Tuesday, June 23, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011 (Bgn 1)


Pintu Dharma Tanah Suci sungguh merupakan Pintu Dharma yang sulit diyakini, anda masih belum sanggup memercayainya, bagaimana anda mampu membangkitkan keyakinan hati? Ini menunjukkan bahwa untuk membangkitkan keyakinan hati bukanlah hal yang gampang.

Tetapi kita melihat para lansia di dusun, begitu dinasehati langsung percaya, begitu dikasih tahu bahwa Alam Sukhavati sangat bagus, dia langsung berniat ke sana, saat menjelang ajal menampilkan fenomena istimewa, Buddha Amitabha datang menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati!

Mengapa bisa demikian gampangnya? Kita harus memahaminya, hal ini bukanlah terjadi secara kebetulan, bukanlah semua lansia di dusun pasti bisa terlahir ke Alam Sukhavati, diantara ribuan orang mungkin cuma satu saja, atau diantara puluhan ribu orang cuma ada seorang saja.

Mereka yang meraih keberhasilan dengan gampang, adalah dikarenakan pada masa kelahiran lampau sudah pernah melatih metode ini, hingga memiliki keterampilan yang lumayan, hanya saja, saat menjelang ajal pikirannya sesat sesaat.

Pikirannya sesat sesaat dikarenakan tidak sanggup melepaskan kemelekatan pada keluarga dan orang-orang yang disayanginya, asalkan timbul sebersit niat pikiran begini, Buddha Amitabha pun beranjak pergi, batal menjemputmu.

Sebagai praktisi pelafal Amituofo, kita harus memperhatikan poin yang satu ini, kapankah kita sudah harus belajar melepaskan kemelekatan ini? Dalam waktu keseharian hendaknya memandang tawar pada hubungan  antar insani, saat menjelang ajal takkan ada kekhawatiran lagi. Sebaliknya bila dalam waktu keseharian menjalin ikatan kasih dengan sangat kental, maka saat menjelang ajal tidak punya jaminan.

Apakah benar anda mencintai keluarga anda? Kalau memang sayang, maka anda harus berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, barulah namanya cinta sejati. Oleh karena dengan terlahir ke Alam Sukhavati barulah anda memiliki kemampuan menyelamatkan semua orang yang anda sayangi.

Meskipun sanak keluarga anda jatuh ke alam manapun juga, anda juga bisa mengetahuinya, menanti hingga jodohnya masak, anda segera dapat membantunya.

Jodoh buat terselamatkan telah masak, memenuhi tiga persyaratan yaitu keyakinan benar, tekad benar dan sanggup melepaskan kemelekatan. Dari tiga persyaratan tersebut, tidak boleh kurang satu pun, ingat butir ketiga adalah sanggup melepaskan kemelekatan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


淨土往生實實在在是難信之法,難信,你還沒有能夠真的相信,你怎麼能發心?這說明發心不是一樁容易事情。但是我們看到,許多這些鄉下農村的阿公阿婆,一勸他念佛他真相信,說西方極樂世界好,他真的就想去,就發心去了,往生的時候瑞相稀有,彌陀來接引,他真的往生!這什麼回事情?我們要明瞭,這個不偶然,不是農村裡每個阿公阿婆都能往生,也是千中一個、萬中一個。這是過去生中曾經修學這個法門,功夫都很不錯,臨命終時一念之差沒去得了。這一念之差就是情執難斷,捨不得家親眷屬,只要有這一念起來,阿彌陀佛就走了,不再接你。我們修淨土的人要注意到這一點,什麼時候放下?平時就冷淡,臨終就沒有罣礙;平時這個情執很濃,臨命終時就靠不住。愛不愛家人?真愛,往生到極樂世界是真愛。暫時把親情放下,到極樂世界去了,你的家親眷屬無論淪落在哪一道,你都看得很清楚,他什麼時候得度因緣成熟,你就會去幫助他。得度因緣成熟,真信、真願、真放得下,就三個條件,這三個條件缺一個都不行,記住末後是真放得下。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九八集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0398




 

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 45 “Mempertahankan Sutra Ini”, disebutkan bahwa “Bila dapat mendengar sutra ini, pintu Dharma melafal Amituofo ini, dapat membangkitkan keyakinan, bersukacita menerima dan melaksanakannya, ini adalah hal yang sulit di antara yang paling sulit, tiada yang lebih sulit lagi.”

Hari ini kita telah bersua dengan Pintu Dharma ini, kita meyakini, membangkitkan sukacita, kita mengamalkan sesuai dengan ajaran, sungguh tidak mudah! Katanya, ini adalah hal yang sulit di antara yang paling sulit, tiada yang lebih sulit lagi.

Namun bagi kita kayaknya tidaklah sulit, buktinya kita bisa menerima dan meyakininya dengan begitu gampang. Sesungguhnya bukanlah demikian halnya, lihatlah populasi dunia ada sekitar 7 miliar jiwa, berapa orang yang berkesempatan bertemu dengan Buddha Dharma?

Setelah bertemu dengan Buddha Dharma, ada berapa orang saja yang berkesempatan bersua dengan Ajaran Mahayana? Setelah bersua dengan Ajaran Mahayana, ada berapa orang saja yang berkesempatan mendengar Ajaran Tanah Suci?

Setelah mendengar Ajaran Tanah Suci, ada berapa orang saja yang mampu membangkitkan keyakinan? Selapis demi selapis terseleksi, akhirnya cuma tersisa beberapa orang saja. Dengan demikian barulah kita memahami bahwa kalimat “Ini adalah hal yang sulit di antara yang paling sulit, tiada yang lebih sulit lagi” adalah nyata adanya.

Kita adalah satu satu diantara yang paling sulit tersebut, mengapa kita bisa menjadi salah satu diantara yang paling sulit tersebut? Ini dikarenakan pada masa kehidupan lampau kita menjalin jodoh yang sangat mendalam dengan Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, pada masa kehidupan sekarang begitu mendengar ajaran Tanah Suci, kita langsung merasa akrab dan dekat dengannya, begitu bersukacita dan suka padanya, apabila pada masa kelahiran lampau tidak memiliki jodoh yang sedemikian mendalamnya, maka akan sangat sulit sekali.

Hal ini dapat kita saksikan secara langsung, diantara rekan praktisi kita, ada berapa orang saja yang sanggup membangkitkan keyakinan benar, ada berapa orang saja yang mengamalkannya dengan serius?

Anda bilang dia tidak percaya, tapi kayaknya dia percaya; dibilang dia percaya, tetapi masih mendambakan dunia ini, dia tidak sanggup melepaskan kemelekatan tersebut, “Ini adalah hal yang sulit di antara yang paling sulit, tiada yang lebih sulit lagi”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


「又本經《獨留此經品》」,裡面有這四句經文,「若聞斯經」,就是《無量壽經》,你要能夠聽到這部經,「信樂受持」,你聽了就能相信,你就能接受,你就能喜歡,樂是喜歡,你就能受持,受持是什麼?你能夠真幹,依教修行,「難中之難,無過此難」。我們今天遇到了,我們信,我們歡喜,我們依教奉行,不容易!它說難中之難無過此難,在我們想好像不難,我們很容易就接受。其實不然,你看看今天世界上將近七十億的人口,幾個人遇到佛法?遇到佛法的人,幾個人遇到大乘?遇到大乘的人,幾個人遇到淨土?遇到淨土的人,有幾個人真信?這一重一重的淘汰,淘汰到最後真的沒幾個人,這才知道難中之難無過此難,是真的,不是假的。我們是難中之難裡頭的一個,為什麼我們能成為難中之難當中的一個?那是我們過去生中,跟阿彌陀佛、跟極樂世界結下很深的緣,這一生當中遇到就一見如故,就非常歡喜,過去沒有那麼深的緣分不行。這是我們看到的,我們同學當中幾個人真信,幾個人真幹?你說他不信,他挺相信;你說他相信,他對這個世間留戀,他決定放不下,這就是難中之難。從這些地方我們就能體會到,我們的善根比他深厚,宿世的善根他不如我們,才會有這個現象。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九八集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0398




 

Yang paling ditakutkan adalah kalau sudah membaca beraneka ragam sutra, pada akhirnya jadi kebingungan sendiri. Buddha Sakyamuni membabarkan di sutra ini terbalik dengan yang dibabarkan di sutra lainnya, di sutra ini, Buddha Sakyamuni menyampaikan tentang wujud, sementara di sutra lainnya Sang Buddha malah mengatakan kekosongan, lantas bagaimana seharusnya?

Hendaknya dipahami bahwa para Buddha dan Bodhisattva dalam menyampaikan Dharma takkan bersikap kaku, tetapi fleksibel. Orang ini melekat pada wujud ada, Buddha akan menyampaikan padanya tentang kekosongan, menghancurkan kemelekatannya pada wujud.

Sebaliknya bagi orang yang melekat pada kekosongan, Buddha akan menyampaikan padanya tentang wujud, menghancurkan kemelekatannya pada kekosongan.

Yang paling ditakutkan adalah Buddha menyampaikan tentang kekosongan, anda langsung melekat pada kekosongan, Buddha mengatakan tentang wujud, anda langsung melekat pada wujud, kalau sudah begini, Buddha pun tak berdaya menyelamatkan dirimu, jadi Buddha menyampaikan Dharma padamu adalah guna menghancurkan kemelekatan-mu.

Segala Dharma disebut sebagai upaya kausalya, Buddha tidak membabarkan Dharma secara kaku; Buddha juga tidak memiliki penampilan yang tetap, para makhluk dapat terselamatkan dengan wujud yang bagaimana, maka Buddha akan menjelma dalam wujud tersebut.

Baik dalam berpenampilan maupun membabarkan Dharma, bukanlah atas kehendak Buddha sendiri, lantas atas kehendak siapa? Buddha menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas jasa kebajikan yang dilakukan orang lain.

Anda ingin Buddha datang membabarkan Dharma kepadamu dengan penampilan yang bagaimana, anda ingin Bodhisattva datang menyampaikan Dharma kepadamu dengan wujud yang bagaimana, maka Mereka akan menuruti kehendakmu.

Anda memiliki kehendak, Buddha dan Bodhisattva tidak memilikinya. Anda memiliki pertanyaan, Buddha dan Bodhisattva memberikan jawaban padamu, yang pastinya takkan timbul niat pikiran, perbedaan dan kemelekatan, namun mengalir secara alami dari jiwa sejati, untuk memberikan jawaban atas pertanyaanmu.

Apabila anda memahami kebenaran ini, maka segala persoalan takkan ada lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


就是怕看經看多了,佛在這個經上講跟那個經上講完全相反的,這個經裡面講有,那個經裡講空,這怎麼辦?要知道,諸佛菩薩說法沒有定法可說,這個人執著有,佛就跟他講空,破有的執著;這個人執空,佛就跟你講有,破空執。最怕的是佛說空,你就執著空,佛說有,你就執著有,佛度不了你,那你就沒法子,佛是為了破執著。所有一切法都叫做善巧方便,佛無有定法可說;佛也沒有一定的形相,應以什麼身得度就現什麼相。現相、說法都不是佛的意思,誰的意思?眾生的意思,佛恆順眾生,隨喜功德。你想佛來給你說法他就現佛身,你想菩薩給你說法他就現菩薩身,你想什麼身他就現什麼身,你想他現。你想是有心,他現是無心,無心能應。你有什麼樣的疑問,這是你想,佛菩薩給你說法是無心,決定沒有通過起心動念、分別執著,決定沒通過,完全是自性自然的回應。你要是懂得這個道理,這些問題全沒有了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九八集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0398