Wednesday, December 2, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011 (Bgn 4)

 

 

Kita renungkan jasa kebajikan Buddha Sakyamuni sedemikian besarnya, jarak waktu antara Sang Buddha dengan kita adalah sekitar 3038 tahun (menurut perhitungan orang Tiongkok), mewariskan ajaran sutra yang tersebar ke seluruh pelosok dunia, berapa banyak manusia yang sedang mempelajarinya, hal ini menyempurnakan jasa kebajikan Buddha Sakyamuni selama kurun waktu yang begitu panjang, ada begitu banyak orang yang mempelajari Ajaran Buddha, semua orang memperoleh manfaat, semua ini adalah jasa kebajikanNya.

 

Lantas kita jadi berpikir, alangkah pentingnya karakter yang ditampilkan oleh figur publik. Jika memberikan teladan buruk, lalu masyarakat jadi meniru-mu, sementara di dunia ini, anda memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang banyak.

 

Anda mungkin adalah seorang hartawan, atau insan yang berkedudukan tinggi, atau dosen ternama, bahkan selebriti atau artis idola, banyak orang yang mengagumi dan meniru perilaku-mu, jika anda memperagakan kelakuan jelek, khayalak ramai meniru dirimu berperilaku buruk, maka kelak anda harus melaporkan diri ke Neraka Avici, semakin banyak orang yang meniru keburukan-mu, semakin panjang kurun waktu pengaruh-mu, dosa-mu kian berat.

 

Sebaliknya jika anda memperagakan kebajikan, perilaku yang baik, semakin banyak orang yang meneladanimu, semakin panjang kurun waktu pengaruhmu, kelak anda akan menikmati berkah di Alam Dewa, semakin besar pahala dan semakin lama waktu menikmati berkah surgawi.

 

Maka itu hendaknya menyadari seberapa besar pengaruh diri sendiri bagi orang banyak, apakah yang anda peragakan itu adalah sisi positif atau negatif, dampaknya terlampau besar, hal ini tidak boleh tidak dipahami.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011

 

Dasar perhitungan tiga ribu tahun :

http://tujuhmustika.blogspot.co.id/2017/05/kaisar-zhou-zhao-wang.html

 

 

  我們想想釋迦牟尼佛功德那麼大,距離我們(中國人的說法)三千零三十八年,留下來這些經典在全世界流通,多少人在學習,這就成就他的功德,這麼長的時間,這麼多人學習,都得到利益,全他功德。然後我們才曉得,好事、惡事,惡那個不善的行為、不善的念頭,這個裡頭兩句話說得好,「妄言我法俱空,恣行惡法」,這個榜樣表得不好。你在世間你有影響力,或是大富,或是大貴,或者是個有名的教授,乃至於現在所謂明星之流,模仿的人多,你要是個壞樣子,大家都學你,這學壞了,你阿鼻地獄去了,學你的人愈多,學你的時間愈長,你的罪就愈重。你要是表演個善法,好榜樣,學你的人多,學你的時間長,你在天上享福,福報大,時間長遠。所以要常常知道我們有多大的影響力,你的影響是正面的還是負面的,這個關係太大,不能不知道。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六0集)  2011/8/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0560

 

 

 


Guru Sesepuh Aliran Zen yang ke-6, Master Huineng hidup pada masa Dinasti Tang. Ketika gurunya yakni Sesepuh ke-5 menjelaskan padanya makna dari “Sutra Intan” kepada dirinya, sampai pada kalimat “Dalam menyelamatkan para makhluk takkan melekat pada niat pikiran apapun”, dia mencapai pencerahan seketika, menemukan kembali jiwa sejati.

 

Begitu niat ini dibangkitkan, anda telah mencapai KeBodhian tertinggi tiada taranya, KeBodhian tertinggi tiada taranya adalah kebijaksanaan sempurna, tidak ada rintangannya sama sekali.

 

Dari sini dapat diketahui bahwa kebijaksanaan sempurna telah terhalang oleh hati diri sendiri yang sempit, yang hanya tahu memikirkan kepentingan diri sendiri tanpa memikirkan kepentingan orang lain, sehingga menghalangi kebijaksanaan-mu tidak dapat muncul ke permukaan.

 

Sebaliknya jika tidak memikirkan diri sendiri lagi, setiap butir niat pikiran yang timbul adalah demi semua makhluk, maka kebijaksanaan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati, segera muncul ke permukaan.

 

Inilah yang dikatakan insan zaman dulu sebagai hati lapang berkah pun besar, saya tambahkan jadi hati lapang kebijaksanaan pun besar, berkah dan kebijaksanaan pun jadi berlimpah!

 

Sebaliknya hati sempit berkah pun kecil, kebijaksanaan pun kecil. Oleh karena kebijaksanaan sedikit, kekotoran batin pun jadi banyak, oleh karena berkah sedikit, penyakit pun banyak, beban pikiran pun bertumpuk-tumpuk, banyak masalah, beginilah keadaannya.

 

Segala sesuatu adalah muncul dari perubahan niat pikiran kita, tidak ada kaitannya dengan kondisi luar. Kebenaran ini, apakah boleh tidak dipahami? Kalau sudah memahaminya, benar-benar sudah mengerti, hal apa lagi di dunia yang lebih berharga daripada yang satu ini!

 

Ketenaran dan keuntungan hanya semu belaka, tidak bisa dibawa pergi, sedangkan berkah dan kebijaksanaan dapat dibawa pergi. Apa yang semu hendaknya dilepaskan, meskipun tidak sanggup dilepaskan juga janganlah terlampau dihiraukan.

 

Sebaliknya apa yang nyata itu mesti digenggam erat, pahala dan kebijaksanaan yang mengalir dari jiwa sejati takkan habis digunakan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011

 

 

  「惟以無我修一切善法,正所謂無所住而生其心」,《金剛經》上講的「應無所住而生其心」。唐朝時候禪宗六祖惠能大師在這一句裡頭開悟的,五祖忍和尚給他講《金剛經》大意,講到「應無所住而生其心」,豁然大悟,就見性了。見性見到什麼?前面所說的「見諸相非相,則見如來」,惠能大師在這一句裡頭見性了,真的見到諸相非相,他見如來了。後頭有一句「而生其心」,這是大慈大悲,生什麼心?生普度一切苦難眾生的心。你「即得無上菩提」,這個心一發,你就證得無上菩提,無上菩提是智慧,圓滿的智慧,一點障礙都沒有。由此可知,圓滿智慧之所以被障礙,被什麼障礙?自己小心量障礙了,只圖自己不想別人,障礙你的智慧不能現前。一反過來,自己沒有了,統統是為眾生,自性的智慧立刻就出來。這就是古人講的量大福大,我再加上量大慧大,福慧多大!量小,福就小、智慧就小,智慧小,煩惱就多,福要是小,疾病就多,煩惱多,不如意的事情多,不就是這個情形嗎?全都是自己念頭在轉,與外面境界毫不相關。這些道理,你說能不懂嗎?真聽懂了,真學明白了,世間還有什麼東西比這個更可貴!功名富貴是假的,帶不走的,這種智慧、福報是可以帶得走的。假的東西應該放下,即使不放下,也不要太在意;真的東西要抓住,這個福報是稱性的。稱性的福慧真的是取之不竭、用之不盡,是你生生世世永恆的福慧。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六0集)  2011/8/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0560