Thursday, November 12, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011 (Bgn 2)

 

  

Tempat (alam) mana yang tidak ingin kita tuju maka harus dilepaskan. Kita tidak ingin jatuh ke Alam Setan Kelaparan, maka harus melepaskan keserakahan; tidak ingin jatuh ke Alam Neraka, maka harus melepaskan kebencian; tidak ingin jatuh ke Alam Binatang, maka harus melepaskan kedunguan; tidak ingin jatuh ke Alam Asura, maka harus melepaskan keangkuhan. Mengapa demikian?

 

Yang namanya tabiat, jika anda tidak sanggup mengendalikannya, sebersit niat pikiran terakhir pasti akan ditarik olehnya. Kita harus memperkuat kekuatan KeBuddhaan, maka itu mengapa kita mesti melafal nama Buddha dan membaca sutra.

 

“Sutra Usia Tanpa Batas” tidaklah panjang, kalau sudah lancar membacanya, maka cuma butuh waktu 40-50 menit sudah selesai membaca satu buku. Setiap pagi bangun tidur membaca satu buku, malam hari sebelum tidur baca satu buku “Amitabha Sutra”, “Amitabha Sutra” lebih pendek.

 

Kalau tidak mau membaca “Amitabha Sutra” juga boleh, ketika “Pure Land Learning Society” berdiri, kami menetapkan buku kebaktian pagi dan kebaktian sore Aliran Sukhavati. Untuk kebaktian pagi kami menetapkan Sutra Usia Tanpa Batas Bab 6, sedangkan untuk kebaktian sore kami menetapkan Sutra Usia Tanpa Batas Bab 32-37, usai membaca sutra dilanjutkan dengan melafal Amituofo. Memeliharanya jadi kebiasaan!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

Video Kebaktian Pagi Aliran Sukhavati :

http://tinyleesong.blogspot.com/2017/05/kebaktian-pagi-aliran-sukhavati.html

 

Video Kebaktian Sore Aliran Sukhavati :

http://tinyleesong.blogspot.com/2017/05/kebaktian-sore-aliran-sukhavati.html

 

Buku Kebaktian Pagi Aliran Sukhavati :

https://ebooksukhavati.blogspot.com/2015/12/buku-kebaktian-pagi-aliran-sukhavati.html

 

Buku Kebaktian Sore Aliran Sukhavati :

https://ebooksukhavati.blogspot.com/2015/12/buku-kebaktian-sore-aliran-sukhavati.html

 

 

我們不想去的地方放下。不想去餓鬼道,把貪放下;不想到地獄道,把瞋恚放下;不想到畜生道,把愚痴放下;不想到阿修羅、羅剎這一道,要把傲慢放下。為什麼?這個東西,習氣,不是開玩笑的,你要控制不了的時候,最後一念你肯定被它拉走。我們要特別加強佛的這個力量,這就是說念佛重要、讀經重要。《無量壽經》不長,念熟了,念一遍大概四、五十分鐘。每天早晨起來念一遍,晚上在睡覺之前可以念一遍《彌陀經》,《彌陀經》短。不念《彌陀經》也行,我們淨宗學會成立的時候,定了一個早晚課,淨宗早晚課,晚課我們選的第三十二品到三十七品這六品,用這個做晚課,這六品經念完之後就念佛。養成習慣!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555

 

 

 

 

Dalam kehidupan keseharian, Leluhur Tionghoa mengatakan, dalam memperlakukan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, hendaknya menggunakan hati nurani, dengan hati nurani maka takkan kehilangan wujud manusia, pada masa kehidupan mendatang masih berpeluang lahir kembali ke Alam Manusia.

 

Jika kita ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka tidak boleh terpisahkan dari lafalan Amituofo, jangan sampai lupa melafal Amituofo, sejak pagi hingga malam tak terpisahkan dari ajaran sutra dan lafalan Amituofo.

 

Apakah mendengar ceramah merupakan sebuah keharusan? Terpulang pada diri sendiri. Keyakinan dan tekadku tidak kuat, tetap seperti dulu tidak mampu terfokus, maka harus mendengarkan ceramah, mendengar ceramah dapat memperbaiki tabiat. Apa alasannya?

 

Telah memahami kebenaran secara jelas, memiliki ketetapan hati, takkan berubah-ubah lagi. Takkan memboroskan waktu, saya akan menggunakan seluruh waktu, mengerahkan segenap perhatian untuk mempelajari ajaran sutra ini dan melafal sepatah Amituofo, anda pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

在日常生活當中,中國古人常講,處事待人接物要憑良心,憑良心不會失人身,來生還得人身,好的天道去了。我們要到極樂世界,那就是說,阿彌陀佛不要離開,不要把他忘記,從早到晚我們不離開經本,不離開佛號。聽經有沒有必要?在你自己。我自己信願不堅,依據不專,要聽經,聽經能夠把這個毛病改過來。為什麼?明瞭了、清楚了,心專一,不改變了。決定不浪費時間,我把我所有的時間、精力都用在這一部經上,都用在這一句佛號上,你就決定得生。所以這一段開示非常重要。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555

 

 

 

 

“Oleh karena diliputi keraguan sehingga terlahir ke Alam Sukhavati di Kota Keraguan, berada di dalam kota ini dan tidak dapat keluar, selama 500 tahun tidak dapat bersua dengan Buddha dan mendengar pembabaran Dharma.”

 

“Semua ini diciptakan oleh hati dan pikiran diri sendiri, dituntun oleh kekuatan karma diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain.” Kita harus mengingat kalimat ini baik-baik, kita berada di enam alam tumimbal lahir, kondisinya juga sedemikian rupa.

 

Di enam alam tumimbal lahir, anda bertumimbal lahir di alam yang mana, juga tercipta dari hati dan pikiran diri sendiri, dituntun oleh kekuatan karma diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain, tidak ada orang yang mengaturnya, seluruhnya adalah kekuatan karma diri sendiri.

 

Maka itu sutra menyebutkan, “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran, berubah menuruti perubahan niat pikiran”. Jika hati kita tulus maka fenomena yang muncul pasti adalah ketulusan, segala fenomena berubah-ubah mengikuti perubahan niat pikiran, niat pikiran itulah kekuatan karma, dia sedang menuntun dirimu ke alam mana anda akan menuju.

 

Maka itu setelah memahami kebenaran dengan jelas, anda takkan menyalahkan orang lain lagi, semuanya merupakan hasil perbuatan sendiri. Manusia di dunia ini tidak mengetahuinya, berpikiran sesat, ketika diri sendiri tidak sebanding dengan orang lain maka mengeluh pada Langit dan menyalahkan orang lain, ini merupakan kesalahan berat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

「復因疑惑之過,感得道止佛國界邊,於其城中不能得出,於五百歲不能見聞三寶之果。」這是他生到極樂世界所感到不能盡如人意之處,所受的苦難就是這些。這些,「此皆唯心所造,業力牽引,不由他故。」這個三句我們要記住,我們在六道輪迴也是這個情形。你在六道裡到哪一道投胎是唯心所造,業力牽引,不由他故,你到哪一道沒有人安排,全是自己的業力。所以經上講的話正確,一點都不錯,「唯心所現,唯識所變」。心是真心,生起現象決定是真心,現象的千變萬化那是你的念頭,念頭就是業力,它在牽引著你,你到哪一道去。所以真正搞清楚、搞明白了,你不會怨天尤人,統統是自作自受。世間人不知道,完全迷惑顛倒,自己不如別人的地方就怨天尤人,這是大錯特錯。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555