Monday, August 3, 2020

Kutipan Ceramah Master Yin Guang 29 Mei 2011

 

“Tidak merayu”. Mengeluarkan kata-kata yang sedap didengar telinga, padahal sesungguhnya sedang menipu orang. Cakupan ini sangat luas sekali. Menurutku sekarang yang paling umum adalah acara hiburan  di televisi, coba dengar lirik lagu yang dilantunkan para penyanyi, tarian yang diperagakannya, memancing anda pergi melakukan pembunuhan, pencurian, asusila dan berbohong.

 

Hal ini juga mencakup menggombal, melontarkan kata-kata yang sedap didengar telinga, membuat si pendengar hatinya berbunga-bunga, padahal kenyataannya malah terbalik.

 

Bukan hanya zaman now ada hal-hal beginian, bahkan setengah abad yang silam, lagu pop yang kami dengar di dalamnya sudah mengandung unsur rayuan.

 

Anak muda masa kini sangat menyukai lagu-lagu gombalan, menjadikan aktris sebagai idola mereka, mengapa hal ini bisa terjadi? Oleh karena tiap hari mereka bersahabat dengan si televisi, tak pernah terpisah dengan nyanyian dan tarian,  semua ini termasuk dalam cakupan merayu.

 

Maka itu anda harus mengenalinya, apa yang dia peragakan, setelah anda melihat dan mendengarnya, lalu anda dibawa terbang melayang-layang, apakah anda dapat menyadarinya?

 

Semua ini bertentangan dengan ajaran insan suci dan bijak, di dalam “Zuo Zhuan” atau buku sejarah yang ditulis oleh sejarawan tunanetra tersohor yang bernama Zuo Qiu-ming, disebutkan “Manusia yang mengabaikan lima kebajikan adalah siluman”. Lima kebajikan yang dimaksud adalah kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya.

 

Apabila ucapan dan tindakannya tidak welas asih, tidak benar, asusila, tidak bijaksana dan tidak dapat dipercaya, maka dia tidak dapat disebut sebagai manusia lagi, melainkan adalah mara, siluman dan setan jahat lainnya.

 

Yang dimaksud dengan siluman dan setan jahat lainnya, bukanlah makhluk yang berwajah hijau menyeramkan dengan gigi bertaring, kalau yang ginian sih, anda pasti segera menghindar dan mengambil langkah seribu.

 

Namun kenyataannya makhluk jahat itu penampilannya selalu membuat anda senang dan suka padanya, dia sedang memikat-mu. Anda sudah dirugikan dan masuk perangkapnya masih juga tidak menyadarinya, ketika anda telah siuman, menyesal pun sudah terlambat.

 

Sedangkan sisi yang positif adalah merupakan kebalikannya, pertunjukan kesenian yang menyampaikan ajaran kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya.

 

Pertunjukan seni dan budaya Tiongkok zaman dulu, mereka memiliki satu standar yang sama yakni seperti yang dikatakan Konfusius sebagai “Pikiran tidak mengandung niat sesat“. Acara yang diperagakan, yang anda lihat dan anda dengar, takkan membangkitkan pemikiran sesat.

 

Standar ini telah digunakan di Negeri Tirai Bambu beribu-ribu tahun lamanya, setiap Dinasti yang berjaya pasti menerapkan standar ini, terkecuali bagi Dinasti yang hampir runtuh barulah mengabaikan standar ini.

 

Selama di dalam pertunjukan seni tersebut mengandung pemikiran sesat, akan membawa petaka di dalam masyarakat. Hari ini pertunjukan seni di seluruh dunia bertentangan dengan standar seni Tiongkok zaman dulu.

 

Perkataan yang diucapkan insan zaman dulu benar adanya, masyarakat dunia bergolak, bencana yang semakin kerap terjadi di dunia, berkaitan erat dengan niat pikiran dan tindakan manusia, kini kita telah mengerti.

 

Kutipan Ceramah Master Yin Guang 29 Mei 2011

 

「不綺語」,綺語是花言巧語,說的話很好聽,實際上是欺騙人。綺語的範圍包括很多,範圍很大。現在我想最普遍的,每天打開電視,你聽聽那些唱歌跳舞,那些什麼內容?在佛教都叫綺語,他所表演的,他所有的唱詞,引誘你去幹殺盜淫妄。所以這個地方講,這要止、要禁止「前綺側乖理之惡語行」。綺是美麗的意思,花言巧語,說得很好聽、很動聽,其實它與性德相違背,側是偏在一邊,它不正。不但現在,在過去半個世紀之前,我們聽的流行歌曲都是屬於綺語。現在的年輕人他們心目當中最歡喜的,做為自己偶像的,都是些明星、歌星,為什麼?每天沒有離開電視、沒有離開歌舞場,這些全都叫綺語。所以你得認識它,他所表演出來的,讓你看到的、讓你聽到的,把你帶到哪一個方向,你有沒有覺悟到?他走的路不是聖賢之路,聖賢反面是什麼?《左傳》上有一句話說,「人棄常則妖興」。常是什麼?仁義禮智信。如果他的言行不仁、不義、無禮、無智、無信,那用《禮記》的標準來說,他就不算是人了,他是妖魔鬼怪。妖魔鬼怪不是青面獠牙,青面獠牙你早就不會接近他了。你看到他一定非常歡喜,他在引誘你。你自己真正吃虧上當你不知道,到你覺悟到了,後悔已經來不及了。

 

所以正面的,「當行有義語饒益之善」,反過來,古人所謂是言之有物,你的言詞當中有內容,有什麼?有仁義道德。中國古代,用現在的話來說,文藝的演出、表演,它有個共同的標準,這個標準是孔子說的「思無邪」。演出的節目,你看到、聽到、接觸到,你不會有邪念。這個標準在中國用了幾千年,每一個朝代興旺的時候一定遵守,這個朝代將要滅亡的時候,大家都疏忽了。只要文藝的演出裡面是邪思,邪思邪見,這個社會就有災難,社會肯定有動亂。今天,全世界每個國家地區的文藝表演,跟中國古老的標準恰恰相反。古人的話說得沒錯,全世界社會動亂,全世界的災難頻率不斷在上升,與我們居住在地球上的人心行之所感,我們就明白了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二八集)  2011/5/29  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0428

 

 

 

 

 Tempo dulu berinteraksi dengan orang lain mengeluarkan kata-kata kasar, sehingga menyinggung perasaan orang lain, sudah menyakiti hati orang lain masih juga tidak menyadarinya.

 

Insan zaman dulu sangat memandang berat pada tutur bahasa, Konfusius membagi materi pengajarannya ke dalam empat kelompok antara lain yang pertama adalah etika moral, yang kedua adalah ucapan.

 

Mulutmu adalah harimau-mu, si pembicara tidak sengaja, tetapi si pendengar menanggapi dengan serius. Kata-kata yang menyakiti hati orang lain, dia akan menyimpan dendam ini di dalam hatinya, kelak ada kesempatan dia pasti membalasmu, anda masih belum sadar darimana musibahmu ini berasal, maka itu tutur kata paling mudah membuat orang lain tersinggung.

 

Menasehati orang lain juga harus dengan tutur bahasa yang lembut dan harmonis, kalau bukan demikian, sahabat anda pun akan menjauhimu. Walaupun dia bersalah, niat anda menasehatinya memang baik, tetapi tutur kata dan sikap anda sangat jelek, mungkinkah dia mau menerimanya?

 

Saya mengikuti Guru Li selama 10 tahun, ketika ada murid yang melakukan kesalahan, Guru Li takkan langsung menegurnya di depan umum, tetapi menyuruhnya ke ruangan kantornya, barulah kemudian menasehatinya, si murid tercerahkan dan berterima kasih pada guru.

 

Andaikata Guru Li langsung menegurnya di depan umum, belum tentu si murid mau berterima kasih padamu, meskipun dia tahu dirinya bersalah, tetapi anda telah membuatnya kehilangan harga diri, dia malah akan berbalik mendendam padamu.

 

Kutipan Ceramah Master Yin Guang 29 Mei 2011

 

下面是,「不惡口,止前惡言加人之惡行,行軟語之善」。過去處事待人接物言語不善,容易得罪人,得罪人自己還不知道。言語,古人非常重視,孔夫子教學四科,第一個是德行,第二就是言語。言語是禍福之門,說的人無心,聽的人有意。傷害別人的言語,人家會記恨,記恨在心,將來有機會他就來報復你,你不知道禍從哪來的,所以言語是最容易得罪人的。勸善規過都要用軟語,要用柔和,否則的話,你的好朋友跟你就疏遠了。雖然他有過失,你勸他是好意,但是你的言詞態度不行,對方能不能接受?老師教學生都不例外,我跟李老師十年,他老人家教訓學生,絕對不是當著大眾,學生犯了過失,他把他叫到房間裡面去勸導他。勸導,把利害得失分析給他聽,學生覺悟了,對老師感恩。如果在大庭廣眾當中你去喝斥他,不一定會感激你,雖然知道錯誤,你讓他沒面子,他就會懷恨在心。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二八集)  2011/5/29  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0428