Sunday, April 5, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011 (Bgn 1)


Tidak ada keterampilan khusus dalam melatih Buddha Dharma, cuma belajar “melepaskan kemelekatan” saja. Bagaimana caranya melepaskan kemelekatan? Dengan memahami kebenaran.

Budi kebajikan terbesar Buddha Sakyamuni kepada kita adalah menyampaikan kebenaran yang sesungguhnya kepada kita secara jelas dan dimengerti.

Setelah kita memahaminya, dengan sendirinya bersedia melepaskan, takkan sudi melekat lagi, takkan membeda-bedakan lagi, bahkan juga takkan timbul niat pikiran lagi, cuma begini saja.

Mencapai KeBuddhaan, sesungguhnya anda sendiri adalah Buddha, anda sendiri pula yang mencapai KeBuddhaan, makanya para Buddha dan Bodhisattva tidak merasa telah berjasa pada dirimu, jadi Mereka takkan berkata, “Saya telah menyelamatkan dirimu, saya telah membantu dirimu”, ini adalah ucapan sembarangan, perkataan begini hanyalah digunakan Sang Buddha sebagai upaya kausalya untuk memudahkan para makhluk memahami ajaran yang disampaikan, jadi sesungguhnya Buddha tidak pernah merasa telah berjasa.  

Oleh karena anda sendiri sesungguhnya adalah Buddha (hanya saja sekarang sedang tersesat). Begitu anda kembali ke jalan yang benar, melepaskan segala kemelekatan, maka anda menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan. Jadi dirimu sendirilah yang mencapai KeBuddhaan itu.

Andaikata Sang Buddha bilang, tenang saja, Saya bisa membantumu mencapai KeBuddhaan, maka buat apa lagi kita berdaya upaya? Buat apa lagi kita bersusah payah melatih diri? Tidak perlu melatih diri lagi, juga tidak perlu belajar ajaran sutra lagi.

Yang tersesat itu adalah diri sendiri, yang tercerahkan itu juga adalah diri sendiri, begini barulah merupakan kebenaran. Makanya “Avatamsaka Sutra” mengatakan bahwa “Semua makhluk memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa bagus, yang sama dengan Tathagata, tetapi oleh karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan sehingga tidak dapat mencapainya”.

Lihatlah kalimat ini telah mengungkapkan dengan jelas. Asalkan kita bersedia melepaskan (menyingkirkan) khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka kita akan mencapai KeBuddhaan. Ini nyata adanya, memang begitu gampangnya.

Tetapi untuk melepaskan itu adalah terlampau sulit, sungguh tidak mudah! Selama kalpa tanpa batas berputar di dalam enam alam tumimbal lahir, mengalami pencemaran batin yang berkesinambungan, sehingga telah menjadi kebiasaan yang kuat dan sangat sulit dihapus, inilah yang telah mengendalikan kita selama ini.

Alhasil hanya bisa pasrah mengikuti tabiat ini berputar kembali ke dalam enam alam tumimbal lahir, inilah yang disebut sebagai siksaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


佛法的功夫沒有別的,放下而已。為什麼肯放下?事實真相明白了,釋迦牟尼佛對我們最大的利益、最大的恩德,是他老人家把事實真相給我們講清楚、講明白了。我們真搞清楚、搞明白,自然就放下,不再執著、不再分別,甚至於不起心不動念,如是而已。

成佛,你自己本來是佛,你自己成的,佛菩薩不居功,不是說「我度你的,我幫助你」,那是瞎話,那是佛隨順眾生的方便語,不是說真話。因為什麼?你自己本來是佛。你一回頭,肯把這個放下,你就成佛了,你自己成的。如果佛能幫助我們成佛,我們還要修個什麼?不必修了,也不必學這些經教,用不著。他要不幫助我們成佛,他就不慈悲。他做不到!迷是自己迷的,悟還得要由自己悟,這才是真理。所以,《華嚴經》上佛說,「一切眾生皆有如來智慧德相,但以妄想執著而不能證得」,你看這話講得多清楚。我們只要把妄想分別執著放下就成佛,真的,就這麼簡單,就這麼容易。

  可是這放下太難,太不容易!無始劫來在六道裡受這些染污的薰習,養成堅固不拔的習慣,全是這些東西在作主。這些東西在主宰著六道輪迴,你就順著它的旋律在六道裡面去打滾,真正叫苦不堪言。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七九集)  2011/4/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0379


 

 

Kita memahami teori bahwa kondisi berubah menuruti perubahan niat pikiran. Masalahnya sekarang adalah mengapa manusia tidak bisa berubah dan kembali ke jalan yang benar? Oleh karena dia tidak memahami kebenaran, makanya dia tidak mau berubah.

Dia menganggap pola pikirnya sudah benar, apa yang dia lihat adalah nyata, sementara yang kita sampaikan padanya malah semu dan kabur. Manusia di dunia ini sibuk mengejar harta benda, kecerdasan, kesehatan dan panjang umur.

Padahal meskipun anda telah berhasil mendapatkannya, apakah hidupmu jadi sempurna? Anda masih tetap harus bergelut dengan beban pikiran dan kerisauan yang tak berkesudahan, kecemasan yang tak terhingga, tekanan batin yang beraneka ragam, baik fisik maupun mental, sesungguhnya anda tidak bahagia.

Apa sebabnya? Oleh karena anda tidak memiliki kebijaksanaan sejati, anda tidak memiliki kemampuan kebajikan yang sesungguhnya. Apa yang berhasil anda peroleh, sesungguhnya sejak awal telah ada di dalam garis hidupmu, yakni yang anda timbun pada masa kelahiran lampau, benih ini berbuah pada masa kehidupan sekarang.

Andaikata tidak ada di dalam garis hidupmu, cara apapun yang anda pakai juga takkan berhasil mendapatkannya, sebaliknya jika ada di dalam garis hidupmu, tak peduli cara apapun yang anda gunakan, pahala tersebut pasti muncul ke permukaan.

Orang zaman dulu bilang, “Sepanjang hayat telah ditetapkan di dalam garis hidup, tidak ada kaitannya dengan orang lain”.

Apakah nasib bisa diubah dan diperbaiki? Bisa. Asalkan anda baik-baik melatih diri maka bisa memperbaikinya. Ke mana harus melatih diri? Di dalam Ajaran Mahayana.

Ajaran Mahayana menyampaikan padamu kebenaran, bahwa kebijaksanaan, kemampuan kebajikan, rupa bagusmu, kesehatan dan usia panjangmu, segala hal ini sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati.

Ajaran Mahayana takkan memberikan apapun kepada dirimu, namun menyuruhmu melatih diri hingga menemukan kembali jiwa sejati, ternyata segala keistimewaan sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati, satu pun takkan kurang, tiada bedanya dengan Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


道理我們懂得,境隨心轉。所以關鍵的問題,現在人為什麼轉不過來?他不了解事實真相,所以他不肯轉。他認為他所想的這個是真的,現實真的,你們說這些話是虛無飄渺。殊不知世間人所追求的,財富、聰明智慧、健康長壽、幸福美滿,沒錯,這些東西實質真正的都在大乘佛法裡頭。修學大乘,你不求自然全部都得到了;不學大乘,你得不到。你所得到,得到你也不幸福,你也不圓滿,為什麼?你有無量的煩惱、無量的憂慮,有種種壓力,你的精神、你的體力並沒有快樂。這是什麼原因?因為你沒有真實智慧,你沒有真實的德能。你所得到的這些東西是你過去生中所修的,修的因,這一生感得的果報。你命裡沒有,用什麼樣的方法得不到,命裡有的,無論用什麼方法它都來了,都現前。古人的話沒錯,「一生皆是命,半點不由人」。

你要改造命運,你要超越命運,行不行?行,你好好的修就能超越。到哪裡去修學?到大乘裡頭來修學,這不騙你。大乘給你什麼?不是大乘給你,大乘把這個事實真相講清楚、講明白。你的智慧、你的德能、你的相好、你的健康長壽,全是自性裡頭本有的。大乘沒有給東西給你,大乘是叫你自己發覺你自己,你自己統統有,一樣都不缺,跟阿彌陀佛沒兩樣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七九集)  2011/4/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0379