Friday, December 18, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011 (Bgn 2)

 

 

“Sutra Usia Tanpa Batas” versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju, adalah diserahkan oleh guruku Upasaka Li Bing-nan kepada diriku. Saya memberi ceramah baik di dalam maupun di luar negeri juga menggunakan sutra versi rangkuman ini, di Taiwan ada orang yang menentang, sementara itu di Daratan Tiongkok lebih banyak lagi suara sumbang.

 

Ada orang yang berkata padaku : Tekanannya terlampau besar, apakah Anda masih bersikukuh menceramahkan sutra versi ini? Sebaiknya Anda menceramahkan versi lainnya!

 

Saya bilang padanya : Tidak boleh, jika tidak mempertahankan pendirianku ini, cuma gara-gara omongan orang lain, lantas mengantarkan diriku jatuh ke dalam jurang, selamanya tidak memiliki kesempatan bangkit kembali, oleh karena Master Chin Kung telah mengkhianati guru dan menentang ajaran. Betapa beratnya dosa ini! Tak peduli bagaimana pun upaya penolakan tersebut, saya tetap teguh pada pendirianku semula, saya takkan mengkhianati guruku, saya pasti takkan menentang ajaran. Kalian hobi mengkritik silahkan saja mengkritik sepuasnya, saya takkan menaruhnya di hati juga tidak menghiraukannya.

 

Tiap hari saya menceramahkan sutra versi rangkuman ini, tiap hari saya mendalami sutra ini, saya memperoleh manfaat; sedangkan anda (tukang kritik) tidak memperoleh manfaat apa-apa, juga tidak tahu apa-apa. Tak peduli anda membawa alasan apa melakukan penolakan, sutra ini diwariskan oleh guruku kepada diriku, saya percaya pada Guru Li, selamanya berterima kasih padanya, mengenang budi guru.

 

Hingga akhirnya Negara Tiongkok secara resmi mengakui sutra versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju, barulah suara-suara sumbang reda dengan sendirinya.

 

Saya melihat biro keagamaan mencetak buku lima sutra Aliran Tanah Suci, di dalamnya terdapat Sutra Usia Tanpa Batas versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju.

 

Negara Tiongkok telah mengakuinya secara resmi, Negara memiliki kebijaksanaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011

 

Lima Sutra dan satu sastra Aliran Sukhavati :

http://cahayatanpabatas.blogspot.com/2014/02/lima-sutra-dan-satu-sastra-dalam-aliran.html

                                                             

夏蓮老的會集本,是我的老師李炳南老居士給我的,他的眉註本給我的。我在海內外各處講這個本子,台灣有反對的,大陸上反對更多。有人給我講:壓力太大,你要不要不要講這個本子?換個本子講吧!我說不行,我要不堅持下去,人家一句話就把我送到死的地方去,再不會翻身了,淨空法師背師叛道。這個罪名重!無論他怎麼樣反對,我還堅持,我絕對不背師,我絕對不叛道。你們批評隨你們批評,我不放在心上,我不聞不問。我天天講這部經,天天學這部經,我在它這裡得利益;你沒有得到利益,你不知道。無論你是持什麼理由反對,這個經是老師給我的,我相信老師,我永遠感恩老師、紀念老師。

 

一直到中國國家肯定這部經了,才沒人說話。我看到國家宗教局印淨土五經,《無量壽經》就是夏蓮居的會集本。國家承認了,國家有智慧,國家聰明。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七六集)  2011/9/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0576

 

 

 

 

Selama memberi ceramah, ada pula beberapa orang anggota Sangha kami yang ikut mendengarkan, usai ceramah, ada yang berkomentar, “Tadi guru kita berceramah, beliau sedang mengatakan orang lain, pastinya bukan kita yang dimaksud beliau”.

 

Kemudian ada orang yang menyampaikan hal ini kepada diriku, saya bilang hal ini tidaklah mengherankan, sejak awal saya sudah mengetahuinya. Sekarang adalah era kebebasan dan terbuka, Ayah tidak boleh mengendalikan putra-putrinya, demikian pula guru juga tidak boleh disiplin pada murid-muridnya.

 

Masa kini hak asasi manusia sangat diutamakan, jika anda terlampau disiplin dalam mendidik putra-putrimu, anda dianggap telah melanggar hak asasi manusia, demikian pula jika anda membimbing murid-murid dengan disiplin, anda juga bisa dianggap telah melanggar hak asasi manusia.

 

Maka itu kita lihat permasalahan yang muncul di tiap keluarga, Ayahbunda datang ke vihara pasti mengadu, anak-anak tidak patuh, guru-guru datang mengadu, murid-murid sulit dididik.

 

Saya hanya bisa menggunakan Buddha Dharma untuk menasehati mereka, “Menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain”, jika anda tidak menuruti kehendak mereka, lantas harus bagaimana?

 

Hari ini anda menuntut ilmu di Sekolah Normal (sekolah yang melatih para lulusan sekolah menengah atas untuk menjadi guru), setelah tamat anda mulai berkarir menjadi guru, anda hanya bisa pasrah menuruti kehendak para murid. Jika anda merasa bersalah pada hati nurani, yah mengundurkan diri saja, tidak usah mengajar lagi.

 

Maka itu banyak perguruan tinggi yang mengundangku memberi materi kuliah, saya tolak, apa alasannya? Saya tidak sanggup mengajar, murid-murid tidak patuh. Lebih baik saya menutup pintu dan melafal Amituofo dengan setulus hati, membaca Sutra, kehidupan begini alangkah bebasnya, pasti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011

 

我還聽到有些同修告訴我,在我身邊的一些出家人,聽我講經,他們聽的時候心不在焉,下來之後問他,「師父是給別人講的,不是給我們講的」。你說我知不知道?我早就知道。現在是民主、自由、開放,父親不能管兒女,老師不可以管學生。這個時代提倡的是人權,你要嚴加管教他,你侵犯兒女的人權,你要管學生,你也侵犯他的人權,決定不許可的。所以現在家庭,我們看到很多做父母的人,見到我訴苦,小孩不好教。很多的學校老師來跟我訴苦,學生不好教。我用佛法勸導他,「恆順眾生,隨喜功德」,你不隨順怎麼辦?你今天念師範學校,你到學校去上課,你只有恆順。你要感覺得良心不安,辭職,不教了。所以我有很多學校聘請我,我不去,為什麼?我教不了,學生不聽。不如自己關起門來老實念佛,讀經、念佛,這個生活多自在,決定往生淨土。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七六集)  2011/9/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0576

 

 

 

 

 Banyak perguruan tinggi yang mengundangku memberi materi kuliah, saya tolak, apa alasannya? Saya tidak sanggup mengajar, murid-murid tidak patuh. Lebih baik saya menutup pintu dan melafal Amituofo dengan setulus hati, membaca Sutra, kehidupan begini alangkah bebasnya, pasti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Kapan dunia ini membutuhkan kehadiranku, banyak orang yang ingin belajar Buddha Dharma, ingin belajar ajaran insan suci dan bijak, saat itulah saya kembali ke dunia ini.

 

Kapan dia memiliki niat pikiran begini, saya pun datang kembali, inilah yang disebut dengan bertekad datang kembali, jadi tidak tergesa-gesa memaksakan kehendak pada satu masa kehidupan ini. Saat dia tidak suka, kita beranjak pergi, saat dia suka barulah kita datang.

 

Sama halnya pula dengan di dunia ini, dia tidak suka melihat kita, kita segera menjauhinya, setelah dia jadi suka, barulah kita datang padanya, di mana tempat yang menyukai kehadiran kita, ke sanalah kita menuju, bebas dan leluasa.

 

Tiap hari bersukacita, penuh dengan kebahagiaan Dharma, senantiasa membangkitkan perasaan sukacita, inilah ajaran yang disampaikan Buddha kepada kita.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011

 

所以我有很多學校聘請我,我不去,為什麼?我教不了,學生不聽。不如自己關起門來老實念佛,讀經、念佛,這個生活多自在,決定往生淨土。這個世界什麼時候需要,就是大家想要佛法、想要聖賢教誨,我們再來。他什麼時候有這個念頭,我們再來,叫乘願再來,不著急在這一世。他不喜歡的時候我們就離開,他喜歡我們就再來。在這個人間也是如此,他不喜歡你,我們趕快離開,喜歡你再來,哪個地方喜歡到哪裡去,很自在。天天歡喜,法喜充滿,常生歡喜心,這是佛教給我們的,這是學佛最高的享受。世出世間一切法統統放下,

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七六集)  2011/9/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0576