Monday, June 29, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2011 (Bgn 2)


Melafal Amituofo dapat mengurai bencana, yang pertama adalah mengurai musibah diri sendiri, bencana apa yang ada di dalam diri? Kekotoran batin merupakan bencana, menciptakan karma buruk adalah bencana, jiwa raga tidak sehat merupakan bencana.

Menciptakan karma buruk adalah bencana berat, inilah bencana diri sendiri. Setelah tercerahkan segeralah melafal Amituofo, maka semua bencana diri sendiri dapat terurai. Mengapa demikian?

Dalam satu masa kehidupan ini, anda pasti terlahir ke Alam Sukhavati menjadi Buddha, bukankah segala bencana dalam dirimu dapat terurai? Mana ada bencana lagi!

Ini adalah insan yang memiliki kebijaksanaan sejati dan berkah kebajikan besar, pepatah Tionghoa mengatakan “Insan berberkah menempati lahan berberkah, lahan berberkah ditempati oleh insan berberkah”.

Praktisi pelafal Amituofo merupakan insan berberkah. Apalagi jika anda membaca sutra Mahayana, merupakan pahala terunggul, kebijaksanaan terunggul.

Insan yang memiliki pahala terunggul dan kebijaksanaan terunggul menempati kawasan ini, maka kawasan tersebut bebas dari bencana. Maka itu anda harus melafal Amituofo dengan kesungguhan hati, melepaskan segala kemelekatan, sebaliknya kalau ternyata cuma praktisi ecek-ecek, maka takkan efektif.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2011


念佛可以化解災難,給諸位說,第一個化解自己的災難,自己什麼災難?煩惱是災難,造作罪業是災難,身心不健康是災難。造作罪業是更重的災難,這自己造災難。覺悟之後,念阿彌陀佛,你所有的災難都化解了。為什麼?你這一生決定到極樂世界去作佛去了,你不是一切災難都化解了嗎?哪有災難!這是真正大智慧、大福德的人,中國諺語有所謂「福人居福地,福地福人居」。你是個有福的人,念佛的人就是有福的人。而且念佛的人,你把這個大乘經典好好去念,是福報當中第一福報,智慧當中第一智慧。世出世間第一智慧、第一福報的人住在這個地方,這個地方就沒有災難。你得真念佛,真放下,搞假的不行,要真幹。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0一集)  2011/5/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0401

 


 

Tiga ribu tahun yang silam, orang Tiongkok mencatat, Buddha Sakyamuni lahir ke dunia ini pada tahun ke-24 bertahtanya Kaisar Zhou Zhao-wang, Buddha Sakyamuni termasuk orang shio Macan. Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana pada masa bertahtanya Kaisar Zhou Mu-wang.

Ajaran Buddha di Tiongkok menggunakan dasar perhitungan ini, dari era Buddha Sakyamuni hingga sekarang sudah 3038 tahun, sementara itu menurut orang barat adalah lebih dari 2500 tahun, jadi ada selisih 600 tahun.

Perbedaan ini tidak perlu kita permasalahkan, mengapa demikian? Segala sesuatu yang berwujud adalah khayalan semu, jangan lagi memikirkannya. Daripada anda menelitinya lebih lanjut, lebih baik waktu yang ada digunakan untuk membangkitkan ketulusan melafal Amituofo.

Tiga ribu tahun yang silam, Buddha Sakyamuni menampilkan diri sebagai pertapa, menuntut ilmu selama 12 tahun, akhirnya Beliau melepaskan seluruhnya.

Usia 19 tahun meninggalkan istana, menurutku Dia telah menyingkirkan rintangan kekotoran batin; usia 30 tahun tidak ingin berguru ke sana kemari lagi, menyingkirkan rintangan pengetahuan.

Dua rintangan telah berhasil dienyahkannya, memasuki samadhi di bawah Pohon Bodhi, mencapai penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2011

Dasar perhitungan tiga ribu tahun :


三千年前,我們中國人的記載,釋迦牟尼佛在世那個時候,佛出生的時候。你看我們的課誦本裡面,佛誕節的普佛,裡面都還提到,佛出生在周昭王二十四年,甲寅,釋迦牟尼佛屬老虎的。滅度在周穆王。照這個紀年,中國古時候都用這個紀年,釋迦牟尼佛到今天,是三千零三十八年,跟外國人講二千五百多年相差六百年。這個我們不要去管它,因為什麼?凡所有相皆是虛妄,別在這上打妄想。你去搞考證,叫妄中之妄,不如老實念佛,咱不打這個妄想。三千年前,釋迦佛給我們示現的苦行僧,求學十二年,最後也放下了。十九歲離開家庭,我的想法,他是放下煩惱障;三十歲不再去參學,把求學放下,是放下所知障。兩種障礙放下,菩提樹下入定,就大徹大悟、明心見性,見性成佛了,二障沒有了,表演給我們看的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0一集)  2011/5/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0401




 
 
“Selamanya jauh dari penderitaan di tiga alam rendah”, takkan jatuh ke tiga alam sengsara lagi. Andaikata di tiga alam rendah, ada makhluk yang berjodoh denganmu, memohon bantuanmu, apakah anda bersedia ke sana untuk menyelamatkannya? Tentu saja.

Meskipun menuju ke alam penderitaan namun takkan merasa tersiksa sama sekali, mengapa demikian? Oleh karena anda tidak memiliki benih sebab karma buruk, ada benih sebab barulah ada buah akibat.

Anda menuju ke sana dengan status sebagai seorang Bodhisattva, guna menyelamatkan mereka, dengan wujud apa supaya para makhluk dapat terselamatkan, maka anda akan menjelma dalam wujud tersebut, anda kini memiliki kemampuan demikian.

Mereka butuh metode yang bagaimana, maka anda mesti menggunakan metode tersebut guna menyelamatkan mereka, fleksibel dan tidak kaku, diri sendiri tidak timbul niat pikiran.

Para makhluk memiliki permohonan, dengan sendirinya anda akan merespon. Maka itu anda akan menjelma ke seluruh jagat raya, membabarkan Dharma di seluruh alam semesta, namun takkan timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2011


「永當遠離三途之厄」,三途的苦報永遠離開了,再不會到這個裡面去了。三途裡面的眾生,如果跟你有緣,求你去幫助他,你去不去?去。雖去,你不受他的苦報,為什麼?因為你沒有業因,有因才會感受到苦報,你沒有這個業因。你去是菩薩現身,到裡面去救拔他們的,應以什麼身得度,你就能現什麼身,你有這麼大的本事。他們需要用什麼方法,你就用什麼方法,活活潑潑,自己沒起心動念。眾生有感,你自然就有應,這個應就是反應。所以遍法界現身,遍法界說法,你沒有起心、沒動念,當然沒有分別執著。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0一集)  2011/5/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0401