Wednesday, May 6, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2011 (Bgn 3)


84 ribu pintu Dharma tidaklah mudah, mengapa dikatakan tidak mudah? Oleh karena mesti menghapus kekotoran batin hingga sebersih-bersihnya, ini sulit, kita tidak mampu mewujudkannya (di dunia ini).

Lain halnya dengan Pintu Dharma Tanah Suci, tidak perlu melenyapkan kekotoran batin, asalkan dapat meredamnya, serupa dengan batu dapat menindih rumput, begini sudah boleh.

Melatih metode lainnya mesti mencabut kekotoran batin hingga ke akar-akarnya, ini sungguh sulit!

Batu menindih rumput, batu itu diibaratkan adalah “Namo Amituofo”, dengan lafalan ini guna meredam kekotoran batin. Yang juga berarti, saat niat pikiran timbul, segeralah melafal Amituofo, mengalihkannya menjadi lafalan Amituofo, jangan biarkan niat pikiran tersebut berkembang, segera dienyahkan.  

Tak peduli itu adalah niat pikiran baik atau niat pikiran buruk, asalkan niat pikiran timbul, segeralah melafal Amituofo, guna meredamnya, semuanya dialihkan menjadi lafalan Amituofo, inilah sisi yang menakjubkan yang terunggul tiada taranya dari Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Orang awam memiliki kekotoran batin dan tabiat yang sangat berat, mana mungkin tidak timbul niat pikiran? Jika tidak timbul niat pikiran lagi, maka dia sudah menjadi insan suci, orang awam tidak sanggup mewujudkannya.

Maka itu insan zaman dulu mengajarkan kita “Tidak takut pada bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan, hanya saja ditakutkan terlambat menyadarinya”, bagaimana kalau terlambat menyadarinya? Anda telah menciptakan karma.

Jadi begitu niat pikiran pertama timbul, niat pikiran kedua langsung melafal Amituofo, dengan demikian takkan menciptakan karma, inilah yang disebut sebagai memahami cara melafal Amituofo secara benar, cara melafal Amituofo begini barulah bisa efektif.

Maka itu praktisi yang tahu cara melafal Amituofo, bukanlah dalam sehari harus melafal berapa banyak lafalan Amituofo, bukan begini, tetapi melatih kesucian hati, memelihara sebutir hati yang suci.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2011


八萬四千法門都不容易,為什麼不容易?它要斷煩惱,這就難,我們斷不掉。淨土法門不要斷煩惱,只要伏煩惱,把煩惱伏住,像石頭壓草,把它壓住就行了。斷是什麼?連根拔掉那叫斷,那個難,真難!石頭壓草,石頭是什麼?「南無阿彌陀佛」是石頭,用這個東西把它壓住。也就是說,我們起心動念的時候,念頭才起,立刻就阿彌陀佛,把它轉變成阿彌陀佛,不叫這個念頭去發展、去擴大,不去擴大。不管是善念,不管是惡念,只要是念頭起來,就「阿彌陀佛」把它壓住,統統都歸到阿彌陀佛上,這是念佛法門無比殊勝微妙之處。

  凡夫煩惱習氣深重,哪有不起念頭的道理?不起念頭是聖人,凡夫做不到。所以古人教導我們「不怕念起,只怕覺遲」,覺遲怎麼樣?你造業了。第一個念頭才起,第二個念阿彌陀佛,他不造業,這叫會念佛,這個念佛就真起了作用,不能不懂。所以真念佛的人,不是一天念多少佛號,不是的,是清淨心,保持清淨心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九0集)  2011/5/2  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0390




 

Dibandingkan dengan 84 ribu metode lainnya, metode melafal Amituofo lebih mudah, oleh karena 84 ribu metode harus melenyapkan kekotoran batin, sedangkan metode melafal Amituofo adalah cukup meredamnya, lebih gampang.

Tetapi bagaimana cara meredam kekotoran batin tersebut? Apabila anda tidak berhasil meredamnya, meskipun melafal Amituofo hingga seumur hidup, juga tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati, karma yang dibawa tersebut adalah karma lama, tidak boleh membawa karma baru, kekotoran batin masa kelahiran lampau masih boleh dibawa serta, pada satu masa kehidupan sekarang ini, kekotoran batin sebelum terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal niat pikiran terakhir adalah melafal Amituofo, anda dapat membawanya serta terlahir ke Alam Sukhavati.

Apabila saat menjelang ajal niat pikiran terakhir ternyata bukanlah melafal Amituofo, maka anda tidak bisa membawanya serta, alhasil hanya bisa mengikuti kekuatan karma kembali berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2011


這後面是「若論其實,如本品所明,則知往生亦非易事」。這是確確實實的,這一品,三輩往生品裡面所講的,給我們講往生西方極樂世界真實的事,讀了之後,你就曉得它不是一個容易事情。比起八萬四千法門容易,是跟八萬四千比較,因為八萬四千要斷煩惱,這個不斷煩惱,容易。但是如何把煩惱伏住?你要是伏不住,縱然念佛念一輩子,不能往生。所以帶業是帶舊業,不帶新業,過去生中的煩惱能帶去,這一生當中,在往生之前那些煩惱,最後一念,臨終最後一念是佛號,你就都能帶得去。如果臨終最後一念不是阿彌陀佛,你就完全帶不去了,你還得隨業流轉,也就是繼續去搞六道輪迴。人死了以後到哪一道,是哪一個業力力量最強引導他去投胎。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九0集)  2011/5/2  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0390


 

 

Manusia setelah mati akan menuju ke alam yang mana, tergantung pada kekuatan karma mana yang paling besar, inilah yang akan menuntunnya pergi bertumimbal lahir ke alam yang mana.

Mengapa ada manusia yang setelah meninggal dunia jatuh ke Alam Binatang? Oleh karena dia kebingungan, dungu, tidak punya kebijaksanaan. Mengapa ada manusia yang setelah meninggal dunia jatuh ke Alam Setan Kelaparan? Hati loba-nya amat berat, meskipun dia tidak kebingungan, namun setiap saat tidak melupakan nafsu keserakahannya.

Ada pula manusia yang setelah meninggal dunia jatuh ke Neraka, ini dikarenakan hati kebenciannya yang terlampau berat, hati dengkinya yang amat berat, hati dendamnya yang terlampau berat, hal ini menuntunnya jatuh ke Neraka.

Ada orang yang setelah meninggal, kembali ke dunia ini menjadi manusia, ini dikarenakan hati kesusilaannya sangat berat, setiap saat tidak melupakan tata susila dan etika moral, setiap niat selalu teringat pada “bakti, persaudaraan, setia, dapat dipercaya, kesusilaan, kebenaran, kejujuran, tahu malu”, barulah dia dapat bertumimbal lahir lagi jadi manusia.

Jika setiap niat yang timbul adalah Maitri Karuna dan Sepuluh Kebajikan, maka orang ini setelah meninggal dunia bertumimbal lahir ke Alam Dewa (Surga), semua ini tergantung pada sebersit niat pikirannya yang terakhir.

Cobalah kita renungkan, sebersit niat pikiran kita yang terakhir, kira-kira apa ya? Hal ini sangat penting, oleh karena sebersit niat pikiran tersebut merupakan penentu bagi kita untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Jika benar-benar berniat terlahir ke Alam Sukhavati, tidak boleh tidak memahami kebenaran ini, hal ini berkaitan erat dengan masa kelahiran kita yang akan datang, sedikit pun tidak boleh terjadi kesilapan.

Setiap hari kita melatih diri sendiri, dengan menggunakan lafalan Amituofo guna meredam kekotoran batin, memeliharanya menjadi sebuah kebiasaan, sampai pada saat menjelang ajal, sebersit niat pikiran terakhir adalah Amituofo, kita pun berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2011


為什麼人死了之後墮到畜生?他糊塗、愚痴,沒智慧。為什麼有人死了之後到餓鬼?他貪心重,他雖然不糊塗,念念沒有忘記貪婪。有人臨終之後就到地獄去,瞋恚心太重、嫉妒心很重、報復的心很重,這就到地獄去了。有人死了之後他到人道來了,人道是什麼?倫常的心重,念念沒有忘掉倫理道德,念念想到孝悌忠信、禮義廉恥,他到人道來。念念是慈悲,念念是十善,這個人就生天去了,都是最後那一念。我們試想想看,我們最後那一念是什麼念頭,這個重要,把握最後的一念就是決定往生淨土。真正想求生極樂世界,不能不懂這個道理,這是關係我們來生,一絲毫都不能差錯。我們天天在訓練自己,訓練什麼?用這句佛號伏煩惱,養成一個習慣,到最後臨終一念是阿彌陀佛,我們就成功。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九0集)  2011/5/2  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0390