Friday, November 6, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Agustus 2011 (Bgn 1)

 

 

Melihat Buddha Dharma perlahan-lahan lenyap dari dunia ini, masyarakat tidak percaya lagi, anda belajar Buddha Dharma, menyebarluaskan Buddha Dharma, tidak ada orang yang mendukungmu, saat begini apa yang harus dilakukan?

 

Jika anda ingin mewujudkan misi ini, anda akan mengalami kesulitan, di dunia ini tidak ada orang yang bakal simpati padamu, mengatakan kamu adalah orang bodoh, kenapa kamu bisa melakukan hal begini?

 

Saya memilih melangkah di jalan pintu Buddha ini, setelah meninggalkan keduniawian, hanya Guru Fang (Profesor Fang Dong-mei) yang memuji pilihanku ini.

 

Para sahabatku, atasanku, rekan-rekan yang melihat diriku jadi bertanya : “Duh...kenapa kamu memilih jalan begini?" Mereka memandangku dengan mata sinis dan tatapan curiga, hanya Guru Fang yang mendukungku : Kamu sudah berada di jalur yang benar.

 

Guru Fang merasa bersukacita, apa alasannya? Oleh karena saya mengamalkan dengan bersungguh-sungguh, tak gentar oleh likunya perjalanan, gigih berjuang di tengah kesulitan, percaya bahwasannya Langit takkan membiarkan jalan manusia buntu, jalan ini adalah jalan yang tepat.

 

Selanjutnya Master Zhangjia menenangkan hatiku, beliau berkata : Praktisi yang benar-benar membangkitkan niat mulia, benar-benar mengamalkan, sepanjang hidupmu ada Buddha dan Bodhisattva yang menjaga dan mengatur hidupmu, anda tidak perlu lagi merisaukannya.

 

Satu kalimat ini menjadi kekuatan yang memotivasiku sepanjang perjalanan hidupku, tak gentar akan deraan derita, mengapa demikian? Mengeliminasi rintangan karma.

 

Sejak kalpa tanpa awal hingga masa kehidupan sekarang, entah sudah berapa banyak rintangan karma diri sendiri, deraan derita menghapus rintangan karma.

 

Di tengah masyarakat ini, tatapan dingin dari orang banyak, sindiran, fitnahan, semuanya ini guna mengeliminasi rintangan karma, saya tidak mengeluh sama sekali, yang ada hanyalah perasaan terima kasih, rintangan karma perlahan-lahan tereliminasi, sepertinya merasakan secuil fenomena kepahitan berlalu kebahagiaan pun menyusul.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Agustus 2011

 

看佛法逐漸逐漸在這個世間消失,社會大眾不相信,你修學佛法、弘揚佛法,沒有人護持你了,這個時候怎麼辦?所以你要想做這樁事情,你會做得非常辛苦。這個辛苦,在這個社會上沒有人憐憫你,說你這個人是傻瓜,你怎麼會搞這種事情?我真正走上佛門這條路,出家之後看方老師,只有方老師一個人讚歎。別的一些朋友,過去的長官、同學看到:你怎麼走這條路?都用懷疑、都用藐視的眼光來看我,只有方老師說:你走對了。他歡喜,歡喜什麼?歡喜我真幹,不怕艱難、不怕辛苦,相信天無絕人之路,這條路是正路。真正安我心的是章嘉大師,章嘉大師告訴我:真發心、真幹,你的一生佛菩薩替你安排,你自己不要操一點心。我是這句話的力量支持我一輩子,苦不怕,為什麼?消業障。無始劫到今生,業障不知道有多少,苦難消業障。在這個社會上人家對我冷漠、諷刺、毀謗,全都是消業障,我沒有怨恨,我統統是感恩、感謝,業障慢慢消,好像也覺得有一點苦盡甘來。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五四四集)  2011/8/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0544

 

 

 

 

“Saat melafal Amituofo, hati yang melafal. Saat bersua dengan Buddha, juga hati yang bersua”. Ketika kita melafal Amituofo, hati bagaimana yang kita gunakan? Umumnya cuma melafal di mulut namun tidak di hati (tidak fokus), makanya tidak terjalin.

 

Mengapa melafal Amituofo masih banyak bentuk-bentuk pikiran? Oleh karena tidak konsentrasi. Master Yin Guang ber-Maitri Karuna, mengajarimu cara menghitung (mengulang dari hitungan 1-10), melafal dengan jelas dan disadari, mendengar dengan jelas, mengingat dengan jelas, beginilah caranya, cara ini dapat memusatkan perhatian sehingga bentuk-bentuk pikiran tidak dapat menyusup ke dalamnya.

 

Mengapa ada bentuk-bentuk pikiran? Tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Jika sudah melepaskan kemelekatan, bentuk-bentuk pikiran pun tidak ada lagi, bila benar-benar telah melepaskan kemelekatan, melafal Amituofo dapat bersua dengan Buddha Amitabha.

 

Ketika konsep ruang dan waktu sudah tidak ada lagi, tidak ada masa lampau, masa sekarang, dan yang akan datang, seperti di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 38, kita melihat Ananda saat melakukan namaskara dan melafal Amituofo adalah dengan hati yang terfokus, di dalam hati yang terfokus, tidak ada lagi konsep ruang dan waktu, maka itu dia dapat melihat Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Agustus 2011

 

Komik Amitabha Sutra Teks Indonesia :

https://komikamitabhasutra.blogspot.com/

 

 

「念佛時,是心念佛也。見佛時,是心見佛也」。我們念佛用什麼心?絕大多數念佛有口無心,所以他不相應。為什麼念佛還有許多雜念滲透在裡頭?那就不是一心。印光大師慈悲,教你要用計數的方法,念得清楚、聽得清楚、記得清楚,用這個辦法,這個辦法能攝心不讓雜念進來。為什麼有雜念?放不下。真放下,雜念就沒有了,真放下,念佛就見佛。「只是一心,我心佛心無毫釐許間隔,故疏云何隔念與時乎?」沒有,時間、空間都沒有了。「只是一念,無去來今」,沒有過去、沒有未來、沒有現在,今是現在。所以阿難禮佛念佛的時候是一心,一心裡面,時間、空間都沒有了,所以見到了,見到阿彌陀佛、見到極樂世界。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五四四集)  2011/8/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0544

 

 

 

 

Di dalam “Amitayurdhyana Sutra”, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, rupa Buddha Amitabha sangatlah tinggi besar, angka ini tidak berdaya kita bayangkan.

 

Andaikata Buddha Amitabha berdiri di hadapan kita, maka ukuran diri kita bahkan tak sebanding dengan semut, mungkin kita boleh dikatakan sebagai mikro-organisme yang tidak kasat mata, yang biasanya butuh mikroskop untuk melihatnya.

 

Buddha Amitabha memiliki kelapangan hati yang maha luas, “Hati selapang ruang angkasa mampu merangkul alam semesta beserta seluruh isinya”, maka itu Beliau memiliki tubuh yang sedemikian tinggi dan besar.

 

Sebaliknya kita memiliki hati yang begitu sempitnya, bahkan satu orang pun tidak sanggup dimuat ke dalamnya (dimaafkan), kita membencinya, bahkan yang lebih parahnya lagi, diri sendiri tidak sanggup memaafkan diri sendiri. Lantas apa yang terjadi selanjutnya?

 

Lihatlah sekarang banyak orang yang bunuh diri, ini dikarenakan tidak sanggup memaafkan diri sendiri, hatinya begitu sempit. Orang yang berpikiran pendek begini, kelak akan menuju ke mana, anda pasti sudah bisa membayangkannya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Agustus 2011


 

  「顏者,面貌」。「廣大者,如《觀經》謂無量壽佛,佛身高六十萬億恆河沙由旬。眉間白毫,右旋宛轉,如五須彌山。佛眼如四大海水」。『色相端嚴』,相好莊嚴。這是《觀無量壽佛經》上,釋迦牟尼佛告訴我們的,阿彌陀佛的身相非常偉大。這些數字我們都沒有辦法想像,身高六十萬億恆河沙由旬,天文數字。佛在我們面前,我們實在講連一個小螞蟻都不如,我們等於變成微生物,肉眼看不見的。如果佛現我們這樣的身,那我們就變成要用顯微鏡觀察,才看到這小微生物。這又是一回什麼樣的事?還是唯心所現,唯識所變,佛的心量大,心包太虛,量周沙界,所以他現那麼大身。我們心量太小,一個人都容納不下,討厭他,甚至於嚴重的時候,自己對自己都容納不下。怎麼辦?你看自殺的多少,自殺是什麼?他連自己都容納不下,心量那麼小。自殺的人將來到哪裡去,你就可想而知了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五四四集)  2011/8/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0544

 

 

 


Pencapaian pencerahan merupakan tujuan dari seluruh pintu Dharma, hanya saja caranya tidak serupa. Perbedaannya terletak pada Aliran Sukhavati memperbolehkan anda membawa serta rintangan karma terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Namun yang harus diperhatikan adalah hanya boleh membawa karma lama, tidak boleh membawa karma baru.

 

Apa yang dimaksud dengan karma lama? Karma yang diperbuat kemarin masih boleh dibawa, namun karma yang diperbuat hari ini tidak bisa dibawa pergi.

 

Maka itu praktisi pelafal Amituofo yang terlahir ke Alam Sukhavati jadi banyak jumlahnya, dia memahami kebenaran ini, hari ini saya mendengar ajaran sutra ini, saya telah memahaminya, saya akan melepaskan kemelekatan, takkan menciptakan karma buruk lagi.

 

Lantas karma apa yang diciptakan? Yakni memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, serupa dengan Ananda di sini (Sutra Usia Tanpa Batas Bab 38), memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha.

 

Lantas kalau sudah bersua dengan Buddha Amitabha, kenapa masih belum terlahir ke Alam Sukhavati? Buddha Amitabha belum menjemputmu ke Alam Sukhavati, oleh karena masih ada misi yang harus anda selesaikan, yang juga berarti masih ada makhluk yang berjodoh denganmu yang perlu anda selamatkan, anda harus membantu dirinya.

 

Tiba saatnya nanti jodohmu terlahir ke Alam Sukhavati sudah masak, semua makhluk yang berjodoh denganmu telah anda selamatkan, misi anda di dunia ini telah selesai, maka Buddha Amitabha akan datang menjemputmu terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Agustus 2011

 

Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas :

http://sutrausiatanpabatas.blogspot.com/

 

 

  覺悟是一切法門共同的科目,八萬四千法門,方法不一樣,原理原則完全相同。真正不一樣地方,那就是極樂世界,它是個特別法門,它能夠讓你帶業往生。但是帶業往生,經上說得很好,帶舊業不帶新業,什麼叫舊業?昨天造的業都算是舊業。今天造的業不能帶去,昨天可以帶去,今天不能帶去,這就不得了。所以念佛往生人就多了,他懂得這個道理,我今天聽到這個經,真聽懂、真聽明白了,我就放下,再不造惡業了。造什麼業?善業也不造,專念阿彌陀佛,像阿難在此地一樣,一心專念,一念相應一念佛。為什麼還沒走?你沒走是阿彌陀佛不讓你走。為什麼不讓你走?還有任務給你,也就是說,你還有一些有緣眾生因你而得度,你要幫助他;你得度的緣成熟,得度的眾生統統都得度了,你就走了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五四四集)  2011/8/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0544