一定要想到,眾生現前得利益,將來也得利益,來生後世也得利益,這叫真的利益。如果眼前得利益,來生不得利益,這就不是真實利益。譬如他今年得財富,這是今生的,得到幾百個億、幾千個億,現在可以享受,死了之後一分錢帶不走,說不定來生還要墮落。現前得利益,來生不得利益,這是假的,這不是真實利益。諸佛菩薩給眾生的利益,他不會給你這一生的利益,實際上是真正給你利益。這一生肉身在,能吃飽、能穿暖,日子平平常常能度過去這就好了,你還要多的幹什麼?不必要多。這一生就是照顧到你來生後世得大利益,幫助你往生極樂世界,親近阿彌陀佛,你在極樂世界一生就圓滿成佛,這是究竟圓滿的利益,這要懂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九四集) 2011/5/4 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0394
Dalam
satu masa kehidupan ini, ada bagusnya kalau keadaan kita susah sedikit, Buddha
Sakyamuni selalu mengajarkan kita “Menjadikan penderitaan sebagai guru”,
mengapa demikian?
Oleh
karena kehidupan ada susah sedikit, barulah anda takkan mendambakan dunia ini.
Andaikata kehidupan ini dilewati dengan terlampau nyaman, anda jadi melekat
pada tempat ini, tidak ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda telah
melakukan kekeliruan.
Maka itu
Buddha Sakyamuni memberikan contoh teladan kepada kita, Beliau melepaskan segala
bentuk kehidupan materi, keseluruhan harta bendanya cuma tiga helai jubah dan
satu patra. Selain ini, tidak ada yang dimilikiNya lagi.
Makanan
diperoleh dengan cara keluar berpindapatra, malam hari istirahat di bawah
sebatang pohon, pola hidup sedemikian rupa dijalaniNya sepanjang hayatNya.
Sejak
usia 19 tahun meninggalkan keduniawian, mulai menjalani kehidupan sedemikian
rupa, hingga usia 79 tahun memasuki Parinirvana, memperagakan teladan terbaik
kepada kita semuanya, apapun tidak dimiliki.
Jasa
kebajikan apa yang ditimbunNya? Setiap hari membabarkan Dharma, inilah jasa
kebajikan yang ditimbunNya, membantu semua makhluk menghancurkan kesesatan mencapai
pencerahan, jasa kebajikan besar! Apa tujuannya?
Tujuannya
adalah membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Dari
mana penderitaan berasal? Dari pikiran sesat. Dari mana kebahagiaan berasal?
Dari pikiran tercerahkan.
Cara untuk
membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, tak lain
adalah melalui pendidikan Buddha Dharma, tujuan pendidikan Buddha Dharma adalah
membantu para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, inilah
yang disebut sebagai karir Buddha.
Karir
Buddha adalah bidang pekerjaan yang ditekuni oleh para Buddha, yakni membantu
para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, hal ini tidak
boleh tidak dipahami.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Mei 2011
在這一生當中,這個生活實在講苦一點好,佛常常教給我們「以苦為師」,為什麼?因為生活有一點苦,你對於這個世間沒有留戀。如果生活過得太舒服,你留戀這個地方,不想到極樂世界去,那你就真的錯了。所以釋迦牟尼佛給我們做榜樣,他把物質生活完全放下,釋迦佛所有財產都在身上,多少東西?三衣一缽,那是他全部的財產,除這個之外一無所有。吃飯到外面托缽,晚上睡覺樹下打個盹,不是過一天兩天、一年兩年,不是的,一輩子過這個生活。從十九歲出家離開家庭,就過這樣的生活,七十九歲圓寂,給我們做出最好的榜樣,一無所有。他作諸功德,他做什麼功德?每天講經教學就是他作諸功德,幫助一切眾生破迷開悟,大功德!目的是什麼?目的是幫助眾生離苦得樂。苦從哪裡來的?從迷惑顛倒來的。樂從哪裡來的?樂是真正覺悟來的。要幫助眾生離苦得樂,那就得教學,教學的目的是幫助眾生破迷開悟,這叫佛事。佛經上講的佛事,這就叫佛事,佛幹的事情,佛的事業就是幫助眾生破迷開悟,這個不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九四集) 2011/5/4 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0394
Praktisi
senior Tiongkok zaman dulu, seperti yang dikatakan oleh Master Lianchi, melafal
Amituofo adalah metode pelatihan diri yang utama, metode pendukungnya juga
adalah melafal Amituofo.
Jadi
baik metode utama maupun metode pendukung, juga adalah melafal Amituofo. Apa
yang dimaksud dengan metode utama? Yakni kebaktian yang dilakukan dengan jadwal
yang tetap, contohnya kebaktian pagi dan kebaktian sore, dimana kita menetapkan
target jumlah lafalan yang harus kita capai setiap hari.
Selain
metode utama yang bersifat tetap, maka ada metode pendukung yang bersifat tidak
tetap, yakni kapan saja dan dimana saja kita beraktivitas sambil melafal
Amituofo di dalam hati, terkecuali apabila pekerjaan tersebut membutuhkan pemikiran,
maka buat sementara waktu anda mesti mengenyampingkan pelafalan Amituofo, baik-baik
menyelesaikan pekerjaan atau urusan tersebut. Usai itu kembali lagi melanjutkan
melafal Amituofo, inilah yang disebut dengan metode pendukung, yang tidak punya
jadwal tetap.
Baik
metode utama maupun metode pendukung, tetap adalah melafal Amituofo, barulah
disebut sebagai memfokuskan diri melafal berkesinambungan.
Memfokuskan
diri melafal berkesinambungan, yang juga boleh dikatakan sebagai memfokuskan
diri pada satu arah, sepanjang hayatku hanya melangkah di jalan ini yang menuju
ke Alam Sukhavati di penjuru barat, tujuanku adalah mendekatkan diri dan
berguru pada Buddha Amitabha.
Selain
untuk satu hal ini, maka segala kemelekatan mestilah dilepaskan, takkan lagi
membeda-bedakan, takkan lagi melekat, begini sudah betul, praktisi begini dalam
satu masa kehidupan ini pasti terlahir ke Alam Sukhavati, takkan ada seorang
pun yang ketinggalan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Mei 2011
我們中國古大德,像蓮池大師他老人家所說的,念佛是正因,正助雙修,這是正修。助修呢?助修還是念佛。正助全是念佛,正助怎麼分?正是定課,或是早晚課誦,或是每天定,規定我一定要念幾千遍,這定課。除定課之外,一切時、一切處統統都在念佛,有需要用思考的,你就把念佛放下,你就好好去處理事情;事情處理完畢之後接著就念,這叫散課,就是助念,正助全是念佛,才叫一向專念。那個一是一心專念,也可以說一個方向專念,我一生走的這個路就是西方極樂世界,我的目標就是親近阿彌陀佛,除此之外全放下了,不再分別,不再執著,這就對了,這個人這一生決定得生,沒有不得生的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九四集) 2011/5/4 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0394