Wednesday, June 24, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011 (Bgn 3)


Sebagai siswa Buddha, bukan hanya harus memahami ajaran sutra, namun juga mesti menerapkannya ke dalam kehidupan keseharian, diterapkan dalam bekerja, diterapkan dalam berinteraksi, memperagakannya untuk diperlihatkan kepada orang banyak, serupa dengan Buddha Sakyamuni yang memperagakan buat diperlihatkan kepada khalayak ramai.

Semua orang yang melihatnya takkan merasa ragu, kita benar-benar sanggup melepaskan kemelekatan, takkan mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, takkan mendambakan ketenaran dan keuntungan.

Membiarkan orang-orang yang berada di sekitar kita mengamati dengan seksama, benar-benar memiliki hati suci yang tidak tercemarkan sama sekali, takkan serakah akan ketenaran, takkan rakus akan keuntungan, bersikap tulus kepada semua orang, orang lain bersikap pura-pura padaku, namun saya tetap tulus padanya.

Bahkan terhadap orang yang menfitnah diriku, menghina diriku, mencelakai diriku, saya tetap akan tulus dan menghormatinya. Anda bertanya apa alasannya?

Oleh karena saya hendak terlahir ke Alam Sukhavati, saya ingin meneladani Buddha, Buddha adalah contoh teladan bagiku. Kalau saya belajarnya bukan dengan cara demikian, maka saya akan kembali berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, kini saya tidak ingin bertumimbal lahir lagi.

Sekarang saya hendak terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu saya tidak boleh menggunakan hati tumimbal lahir, saya harus menggunakan Bodhicitta, Bodhicitta adalah hati yang tulus. Hati tumimbal lahir adalah hati semu, munafik penuh kepura-puraan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


我們學佛做佛的弟子,不但要明白,要把它落實在生活、落實在工作、落實在待人接物,做出來給他看,像釋迦牟尼佛當年做出來了。大家看到就不會懷疑,真的我們放得下,自私自利、名聞利養確實能放下。讓人家在旁邊細心觀察,確實有一點無染清淨心,不貪名、不貪利,對人真誠,別人對我虛妄,我對他真誠。甚至於別人毀謗我、侮辱我、陷害我,我還是對他真誠恭敬。你要問為什麼?因為我要到極樂世界去,我想學佛,佛是我的榜樣,是我的典型。我要不是這麼學,那我還要搞六道輪迴,我不想搞六道輪迴。還想搞六道輪迴,用輪迴心無所謂,現在我要想求生極樂世界,我不能用輪迴心,我要用菩提心。菩提心是真心,輪迴心是妄心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九九集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0399


 

 

Sekarang saya hendak terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu saya tidak boleh menggunakan hati tumimbal lahir, saya harus menggunakan Bodhicitta, Bodhicitta adalah hati yang tulus. Hati tumimbal lahir adalah hati semu, munafik penuh kepura-puraan.

Apabila dia telah mengerti dengan jelas akan hal ini, dia takkan curiga berlebihan lagi, dalam bersahabat denganmu, dia akan merasa tenang, mengetahui bahwa anda takkan mengelabui dirinya, takkan mencelakai dirinya.

Dunia sekarang ini, orang Tiongkok zaman dulu memiliki sebuah pepatah, “Hati yang ingin mencelakai orang lain tidak boleh ada, hati yang mewaspadai orang lain tidak boleh tidak ada”, zaman sekarang hati yang mewaspadai itu sudah terlampau ekstrem, memandang semua orang sebagai orang jahat, ini diakibatkan oleh kondisi masyarakat sekarang ini.

Pertama kali saya berangkat ke luar negeri adalah menuju ke Amerika Serikat, barulah mengetahui bagaimana cara petugas bea cukai di sana memandang setiap orang sebagai orang yang patut dicurigai, anda harus menunjukkan bukti bahwa anda adalah orang baik, bukankah ini sungguh celaka?

Leluhur Tionghoa sejak zaman dulu hingga sekarang, mengajarkan pada kita untuk memandang orang lain sebagai orang baik, tidak ada satu pun yang merupakan orang jahat. Orang jahat pasti akan menunjukkan bukti bahwa dia adalah orang jahat.

Sekarang sudah terbalik, sungguh memprihatinkan! Bagi orang Tiongkok zaman dulu, ini merupakan penghinaan besar, bagaimana boleh anda menggunakan hati begini memandang diriku!

Kini norma-norma masyarakat juga sudah terbalik, anda lihat saja sudah bisa mengerti. Jika anda bepergian ke negara asing untuk mendapatkan visa, maka anda butuh surat keterangan berkelakuan baik yang diterbitkan oleh kepolisian setempat, yang membuktikan bahwa anda tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal, tidak pernah melakukan pelanggaran hukum. Masih ada hal yang begitu merepotkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


現在我要想求生極樂世界,我不能用輪迴心,我要用菩提心。菩提心是真心,輪迴心是妄心。

他要把這個搞清楚、搞明白了,他就不懷疑了,他跟你往來,他就放心了,知道你不會騙他,你不會害他。現在這個世間,中國古人也有句話說,「害人之心不可有,防人之心不可無」,現在那個防都防得太厲害了,把所有的人都看成壞人,這是社會造成的。

我第一次出國到美國,才曉得美國的海關看人是怎麼看法,看每個人都不是好人,必須你要拿出證據出來證明你是好人,你說糟不糟糕?我們中國自古以來老祖宗教給我們的,看人每個人都是好人,沒有一個是壞人,壞人一定拿出他造壞事情來證明他是個壞人。你看現在相反了,這多可憐!這個在中國古人說這是奇恥大辱,你怎麼用這種心來看我!

現在整個社會都顛倒了,我們都明白了。到外國去辦個簽證還要良民證,讓地方警察給你出,你沒有犯過罪,沒有做過非法的事情。還有這種麻煩事情。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九九集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0399

 


 

Kini norma-norma masyarakat juga sudah terbalik, anda lihat saja sudah bisa mengerti. Jika anda bepergian ke negara asing untuk mendapatkan visa, maka anda butuh surat keterangan berkelakuan baik yang diterbitkan oleh kepolisian setempat, yang membuktikan bahwa anda tidak pernah terlibat dalam tindakan kriminal, tidak pernah melakukan pelanggaran hukum. Masih ada hal yang begitu merepotkan.

Kita lahir pada era begini, memahami bahwa para makhluk di era ini sangat menderita, kita mengalaminya secara langsung. Pertama-tama kita harus membantu diri sendiri supaya dapat menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan.

Barulah kemudian kita membantu para makhluk yang berjodoh, setiap insan yang dapat menerima, dapat memahami, dapat bertekad, dapat mengamalkan, juga merupakan makhluk yang berjodoh, kita harus membantunya supaya bisa berhasil, serupa dengan kita berupaya meraih keberhasilan.

Mesti membantu para makhluk yang menderita. Hari ini para makhluk yang menderita kenyataannya sulit diselamatkan, pola pikir mereka sudah keliru, dalam hati mereka, di dunia ini takkan ada orang baik lagi. Maka itu Bodhisattva juga sangat kesulitan membantu mereka, harus dengan kebijaksanaan, dengan upaya kausalya, harus memahami kondisi mereka.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


現在整個社會都顛倒了,我們都明白了。到外國去辦個簽證還要良民證,讓地方警察給你出,你沒有犯過罪,沒有做過非法的事情。還有這種麻煩事情。我們生在這個時代,知道這個時代眾生苦,我們親自受到的。首先我們要幫助自己離苦得樂,然後我們幫助有緣眾生,凡是能信、能解、能願、能行的,這都是有緣眾生,那就要幫助他、要成就他,跟成就自己沒有兩樣。「是故拔一切眾生苦,是順菩提門」,一定要幫助這些苦難眾生。今天苦難眾生實際上是難度,他的觀念錯誤,他心目當中,世間沒有好人。所以菩薩幫助他們也非常辛苦,總得以智慧、以善巧方便,要了解他們。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九九集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0399