Friday, January 15, 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 September 2011 (Bgn 2)

 

 

Demikianlah keadaan pada Periode Saddharma (Dharma Sejati) seperti yang diungkapkan di dalam “Ren Wang Jing” atau “Karunika-raja Prajnaparamita Sutra”.

 

Pada Periode Saddharma, Buddha Sakyamuni tiap hari membabarkan Dharma, para siswaNya tiap hari belajar Dharma, ada praktisi yang berhasil mencapai tingkatan kesucian, inilah yang disebut sebagai Periode Saddharma.

 

Bagaimana mencapainya? Tidak ada jalan lainnya, hanya dengan melepaskan kemelekatan, semakin banyak kemelekatan yang sanggup anda lepaskan, maka semakin pesat kemajuan batin yang anda capai.

 

Perkataan ini tempo dulu disampaikan oleh Master Zhangjia kepada diriku. Jika anda tidak sanggup melepaskan kemelekatan, maka anda hanya bisa berhenti di satu titik (jalan di tempat), ketika anda sudah sanggup melepaskan kemelekatan, maka anda berhasil maju selangkah, sebaliknya jika kemelekatan anda bertambah, maka anda akan mengalami kemunduran atau kemerosotan batin.

 

Maju atau mundur, semua ini tergantung pada diri sendiri, guru hanya bisa menasehati dan membimbingmu, memberimu petunjuk, mengajarimu, tetapi tidak berdaya membantumu supaya anda bisa mencapai kemajuan batin, juga tidak berdaya membantumu supaya anda bisa mencapai pencerahan.

 

Jadi kemajuan atau kemerosotan batin, mencapai pencerahan, ini adalah urusan diri sendiri, tidak ada orang yang bisa membantumu, hal ini mesti dipahami. Andaikata Buddha dan Bodhisattva bisa membantu kita mewujudkan hal ini, lantas buat apa kita harus melatih diri lagi? Tidak perlu melatih diri lagi.

 

Sesampainya di Alam Sukhavati, kita masih harus melatih diri, Alam Sukhavati merupakan sebuah Vihara yang bagus, sebuah sekolah yang bagus, segala sesuatu telah tersedia secara sempurna, anda tidak perlu merisaukan apapun, segala sesuatu terwujud sesuai dengan keinginanmu, anda tidak memiliki khayalan atau angan-angan lagi, ini merupakan pemberkatan dari pahala agung Buddha Amitabha.

 

Ibaratnya anda terlahir di dalam istana kekaisaran, begitu lahir anda telah mendapat perlakuan istimewa, banyak dayang istana yang akan mengurus segala keperluan hidupmu, kaisar memiliki pahala besar, anda tinggal menikmati pahalanya.

 

Hari ini kita melatih diri juga sedemikian halnya, Buddha Amitabha memiliki pahala dan kebijaksanaan nan sempurna, Beliau memberkatimu, setibanya di Alam Sukhavati, anda tinggal menikmati pahalaNya.

 

Di Alam Sukhavati tidak ada pekerjaan lainnya, tiap hari mendengar pembabaran sutra, Buddha Amitabha adalah Guru Pembimbing, para Bodhisattva adalah sahabat belajar kita, berdiskusi dengan para Buddha dan Bodhisattva, maka itu kebahagiaan yang diperoleh adalah tiada taranya.

 

Kebijaksanaan dan jasa kebajikan tiap hari tumbuh berkembang, kemajuan batin ini pasti dapat dirasakan, maka itu berbahagia di dalam Dharma, senantiasa membangkitkan hati sukacita.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 September 2011

 

Tiga Periode Dharma :

https://daunbodhi.blogspot.com/2020/12/tiga-periode-dharma.html

 

 

這就是《仁王經》上講的正法時期。世尊天天講經,這些聽眾們天天在學習,真有人證果,正法時期。怎麼證的?沒有別的,你放下多少你證多少。這個話是當年章嘉大師告訴我的。你放不下,你就停留在這裡,放下就會升一點,嚴重的執著就會往下降,不但升不了,還會往下降。升降完全在自己,老師只能勸導你,只能指示你、教導你,沒有辦法幫助你升降,沒有辦法幫助你悟入,悟入、升降都是你自己的事情,這個一定要知道。如果佛菩薩能幫助我們,我們何必要修?不要修了。到西方極樂世界還是要修,極樂世界是個好道場、好學校,一切設備樣樣俱全,你不用操一點心,真的讓你事事如意,你就沒有妄想,這是阿彌陀佛的大福報加持。好比你投胎,出生在王宮裡頭,一出生下來樣樣都有人侍候你,國王福報大,享他的福。我們今天修行也是這個樣子,阿彌陀佛的福報最大,智慧福報都達到究竟圓滿,他加持你,到極樂世界完全享他的福。在極樂世界沒有別的事情幹,天天聽經,跟同學,同學是諸菩薩,跟諸佛菩薩在一起那就是交換心得,分享,所以他快樂無比。智慧、功德天天在增長,這個增長自己知道,不是不知道,所以法喜充滿,常生歡喜心。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五九四集)  2011/9/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0594

 

 

 


Setelah anda mencapai KeBuddhaan, anda akan serupa dengan Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma. Kapankah anda baru mencapai KeBuddhaan? Sesungguhnya dirimu adalah Buddha, lantas bagaimana dengan saat sekarang ini?

 

Asalkan anda bersedia menyingkirkan khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Lantas apakah dengan menyingkirkan ketiga rintangan ini, maka anda akan mencapai KeBuddhaan yang baru? Bukan, sejak awal anda sesungguhnya adalah Buddha, hanya saja tiga hal ini telah merintangi dirimu, sehingga kebijaksanaan, kemampuan dan rupa KeBuddhaan tidak dapat muncul ke permukaan, setelah menyingkirkan tiga rintangan ini, maka jiwa KeBuddhaan pulih kembali.

 

Masalahnya sekarang kita tidak sanggup menyingkirkan tiga rintangan tersebut, tiga rintangan ini hanya bisa disingkirkan oleh diri sendiri, orang lain takkan berdaya mewakilimu, memberimu pemberkatan.

 

Pemberkatan itu hanya bisa diberikan dengan perbandingan 1:1. Jika anda memiliki satu bagian jasa kebajikan, maka Buddha dapat memberimu pemberkatan sebanyak satu bagian; anda memiliki dua bagian jasa kebajikan, Buddha dapat memberimu pemberkatan sebanyak dua bagian; anda memiliki sepuluh bagian jasa kebajikan, Buddha memberimu pemberkatan sebanyak sepuluh bagian, jika anda tidak memiliki jasa kebajikan sama sekali, Buddha tidak dapat memberkatimu.

 

Jadi kekuatan Buddha memberkati itu adalah setara, ibarat air hujan yang turun dari angkasa, pohon besar menyerap lebih banyak, rumput menyerap lebih sedikit, beginilah aturannya, pastinya tidak ada perbedaan, namun setara, hanya saja melihat berapa banyak yang mampu anda serap, pastinya adalah sebanding 1:1.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 September 2011

 

你成佛了你會跟釋迦牟尼佛一樣的說法,你什麼時候成佛?久遠久遠劫前我就成佛了,我本來是佛,不是現在才成的,哪現在成?你只要把起心動念、分別執著放下就是。難道這個東西放下是新成佛?不是,你早就是佛,只是這個東西現在障礙著你,佛的智慧、佛的德能相好透不出來而已,障礙去掉你就是,你能用時間計算嗎?這是我們必須體會到的真實義,開經偈上講「願解如來真實義」。釋迦如是,一切諸佛無不如是,現在我們這些眾生亦如是,遍法界虛空界一切眾生本來成佛、本來是佛。

 

  我們現在的麻煩就是這一點障礙去不掉,這點障礙必須是自己放下,別人沒有辦法代我們,加持,加持不上。加持必須是相對的,我們現在明白這個道理,你有一分功德,佛能加持你一分;你有兩分,他加持你兩分;你有十分,他加持你十分;你沒有,他加不上。佛力的加持是平等的,就好像雨水從天上落下來,大樹吸收得多,小草吸收得少,就是這個道理,絕對沒有分別,它是平等的,看你自己接受的能量,決定是相對的。那個大樹好比十分功德,它接受十分雨水;小草只有一分功德,它只接受一分,它就滿足了。理事我們都得搞清楚、搞明白。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五九四集)  2011/9/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0594