Menyelamatkan para makhluk adalah butir pertama dari “Empat Tekad Agung Bodhisattva” yang bunyinya : Bertekad menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas. Bagaimana caranya?
Memperagakan Dharma Sejati merupakan cara untuk menyelamatkan para makhluk. Memperagakan adalah menampilkan teladan dengan pengamalan nyata.
Apa yang kita pelajari dari ajaran sutra, diterapkan dalam kehidupan keseharian, dalam pekerjaan, dalam memperlakukan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, kapan saja dan di mana saja kita juga memperagakan Ajaran Buddha.
Hari ini Buddha Dharma telah mengalami kepudaran, tidak berdaya lagi mewujudkan kalimat “Sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil”, oleh karena insan yang benar-benar memahami Ajaran Buddha terlampau sedikit jumlahnya.
Mereka yang sudah mengikutiku selama berpuluh-puluh tahun juga tidak berhasil mempelajarinya, bahkan arah belajarnya telah keliru, menyimpang, mengarah pada kesesatan, orang begini jumlahnya terlampau banyak.
Bukan saja mereka yang berada di sampingku, jika kita melihat kembali ke waktu silam, ketika Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) masih hidup di dunia, banyak sekali pengikutnya, ada berapa banyak yang arah belajarnya jadi menyimpang, berapa banyak pula yang arah belajarnya jadi sesat, andaikata anda mengamatinya dengan seksama, dengan pikiran jernih merenungkannya, anda akan mengerti, anda juga akan menyadarinya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2011
度諸眾生是四弘誓願的第一願「眾生無邊誓願度」。怎麼個度法?演說正法就是度眾生的方法。演是什麼?演是把它做出來。我們從經典上所學到的,一定要落實在生活、落實在工作、落實在處事待人接物,一切處一切時都在表演。表演什麼?表演佛陀的教誨,特別是阿彌陀佛的教誨。今天佛法衰,不能萬修萬人去,就是真正懂得的人太少了。跟在我身邊幾十年的人都沒學到,全學錯了,學偏了,學邪了,這種人太多太多了。不僅是在我身邊,我們回過頭來想想,李老師在世的時候跟他學的人多少,學偏了的有多少,學邪了的人有多少,你要細心觀察,冷靜的反省,你就明白,你就能覺察到。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四五五集) 2011/6/17 台灣高雄 檔名:02-039-0455
Begitu banyak orang yang datang bertanya padaku, mengapa ada praktisi pelafal Amituofo yang tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Saya menggunakan satu kalimat untuk menjawabnya, oleh karena terhadap Alam Sukhavati, dia tidak memahaminya dengan jelas, makanya tidak sudi melatih diri dengan kesungguhan hati, di sinilah letak alasannya.
Andaikata terhadap Alam Sukhavati, dia telah memahaminya dengan jelas, praktisi senior memiliki sebuah perumpamaan yang mengatakan bahwa kekuatan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan sepuluh ribu ekor kerbau ingin menarikmu kembali juga tak berdaya,
Pada zaman dahulu kala, hewan yang memiliki kekuatan paling besar adalah kerbau, sepuluh ribu ekor kerbau ingin menarikmu kembali juga tak berdaya, anda memiliki kekuatan tekad yang sedemikian kokohnya, memiliki keberanian melangkah maju ke depan dengan gigih tanpa gentar.
Bagaimana dengan masa kini? Begitu segelintir keuntungan terpampang di hadapanmu, hatimu langsung goyah dan terpikat olehnya, hatimu langsung mengalami kemunduran. Apa sebabnya?
Segelintir keuntungan ini sekarang tampak nyata di depan mata, sementara keunggulan Alam Sukhavati masih begitu kabur, cuma tahu dikit-dikit dari baca-baca sutra, dengar ceramah pun kagak ngerti, memang begitulah adanya.
Sudah berpuluh-puluh tahun mendengar ceramah, masih juga belum paham, diri sendiri mengira sudah mengerti, kenyataannya dia masih belum paham juga.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2011
有很多人問我,這什麼原因?為什麼這麼多念佛人不能往生?我用一句話回答,對西方極樂世界糢糊、不清楚、不了解,所以不肯認真修學,道理在此地。如果對極樂世界真的清楚明瞭,古大德有一句比喻話說,那個往生的願力萬牛莫挽。古時候力量最大的是牛,一萬頭牛要把你拉回來都拉不動你,你有那麼樣堅決的毅力勇猛向前。現在什麼?小小的利益就把你誘惑住,你就完全退心了。這什麼原因?小利在眼前自己看見了,極樂世界的殊勝模糊,讀經、聽經實際上沒有聽懂,這是真的不是假的,聽幾十年沒聽懂,自以為聽懂了,實際上沒聽懂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四五五集) 2011/6/17 台灣高雄 檔名:02-039-0455
Sudah berpuluh-puluh tahun mendengar ceramah, masih juga belum paham, diri sendiri mengira sudah mengerti, kenyataannya dia masih belum paham juga.
Mengenai paham dan tidak paham ini, Master Zhangjia dan Upasaka Li Bing-nan memiliki pandangan dan standar yang sama, yakni apakah anda ada atau tidak melepaskan kemelekatan, apakah anda ada atau tidak mengamalkannya.
Apabila anda ada melepaskan kemelekatan dan mengamalkannya, maka hal ini menjelaskan anda mendengar ceramah dan memahaminya; sebaliknya setelah mendengar ceramah tetapi masih tidak bersedia melepaskan kemelekatan, tidak mengamalkannya, berarti anda tidak paham.
Master Zhangjia mengatakan kepadaku bahwa Buddha Dharma Mahayana, merupakan sulit dalam teori namun gampang dalam pelaksanaan. Mengapa dikatakan mudah diamalkan? Saat menjelang ajal satu lafalan hingga sepuluh lafalan sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, lihatlah terlampau mudah bukan?
Lantas di mana letak kesulitannya? Kesulitannya terletak pada apakah anda bersedia ke sana? Hal ini adalah sulit. Apakah anda bersedia atau tidak, hal ini berkaitan erat dengan seberapa jauh pengenalanmu terhadap Alam Sukhavati.
Jika anda masih tidak mengenalinya, kurang memahaminya, anda takkan sanggup membangkitkan keyakinan hati.
Boleh dikatakan sejak dulu hingga sekarang, sutra yang dapat menguraikan hal ini dengan jelas dan dimengerti, tak lain adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, bahkan adalah versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju.
Jika tidak sudi menggunakan versi rangkuman ini, maka anda harus membaca lima jenis buku sutra versi terjemahan, anda harus menyadarinya dengan jelas akan hal ini.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2011
聽幾十年沒聽懂,自以為聽懂了,實際上沒聽懂。這個懂不懂,章嘉大師跟李老師他們看法的標準完全相同,你有沒有放下,你有沒有做到。真放下,真做到,說明你真聽懂了;還不肯放下,還不肯做,你沒有聽懂。章嘉大師告訴我,大乘佛法,用哲學上的一句話來說,真正的知難行易。怎麼說行易?臨命終時一念、十念都能往生,你看太容易了。難在哪裡?難在你肯不肯發心去,這個難。肯不肯發心,你對於西方極樂世界有幾多認識,你對它不認識,對它不了解,你的心發不起來。可以說自古以來能把這樁事情講得清楚、講得明白、講得透徹,就是《大乘無量壽經》,而且還就是這個會集本。如果要不用這個會集本,那你就要讀五種原譯本,你才能搞清楚。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四五五集) 2011/6/17 台灣高雄 檔名:02-039-0455
Dunia yang kita tempati sekarang penuh dengan kekacauan, bencana semakin kerap terjadi. Saya baru saja pulang dari Jepang, sewaktu berada di sana, saya dengar orang Jepang juga sangat percaya pada ramalan paranormal, bahkan larut ke dalamnya.
Hal ini dapat dimaklumi, mengapa demikian? Bencana sudah semakin sering terjadi, perlu cari bantuan paranormal, bagaimana cara untuk mengurai bencana.
Kita mendengar perkataan paranormal, harus melewati akal sehat, jangan sembarangan memercayainya, harus pakai kebijaksanaan, tanpa disertai kebijaksanaan bisa saja tertipu.
Maka itu orang-orang yang berprofesi semacam paranormal, baik itu cenayang, tatung maupun orang-orang yang mengaku punya kemampuan gaib, jangan sembarangan memercayai perkataan mereka, harus memiliki kebijaksanaan yang tinggi, jangan sampai tertipu oleh setan.
Jika anda tertipu oleh manusia, mungkin karena anda tidak mengenalinya, tetapi jika anda sempat dibohongi sama hantu, maka anda ini sungguh kasihan.
Masalahnya sekarang kita tidak memiliki kebijaksanaan, lantas standar apa yang harus kita gunakan? “Sutra Usia Tanpa Batas” adalah kebijaksanaan, sutra Mahayana adalah kebijaksanaan, apabila yang dia katakan sesuai dengan isi sutra Mahayana, masih boleh didengar (tetap harus mawas diri, jangan asal percaya), sebaliknya yang dia katakan tidak sesuai dengan isi sutra Mahayana, maka tidak boleh didengar.
Lantas kita bertanya, sekarang ada begitu banyak bencana, tidak ada seorang pun yang tidak menaruh perhatian pada hal ini, kita hidup pada era ini, apa yang harus kita lakukan?
Buddha dan Bodhisattva mengajarkan kita menghapus kejahatan menimbun kebajikan, menjauhi kesesatan berlindung kepada kebenaran, niat pikiran yang timbul adalah terjalin dengan Maha Maitri Karuna. Jika dapat melafal Amituofo maka lebih bagus lagi, memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2011
現在我們所處的世間是亂世,社會混亂,地球災難頻繁。我從日本剛剛回來,在日本看到、聽到,對於有小神通的人他們非常崇拜,幾乎迷入其中。這個事情是可以理解的,為什麼?災難頻繁,得找神通人來幫助,如何來化解災難。我們聽神通人的教誨,一定要有智慧的選擇,沒有智慧辨別會上當。你被他欺騙怎麼辦?你沒有辦法找他,他處在虛無飄渺,給你講的東西可靠嗎?所以這些靈媒、有神通的人,聽他說話一定要有高度的智慧,不要被鬼神騙了。被人騙了,你不知道,不認識人,被鬼神騙,那就更可憐。我們沒有智慧,用什麼標準?《無量壽經》是智慧,大乘經論是智慧,他所說的這個大乘經論上有沒有?如果有,他講的跟大乘經論一樣,可以接受,他講的跟大乘經論不一樣,就不能接受。三藏經典留在這個世間,給世間人最大的幫助莫過於斯。用經論修正我們的思惟,用戒律修正我們的言行,這是佛菩薩的標準。在中國古代世世代代都遵從,沒發生過錯誤,這是我們不能不知道的。
那我們要問,現在災難這麼多,沒有一個人不關心,我們處在這個時代怎麼辦?佛菩薩教人斷惡修善、改邪歸正,起心動念與大慈悲相應。如果能念佛更好,一心專念阿彌陀佛,
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四五五集) 2011/6/17 台灣高雄 檔名:02-039-0455