“Kesempatan untuk terlahir sebagai manusia sungguh sulit diperoleh”, di dalam “Prolog dari Brahmajala Sutra” tercantum : “Begitu kehilangan raga manusia, sepuluh ribu kalpa pun sulit memperolehnya kembali”, hal ini melukiskan betapa sulitnya.
Sulit untuk memperoleh kesempatan terlahir sebagai manusia, raga manusia ini sulit diperoleh namun sangat gampang kehilangan, sulit memperoleh gampang kehilangan.
Di dalam “Mahaparinirvana Sutra” disebutkan : “Raga manusia sulit diperoleh, ibarat Bunga Udumbara”, yang langka dan jarang munculnya, konon Bunga Udumbara hanya bermekar tiga ribu tahun se-kali.
“Kesempatan untuk terlahir sebagai manusia adalah bagaikan secuil tanah di atas kuku jari; sedangkan peluang kehilangan raga manusia, ibarat tanah di atas permukaan tanah”, hal ini disampaikan Buddha Sakyamuni di dalam sutra.
Ketika proyek pembangunan Vihara Jetavana sedang berlangsung, Buddha Sakyamuni bersama para siswaNya berkunjung ke tempat tersebut, Sang Buddha mengambil segenggam tanah, lalu ditebarkan ke atas permukaan tanah, di telapak tanganNya sudah tidak ada tanah lagi, tetapi di kuku jariNya masih terdapat sisa butiran tanah.
Melihat hal ini, para siswaNya memohon bimbingan pada Buddha Sakyamuni, apa makna dibaliknya? Sang Buddha menyampaikan, kesempatan bagi manusia untuk terlahir sebagai manusia bagaikan butiran tanah yang tersisa di kuku jariNya; sedangkan peluang kehilangan raga manusia, pada masa kehidupan mendatang kehilangan kesempatan terlahir sebagai manusia, adalah ibarat segenggam tanah yang ditebarkan di atas permukaan tanah, mana yang lebih banyak? Tidak dapat dibandingkan.
Hal ini menjelaskan bahwa kesempatan memperoleh raga manusia begitu sulit diperoleh, maka itu dapat terlahir sebagai manusia hendaknya dihargai baik-baik, dalam kurun waktu yang begitu singkat ini, jika dapat bersua dengan kesempatan terbebas dari enam alam tumimbal lahir, memiliki kesempatan mencapai KeBuddhaan, alangkah beruntungnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011
『人身難得』,「《梵網經序》云:一失人身,萬劫不復」,這說難。人身,得不容易,失去非常容易,難得易失。「又《涅槃經》云:人身難得,如優曇花」,就是我們講的曇花,所謂曇花一現。曇花開的時間很短,都是在子夜,夜晚十二點鐘,開花期間大概只有半個小時,半小時之後花就萎了,一個小時花就沒有了,所以很不容易看到。特別是在中國中原一帶,只聽說有曇花,沒見過。南洋這邊比較多,熱帶。「蓋得人身者,如爪上土;失人身者,如大地土」,這是世尊在經上講的。祇園精舍有一次在工程當中,佛帶著一些弟子去看工程,隨便在地上抓了一把土,這泥土,然後把它灑在地上,手掌裡沒有了,可是指甲裡還有一點點。這一個舉動,弟子們就向佛請教,這是表什麼意思?佛就說,人得人身,這個人身失掉之後,再能夠得人身,就像我指甲上的土這麼多,而失掉人身,來生不能再得人身,就像我灑在大地上的土,這哪個多?不成比例。說明得人身的機會難得,得人身一定要把握住,在這麼短暫的時間當中,有機會脫離六道輪迴,有機會證得無上菩提,真的要憑運氣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五九五集) 2011/9/15 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0595
Kesempatan memperoleh raga manusia begitu sulit diperoleh, maka itu dapat terlahir sebagai manusia hendaknya dihargai baik-baik, dalam kurun waktu yang begitu singkat ini, jika dapat bersua dengan kesempatan terbebas dari enam alam tumimbal lahir, memiliki kesempatan mencapai KeBuddhaan, alangkah beruntungnya.
Keberuntungan ini bukanlah faktor kebetulan, namun merupakan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh yang ditimbun selama kehidupan demi kehidupan, kalpa demi kalpa.
Pada satu masa kehidupan ini kita dapat bersua dengan Buddha Dharma, membuktikan bahwa selama kehidupan demi kehidupan, kalpa demi kalpa, anda pernah memberikan persembahan kepada Tathagata yang tak terhingga, hal ini diungkapkan di dalam Sutra.
Pada satu masa kehidupan ini anda dapat bersua dengan Buddha Dharma, tentu saja masih ada rintangan, rintangan ini diciptakan oleh tabiat buruk yang diakumulasi selama kalpa demi kalpa, umumnya kita katakan sebagai rintangan karma.
Setelah mengetahuinya maka rintangan karma mesti dihapus. Bertobat guna menghapus rintangan karma, sekarang kita tahu ada banyak caranya, umumnya orang-orang akan membaca sutra, bernamaskara pada Buddha, mengikuti upacara pertobatan, ini merupakan cara mengeliminasi rintangan karma yang dilakukan orang awam pada umumnya, orang yang menggunakan cara begini banyak jumlahnya.
Orang yang tingkatannya lebih tinggi sedikit daripada golongan sebelumnya, akan memilih mempelajari dan mendalami ajaran sutra, menghapus kejahatan memupuk kebajikan, ini adalah orang tipe golongan menengah.
Sedangkan insan golongan atas mengetahui bahwa jasa kebajikan dari nama Buddha Amitabha adalah tak terbayangkan, merupakan kebajikan yang paling bajik, tidak ada yang lebih bajik lagi, mengerahkan segenap hati guna melafal Amituofo, setiap lafalannya menghapus rintangan karma yang tak terhingga.
Hal ini diungkapkan di dalam Sutra, “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”, setiap lafalan yang terjalin ini, dapat mengeliminasi delapan miliar kalpa rintangan karma samsara.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011
Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.
Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci
得人身的機會難得,得人身一定要把握住,在這麼短暫的時間當中,有機會脫離六道輪迴,有機會證得無上菩提,真的要憑運氣。
運氣不是偶然的,運氣是多生多劫善根福德因緣。我們這一生能夠遇到佛法,就證明你多生多劫曾經供養無量如來,這經上說的。你這一生能遇到,當然還是有障礙,這個障礙是累劫不善習氣所造成的,一般講業障。知道之後,業障要懺除。懺除業障,我們現在知道方法有很多,一般人誦經、拜佛、禮懺,這是一般普通人懺除業障的方法,用這個方法的人多。比這個程度高一點的人,研習經教、修行止觀、斷惡修善,這是中等人。上根性的人知道彌陀名號功德不可思議,善中之善,沒有比這個更善的,一心受持,聲聲滅無量罪業。這經上講的,一念相應一念佛,這一念相應滅八十億劫生死重罪。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五九五集) 2011/9/15 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0595