Tidak
ada keterampilan khusus dalam melatih Buddha Dharma, cuma belajar “melepaskan
kemelekatan” saja. Bagaimana caranya melepaskan kemelekatan? Dengan memahami
kebenaran.
Budi
kebajikan terbesar Buddha Sakyamuni kepada kita adalah menyampaikan kebenaran
yang sesungguhnya kepada kita secara jelas dan dimengerti.
Setelah
kita memahaminya, dengan sendirinya bersedia melepaskan, takkan sudi melekat
lagi, takkan membeda-bedakan lagi, bahkan juga takkan timbul niat pikiran lagi,
cuma begini saja.
Mencapai
KeBuddhaan, sesungguhnya anda sendiri adalah Buddha, anda sendiri pula yang
mencapai KeBuddhaan, makanya para Buddha dan Bodhisattva tidak merasa telah
berjasa pada dirimu, jadi Mereka takkan berkata, “Saya telah menyelamatkan
dirimu, saya telah membantu dirimu”, ini adalah ucapan sembarangan, perkataan
begini hanyalah digunakan Sang Buddha sebagai upaya kausalya untuk memudahkan
para makhluk memahami ajaran yang disampaikan, jadi sesungguhnya Buddha tidak
pernah merasa telah berjasa.
Oleh
karena anda sendiri sesungguhnya adalah Buddha (hanya saja sekarang sedang
tersesat). Begitu anda kembali ke jalan yang benar, melepaskan segala
kemelekatan, maka anda menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan. Jadi
dirimu sendirilah yang mencapai KeBuddhaan itu.
Andaikata
Sang Buddha bilang, tenang saja, Saya bisa membantumu mencapai KeBuddhaan, maka
buat apa lagi kita berdaya upaya? Buat apa lagi kita bersusah payah melatih
diri? Tidak perlu melatih diri lagi, juga tidak perlu belajar ajaran sutra
lagi.
Yang
tersesat itu adalah diri sendiri, yang tercerahkan itu juga adalah diri
sendiri, begini barulah merupakan kebenaran. Makanya “Avatamsaka Sutra”
mengatakan bahwa “Semua makhluk memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan
rupa bagus, yang sama dengan Tathagata, tetapi oleh karena khayalan, perbedaan
dan kemelekatan sehingga tidak dapat mencapainya”.
Lihatlah
kalimat ini telah mengungkapkan dengan jelas. Asalkan kita bersedia melepaskan
(menyingkirkan) khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka kita akan mencapai KeBuddhaan.
Ini nyata adanya, memang begitu gampangnya.
Tetapi
untuk melepaskan itu adalah terlampau sulit, sungguh tidak mudah! Selama kalpa
tanpa batas berputar di dalam enam alam tumimbal lahir, mengalami pencemaran batin
yang berkesinambungan, sehingga telah menjadi kebiasaan yang kuat dan sangat
sulit dihapus, inilah yang telah mengendalikan kita selama ini.
Alhasil
hanya bisa pasrah mengikuti tabiat ini berputar kembali ke dalam enam alam
tumimbal lahir, inilah yang disebut sebagai siksaan yang tak terungkapkan
dengan kata-kata.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 April 2011
佛法的功夫沒有別的,放下而已。為什麼肯放下?事實真相明白了,釋迦牟尼佛對我們最大的利益、最大的恩德,是他老人家把事實真相給我們講清楚、講明白了。我們真搞清楚、搞明白,自然就放下,不再執著、不再分別,甚至於不起心不動念,如是而已。
成佛,你自己本來是佛,你自己成的,佛菩薩不居功,不是說「我度你的,我幫助你」,那是瞎話,那是佛隨順眾生的方便語,不是說真話。因為什麼?你自己本來是佛。你一回頭,肯把這個放下,你就成佛了,你自己成的。如果佛能幫助我們成佛,我們還要修個什麼?不必修了,也不必學這些經教,用不著。他要不幫助我們成佛,他就不慈悲。他做不到!迷是自己迷的,悟還得要由自己悟,這才是真理。所以,《華嚴經》上佛說,「一切眾生皆有如來智慧德相,但以妄想執著而不能證得」,你看這話講得多清楚。我們只要把妄想分別執著放下就成佛,真的,就這麼簡單,就這麼容易。
可是這放下太難,太不容易!無始劫來在六道裡受這些染污的薰習,養成堅固不拔的習慣,全是這些東西在作主。這些東西在主宰著六道輪迴,你就順著它的旋律在六道裡面去打滾,真正叫苦不堪言。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七九集) 2011/4/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0379
Kita
memahami teori bahwa kondisi berubah menuruti perubahan niat pikiran. Masalahnya
sekarang adalah mengapa manusia tidak bisa berubah dan kembali ke jalan yang
benar? Oleh karena dia tidak memahami kebenaran, makanya dia tidak mau berubah.
Dia
menganggap pola pikirnya sudah benar, apa yang dia lihat adalah nyata,
sementara yang kita sampaikan padanya malah semu dan kabur. Manusia di dunia
ini sibuk mengejar harta benda, kecerdasan, kesehatan dan panjang umur.
Padahal
meskipun anda telah berhasil mendapatkannya, apakah hidupmu jadi sempurna? Anda
masih tetap harus bergelut dengan beban pikiran dan kerisauan yang tak
berkesudahan, kecemasan yang tak terhingga, tekanan batin yang beraneka ragam,
baik fisik maupun mental, sesungguhnya anda tidak bahagia.
Apa
sebabnya? Oleh karena anda tidak memiliki kebijaksanaan sejati, anda tidak
memiliki kemampuan kebajikan yang sesungguhnya. Apa yang berhasil anda peroleh,
sesungguhnya sejak awal telah ada di dalam garis hidupmu, yakni yang anda
timbun pada masa kelahiran lampau, benih ini berbuah pada masa kehidupan
sekarang.
Andaikata
tidak ada di dalam garis hidupmu, cara apapun yang anda pakai juga takkan
berhasil mendapatkannya, sebaliknya jika ada di dalam garis hidupmu, tak peduli
cara apapun yang anda gunakan, pahala tersebut pasti muncul ke permukaan.
Orang
zaman dulu bilang, “Sepanjang hayat telah ditetapkan di dalam garis hidup,
tidak ada kaitannya dengan orang lain”.
Apakah
nasib bisa diubah dan diperbaiki? Bisa. Asalkan anda baik-baik melatih diri
maka bisa memperbaikinya. Ke mana harus melatih diri? Di dalam Ajaran Mahayana.
Ajaran
Mahayana menyampaikan padamu kebenaran, bahwa kebijaksanaan, kemampuan
kebajikan, rupa bagusmu, kesehatan dan usia panjangmu, segala hal ini sejak
semula telah sempurna dalam jiwa sejati.
Ajaran
Mahayana takkan memberikan apapun kepada dirimu, namun menyuruhmu melatih diri
hingga menemukan kembali jiwa sejati, ternyata segala keistimewaan sejak semula
telah sempurna dalam jiwa sejati, satu pun takkan kurang, tiada bedanya dengan
Buddha Amitabha.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 April 2011
道理我們懂得,境隨心轉。所以關鍵的問題,現在人為什麼轉不過來?他不了解事實真相,所以他不肯轉。他認為他所想的這個是真的,現實真的,你們說這些話是虛無飄渺。殊不知世間人所追求的,財富、聰明智慧、健康長壽、幸福美滿,沒錯,這些東西實質真正的都在大乘佛法裡頭。修學大乘,你不求自然全部都得到了;不學大乘,你得不到。你所得到,得到你也不幸福,你也不圓滿,為什麼?你有無量的煩惱、無量的憂慮,有種種壓力,你的精神、你的體力並沒有快樂。這是什麼原因?因為你沒有真實智慧,你沒有真實的德能。你所得到的這些東西是你過去生中所修的,修的因,這一生感得的果報。你命裡沒有,用什麼樣的方法得不到,命裡有的,無論用什麼方法它都來了,都現前。古人的話沒錯,「一生皆是命,半點不由人」。
你要改造命運,你要超越命運,行不行?行,你好好的修就能超越。到哪裡去修學?到大乘裡頭來修學,這不騙你。大乘給你什麼?不是大乘給你,大乘把這個事實真相講清楚、講明白。你的智慧、你的德能、你的相好、你的健康長壽,全是自性裡頭本有的。大乘沒有給東西給你,大乘是叫你自己發覺你自己,你自己統統有,一樣都不缺,跟阿彌陀佛沒兩樣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七九集) 2011/4/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0379