Wednesday, August 26, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011 (Bgn 4)

 

 

Sepanjang hayat melafal Amituofo, hingga saat menjelang ajal ternyata tidak senang, murka, akibatnya dia menuju ke mana? Jatuh ke Neraka. Atau saat menjelang ajal, hati loba-nya masih belum dienyahkan, merindukan sanak keluarga-nya, mendambakan harta benda-nya, akibatnya jatuh ke Alam Setan Kelaparan. Inilah yang disampaikan oleh Master Ciyun Guanding kepada kita, seratus jenis buah akibat berbeda yang akan diterima oleh praktisi pelafal Amituofo.

 

Praktisi bagaimanakah yang memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati? Di dalam hatinya cuma ada lafalan Amituofo, selain lafalan Amituofo takkan ada hal lainnya lagi, maka itu harus melatih Ksanti Paramita atau kesabaran, anda harus dapat bersabar.

 

Dalam kondisi yang lancar dan bersua dengan jodoh yang baik, takkan timbul kemelekatan, sebaliknya dalam kondisi yang tidak menyenangkan dan bertemu dengan jodoh buruk, takkan timbul kebencian, memperlakukan orang lain dengan rendah hati dan hormat, mengerahkan segenap hati melafal Amituofo, membaca sutra tanpa kedunguan (tanpa disertai penafsiran sendiri), membangkitkan keyakinan mendalam terhadap Tanah Suci Sukhavati tanpa keraguan, orang begini pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Benar-benar meyakini, benar-benar membulatkan tekad, segala permasalahan pun teratasi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011

 

念佛念了一輩子,臨走的時候心裡很不高興,發脾氣了,他到哪去?到地獄去,他不是到極樂世界。或者臨終的時候,他的貪心沒斷,念著親情、念著財產,這個人到餓鬼道去了。所以慈雲灌頂法師給我們講,念佛人一百種不同的果報是真的,不是假的。什麼樣的人才真正能夠往生,有把握往生?心裡只有一個佛號,除佛號之外什麼都沒有,那就要真正修忍辱波羅蜜,你能忍。順境、善緣不貪,逆境、惡緣不瞋,對人謙虛恭敬不慢,一心念佛、讀經不愚痴,深信淨土不懷疑,這個人決定得生。真正相信,真正發心,這問題解決了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八二集)  2011/7/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0482

 

 

 


Ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan, keraguan; kami menemukan bahwa rintangan yang terparah adalah “keraguan”. Keraguan dapat menghancurkan segala jasa kebajikan kita.

 

Lantas atas dasar apa kita dapat meyakini Ajaran Buddha Mahayana? Tempo dulu Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) memberitahukan padaku, atas dasar sepanjang kurun waktu dua ribu tahun, yaitu Agama Buddha berkembang di Tiongkok sudah dua ribu tahun lamanya, para Guru Sesepuh dan praktisi senior, yang terpelajar dan memiliki kebijaksanaan, mereka bukan orang gegabah, mereka dapat meyakini, menampilkan pada kita teladan yakin, bertekad dan mengamalkan, apakah kita masih tidak percaya?

 

Atas dasar inilah kita harus membangkitkan keyakinan yang mendalam. Kita bukanlah percaya takhayul, Buddha dan Bodhisattva takkan mengelabui kita. Maka itu mengapa di dalam Ajaran Mahayana dikatakan bahwa keraguan merupakan rintangan terbesar bagi Bodhisattva, rintangan kita terlampau banyak.  

 

Yang paling ditakuti Bodhisattva adalah keraguan, lihatlah di dalam sutra Buddha disebutkan bahwa ada begitu banyak Bodhisattva yang setelah mendengar Pintu Dharma Tanah Suci, masih diliputi keraguan, mana mungkin ada hal yang sebagus begini? Bayangkan saja orang awam yang terlahir ke Alam Sukhavati dapat menyempurnakan KeBuddhaan, hal ini membuat para Bodhisattva (dari penjuru alam lainnya) merasa ragu.

 

Oleh karena ragu makanya dia takkan melatih metode ini, sedangkan melatih metode lainnya sulit sekali, bukanlah bisa berhasil dalam waktu singkat.

 

Kesempatan ini telah terpampang di depan mata, namun dikarenakan keraguan akhirnya melewatkannya begitu saja, sungguh patut disayangkan! Para Buddha Tathagata pun ikut menyesalinya, merasa sungguh memprihatinkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011

 

貪瞋痴慢疑最後這個疑字,我們發現它的障礙比什麼都嚴重,懷疑能把我們所有功德統統斷掉、統統毀掉。我們憑什麼能信?以前李老師告訴過我,我們不憑別的,單單憑這兩千年來,就是佛教到中國這兩千年來,祖師大德他們有德行、有學問、有智慧,他們不是糊塗人,這些人都信,都給我們做出信願行的榜樣,我們能不信嗎?這就是我們為什麼要相信的真憑實據。我們不是迷信,佛菩薩會騙人嗎?佛菩薩教我們,不妄語、不兩舌、不綺語、不惡口,難道他還妄語嗎?還欺騙人嗎?這不可能的事情。

 

所以疑,大乘法裡面說,它是菩薩最大的障礙,我們的障礙很多,太多太多了。菩薩萬緣放下,就怕懷疑,是真的嗎?確實是真的。你看看,這是佛經上講的,有許多菩薩聽到淨土法門,但是他懷疑,哪有這樣的好事?凡夫一品煩惱沒斷,到極樂世界就能一生圓證無上菩提,菩薩對這懷疑。懷疑當然他就不修這個法門,修其他的法門很辛苦,不是短時間能成就。這種機緣遇到,因為疑,錯過了,你說多可惜!諸佛如來感嘆,嘆息。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八二集)  2011/7/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0482

 

 

 

 

Para Buddha dan Bodhisattva, para insan yang berkebajikan tertinggi juga menyimpulkan bahwa Pintu Dharma Tanah Suci merupakan Pintu Dharma yang sulit diyakini namun gampang mengamalkannya, asalkan mampu meyakini-nya maka sudah gampang melatihnya, hasilnya juga sangat unggul, tiada bandingnya.

 

Maka itu bukan saja diri sendiri mesti menggenggam kesempatan ini seerat-eratnya, tidak boleh melewatkannya, para makhluk yang berjodoh dengan diriku, semoga mereka dapat membangkitkan keyakinan tanpa keraguan sama sekali, semoga semua makhluk dapat membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, mengapa demikian?

 

Ini adalah tekad Buddha Amitabha. Andaikata kita memiliki niat yang tidak benar, orang yang saya suka barulah saya nasehati dia supaya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, memotivasi dia supaya berhasil, sebaliknya orang yang saya benci, saya tidak mau beri tahu dia tentang metode ini, apa jadinya nanti?

 

Inilah yang disebut sebagai kekikiran. Pelit ilmu. Atau sengaja merintangi dirinya, supaya dia gagal terlahir ke Alam Sukhavati, takkan membiarkan dirinya belajar Pintu Dharma ini, inilah yang disebut sebagai pelit ilmu.

 

Orang yang pelit ilmu akan jatuh ke tiga alam rendah, bahkan tak peduli di alam manapun anda berada, anda akan lebih dungu daripada orang lain umumnya, tidak punya kebijaksanaan, mengapa demikian? Inilah balasan yang diperoleh dari memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya orang lain.

 

Praktisi zaman dulu berkata, dosa ini lebih berat daripada menghilangkan nyawa orang lain, seseorang yang kehilangan tubuh kasarnya, 49 hari kemudian dia akan bertumimbal lahir lagi.

 

Tetapi jika memutuskan jiwa kebijaksanaan orang lain, anda memutuskan kesempatan orang lain untuk mendengar ajaran sutra, mendengar Dharma, belajar Ajaran Buddha, dosa ini berat sekali.

 

Buah akibat karma ini adalah jatuh ke Neraka Avici, setelah selesai menjalani siksaan di Neraka Avici, bertumimbal lahir ke Alam Manusia menjadi orang buta, tuli, bisu, tidak punya kebijaksanaan. Inilah akibat dari memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya orang lain.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011

 

這個法門,諸佛菩薩、諸上善人個個都說難信易行,只要相信,很容易修,果報殊勝,無比的殊勝。

 

所以不但自己要抓住這個機會,不能錯過,與我所有有緣的眾生,都希望他們能夠深信不疑,希望一切眾生都能發願求生淨土,為什麼?這是阿彌陀佛的本願。如果我們用錯了心,我喜歡的人勸他修淨土,勸他成就,我討厭的人,這法子不要告訴他,那是什麼?吝法。或者是障礙他、阻止他,不讓他往生,不讓他學這個法門,這樣做就是吝法。吝法的果報在三途,而且無論你是在哪一道,你比一般人特別愚痴,沒有智慧,為什麼?斷別人的法身慧命,你所得到的果報。古德常說殺人的罪不大,你斷人身命,人家這靈魂四十九天之後它又來了,它又投胎又來了。斷人慧命的罪重,你把人聽經、聞法、學佛的機會斷掉,這個罪重。這個罪在無間地獄,無間地獄罪受滿之後,你到人間來盲聾瘖啞沒有智慧,這是什麼?斷人法身慧命的果報很悽慘。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八二集)  2011/7/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0482