Wednesday, September 9, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011 (Bgn 5)

 

 

Setelah banyak membaca penjelasan sutra yang ditulis para praktisi senior zaman dulu, anda akan memahami bahwa isinya sangat bagus, tiap kata dan kalimatnya mengandung makna tiada batas.  

 

Para Guru Sesepuh dan praktisi senior zaman dulu menghasilkan karya tulis dengan bijaksana dan takkan menyampaikannya dengan keliru, hanya saja melihat dari sudut mana anda menguraikannya.

 

Dari penjelasan sutra karya para praktisi terdahulu, kita juga dapat memahami tentang orang-orang yang hidup pada era tersebut, akar kebajikannya, akar kebijaksanaannya, oleh karena ketika praktisi tersebut menyampaikan penjelasan sutra di hadapan umum, terlebih dulu dia harus memahami sampai sejauh mana kemampuan penerimaan para pendengarnya, kalau bukan demikian, maka sia-sia saja dia berceramah.

 

Dari sini pula kita dapat memahami bahwa akar kebijaksanaan (kemampuan penerimaan) para makhluk setiap era Dinasti itu berbeda-beda, lihatlah cara penyampaiannya tidak sama.

 

Dia hidup pada era tersebut, akar kebijaksanaannya pasti tidak jauh berbeda dan terjalin dengan para pendengar pada era yang sama, barulah khalayak ramai menyadari penjelasan sutra yang ditulis praktisi ini sangat bagus, barulah mereka melestarikan dan mewariskan kepada generasi berikutnya.

 

Sebaliknya jika tidak terjalin, penjelasan sutra yang disampaikan itu terdapat kesalahan, maka sejak awal telah diabaikan, khalayak ramai tidak menghendakinya.

 

Hal ini disampaikan oleh Profesor Fang Dong-mei kepada diriku, Upasaka Li Bing-nan juga mengatakannya sedemikian rupa.

 

Pada masa Dinasti Tang belum ada percetakan, buku-buku penjelasan Sutra disalin dan diperbanyak dengan tulisan tangan, kalau bukan hasil karya terbaik, siapa yang mau menggunakan banyak waktu dan tenaga untuk menyalin dan mewariskannya kepada generasi berikutnya!

 

Jadi penjelasan Sutra tersebut pasti isinya sangat bagus, sehingga pembaca-nya merasa salut hingga sedemikian rupa, barulah dia mau menggunakan banyak waktu dan tenaga untuk menyalinnya dan melestarikannya guna diwariskan kepada generasi mendatang.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

看古人註解看多了你就曉得,它內容豐富,字字句句含無量義。這些古來祖師大德是仁者見仁,智者見智,統統都對,沒有講錯的,只看你從哪個角度上去講。我們從註解裡面也能夠體會到,那個時代的人他們的善根、根性,因為註解、講解都是要面對著大眾,大眾根機一定要契機,不契機你白說了。從這裡能體會到各個朝代眾生根機不一樣,你看他解釋就不相同。他在那個時代,肯定那個時代眾生的根機跟他相應,才認為這是好東西,才可以留下來。

 

如果不相應的,註解錯誤的,早都被淘汰掉了。這個話方老師跟我說過,李老師也給我講過。

 

古時候,唐朝時候沒有印刷,都是手寫的,你不是好東西,誰有那麼大的功夫把你抄起來傳給後世!真的太好,人家佩服到極處,才下功夫給你抄出來,抄寫留給後世。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487

 

 

 


Hendaknya senantiasa teringat untuk membantu orang lain (dengan cara menyampaikan Buddha Dharma), sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Prinsipnya, seperti yang disampaikan oleh Konfusius sebagai “Menjelaskan sebatas dengan pengetahuan yang dimiliki, kalau tidak tahu yah mengaku saja tidak tahu”, barulah takkan timbul kesalahpahaman.

 

Saya bukan insan suci, saya juga belum mencapai pencerahan, apa yang tidak saya ketahui ada banyak sekali, saya hanya menyampaikan sebatas yang saya ketahui saja, sedangkan yang tidak saya ketahui, umpamanya satu bagian ini saya tidak paham makna-nya, maka katakan saja terus terang, takkan memalukan.

 

Yang paling ditakutkan adalah sudah tidak tahu tetapi memaksakan diri mengatakan tahu, supaya tidak jatuh gengsi, maka ini harus memikul beban karma, telah melakukan kekeliruan.

 

Guru-ku memberitahukan padaku, lihatlah penjelasan sutra yang ditulis oleh praktisi zaman dulu, ada kalimat sutra yang tidak dijelaskan panjang lebar, cuma menulis beberapa kata saja, sudah melewatinya, apa sebabnya? Oleh karena dia sendiri juga tidak memahaminya.

 

Barulah kami jadi mengerti, ternyata Guru Sesepuh dan praktisi senior zaman dulu juga tidak memahaminya, makanya mereka cuma menulis kalimat sutra tanpa menulis penjelasannya.

 

Kami jadi mengerti, anda tidak memaksakan diri menjelaskannya maka takkan ada kesalahan, namun jika anda memaksakan diri menjelaskannya dengan keliru, maka harus menanggung beban karma.

 

Maka itu kita harus memiliki kepastian, jangan sampai menguraikan secara keliru, hendaknya secara keseluruhan berlandaskan pada karya tulis Guru Sesepuh dan praktisi senior terdahulu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

要常常想著幫助別人,我有多大的能力就幫多大的忙。態度,夫子說得好,「知之為知之,不知為不知」,就不會產生錯誤。我不是聖人,我沒有開悟,我不知道的東西還很多,我知道我給你講,我不知道,這一段我不曉得,意思我不懂,老老實實說,不丟人。最怕的是強不知以為知,要充面子,那就會背因果,那就會做錯了。老師告訴我,他說你不相信,你看古人註解,有些地方的經文,看到這有很多意思,為什麼他輕描淡寫幾個字就過去了?他也不懂。我們才恍然大悟,祖師大德他也不懂,所以他就把原文寫上去,他不加註解。我們才明白了。你不說沒有過失,你說錯了,你得要背因果。所以有把握,確實不錯,我們全根據祖師大德的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487

 

 

 


Ketulusan hati bukan hanya digunakan saat belajar ilmu pengetahuan, belajar Buddha Dharma, saat belajar budaya warisan leluhur saya menggunakan hati yang tulus, sedangkan dalam berinteraksi dengan orang lain saya tidak tulus, sikap begini sudah keliru!

 

Hendaknya membangkitkan ketulusan dalam segala hal tanpa terkecuali, barulah anda dapat mengembangkan kebijaksanaan. Berinteraksi dengan orang lain menggunakan ketulusan barulah anda dapat memperoleh kesucian hati. Kesucian hati adalah tak tercemarkan, benar-benar telah mengikhlaskan, melepaskan kemelekatan.

 

Serupa dengan yang dikatakan di dalam “Maha-prajnaparamita Sutra”, segala sesuatu adalah semu, kosong (atyanta-sunyata) dan tidak bisa diperoleh. Dengan melepaskan kemelekatan barulah hati jadi suci.

 

Kemudian dalam menjalani kehidupan keseharian, terutama hidup berdampingan dengan orang lain, hendaknya senantiasa menjaga keseimbangan batin, inilah yang disebut dengan melatih diri, merupakan keterampilan yang sesungguhnya.

 

Sebagai praktisi Aliran Tanah Suci, bagaimana cara kita menyeimbangkan batin? Yakni dengan melafal Amituofo. Ketika berada dalam kondisi yang menyenangkan, bertemu dengan jodoh baik, tetap melafal Amituofo. Sebaliknya ketika berada dalam kondisi susah, bertemu jodoh buruk, juga tetap melafal Amituofo, segalanya berhenti pada lafalan Amituofo, batin pun jadi seimbang, cara ini sungguh menakjubkan!

 

Maka itu anda harus tahu memanfaatkan lafalan Amituofo, jika anda tidak tahu menggunakannya, dalam kehidupan keseharian masih diliputi banyak beban pikiran, bukankah hidup ini jadi begitu merana, anda tidak tahu cara memanfaatkan lafalan Amituofo!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

Atyanta-sunyata :

https://daunbodhi.blogspot.com/2019/05/atyanta-sunyata.html

 

 

真誠心不是用在我求學問、求佛法、我求傳統文化我要用真誠,我處事待人接物我就不誠,錯了!一誠一切誠,你才會開智慧。待人接物都是真誠,你才會得清淨。清淨是不染污,真看開了,真放下了。想像《般若經》上,一切法無所有、畢竟空、不可得,能不放下嗎?放下就清淨了。

 

再從日常生活當中,特別是人事環境,要把那個不平的心磨平,這叫真修行,這叫真功夫。我們修淨土的人,用什麼東西來磨?阿彌陀佛。順境、善緣阿彌陀佛,逆境、惡緣也是阿彌陀佛,到阿彌陀佛這兒平等了,都擺平了,法子妙絕了!所以阿彌陀佛你得會用,你要不會用,你在平常生活當中還生煩惱,你說你可憐不可憐,不會用!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487