“Surangama
Sutra” menyebutkan “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada saat sekarang
maupun mendatang pasti bersua dengan Buddha Amitabha”.
Benarkah
dapat bersua dengan Buddha Amitabha? Mengapa dapat bersua dengan Buddha
Amitabha? Banyak sutra dan sastra yang membahas persoalan ini.
Banyak
pendapat yang menyimpulkan bahwa, seorang praktisi pelafal Amituofo kemungkinan
besar dalam satu masa kehidupan bersua dengan Buddha Amitabha sebanyak dua
kali, yakni satu kali pada masa kehidupan sekarang bersua dengan Buddha
Amitabha dan satu kali lagi setelah terlahir ke Alam Sukhavati, inilah yang
dikatakan saat mendatang bersua dengan Buddha Amitabha.
Pada
masa kehidupan sekarang bersua dengan Buddha Amitabha, umumnya adalah beberapa
hari sebelum si praktisi terlahir ke Alam Sukhavati. Ada yang seminggu
sebelumnya bersua dengan Buddha, Buddha Amitabha datang memberitahukan padanya
kapan akan menjemputnya, inilah yang disebut mengetahui terlebih dulu waktunya
terlahir ke Alam Sukhavati.
Kali
kedua adalah saat menjelang ajal, Buddha Amitabha datang menjemputnya, bukan
hanya bersua dengan Buddha saja, namun juga melihat rombongan para Suciwan yang
ikut hadir bersama Buddha; menyambut kedatanganmu ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Mei 2011
《楞嚴經》上所說的,「憶佛念佛,現前當來必定見佛」。是不是真見到佛?為什麼會見佛?許多經論當中都討論這個問題。絕大多數,一個念佛人很可能在一生當中見到兩次佛,這兩次都是現前見佛,往生之後那是當來見佛,我們只問這個現前見佛。現前見佛的時候,一般,這還大多數,都是在往生之前的幾天。有一個星期前見到佛的,佛來告訴他,什麼時候來接他,就是預先告訴他。這個時候有夢中見佛,有似夢非夢見到佛的,他會肯定他真的見到。第二次就是臨終的時候,佛來接引,不但見到佛,還見到佛身邊跟著許多人;如果你品位很高,你會看到很多佛跟阿彌陀佛一起來,歡迎你到極樂世界。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一五集) 2011/5/16 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0415
Agama
Buddha adalah pendidikan, bukanlah kepercayaan. Maka itu setelah Buddha
Sakyamuni memasuki Parinirvana, siswa-siswaNya berkelana ke empat penjuru guna
menyebarluaskan Buddha Dharma, ada wilayah yang bertahan hingga 2-3 abad
lamanya, ada pula wilayah yang mampu bertahan hingga 6-7 abad lamanya, hanya
satu-satunya di Negeri Tirai Bambu, Ajaran Buddha mampu lestari hingga dua ribu
tahun tidak memudar. Apa sebabnya?
Ajaran
Buddha merupakan ajaran yang disampaikan dari guru kepada murid, ajaran ini
berdiri di atas landasan ajaran bakti, orang Tiongkok memiliki dasar ajaran
bakti yang sangat tebal, melampaui orang India. Maka itu Ajaran Buddha memudar
di India, sementara itu di Tiongkok tumbuh subur, bermekaran, berbuah dan
berjaya.
Ajaran
Buddha mesti berdiri di atas landasan ajaran bakti, di wilayah yang tidak mengajarkan
ajaran bakti, maka Buddha Dharma tidak dapat bertahan, Ajaran Buddha mesti
berdiri di atas landasan ajaran bakti, barulah dia dapat berkembang luas.
Alasannya
sangat sederhana, seseorang itu kalau berbakti pada Ayahbunda, maka dia tahu
menghormati guru, dengan demikian dia akan belajar dengan tulus, dia memiliki
hati yang tulus, hati yang menghormati, barulah dengan mudah dia dapat
menguasai ajaran.
Sebaliknya
jika suasana hatinya labil dan mudah tersinggung, terhadap Ayahbunda bersikap
durhaka, tidak hormat pada guru, meskipun Buddha dan Bodhisattva, atau Dewa
yang langsung datang mengajarinya, juga tidak ada gunanya, dia cuma bisa mempelajari
secuil pengetahuan saja, tidak bisa memperoleh kebijaksanaan sejati.
Hari ini
Klasik yang diwariskan insan suci dan bijak, masih beredar di dunia ini,
teknologi percetakan yang kian maju sehingga buku-buku Klasik bisa
disebarluaskan dengan gampang, tetapi kesulitannya adalah harus ke mana mencari
seorang anak berbakti guna mempelajari ajaran insan suci dan bijak?
Insan
yang tidak berbakti pada Ayahbunda, yang tidak tahu menghormati guru, meskipun
Konfusius yang datang langsung mengajarinya, juga tidak ada gunanya, atau
Buddha Sakyamuni yang datang langsung membabarkan Dharma kepada dirinya, juga
tidak ada gunanya, dia takkan memperoleh manfaat, disinilah letak kesulitannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Mei 2011
佛教是教育,不是宗教。所以釋迦牟尼佛過世之後,他的學生四處宣揚,有些地方二、三百年,有些地方六、七百年,唯獨在中國,兩千年不衰。什麼原因?師道是建立在孝道的基礎上,中國人孝道的基礎太厚了,超過印度。所以佛教在印度消失了,在中國茁壯、開花、結果,成功了。它一定是要建立在孝道的基礎上,這個地區不講孝道,佛法就不能生存,佛教育一定是建立在講孝道的這個社會,它才能發揚光大。原因非常簡單,一個人孝親他就會尊師,他學習東西那個心(心態)是真誠,他有真誠心、有恭敬心,他真能學到。如果心浮氣躁,對父母沒有孝心,對老師沒有尊重心,佛菩薩、神仙來教他都沒用,他只能學到一點皮毛、常識,真實的智慧他領悟不到,難就難在這個地方。今天聖賢的典籍在,印刷術這麼方便,流通量很大,到哪裡去找一個孝順父母、尊師重道的人來學,這就難了。不是孝順父母、尊師重道的,孔子來教沒用處,釋迦牟尼佛來教也沒用處,收不到效果,這才是真正的難題。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一五集) 2011/5/16 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0415
Yang dapat berubah-ubah adalah semu, yang
tidak berubah selamanya adalah sejati, maka itu seorang praktisi harus tahu
membedakan mana yang semu dan mana yang sejati.
Yang semu haruslah dilepaskan,
janganlah melekat padanya, sebaliknya yang sejati itulah yang harus kita capai,
barulah anda bisa memperoleh pembebasan, bebas dari segala kerisauan, kecemasan,
melepaskan segala simpul kekhawatiran.
Mengapa demikian? Karena di
dunia ini segalanya adalah khayalan semu, sebanyak apapun kerisauan-mu hanyalah
sia-sia belaka, karena adalah semu. Maka itu segala sesuatu yang berwujud
adalah khayalan semu.
Oleh karena adalah semu, buat
apa memaksakan diri untuk mengendalikannya, menguasainya, ini adalah
menciptakan karma buruk. Apakah anda mampu mengendalikannya? Mustahil. Apakah
anda dapat menguasainya? Juga mustahil.
Lihatlah tubuh jasmani ini,
apakah kita mampu mengendalikannya? Mempertahankan supaya tiap tahun tetap
berpenampilan kayak usia 18 tahun? Apakah kita dapat menguasainya? Selamanya
takkan berubah dan musnah? Mustahil, buktinya tiap tahun dia terus menua, anda
tak berdaya menghentikannya sama sekali.
Setelah memahami kebenaran,
terhadap tubuh jasmani ini, kita hanya memiliki hak guna sementara saja, itu
pun sangat singkat waktunya, cuma beberapa dekade saja.
Setelah memahaminya, hendaknya
menggunakan tubuh fisik ini untuk menimbun jasa kebajikan, perbanyak melakukan
kebajikan, apa yang bisa dibawa pergi itulah yang saya lakukan, yang tidak
dapat dibawa pergi takkan saya lakukan.
Ketenaran dan keuntungan tidak
bisa dibawa pergi, kedudukan dan jabatan juga tidak bisa dibawa pergi, kekayaan
juga tidak bisa dibawa pergi, semua ini adalah palsu.
Yang dapat dibawa pergi adalah
karma, karma baik membuahkan kelahiran di tiga alam bajik, karma buruk
berakibat jatuh ke tiga alam rendah.
Hari ini kita telah memahami,
mesti menggunakan tubuh fisik ini guna melafal Amituofo, kelak terlahir ke Alam
Sukhavati mencapai KeBuddhaan, barulah anda tahu cara memanfaatkan raga semu
ini.
Dengan raga semu ini melatih
yang sejati, Alam Sukhavati adalah yang sejati, Buddha Amitabha adalah yang
sejati. Terlahir ke Alam Sukhavati, lihatlah, saat berangkat, Buddha datang
menjemputmu, sebelum berangkat, Buddha datang memberitahumu terlebih dulu,
inilah yang paling umum dikatakan sebagai dua kali bersua dengan Buddha,
praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati memiliki kondisi batin sedemikian
rupa.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Mei 2011
會變的是假的,不變的是真的,真不礙假,假也不妨礙真。我們現前這個世界就是這樣子。所以學佛的人貴在認識真妄,知道什麼是真、什麼是妄。妄的要放下,可別執著它,真的我們得把它證得,那你現前就得自在,你就得解脫。解是什麼?你許許多多的煩惱、憂慮、牽掛統統解開了。為什麼?全是假的,你多操了心,白操了心,全是假的。真的是什麼?真的裡面什麼都沒有,什麼都能現,雖現,還是沒有。所以,凡所有相皆是虛妄,我們電視畫面看到,剎那剎那在變滅,沒有一個現象是相同的。現在的電視是數碼,不是用膠捲放出來的,膠捲放出來就非常明顯能看見,數碼的速度比較快,但是還是達不到一秒鐘一千六百兆,達不到。
佛說一秒鐘一千六百兆,是我們現實的環境,不是真的,何必要在這個裡面生起控制、佔有,這造罪業。你真的能控制嗎?沒有。真的能佔有嗎?也沒有。首先就是身體,最貼切的,這身體我能控制嗎?我要真有能力控制,我讓它年年十八,那就我真控制住了,我要把它佔有的時候,我讓它不生不滅,做不到,它還是剎那剎那生滅,你對它一點奈何都沒有。明瞭事實真相了,這個身體為我所用的時間不長,也不過幾十年而已。我現在明白了,好好的利用它積功累德,多做好事,帶得走的我要做,帶不走的決定不幹。名聞利養帶不走,你的地位帶不走,你的財富帶不走,這全是假的。能帶得走的是什麼?是你的業,你的善業,幫助你生三善道,你的惡業,幫助你墮三途。我們今天明白了,我要利用這個身體念阿彌陀佛,念阿彌陀佛將來到西方極樂世界去作佛去,你就真的會用了。你把這樁事情看清楚、看明白了,好好利用這個假身體,借假修真,極樂世界是真的,阿彌陀佛是真的。你到了極樂世界,你看,去的時候佛來接引你,往生之前佛來通知你,這是一般最常見兩次見佛,最常見的,往生的人都有這種境界。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一五集) 2011/5/16 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0415