Friday, December 4, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2011 (Bgn 4)

 

 

Dari keseluruhan jagat raya, kita mengetahui betapa luasnya wilayah pengajaran para Buddha. Sama halnya pula dengan Guru Pembimbing kita, Buddha Sakyamuni, wilayah pengajaranNya, kini ahli Astronomi menggunakan Galaksi Bima Sakti sebagai satu unit dunia, demikian pula Buddha Dharma juga menggunakan Galaksi Bima Sakti sebagai satu unit dunia, jadi berapa luaskah wilayah pengajaran Buddha Sakyamuni? Satu miliar buah Galaksi Bima Sakti.

 

Jadi kita janganlah melekat pada anggapan bahwa Buddha Sakyamuni telah memasuki Parinirvana. Nirmanakaya (tubuh jelmaan) Buddha Sakyamuni pernah muncul di Planet Bumi kita ini dan mengajar selama satu kurun waktu lalu menampilkan tahapan terakhir dari “Delapan tahapan kehidupan Buddha” yakni memasuki Parinirvana.

 

Sesungguhnya wilayah pengajaran Buddha Sakyamuni mencakup satu miliar buah Galaksi Bima Sakti, bisakah anda bayangkan di dalamnya terdapat berapa banyak planet?

 

Jadi di tempat mana ada jodohNya, di situlah Buddha Sakyamuni akan menjelma. Maka itu Buddha memiliki tubuh jelmaan yang tak terhingga dan tanpa batas, jadi bukan hanya satu saja.

 

Lain halnya dengan Sambhogakaya Buddha cuma satu saja, namun Nirmanakaya-Nya (tubuh jelmaan) adalah tak terhingga dan tanpa batas, jadi Buddha Sakyamuni datang ke Planet Bumi, memperagakan “Delapan Tahapan Kehidupan Buddha” adalah tubuh jelmaan-Nya.

 

Maka itu dikatakan sebagai “Di manapun ada orang yang memohon, Dia pasti datang menyelamatkannya”, “Dengan wujud apa makhluk tersebut dapat terselamatkan, maka Dia akan menjelma dalam wujud tersebut”.

 

Serupa dengan yang disebutkan di dalam “Pu Men Pin” atau Sutra Lotus Bab Pintu Universal, Bodhisattva Avalokitesvara memiliki 32 tubuh jelmaan. Semua ini adalah bentuk respon pada permohonan para makhluk, sementara Buddha atau Bodhisattva sendiri tidak punya niat atau kehendak sendiri, poin ini mesti diperhatikan dengan seksama.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2011

 

Delapan Tahapan Kehidupan Buddha :

http://daunbodhi.blogspot.com/2017/11/delapan-tahapan-kehidupan-buddha.html

 

Catatan :

 

Para Buddha memiliki 3 jenis tubuh (Trikaya Buddha) yakni :

 

1. Sambhogakaya

“Sambhoga-kaya”, para Buddha menimbun berbagai jasa kebajikan sehingga mewujudkan Sambhogakaya, yang juga merupakan tubuh berkah kebajikan, kebijaksanaan dan kewibawaan. 

 

Contohnya : Ketika Buddha Amitabha mengikrarkan tekadNya lalu mewujudkan Tanah Suci Sukhavati, Dia akan membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati dengan menggunakan Sambhogakaya, para Bodhisattva dapat melihat dan berinteraksi dengan Sambhogakaya Buddha Amitabha.


2. Dharmakaya

Dharma-kaya dimiliki oleh Benih KeBuddhaan yang sejak semula ada pada diri setiap makhluk. Dharmakaya memenuhi seluruh semesta alam.

 

3. Nirmanakaya (Tubuh Jelmaan)

Nirmanakaya merupakan tubuh jelmaan, contohnya ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau menggunakan Nirmana-kaya supaya dapat dilihat oleh manusia.

 

 

整個宇宙裡面,我們知道諸佛的世界非常之大。像釋迦牟尼佛,我們本師,他的教化的地區,現在天文學家用銀河系來做單位,佛法也是這樣的,也用銀河系做一個單位,他的教區多大?十億個銀河系。所以,我們不要以為釋迦牟尼佛入涅槃了,假的,不是真的。釋迦牟尼佛他的化身在我們這個世間教一段時期入般涅槃,實際這十億銀河系,你知道裡頭有多少星球!哪個地方有緣,他就在哪個地方化身。所以,佛有無量無邊身,不是一個。佛的報身是一個,佛的應身無量無邊,到我們這個地方來示現成佛是應身。所以說千處祈求千處應,應以什麼身得度他就現什麼身,像《普門品》裡面三十二應一樣。完全應眾生的希求,他自己沒有意思,這一點特別要注意到。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六五集)  2011/8/29  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0565

 

 

 

 

Buddha membantu kita dalam hal apa? Buddha membantu kita menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan. Setelah tercerahkan, segalanya jadi jelas dan dimengerti, kekotoran batin dan tabiat jadi sirna.

 

Bukan hanya berhasil melampaui enam alam tumimbal lahir bahkan juga berhasil melampaui Dasa Dharmadhatu, yang juga berarti dapat melampaui wilayah pengajaran Buddha Sakyamuni, yakni satu miliar buah Galaksi Bima Sakti.

 

Kini, seluruh jagat raya telah menjadi ruang gerakmu, anda bebas bergerak ke mana saja, tanpa batas, bayangkan betapa bebasnya (Jika anda berhasil terlahir ke Alam Sukhavati).

 

Jika anda melatih samadhi hingga berhasil mencapai Rupaloka dan Arupaloka, maka ruang gerakmu adalah keseluruhan enam alam tumimbal lahir (31 alam kehidupan).

 

Anda memiliki kemampuan menjelma di mana saja, jadi tidak butuh moda transportasi, mau ke mana tinggal pikirkan saja, langsung tiba di tempat tujuan, memiliki kemampuan sedemikian rupa.

 

Sesungguhnya setiap orang juga memiliki kemampuan gaib yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan)-nya, Sang Buddha membabarkan kepada kita bahwa “Semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha”, ucapan ini nyata adanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2011

 

Dasa Dharmadhatu :

http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

 

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html

 

Enam jenis kemampuan gaib :

http://daunbodhi.blogspot.com/2016/10/abhinna.html

 

 

佛幫助我們什麼?佛幫助我們破迷開悟,幫助我們覺悟。覺悟,什麼都搞清楚,什麼都明白了,煩惱習氣全沒有了。不但超越六道,還超越十法界,也就是可以超越釋迦牟尼佛的教區,也就是十億個銀河系,整個宇宙都是你活動的空間,你說你多自在。如果只有四禪八定,你的活動空間也不小,就是整個六道輪迴是你活動空間,你有這麼大的活動空間。有神足通,不需要交通工具,想到哪裡,念頭一起,人就已經到了,有這麼大的能力。而這些能力都是本能,每個人自性全都有的。所以,佛法平等,佛在大經上常說,「一切眾生本來是佛」,這句話是真的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六五集)  2011/8/29  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0565