Monday, March 9, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011 (Bgn 2)


Jika anda bertanya, dalam Buddha Dharma ada begitu banyak pintu Dharma, kenapa harus memilih Pintu Dharma Tanah Suci? Manfaat terunggul tiada taranya dari Pintu Dharma Tanah Suci terletak pada pemberkatan kewibawaan Buddha Amitabha, hal ini tidak terdapat pada metode lainnya, hal ini tidak boleh tidak dipahami.

Hari ini kita bertemu dengan jodoh yang sedemikian unggulnya, jangan sampai dilewatkan begitu saja, setiap detik menggenggam kesempatan belajar dengan seerat-eratnya, jangan sampai tersia-siakan. Bagaimana caranya?

Dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan, jangan sampai terputus, dengan demikian anda telah menggenggamnya. Begitu terputus, maka anda telah kehilangan pikiran benar.

Pikiran benar adalah Amituofo, tiap butir niat pikiran adalah Amituofo, inilah yang dimaksud dengan pikiran benar. Jika pikiran benar ini terputus, maka pikiran sesat pun menyusup ke dalam.

Bagaimana kalau saya hebat dan tidak punya pikiran sesat? Maka kegelapan batin (Avidya) pun muncul ke permukaan, kebijaksanaan tidak berkembang.

Maka itu ketika kita tidak melafal Amituofo, jika bukan kegelapan batin yang muncul maka khayalan yang muncul, ini merupakan fakta yang tak terbantahkan, tanpa pengecualian.

Apa mungkin dengan melafal Amituofo dapat mengatasi rintangan di atas? Ketika anda tidak melafal Amituofo maka muncullah bentuk-bentuk pikiran, semua ini adalah kegelapan batin.

Bentuk-bentuk pikiran ini menciptakan karma tumimbal lahir. Kegelapan batin adalah bentuk kedunguan! Tidak tercerahkan akan merintangi kita melafal Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011


你要問,我們佛法法門這麼多,為什麼修淨土法門?淨土法門無比殊勝利益就在彌陀威神加持,這其他法門裡頭沒有,這個不能不知道。我們今天遇到這個緣太殊勝,決定不能讓它空過,我們的學習分分秒秒都要抓住,抓得緊緊的,不要讓它空過。分分秒秒怎麼抓?這一句佛號淨念相繼,別中斷,你就抓住了。一中斷,昨天講的煩惱裡頭失念,你那個正念失掉了。正念就是阿彌陀佛,念念是阿彌陀佛,念念是正念,只要正念沒有,邪念就出來了。沒有邪念?沒有邪念是無明出來了,不開智慧。所以沒有念佛的時候,不是無明起來就是妄念起來,這是必然的,沒有例外的。那他不念佛行嗎?不念佛全是妄念、全是無明。妄念,造業!造輪迴業。無明,糊塗!不開悟,障礙我們念佛。  

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六一集)  2011/4/5  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0361




 

Kalimat selanjutnya adalah “Nama Buddha Amitabha terdengar hingga ke sepuluh penjuru, memberi manfaat bagi semua makhluk yang memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda”.

Ini membahas tentang jasa kebajikan dari mendengar nama Buddha Amitabha. Mengapa nama Buddha Amitabha dapat tersebar hingga ke sepuluh penjuru?

Oleh karena semua Buddha Tathagata sedang menyebarluaskannya, di seluruh alam semesta, tidak ada seorang pun Buddha yang tidak membabarkan Ajaran Sukhavati, mengenalkan Buddha Amitabha, membantu Buddha Amitabha merekrut murid baru.

Dapat meyakini, dapat memahami, dapat membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, orang begini merupakan insan yang berjodoh dengan Buddha Amitabha.

Sebaliknya tidak dapat meyakini, tidak dapat memahami, juga tidak berminat terlahir ke Alam Sukhavati, orang begini merupakan insan yang tidak berjodoh dengan Buddha Amitabha.

Kita percaya orang-orang yang tidak berjodoh ini, kelak sampai di Alam Buddha manapun juga, pasti pada akhirnya, Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra akan menuntun mereka pulang ke Alam Sukhavati.

Hanya saja dia harus berkeliling-keliling dulu, barulah akhirnya bisa pulang ke Tanah Suci Sukhavati, sungguh tak terbayangkan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011


下面說,「但名號則聲聞十方,普被三根」,這講聞名,聞名的功德。為什麼彌陀名號聲聞十方、十方世界都知道?是一切諸佛如來都在宣揚,遍法界虛空界一切諸佛如來講經教學沒有不講淨土三經的,這就是替阿彌陀佛做宣傳、做廣告,替阿彌陀佛招生。能信、能解、能發願求生,這就是阿彌陀佛有緣人;不信、不解、不想到極樂世界,跟阿彌陀佛沒有緣的人。可是我們知道,那些無緣的人,無論生到哪一尊的佛國土,肯定到最後,文殊、普賢帶領他們導歸極樂。只是繞個大彎路,最後還是要歸淨土,真正不可思議!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六一集)  2011/4/5  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0361


 
 

Hari ini masih adakah orang yang membangkitkan hati yang tulus dan hormat pada Buddha Amitabha? Jujur saja, tidak ada. Baik fisik maupun mentalnya, memikul kekotoran batin dan tabiat yang tak terhingga dan tanpa batas, tidak punya kesanggupan untuk menghancurkannya, tiap hari mendengar ceramah tetapi tidak sanggup memahaminya.

Praktisi zaman dulu menggunakan satu cara guna mengatasi hal ini, yakni melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang. Jodoh ini sungguh langka adanya dan sulit dijumpai, ke mana lagi anda dapat menemukan sebuah Vihara yang tiap hari menyelenggarakan kegiatan ceramah?

Zaman dulu masih ada, di Negeri Tirai Bambu, sejak pertama kali Ajaran Buddha sampai di Tiongkok, setiap hari Vihara menyelenggarakan kegiatan ceramah, tiap hari ada proses belajar mengajar, tidak ada bedanya dengan sekolah.

Sampai pada era Dinasti Tang dan Dinasti Song masih mempertahankan tradisi ini, kemudian sampai pada era Dinasti Yuan dan Dinasti Ming, perlahan-lahan mulai memudar.

Mengapa bisa mengalami kemunduran? Kekotoran batin manusia mulai banyak, pikiran benar mulai sedikit, semakin tidak tahu mengendalikan diri, perasaan hormat semakin menyusut. Di luar tampaknya basa-basi, tetapi di dalam penuh kemunafikan.

Sekarang parahnya bahkan basa-basi pun sudah tidak ada lagi. Di sinilah letak kesulitan untuk mengembalikan kejayaan budaya warisan leluhur dan Buddha Dharma. Siapa yang dapat menjayakan-nya kembali? Hanya bisa mengandalkan jelmaan Buddha dan Bodhisattva yang bertekad datang kembali ke dunia ini.

Sepanjang manusia masih memiliki secuil berkah, masih memiliki keinginan untuk belajar menjadi orang baik, maka Buddha dan Bodhisattva pasti akan meresponnya, Mereka akan menjelma datang ke dunia ini guna mengajarimu.

Apabila kita tidak memiliki niat pikiran sedemikian rupa, tidak memiliki permohonan begini, maka Buddha dan Bodhisattva takkan meresponnya, Mereka takkan datang ke dunia ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011


我們今天有幾個人對阿彌陀佛有誠敬的心,至誠恭敬?實在講沒有。身心帶著無量無邊的煩惱習氣,沒有能力突破,天天聽,聽不懂。古人用的一個方法,長時薰修。這個緣稀有難逢,你到哪一個道場天天能聽經聞法?古時候有,在中國,佛教從初傳到中國來,道場天天講經、天天教學,跟學校一樣。到唐、宋還保持像樣子,元、明慢慢就衰了。為什麼會衰?人的根性煩惱多了,煩惱多,正念就少,放逸多,恭敬就減少,表面見面客氣,謙虛客氣,真誠恭敬沒有。現在連一點表面客氣都沒有了,這是傳統文化跟佛法要再興起來難處在此地。什麼人能復興?只有靠再來人。眾生還有那麼一點福氣,想學、想求好,沒人教;有這個念頭好,這就是感,佛菩薩來應,佛菩薩到人間來教你。如果我們沒有這個念頭,沒有這個祈求,就是沒有感,那佛菩薩就沒應,他就不來了。感應這個道理是真的,感應的事不是虛假的,眾生有感,佛菩薩立刻就有應。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六一集)  2011/4/5  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0361