Sunday, July 12, 2020

Keyakinan tidak teguh bagaikan embun di pagi hari



Keyakinan tidak teguh bagaikan embun di pagi hari

Anda mengamalkan dengan serius, landasan belajar Buddha Dharma itu mendalam dan tebal, di dalam Pintu Buddha disebut dengan istilah akar kebajikan mendalam dan tebal.

Anda tidak mengamalkan dengan serius, tidak memiliki akar kebajikan. Tidak punya akar kebajikan, makanya tidak meyakini Buddha Dharma, praktisi senior zaman dulu menyebutnya sebagai “Keyakinan tidak teguh bagaikan embun di pagi hari”, begitu fajar menyingsing langsung sirna.

Kalau keyakinan itu tidak ada, dari mana bisa ada tekad! Karena itu, tidak mampu menahan diri terhadap beragam godaan dalam masyarakat, tidak sanggup meredam kekotoran batin di dalam diri, di luar diri tidak sanggup menahan godaan, punya nama resmi sebagai praktisi Buddhis, namun tidak punya pengamalan yang nyata, inilah alasan kemerosotan Buddha Dharma.

Buddha Dharma telah terpuruk hingga sedemikian rupa. Tempo dulu Upasaka Li Bing-nan mengatakan, “Membangun vihara tanpa disertai kegiatan ceramah dan melatih diri, tidak dapat menjayakan Buddha Dharma”, ingin menjayakan kembali Buddha Dharma namun tidak sanggup mewujudkannya.

Hanya praktisi yang benar-benar mengamalkan Sila, Samadhi (konsentrasi) dan Prajna (kebijaksanaan) yang dapat menjayakan kembali Buddha Dharma, jika memisahkan diri dari Sila, Samadhi dan Prajna, maka takkan bisa menjayakan kembali Buddha Dharma.

Dia dapat berceramah, dapat mengajar, tetapi tidak punya pengamalan nyata.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Oktober 2010


信不堅固, 露水道心

你真幹學佛的根基深厚這在佛門術語叫善根深厚你不真幹沒有善根。沒善根,所以對於佛法的信,古德所謂「露水道心」,你信不堅固,像早晨的露水,太陽一出來就沒有了,道心就沒有了。沒有信,哪來的願!因此,沒有辦法抗拒這個社會上種種的誘惑,內伏不住煩惱,外面無法抵禦誘惑,徒有學佛之名,沒有學佛的實質,這是佛法衰的原因。佛法現在衰到極處。廟有,過去李炳南老居士常說,「有廟無道,不能興教」,要讓佛教復興起來做不到。佛教興旺起來要人,真正修戒定慧的人能興佛教,離開戒定慧研究經教的人不能夠興教。為什麼?他能夠講,能夠教,能夠著書立說,調御二個字做不到,道理在此地,得真幹。

本文節錄自 :
淨土大經解演義  (第一六一集)  2010/10/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0161