Tuesday, March 10, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011 (Bgn 3)


“Sutra Intan” dikenal banyak orang, bahkan orang non Buddhis pun juga ikut membaca “Sutra Intan”, pada zaman dulu para insan terpelajar pasti akan membaca sutra ini.

Sutra Intan menyebutkan, “Segala sesuatu yang berwujud merupakan khayalan semu.” Oleh karena adalah khayalan semu, anda tidak patut membeda-bedakan dan melekat, niat pikiran yang timbul adalah ingin mengendalikannya, ingin menguasainya, begini sudah keliru.

Para Buddha dan Bodhisattva menjelma ke dunia ini, sikap Mereka adalah menganggap sedang bertamasya, takkan memiliki keinginan untuk mengendalikan, keinginan untuk menguasai, saya datang ke sini cuma main-main, beberapa hari lagi sudah harus angkat kaki.

Tinggal di hotel, bangunan hotel bukan milikku, saya hanya menetap sementara saja, punya hak pakai tapi tidak punya hak milik. Kita harus memiliki perenungan sedemikian rupa.

Jika anda menganggap ini adalah kepunyaanku, maka anda sudah keliru, ini hanyalah khayalan semu. Makanya Buddha mengajarkan pada kita supaya menuruti jodoh apa adanya, janganlah memaksakan kehendak, begini barulah betul, memahami fakta yang sesungguhnya, segalanya menuruti jodoh.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011


《金剛經》大家常讀,不學佛的也念《金剛經》,這在古時候讀書人一定會讀這部經,經上說「凡所有相,皆是虛妄」。既然是虛妄,你就不應該在這個虛妄相上起分別執著,起心動念要控制它、要佔有它,那大錯特錯。當體即空,了不可得,從世尊跟彌勒菩薩對話當中,你就了解事實真相。所以諸佛菩薩應化在世間,他的態度正確,什麼態度?遊戲人間。就像我們現在出門觀光旅遊,可以用這種態度,到這個世界上來觀光旅遊,決定沒有控制,決定沒有佔有,我到這來玩幾天就走了。住旅館,旅館不是我的,但是我住了幾天,我有使用權,沒有所有權。這個宇宙,我們在這統統要作如是觀,我們有使用權,決定沒有所有權,你認為是你所有的,錯了,那是妄想。所以佛教給我們隨緣而不攀緣,這就對了,了解事實真相,一切隨緣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六二集)  2011/4/5  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0362




 

Buddha Dharma dapat menyelamatkan dunia ini, tetapi sebelum menyelamatkan dunia, terlebih dulu hati manusia yang harus diselamatkan, kalau bukan memulainya dari menyelamatkan hati manusia, maka takkan berdaya sama sekali.

Oleh karena lingkungan berubah menuruti perubahan hati, segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran, demikian pula lingkungan muncul dari hati manusia, kondisi lingkungan yang buruk seperti sekarang ini adalah tercipta dari hati kita yang tidak baik, apabila hati kita segera diluruskan, maka kondisi pun segera berubah jadi baik.

Tubuh sakit-sakitan berasal dari hati kita yang tidak baik, sehingga sel-sel tubuh mudah terinfeksi virus penyakit; apabila kita dapat meluruskan hati kita, membangkitkan niat pikiran yang baik, maka sel-sel tubuh yang terinfeksi virus segera pulih jadi normal kembali, tubuh pun jadi sehat.

Tidak pernah terdengar bahwa Buddha dan Bodhisattva jatuh sakit, mengapa demikian? Oleh karena niat pikiranNya benar, takkan ada niat sesat, juga tidak ada niat jahat, makanya Dia takkan jatuh sakit.

Buddha Sakyamuni menamakan keserakahan, kebencian dan kedunguan sebagai Tiga Racun. Apa itu racun? Racun adalah virus penyakit. Segala sumber virus penyakit adalah keserakahan, kebencian dan kedunguan, asalkan kita dapat memperbaikinya menjadi tidak serakah, tidak benci dan tidak dungu, maka virus penyakit berhasil disingkirkan, segala wabah penyakit juga takkan bisa menginfeksi dirimu. Mengapa demikian?

Oleh karena tubuh tidak mengandung Tiga Racun, apabila di dalam tubuh mengandung Tiga Racun, maka mudah sekali terinfeksi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011


佛法能救世界,救世界先得救人心,不從人心上救起,那就一點辦法都沒有。因為境隨心轉,境是心變現的,我們現在的心不善變現出不善,心要善馬上就變現善。身體多病是心不善,你的細胞都變成帶上病毒;如果一改過來,心善了,帶病毒的那些細胞它立刻就恢復正常,恢復正常就是健康的。沒聽說哪個佛菩薩生病的,為什麼?他的心念端正,他沒有邪念,他沒有惡念,所以他不會生病。貪瞋痴,佛稱這個叫三毒,什麼毒?病毒。一切病毒的根源是貪瞋痴,這個東西改過來,無貪、無瞋、無痴,你把病根拔掉了,什麼樣的疾病、傳染病,你不會感染,為什麼?你的身體不帶病毒。你帶病毒就很容易感染,不帶病毒的人感染不上,現在講免疫,你是圓滿的免疫。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六二集)  2011/4/5  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0362




 
 
Tempat hunian kita juga merupakan lingkungan berubah menuruti perubahan hati, bahkan sistem tata surya dan Galaksi Bima Sakti, juga merupakan lingkungan berubah menuruti perubahan hati.

Alam semesta beserta seluruh isinya, juga berubah menuruti perubahan niat pikiran kita, apabila niat pikiran kita suci dan bajik, maka segalanya akan berubah jadi baik. Dengan niat pikiran buruk, anda akan melihat bencana, ini merupakan fakta.

Buddha Sakyamuni selalu berkata, “Memfokuskan pikiran pada satu titik, tidak ada hal yang tidak teratasi”, kita memusatkan pikiran kita pada lafalan Amituofo, tubuhku tidak sehat, tidak bersemangat, dengan melafal Amituofo pasti akan sembuh.

Lingkungan yang kita huni sekarang ini banyak bencana, maka saya memfokuskan pikiran melafal Amituofo, lingkungan berubah menuruti perubahan hati, bencana pun reda.

Jika tidak percaya maka juga tak berdaya, sebaliknya bila anda menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai ajaran, lafalan Amituofo pasti efektif, membantumu menuntaskan segala masalah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 April 2011


居住的環境地球還是境隨心轉,乃至於太空、星系,我們太陽系、銀河系,都是隨我們的心在轉,隨我們念頭在轉,念頭清淨、念頭善,全都轉成善好,心行不善你就看到災變,這是真的,這不是假的。佛常說,我們也念得很多,「制心一處,無事不辦」,我們把心就放在阿彌陀佛這一處,我身體不好、我精神不好,念這阿彌陀佛就會念好。今天我們居住的環境多災多難,我就制心一處,制心阿彌陀佛,一心念阿彌陀佛,我這個地方就不遭災難。所以不信,是大隨煩惱裡頭頭一個,你不信就一點辦法都沒有了;你真相信、真正依教奉行,它真起作用,真幫你解決問題。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六二集)  2011/4/5  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0362