Buddha Sakyamuni berkata “Merupakan kesempatan yang sulit diperoleh untuk terlahir jadi manusia, juga merupakan kesempatan yang sulit diperoleh untuk dapat mendengar Buddha Dharma” merupakan perkataan yang sejujurnya, memperoleh kesempatan terlahir sebagai manusia dan dapat mendengar Buddha Dharma sungguh tidak mudah!
Pada satu masa kehidupan ini kita harus menggenggam kesempatan ini dengan seerat-eratnya, dalam satu masa kehidupan ini juga harus meraih keberhasilan.
Betapa berharganya kesempatan terlahir sebagai manusia dan mendengarkan Buddha Dharma, maka itu hendaknya melepaskan segala kemelekatan, menyadari enam alam tumimbal lahir adalah khayalan semu. Apakah sekarang kita sudah menyadarinya?
Tidak sadar juga, sudah mendengar bahwa ini adalah khayalan semu, tapi apa daya, masih saja tidak percaya, kebanyakan orang memang setengah percaya setengah tidak. Lantas bagaimana kita tahu kalau dia sudah percaya? Dia akan mengamalkannya dengan serius, berarti dia sudah percaya.
Insan yang benar-benar mengamalkan Ajaran Buddha adalah Bodhisattva, selain diri sendiri mengamalkannya dengan serius, pasti dapat memengaruhi keluarganya.
Dengan perkataan lain, keluarganya pasti ikut mengamalkan, para karyawan-nya juga akan ikut terpengaruh, demikian pula dengan kerabat dan sahabatnya. Dia merupakan seorang pelopor, dia adalah Bodhisattva, merupakan sosok yang penting! Tanpa adanya seorang pemimpin, barisan ini takkan tergerak.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011
佛說「人身難得,佛法難聞」是真話,得人身聞佛法不容易!我們這一生抓住、抓緊,一生就成就了。這是人身、佛法之可貴。要徹底放下,知道六道十法界是假的不是真的。你不知道這樁事情,所以你放不下。我們現在知道不知道?不知道,是聽說了,聽說怎麼樣?不相信。頂多恭維你,說好聽的話,半信半疑,實際上根本就不相信。沒有疑惑,不相信,絕大多數的人是在這個境界裡頭。怎麼知道他相信?他真幹,相信了。學佛的人真幹的有幾個?真幹的人就是菩薩,真幹的人他自己幹,一定影響他的家庭。換句話說,他一家人都幹,他百分之百的在幹,他的家人百分之五十、百分之二十,總是跟著幹,他帶頭。他要是經營一個公司行號,他整個員工也都跟著幹。這都是真的不是假的,我們同學當中也有在做實驗的,做出很好的成績出來。所以帶頭的那個人是菩薩,那個人重要!沒有一個真正好的帶頭,幹不起來。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三九集) 2011/6/6 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0439
“Memberi persembahan dengan giat melatih akar kebajikan”, akar kebajikan yang dimaksud di sini adalah sumber dari segala kebajikan berasal, ada tiga yaitu “Alobha, Adosa, Amoha”, atau tidak tamak, tidak benci dan tidak dungu.
Lobha, dosa, moha disebut sebagai tiga racun. Lobha (keserakahan) berakibat jatuh ke Alam Setan Kelaparan, dosa (kebencian) berakibat jatuh ke Alam Neraka, moha (kedunguan) berakibat jatuh ke Alam Binatang.
Coba kita bayangkan, apakah kita masih memiliki hati loba? Apakah kita masih bisa mengumbar amarah? Apakah di dalam hati kita masih bisa timbul kebencian, pongah, iri hati?
Jika semua kekotoran batin ini masih ada, anda mana ada memiliki akar kebajikan? Tanpa memiliki akar kebajikan maka takkan ada berkah kebajikan. Tanpa memiliki akar kebajikan, berkah kebajikannya adalah palsu.
Tanpa adanya akar kebajikan, jika tidak memiliki berkah kebajikan, maka hal ini lebih bagus. Tanpa adanya akar kebajikan, tetapi memiliki berkah kebajikan, maka pasti akan menciptakan dosa yang berat, setelah meninggal dunia jatuh ke Neraka, sungguh mengerikan!
Maka itu akar kebajikan lebih penting daripada berkah kebajikan. Berkah kebajikan yang tanpa disertai akar kebajikan disebut berkah dungu, oleh karena dungu makanya dia menciptakan karma buruk, yakni niat pikiran yang timbul adalah bagaimana merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, inilah berkah dungu, buah akibatnya pasti buruk.
Tekun melatih akar kebajikan yakni “Giat melatih sila samadhi prajna, memadamkan lobha dosa moha”, ketahuilah bahwa sila, samadhi dan prajna adalah akar kebajikan, kebalikan dari sila, samadhi dan prajna adalah lobha, dosa dan moha.
Dengan sila guna mengatasi lobha, dengan samadhi (konsentrasi) guna mengatasi dosa (kebencian), dengan prajna (kebijaksanaan) guna mengatasi moha (kedunguan), maka itu sila, samadhi dan prajna merupakan tiga macam obat guna mengatasi lobha, dosa dan moha.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011
「勤修善根供養」,什麼是善根?世間法的三善根,就是世間所有的善法從這三個根生的,「不貪、不瞋、不痴」。貪瞋痴叫三毒,貪瞋痴生什麼?生惡業,感地獄、餓鬼、畜生三惡報。我們想想,我們還有沒有貪心?我們還會不會發脾氣?有沒有怨恨心、有沒有傲慢心、有沒有嫉妒心?如果這些都有的話,你哪裡有善根?沒有善根就沒有福德。沒有善根,那個福德是假的不是真的。沒有善根,沒有福德還好,沒有善根有福德他必定造極重的罪業,來生的果報是地獄,可怕!所以善根比福德重要。沒有善根的福德叫痴福,他愚痴,他造惡業,也就是起心動念是損人利己,這就是痴福,果報不好。勤修善根,就是佛法裡常講兩句話,「勤修戒定慧,息滅貪瞋痴」,那你就知道,戒定慧是善根,戒定慧的反面就是貪瞋痴。用戒來止住貪,用定止住瞋恚,用智慧止住愚痴,所以戒定慧是三服藥,對治貪瞋痴的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三九集) 2011/6/6 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0439
Dengan sila guna mengatasi lobha, dengan samadhi (konsentrasi) guna mengatasi dosa (kebencian), dengan prajna (kebijaksanaan) guna mengatasi moha (kedunguan), maka itu sila, samadhi dan prajna merupakan tiga macam obat guna mengatasi lobha, dosa dan moha.
Jika anda tidak bersungguh-sungguh melatih sila, samadhi dan prajna, bagaimana anda dapat meredam lobha, dosa dan moha? Lobha, dosa dan moha, bagi para makhluk di enam alam tumimbal lahir, ini merupakan kekotoran batin tanpa awal, kekotoran batin bawaan lahir, jadi bukan karena pengaruh lingkungan atau pergaulan buruk, tetapi sudah dipelihara sejak kelahiran demi kelahiran lampau, akar ini telah tertanam dengan kokoh.
Begitu lingkungan luar ada sedikit saja godaan, lobha, dosa, moha langsung terpancing keluar, menciptakan karma buruk, tiap hari menciptakannya, berkelanjutan tak terputus.
Ada sebagian pelaku yang menyadari perbuatannya, ada pula sebagian pelaku yang tidak menyadari perbuatannya sama sekali, ketika ada orang lain datang menyadarkan dirinya, dia belum tentu mau menerimanya, mengapa demikian?
Oleh karena dia sudah terbiasa makanya sudah jadi hal lumrah, dia tidak merasa dirinya berbuat salah, menganggap perbuatannya adalah benar, padahal sesungguhnya dia telah keliru.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011
用戒來止住貪,用定止住瞋恚,用智慧止住愚痴,所以戒定慧是三服藥,對治貪瞋痴的。你不認真修戒定慧,你怎麼能把貪瞋痴伏住?貪瞋痴,確實在六道眾生裡面來說,它是無始的煩惱、俱生的煩惱,那個東西不是學的,是過去生生世世帶來的,根深蒂固。外面境界稍稍一誘惑,貪瞋痴馬上就現前,這個現前叫現行、叫造業,立刻就造業了,天天在造,相續不斷。有一些造業自己知道,有一些造業自己並不知道,別人提醒他,他還未必能接受,為什麼?他已經習慣成自然了,他沒有覺得他做錯事情,以為所做的全是對的,全都是如法的,其實做錯了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三九集) 2011/6/6 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0439