Bodhicitta
itu bagaikan jarum kompas, sekarang kita hendak keluar dari lautan penderitaan
samsara, yakni enam alam tumimbal lahir. Hal ini mesti dipahami dengan jelas,
saya tidak ingin bertumimbal lahir lagi, pada satu masa kehidupan ini saya
benar-benar ingin mengakhiri samsara. Mengapa demikian?
Tanpa
pemahaman ini, anda takkan sanggup melepaskan kemelekatan pada dunia ini,
walaupun berkeinginan terlahir ke Alam Sukhavati, namun takkan berhasil, harus
melepaskan kemelekatan pada dunia ini terlebih dulu.
Kapan
kita baru belajar melepaskan? Sekarang juga sudah harus melatihnya, jangan
sampai saat menjelang ajal baru belajar melepaskan, sudah tidak sempat lagi.
Bagaimana
caranya belajar melepaskan kemelekatan? Yakni ibarat orang yang bertamasya,
menginap di hotel, anggaplah dunia ini bagaikan tempat penginapan sementara, maka
anda sudah tahu melepaskan.
Esok
saya sudah harus angkat koper pulang ke tempat asalku, segala sesuatu yang ada
di tempat penginapan, satu pun tidak bisa dibawa pergi. Tiap hari melakukan
perenungan sedemikian rupa, terhadap dunia ini takkan mendambakannya lagi,
takkan merindukannya lagi, tiada lagi yang perlu dicemaskan, melangkah pergi
dengan bebas dan elegannya, tanpa beban sama sekali.
Cara
melatih diri ini amatlah penting, diri sendiri memiliki arah yang pasti. Arah
kita adalah Alam Sukhavati di penjuru barat, tujuan kita adalah mendekatkan
diri dan berguru pada Buddha Amitabha,
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 10 Mei 2011
「欲出生死苦海,直登極樂彼岸者,則賴菩提心以為導引」。菩提心就好像指南針一樣,我們現在要出生死苦海,就是六道輪迴。這是一定要認識清楚的,我不想再搞六道輪迴,我這一生真的想離開。為什麼?沒有這個認知,你對這個世間放不下,雖然想到極樂世界,去不了,必須把這個世間放下。什麼時候放下?現前就放下,不要等我臨命終時再放下,來不及了。現前怎麼個放下法?就像我們旅行一樣,我們在旅途,住宿的地方是旅館,你把這個地方當作旅館來看待,就放下了。我離開,明天上路,這個地方一樣都帶不走,這旅館的。天天作如是觀,念念作如是觀,對這個世間沒有留戀、沒有牽掛、沒有顧慮,你走得自在、走得輕鬆。這種修學的方法非常重要,自己有一定的方向。我們在這一生當中,我們的方向就是西方極樂世界,我們的目標就是阿彌陀佛,一心想親近阿彌陀佛,想見阿彌陀佛。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0五集) 2011/5/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0405
Hari ini
Buddha Dharma mengalami kemerosotan, sementara ilmu sains berkembang pesat, ini
merupakan kebenaran yang pasti. Apa alasannya? Manusia telah mencurigai
kebenaran Ajaran Buddha, walaupun Maitri Karuna Buddha dan Bodhisattva hingga
sedemikian mendalamnya, juga tak berdaya membantu, soalnya anda tak percaya,
anda tidak sanggup menerimanya.
Hanya
sedikit orang yang memiliki akar kebajikan, berkah kebajikan, jalinan jodoh
yang tebal, yang ditimbun dari masa kehidupan lampau, mereka ini dapat
menerimanya.
Akar
kebajikan adalah dapat meyakini, dapat memahami. Insan yang bersedia melafal
Amituofo dan bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, merupakan insan yang
memiliki berkah besar, segala pahala di dunia ini tidak ada yang dapat
sebanding dengannya.
Kedudukan
tinggi bukanlah berkah, memiliki harta berlimpah juga bukanlah berkah, meskipun
hari ini anda diangkat menjadi Raja Dewa Mahesvara, yang memiliki kedudukan
tertinggi di Triloka, baik di Kamaloka, Rupaloka maupun Arupaloka, tidak ada
lagi Dewa yang melampaui kedudukannya.
Raja Dewa
Mahesvara memimpin tiga ribu maha ribu dunia saha, tetapi kenapa dibilang dia
tidak memiliki berkah? Setelah mangkat tetap saja berputar kembali di dalam
lingkaran enam alam tumimbal lahir, makanya disebut tidak memiliki berkah.
Mengapa
praktisi pelafal Amituofo dikatakan berberkah? Setelah wafat terlahir ke Alam
Sukhavati, takkan berputar lagi di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir,
begini barulah dikatakan benar-benar memiliki berkah, benar-benar memiliki
kebijaksanaan.
Terhadap
Pintu Dharma Tanah Suci tidak ada keraguan sama sekali, ini disebut memiliki
kebijaksanaan, melafal Amituofo adalah pahala yang sesungguhnya, pahala di Alam
Dewa dan Manusia bukanlah pahala yang sesungguhnya, hal ini mesti dipahami.
Master
Ouyi mengatakan bahwa tanpa disertai dengan keyakinan dan tekad, sebanyak
apapun lafalan Amituofo yang anda lafal, juga tiada gunanya, tidak dapat
terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 10 Mei 2011
Akar
kebajikan = dapat meyakini dan dapat memahami
Berkah
kebajikan = dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan
jodoh = dapat bersua dengan Ajaran Sukhavati
Raja
Dewa Mahesvara :
今天佛法的衰,科學興旺,佛法衰了,這肯定的道理。為什麼?大家對它懷疑,諸佛菩薩慈悲到極處也幫不上忙,你不相信,你不能接受。只有少數人,這少數人善根、福德、因緣,過去生中善根福德深厚的人他能接受。善根是能信、能解,這是善根。真正肯念佛,發願求生淨土,這個人有福,世出世間福報沒有比這個更大的。地位高不是福,擁有財富也不是福,前面說過了。縱然請你去做摩醯首羅天王,三界之內地位最高,沒有比他更高的,統領娑婆三千大千世界,為什麼說他沒福?死了還是要搞六道輪迴,這就沒福。念佛的人為什麼說有福?死了之後生到極樂世界,不再搞六道輪迴了,這真正有福,真有智慧。對於這個法門不懷疑是智慧,真肯幹是真福報,天上人間福報那算什麼福報,這是我們不能不知道的。蕅益大師在這裡說得好,要是沒有信、沒有願,「縱將名號持至風吹不入,雨打不濕」,這是比喻,「如銅牆鐵壁相似,亦無得生之理」,不能往生。沒有信、沒有願,佛念得再多都沒用,不能往生,這是我們不可以不知道的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0五集) 2011/5/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0405