Monday, August 10, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011 (Bgn 2)

 

  

Jika menanti hingga saat menjelang ajal, barulah belajar meredam kekotoran batin, maka sudah tidak sempat lagi, dalam waktu keseharian harus melatihnya.

 

Saat berada dalam suasana suka, bertemu dengan jodoh baik, takkan timbul hati loba, hati yang senang, ketika niat pikiran ini timbul, langsung melafal Amituofo, menggantinya dengan lafalan Amituofo.

 

Saat berada dalam suasana duka, bertemu dengan jodoh buruk, takkan timbul kebencian, lafallah Amituofo, mengusir segala niat buruk dan pikiran negatif, semuanya dituangkan ke dalam sepatah Amituofo, inilah yang disebut dengan cara melafal Amituofo yang benar.

 

Hal ini serupa dengan dalam waktu keseharian melatih prajurit, saat menjelang ajal adalah pertempuran di medan perang, jika niat pikiran terakhir adalah Amituofo, maka anda berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Dari 48 tekad agung, butir tekad ke-18 menyebutkan bahwa saat menjelang ajal, baik satu lafalan hingga sepuluh lafalan juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi dalam keseharian anda tidak melatihnya, hingga saat menjelang ajal tiba, andaikata lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan)-mu muncul keluar, maka langsung jatuh ke tiga alam rendah.

 

Apakah seseorang itu dapat terlahir atau tidak ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada sebutir niat pikirannya yang terakhir. Dalam waktu keseharian harus tekun melatih diri, melepaskan segala kemelekatan, memandang segala hal dengan hambar, barulah bentuk-bentuk pikiran kita dapat berkurang dengan drastis. Sepatah Amituofo dapat dengan mudah menggantikannya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011

 

伏住煩惱,臨命終時才伏的時候遲了、來不及了,平時要訓練,日常生活當中就是訓練。順境、善緣不起貪心,不起貪戀心,喜歡那個心、那個念頭一起來,阿彌陀佛,用阿彌陀佛取而代之。逆境惡緣、衝突瞋恚生起來的時候,阿彌陀佛,都把它打掉,統統歸這一句阿彌陀佛,這叫會念。這就在日常生活當中像練兵一樣的,臨命終時是打仗,最後一念是阿彌陀佛你就往生了。四十八願第十八願,臨命終時一念、十念都能往生,可是平常你不練,到臨命終時,你那個五欲七情要是出來,你怎麼辦?立刻就到三途去了。能不能往生是最後一念。平常不用功不行,平常不放下不行,平常什麼都看得很淡,樣樣能放得下,我們的煩惱就大幅度減輕,沒有那麼嚴重了,這句佛號很容易把它換過來。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三七集)  2011/6/5  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0437


 

 

 

Mesti dapat melepaskan kemelekatan, patut diketahui bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah khayalan semu, sebuah kekosongan. Anggaplah sebagai mimpi, di dalam mimpi memperoleh emas juga takkan merasa senang, saat terbangun apapun tidak bisa diperoleh. Di dalam mimpi bertemu dengan musuh yang ingin mencelakaimu, tidak apa-apa, saat terbangun tidak ada fenomena begini.

 

Anggaplah kehidupan ini ibarat sebuah mimpi, dunia ini ibarat sebuah tempat wisata, tidak ada satupun yang bisa dibawa pergi, dua hari lagi saya sudah harus angkat kaki.

 

Kunjunganku kali ini ke Jepang merupakan kali ke-7. Saat pertama kali saya berkunjung ke Jepang, saya menetap untuk jangka waktu yang agak panjang, 21 hari, seterusnya cuma menetap 7-10 hari.

 

Menganggap dunia ini sebagai tempat wisata, kampung halaman ada di Alam Sukhavati. Maka itu terhadap dunia ini, cepat lambat kita harus angkat kaki dan tidak ada satupun yang bisa dibawa pergi, bahkan termasuk tubuh kasar sendiri, jadi buat apa melekat? Buat apa harus menguasai dan mengendalikannya?

 

Keinginan menguasai dan menjadikan-nya sebagai hak milik sendiri, niat pikiran begini yang paling celaka, niat pikiran begini berakibat jatuh ke tiga alam rendah. Ini dinamakan betul-betul dungu, tidak punya kebijaksanaan, insan yang memiliki kebijaksanaan, mana mungkin melakukan hal sebodoh ini?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011

 

所以一定要放得下,要知道這個世間什麼東西全是假的,一場空。真的,你把它看成作夢,夢裡得到黃金不會喜歡,起來的時候一樣也沒有;夢裡遇到那些冤家對頭要殺害你,沒事,醒過來的時候也沒有了,全都沒有了。把這個世界看作夢境,把這個世界看作什麼?看作我們旅行觀光來玩的地方,這個地方一樣東西都不是我的,過兩天我又走了。日本我這一次來是第七次,第一次來住的時間最長,住了二十一天,其他的大概都是一個星期到十天。把世界當作旅遊的地方,觀光旅遊,不是老家,老家在西方極樂世界。所以這個地方將來我們一樣都帶不去,連身體都帶不去,你何必要執著?何必要佔有?這種什麼都據為己有,這個念頭是最糟糕的,這個念頭是三途的念頭,有這種念頭的,沒有不墮餓鬼、畜生、地獄的。這叫真正愚痴,沒有智慧,有智慧的人怎麼會幹這種傻事?

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三七集)  2011/6/5  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0437