Sunday, December 20, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 September 2011

 

 

“Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”, jika tiap hari hati kita memikirkan Alam Dewa (Surga), maka Alam Dewa akan muncul di hadapanmu; sama halnya pula jika tiap hari kita memikirkan Alam Sukhavati, maka Alam Sukhavati akan muncul di hadapan kita, apa yang anda pikirkan itulah yang akan muncul, tidak semu sama sekali.

 

Jika tidak dipikirkan maka takkan muncul, kalau dipikirkan terus, yang  mulanya tidak ada, bisa jadi nyata. Saat permulaan menjadi anggota Sangha, saya pernah bertemu dengan seorang Bhiksu, usianya lebih tua 5 tahun dari diriku, sejak usia kecil dia sudah menjadi Bhiksu di Daratan Tiongkok, usai perang melawan invasi Jepang, dia dipaksa menjadi tentara dan menjalani latihan militer, dia sungguh tidak ikhlas.

 

Di dalam regu-nya, dia ditugaskan mencukur rambut tentara lainnya, juga diperlakukan dengan baik, namun dia tetap tidak ikhlas menjalani kehidupan sebagai tentara, setiap saat merindukan kembali menjalani kehidupan Bhiksu-nya, namanya juga anak muda.

 

Kemudian dia berupaya mencari alasan, bagaimana kalau berpura-pura mengidap penyakit jantung, pasti akan diberhentikan dari kewajiban militer. Maka itu tiap hari dia selalu berpikir dirinya sedang mengidap penyakit jantung.

 

Sepertinya dua tahun kemudian, dia benar-benar mengidap penyakit jantung, setelah melewati pemeriksaan medis, dia dikeluarkan dari pasukan militer dan kembali menjadi anggota Sangha, tetapi penyakit jantung ini telah menyengsarakan dirinya seumur hidup, tidak dapat pulih kembali.

 

Ketika berada di barak militer kondisinya begitu terdesak, dia begitu terfokus memikirkan dirinya mengidap penyakit jantung, sehingga jadi nyata, sekarang dia tidak begitu terfokus untuk memikirkan penyakitnya sembuh.

 

Andaikata dia dapat memfokuskan pikirannya, tiap hari berpikir penyakitnya sembuh, saya percaya dalam waktu tiga tahun ke depan, dia dapat pulih seperti sedia kala, sayangnya dia tidak memikirkannya,  dia malah tiap hari sibuk pergi beli obat-obatan.

 

Maka itu segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran, anda sesungguhnya dapat menjadi majikan diri sendiri.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 September 2011

 

「一切法從心想生」,我心裡天天想天堂,天堂就出現;我天天想極樂世界,極樂世界出現了,你想什麼它就變現什麼,一點都不假。佛說出這個原理,「一切法從心想生」,你不想就沒有了,想要不間斷,常常想它。我初出家的時候遇到一個出家人,他大我五歲,從小在大陸上出家,抗戰之後他被軍隊抓去當兵去,他很不甘心。出家人會剃頭,所以他在他們那個連裡頭就當剃頭兵,也很受優待,念念總想出家,沒有法子,年輕。他就天天想心臟病,我要有心臟病不就可以退了嗎?好像想了兩年真得心臟病,去檢查真的,他就這樣退下來,又回隊了,又去出家了,但是這個心臟病就拖害了他一生,他再不能復原。那個時候專心想就想成了,他想成之後,他就沒有再專心去想:我心臟病好了,我沒有心臟病。如果這樣想的話,我想三年工夫他就又恢復正常,可惜他沒有去想,他就天天去買藥物來治療,這就錯了。這個大道理沒有懂透徹,一切法從心想生,你自己做得了主宰。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八0集)  2011/9/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0580

 

 

 

 

Ada orang yang doa-nya bisa terkabul, ada pula orang yang sudah berdoa tapi tidak terkabul, apa sebabnya? Orang yang doa-nya terkabul dikarenakan dirinya tidak memiliki rintangan sehingga doa-nya langsung direspon.

 

Sedangkan diri kita, mengapa sudah berdoa tetapi tidak direspon? Meskipun Buddha dan Bodhisattva hadir di hadapan kita, tetapi kita juga tidak melihat-Nya, ini dikarenakan rintangan karma kita yang terlampau berat, rintangan karma merupakan penghalang.

 

Maka itu, rintangan karma mesti dieliminasi, bagaimana caranya? Untuk mengeliminasi rintangan karma, cara terbaik adalah melafal Amituofo, ini sungguh menakjubkan. Metode apapun yang digunakan untuk mengeliminasi rintangan karma, tidak ada yang sebanding dengan metode melafal Amituofo, melafal Amituofo dapat melenyapkan rintangan karma hingga sebersih-bersihnya. Metode lainnya masih menyisakan ampas, tidak bersih.

 

Metode melafal Amituofo membutuhkan keyakinan benar terhadap Tanah Suci Sukhavati, tidak ada keraguan sama sekali, maka itu praktisi pelafal Amituofo yang memiliki keyakinan benar, hanya perlu melafal Amituofo setengah tahun atau setahun lamanya, mukjizatnya sungguh tak terbayangkan.

 

Pintu Dharma ini sulit membangkitkan keyakinan namun gampang dalam mengamalkan, jika benar-benar diamalkan maka hasilnya sungguh tak terbayangkan.

 

Ingatlah kisah Bhiksu Ying Ke, cuma melafal Amituofo selama tiga hari, Buddha Amitabha muncul di hadapannya, tiga hari lagi ke depan, dia telah terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Dapat membangkitkan keyakinan benar tanpa keraguan sama sekali, mengamalkan dengan serius, hendaknya memahami kebenaran ini.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 September 2011

 

Kisah Bhiksu Ying Ke :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 September 2014

Pintu Dharma Pelafalan Amituofo (Bagian 30)

 

 

那我們曉得,有人求感應很明顯,有人求了沒有感應,這怎麼回事情?他統統都應了,有感應的是接收的人他沒有障礙,這就感應現前。我們自己本身有障礙,雖然接收了,他是來了,我們看不到他,我們沒有覺察到,自己的業障太重了,業障礙住。所以,業障要消,怎麼個消法?消業障最好的方法還是念阿彌陀佛,這個是妙極了。怎麼樣懺除業障都不如念阿彌陀佛,念阿彌陀佛能把業障清得乾乾淨淨。怎麼懺都還留的有渣子,都搞不乾淨。這要對淨宗真正相信,一點懷疑沒有,所以真正念佛人,念上個半年、一年他的感應就不可思議。這個法門千真萬確是知難行易,真幹效果真不得了。我們記住,瑩珂法師三天把阿彌陀佛念來,再三天就往生了。真信,真沒有疑惑,真幹,一定要懂這個道理。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八一集)  2011/9/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0581

 

 

 


 

Master Ciyun Guanding hidup pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing, satu era dengan Upasaka Peng Ji-qing. Master Ciyun merupakan sosok yang hebat, menguasai beragam pintu Dharma, karya-karya tulisnya sungguh mengagumkan.

 

Beliau memberitahukan pada kita, ketika manusia menghadapi musibah, ketika seluruh pintu Dharma, baik Dharma Hinayana, Mahayana, maupun mantra Tantrayana tidak sanggup mengeliminasinya, oleh karena dosa yang diperbuat sudah terlampau berat, sehingga tak berdaya lagi, tidak efektif lagi, maka satu-satunya cara yang dapat menyelamatkan dirinya hanyalah melafal Amituofo.

 

Sepatah Amituofo sungguh tak terbayangkan! Kekuatan kewibawaan dari sepatah Amituofo melampaui seluruh ajaran sutra, melampaui segala metode pertobatan.

 

“Kebaktian Pembacaan Amitabha Sutra  Berkesinambungan  Dalam Tiga Sesi” juga merupakan salah satu metode pertobatan, “Upacara ritual Shui-lu” juga merupakan salah satu metode pertobatan, “Pertobatan Maha Karuna”, “Pertobatan Avatamasaka”, semua ini adalah metode pertobatan, namun tidak ada yang sebanding dengan melafal Amituofo.

 

Tidak ada orang yang percaya, makanya ketika bertemu dengan musibah, selalu sibuk mengikuti ritual pertobatan, menghabiskan banyak upaya, namun hasilnya kurang efektif.

 

Andaikata dia mengetahui satu jurus rahasia ini, yakin pada kebenaran ini, ketika menghadapi musibah, dia pasti memfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka segalanya dapat teratasi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 September 2011

 

  慈雲灌頂法師告訴我們,他是乾隆時代的人,跟彭際清居士同時代。這位法師了不起,通宗通教,顯密圓融,著作非常豐富,日本《卍續藏》裡面收他的東西收了二十多種,大概他的著作有五、六十種。我看過目錄,他著的《楞嚴經》,楞嚴神咒他把它註解了,這是所有註《楞嚴經》的人都沒有註解神咒,他連神咒都註解了。他告訴我們,眾生遇到災難,所有的佛法,大小乘佛法、密宗的神咒都失效了,你的罪業太重,都沒有辦法,都失效了,最後還有一門能救你,就是念阿彌陀佛。這句話可不得了!這一句阿彌陀佛的威力超過所有經教,超過所有的懺法。三時繫念也是懺法,水陸法會也是懺法,大悲懺、華嚴懺統統都是懺法,都不如這一句佛號。沒人相信,所以遇到災難還是去拜懺,費多大的勁,效果不彰。他如果知道這個祕密,相信這個道理,遇到災難一心念佛,真就好了。我們以前看《山西小院》那個碟,不就是這樣的嗎?

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八一集)  2011/9/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0581