Saturday, June 13, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Mei 2011 (Bgn 4)


Fisik dan mental kita, serta benda-benda di sekitar kita juga sedang berfluktuasi. Tubuh kita ini ibarat stasiun pemancar, yang memancarkan gelombang pikiran kita ke luar, bersamaan itu pula juga menjadi stasiun penerima, pesan-pesan dari keseluruhan alam semesta juga dapat kita terima.

Kalau memang sudah diterima, kenapa kita tidak mengetahuinya? Kekotoran batin kita telah menghalanginya. Bagi insan yang memiliki kekotoran batin yang agak ringan, hatinya agak suci, dia dapat menerimanya, makin suci hatinya maka makin banyak pesan yang dapat diterimanya.

Sesungguhnya semua pesan tersebut sudah diterima, semakin suci hatimu maka semakin banyak yang dapat anda rasakan, anda dapat merasakan keseluruhannya.

Maka itu keseluruhan alam semesta adalah senyawa yang hidup, tidak ada satupun benda yang mati, semuanya adalah hidup. Bahkan saling berkaitan, keseluruhan alam semesta bagaikan sebuah jaringan internet, kita merupakan salah satu titik di dalam jaringan tersebut, yang saling berkaitan dengan keseluruhan alam semesta, tiap butir niat pikiran yang timbul adalah saling memiliki keterkaitan, ini merupakan fakta yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Mei 2011


我們的身心,就是我們精神的部分跟物質的部分都在起波動。我們這個身體就好像一個發射台,把我們的念頭往外發射,同時也是接收台,整個宇宙的信息我們都收到。收到我們為什麼不知道?煩惱障礙了。如果煩惱輕,心地清淨一點,他就能接收到,愈清淨接收到的就愈多。其實統統都接收到了,你心愈清淨你的感受愈多,你完全能感受得到。所以整個宇宙,用現在的話說,是個有機體,它是活的,沒有一樣東西是死的,統統是活的。而且什麼?統統有關係,整個宇宙就像個電網一樣、網路一樣,我們是網路裡頭一個點,跟整個宇宙息息相關,起心動念全是關聯,連在一起的,這是事實真相。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九五集)  2011/5/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0395




 

Hati mesti dilapangkan, hal ini ditujukan kepada kita sebagai orang awam, oleh karena selalu mengutamakan kepentingan pribadi dan keuntungan pribadi, melekat pada adanya aku, makanya hati jadi sempit.

Hendaknya dalam kehidupan keseharian, dalam menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, hati mestilah dilapangkan, memperlakukan semua orang dengan adil, jangan ada perbedaan, jangan ada kemelekatan, lapangkan hati, makin lapang makin bagus.

Insan suci dan bijak Tiongkok zaman dulu mengajarkan bahwa hati lapang maka berkah pun besar, orang yang tidak pemaaf pahalanya sangat kecil. Jadi seberapa besar pahala yang anda miliki dapat dilihat dari seberapa lapang hatimu, jika hatimu sempit maka pahala pun kecil.

Maka itu Sang Buddha memiliki kelapangan hati yang telah sempurna, demikian pula pahala yang dimilikiNya juga telah sempurna.

Seluruh jasa kebajikan dilimpahkan untuk mencapai KeBuddhaan, maka jasa kebajikan ini takkan hilang, tiap butir niat pikiran yang timbul diarahkan pada KeBodhian (pencerahan), tiap butir niat pikiran yang timbul diarahkan ke Alam Sukhavati di penjuru barat, tiap butir niat pikiran diarahkan kepada Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Mei 2011


心量要拓開,這對我們凡夫說的,凡夫因為有自私自利,執著有個我,所以量不大。要在生活當中、要在處事待人接物當中,把心量擴大,對一切人平等,不要有分別、不要有執著,把心量擴大,愈大愈好。我們中國古聖先賢教人,量大福大,沒有度量的人福報就很小。你有多大的福報,看你有多大的量,你的量小你的福報就小。所以佛,量最大,圓滿了,佛的福報是圓滿的,心量大,這是我們不能不知道的。所有功德迴向菩提、迴向實際,「皆能遠詣佛果」,詣是到達。我們所修學的功德迴向,希望將來能證得無上菩提,證得佛果。「無有失滅」,這個功德就幫助你,功德絕對不會失掉,念念向菩提,念念向西方極樂世界,念念向阿彌陀佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九五集)  2011/5/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0395




 

Bodhicitta merupakan landasan untuk terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, maka itu bolehkah tidak membangkitkan Bodhicitta? Jika kita ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka harus menggunakan hati yang tulus dalam menjalani kehidupan keseharian, menggunakan ketulusan hati dalam menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati.

Maka itu selama bertahun-tahun saya membahas tentang Bodhicitta, saya menyampaikannya secara sangat sederhana, saya menyimpulkannya sebagai ketulusan hati.

Hati yang suci, hati yang setara dan hati yang tercerahkan, disebut sebagai hati yang mendalam.

Hendaknya tercerahkan bahwa diri sendiri adalah orang awam, menyadari bahwa diri sendiri adalah salah, menyadari bahwa niat pikiran yang timbul adalah menciptakan karma tumimbal lahir, ini adalah pencerahan terhadap diri sendiri.

Hendaknya tercerahkan bahwa 48 tekad agung Buddha Amitabha adalah diikrarkan demi menyelamatkan diriku; hendaknya tercerahkan bahwa Buddha Amitabha mewujudkan Alam Sukhavati, adalah demi memberikan sebuah lingkungan belajar buat diriku untuk mencapai KeBuddhaan.  

Buddha Amitabha memiliki budi kebajikan besar pada diriku, kita harus tahu membalas budi. Bagaimana cara membalas budi? Yakni membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha, menyempurnakan buah KeBuddhaan, beginilah cara membalas budi Buddha Amitabha.

Dapat membalas budi Buddha Amitabha, maka segala jenis budi lainnya,  semuanya juga telah dibalas, budi Ayahbunda, budi leluhur, budi negara, budi semua makhluk, semuanya telah terbalas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Mei 2011


菩提心是往生西方極樂世界的根本,不發菩提心行嗎?我們要往生西方極樂世界,就得用真心生活,用真誠心處事待人接物。

所以我這麼多年講菩提心,我講得很簡單,我講真誠心,就是《觀經》裡面的至誠心。清淨心、平等心、覺心就是深心。要覺悟,覺悟自己是凡夫,覺悟自己錯了,覺悟自己起心動念都在搞輪迴,這是對自己的覺悟。要覺悟阿彌陀佛四十八願是為度我而發的,覺悟西方世界,阿彌陀佛建立西方世界,是提供給我修行證果而建立的。彌陀對我有大恩大德,我們要知恩報恩。怎麼報法?發菩提心,一向專念,往生極樂世界,親近彌陀,證究竟佛果,這就是報彌陀之恩。能報彌陀之恩,所有一切恩統統都報了,父母之恩、祖宗之恩、國家之恩、眾生之恩統統都報了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九五集)  2011/5/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0395