Sunday, August 9, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2011 (Bgn 2)

 

 

Apa yang disebut dengan kebajikan? Memberi manfaat bagi para makhluk, mengorbankan diri sendiri demi kepentingan orang banyak, inilah kebajikan. Kebajikan terbesar adalah menerapkan Ajaran Buddha dalam kehidupan keseharian, dalam pekerjaan, dalam berinteraksi dengan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, agar orang lain yang melihat, mendengar dan berinteraksi dengan dirimu, semuanya merasa bersukacita meneladani dan belajar padamu, anda telah melakukan pekerjaan menyebarluaskan Buddha Dharma.

 

Orang pertama yang akan terselamatkan pasti adalah keluargamu. Hari ini anda belajar Buddha Dharma, mengapa keluargamu tidak menyetujuinya? Oleh karena anda belum melakukannya dengan baik, anda membuat mereka merasa muak dengan dirimu.

 

Andaikata anda melakukannya dengan baik, keluargamu pasti merasa bersukacita : Oh...ternyata belajar Ajaran Buddha itu sangat bagus, saya harus ikut meneladani-mu.

 

Bukankah dengan demikian anda telah menyelamatkan satu keluarga? Maka itu anda harus tahu, keluarga tidak bersalah, baik-baiklah melakukan introspeksi diri, kesalahan itu pasti ada pada diri sendiri, barulah mereka tidak menyetujuinya.

 

Masyarakat dan khalayak ramai timbul salah paham pada kita, ini dikarenakan kita masih belum melakukannya dengan baik, orang lain tidak bersalah, kesalahan itu ada pada diri sendiri.

 

Mulailah dari diri sendiri, begini barulah disebut belajar Ajaran Buddha. Jika sebaliknya cuma tahu menyuruh orang lain belajar Ajaran Buddha, sementara diri sendiri tidak sanggup mengamalkannya, inilah yang namanya praktisi gadungan, tentu saja mengundang penolakan dari orang lain.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2011

 

底下接著這一句,「復信因果不虛,故信作善得福,而精進向善」。這句話要記住,全心全力做好事,什麼是好事?利益眾生的,捨己為人是好事。最大的好事,就是把佛的教誨落實在自己生活、落實在自己工作、落實在自己處事待人接物,讓大家看到你的、見到你的、接觸到你的、聽到你的,都歡喜向你學習,你就在做弘法利生的工作了。頭一個,把你家人得度。今天你學佛,你家裡人為什麼反對?你做得不好,你讓他們感覺得討厭。你如果做得很好的話,家人都歡喜:學佛真不錯,我得跟你學。你不就度了一家人嗎?所以你一定要知道,家人沒有過失,好好反省一定自己做得不好,他才會反對。社會大眾對我們起誤會,是我們自己做得不好,他們沒有錯誤。從自己本身做起,這是真正學佛。如果處處教別人學佛,自己沒有做到,那是假的,那不是真的,當然引起別人反感。所以精進向善。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三三集)  2011/6/3  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0433

 

 

 

 

Pola pikir yang paling penting bagi seorang praktisi adalah kita berharap dapat mengakhiri samsara, keluar dari Triloka, terhadap enam alam tumimbal lahir takkan mendambakan-nya lagi, takkan mengkhawatirkan-nya lagi, dengan sikap mental begini akan sangat gampang untuk terlahir ke Alam Sukhavati, sungguh merupakan sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Praktisi yang gagal terlahir ke Alam Sukhavati, alasannya terletak di sini, terhadap dunia ini dia masih begitu mendambakan, tidak sanggup mengikhlaskan, juga tidak mampu melepaskan kemelekatan, meskipun anda terampil melafal Amituofo, bahkan membangkitkan hati Mahayana, melatih Enam Paramita, melatih Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra, akhirnya cuma bisa naik ke Surga menikmati berkah.

 

Jasa kebajikan dan berkah kebajikan juga terletak pada sebersit niat pikiran, sebersit niat pikiran mengakhiri samsara, maka seluruh kebajikan yang anda timbun akan berubah jadi jasa kebajikan.

 

Sebaliknya jika sebersit niat pikiran masih mendambakan dunia ini, masih ingin bertumimbal lahir, maka seluruh kebajikan yang anda timbun akan berubah jadi berkah kebajikan.

 

Di sinilah letak perbedaan antara jasa kebajikan dan berkah kebajikan. Sama-sama adalah kebajikan, namun niat yang digunakan itu tidak serupa.

 

Maka itu insan yang memiliki kebijaksanaan, tiap butir niat pikirannya adalah bertekad lahir ke Tanah Suci Sukhavati, takkan mendambakan dunia ini lagi, apa yang kita latih dan pelajari adalah jasa kebajikan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2011

 

Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/01/lima-mata-pelajaran-aliran-sukhavati.html

 

 

修行人最關緊要的一個觀念,那就是我們確確實實是希望了生死出三界,對於六道輪迴真的沒有貪戀了,不再牽掛,這種心態往生很容易,真的是萬修萬人去。凡是念佛人而不能往生的,就是這一句的問題,他對這個世間有留戀,捨不得放下,念佛念得再好,甚至於也發大乘心,修六波羅蜜,修普賢十願,最後到人間天上享福去了。功德跟福德也在一念之間,一念出世的念頭,這個心你所修的全叫功德;不想出世,還想在六道裡面輪迴,那就都變成福德,就不叫做功德,功德跟福德的差別就在此地。事相上看不出來,同樣的,用心不一樣。所以真正有智慧的人,念念求生淨土,不要再留戀這個世間,我們所修學的一切都是功德,都是幫助我們往生提高往生的品位。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三四集)  2011/6/3  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0434

 

 

 

 

“Seluruh jasa kebajikan dilimpahkan demi tekad terlahir ke Alam Sukhavati”, memutuskan kejahatan menimbun kebajikan, menjauhi kesesatan berlindung kepada kebenaran, semua ini adalah jasa kebajikan, tiada satupun yang bukan ditujukan demi tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Tidak boleh ada niat pikiran mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, tidak boleh ada niat pikiran mengejar ketenaran dan keuntungan, hendaknya meneladani para Buddha dan Bodhisattva yang telah melepaskan segala kemelekatan, tiap butir niat pikiran yang timbul adalah membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Hanya di Alam Sukhavati, barulah kita dapat meraih keberhasilan dalam waktu singkat. Oleh karena di Alam Sukhavati takkan ada kemerosotan batin, yang ada hanyalah kemajuan batin yang berkesinambungan tak terputus.

 

Kondisi tubuh penduduk Alam Sukhavati berbeda dengan kondisi tubuh manusia di Planet Bumi ini, tubuh kita terdiri dari daging dan darah, rapuh dan mudah rusak, sedangkan penduduk Alam Sukhavati memiliki tubuh Dharmata, tinggal di tanah Dharmata (Dharmata = yang sejati), makanya dia awet dan takkan berubah, alasannya terletak di sini.

 

Tubuh Dharmata (Dharmakaya) tidak butuh makan dan minum, lantas dari mana pemenuhan nutrisi-nya? Jasa kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati, tidak butuh dari luar, maka itu penduduk Alam Sukhavati tidak butuh makan, minum dan tidur.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2011

 

「以一切功德迴向往生」,斷惡修善、改邪歸正都是功德,沒有一樣不是求生淨土。決定不能有自私自利這個念頭,不可以有這個念頭,決定不能有名聞利養的念頭,我還要在這裡求名利,那就錯了。確確實實要像諸佛菩薩一樣徹底放下,念念都是求生極樂世界。只有在極樂世界,才能夠讓我們快速的成就。因為極樂世界修學,功夫不會間斷。那個世界裡面的人,身體跟我們的身體不一樣,我們這個身體是血肉之軀,是很容易消失的,這是阿賴耶的相分。而極樂世界得的身體不是的,他已經完全擺脫阿賴耶,純真無妄,法性身,居住的世界是法性土,所以他真常不變,道理在此地。法性身不需要飲食,營養從哪裡來?是自性裡面的功德,不需要外面的,所以人不需要飲食,不需要睡眠。娑婆世界的財色名食睡,也叫做五欲,在極樂世界都用不著,那個地方沒有。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三四集)  2011/6/3  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0434