Ada orang bertanya, andaikata saat menjelang ajal, yang datang menjemput itu adalah Bodhisattva Avalokitesvara, apakah boleh mengikutiNya? Boleh. Apa alasannya?
Oleh karena Bodhisattva Avalokitesvara merupakan salah seorang dari “Tiga Suciwan Alam Sukhavati”. Sama halnya pula bila Bodhisattva Mahasthamaprapta yang datang menjemput, juga boleh mengikutiNya.
Tetapi bagaimana kalau kita memilih menunggu Buddha Amitabha? Apakah Buddha Amitabha akan datang menjemput? Tentu saja, Buddha Amitabha pasti datang menjemput. Apa alasannya? Oleh karena ini adalah tekadNya.
Melihat kehadiran Bodhisattva Avalokitesvara, janganlah tergesa-gesa, tunggu sebentar, Buddha Amitabha pasti datang. Andaikata begitu melihat kehadiran Bodhisattva Avalokitesvara lalu sudah tidak sabaran, ingin cepat-cepat pergi mengikutiNya, hal ini juga tidak keliru, cuma tingkatan Bunga Lotus yang dicapai akan lebih rendah sedikit.
Tunggulah sejenak hingga “Tiga Suciwan Alam Sukhavati” hadir di hadapanmu, barulah mengikuti Mereka terlahir ke Alam Sukhavati, maka tingkatan Bunga Lotus yang dicapai akan lebih tinggi sedikit. Mengapa demikian?
Anda memiliki keterampilan samadhi, anda memiliki kesabaran, inilah yang akan menambah tinggi tingkatan Bunga Lotus yang dicapai. Anda mempertahankan kondisi pikiran terfokus tak tergoyahkan, lafalan demi lafalan Amituofo berkesinambungan tak terputus, di dalamnya tidak bercampur dengan bentuk-bentuk pikiran, hanya dengan mempertahankan keterampilan ini maka sudah boleh.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2011
有人來問,如果臨命終時,觀音菩薩來接引,阿彌陀佛沒來,可不可以跟他去?可以。為什麼?觀音菩薩是西方極樂世界三個本尊之一。大勢至菩薩來接引也可以。但是我們要不跟他去,等阿彌陀佛,阿彌陀佛來不來?來,決定來,為什麼?是他的本願。看到觀音菩薩別著急,等一下阿彌陀佛就來了。一看到,跟觀音菩薩去了,也沒錯,品位要低一點,你等一下,觀音、勢至都來了,你品位肯定高一點。為什麼?你有定功,你有耐心,這就是你增高品位的理論依據。你保持著一心不亂,佛號念念相續,裡面沒有雜念滲透進來,只保持這個功夫就行。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五八七集) 2011/9/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0587
Dengan Maitri Karuna memberkati dan melindungi, sehingga praktisi dapat mempertahankan kondisi pikiran terfokus tak tergoyahkan, hal ini sudah pasti adanya, ketika cahaya Buddha datang menyinarimu adalah memberkatimu, pemberkatan yang diberikan oleh Buddha adalah berbanding lurus dengan keterampilan melatih diri yang anda miliki.
Jika anda memiliki keterampilan melatih diri sebanyak satu bagian, maka Buddha akan memberi pemberkatan sebanyak satu bagian; jika anda memiliki keterampilan melatih diri sebanyak sepuluh bagian, maka Buddha akan memberi pemberkatan sebanyak sepuluh bagian.
Kesimpulannya, keterampilan yang sesungguhnya terletak pada melepaskan kemelekatan, jika anda tidak sanggup melepaskan kemelekatan maka apa daya, cahaya Buddha juga tidak berdaya memberkatimu.
Maka itu dalam kehidupan keseharian, harus belajar melepaskan kemelekatan, baik jiwa maupun raga takkan terbelenggu, hati suci tiada noda sama sekali, barulah anda dapat berhasil.
Yang paling ditakutkan adalah pencemaran batin, selain lafalan Amituofo, segala bentuk pikiran lainnya adalah pencemaran batin, baik bentuk pikiran baik maupun bentuk pikiran buruk, semua ini sebaiknya dilepaskan, jangan taruh di hati!
Saat menjelang ajal melihat Buddha Amitabha datang menjemput, cahaya Buddha menyinari, pasti terlahir ke Alam Sukhavati, jangan ada keraguan sama sekali.
Setibanya di Alam Sukhavati, meskipun terlahir pada Bunga Lotus tingkatan paling rendah sekalipun, namun dengan pemberkatan kewibawaan tekad Buddha, anda menjadi Bodhisattva Avaivartika.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2011
Sembilan Tingkat Bunga Teratai :
https://daunbodhi.blogspot.com/2018/12/sembilan-tingkat-bunga-teratai.html
慈悲加佑,令心不亂,這是肯定的,佛光來照你的時候就是加持你,把你自己的功力提升一倍。如果我們自己的功夫只是功夫成片,佛一加持就事一心不亂;你已經念到事一心不亂,臨終佛光一照,你就變成理一心不亂,這些都是真的。所以佛的加持是跟你自己修學功夫成正比例,你有一分功力,佛加持一分;你有十分功力,佛加持你十分。總而言之,真正的功夫都在放下,你放不下不行,你放不下佛光注照加不上。所以在日常生活當中,盡量去放,絕對正確,讓身心乾淨,不要有絲毫的染污,你才能有成就。最怕的是染污,除佛號之外,所有一切念頭都是染污,弘法利生還是染污。染污裡頭有正有邪、有善有惡,最好統統放下,一點染污都沒有,這高!見佛,佛光注照,決定往生,一絲毫疑惑都沒有。生到極樂世界,逕登不退,縱然凡聖同居土下下品往生的人,到西方極樂世界,佛本願威神加持你,你就得到阿惟越致菩薩。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五八七集) 2011/9/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0587
Setibanya di Alam Sukhavati, meskipun terlahir pada Bunga Lotus tingkatan paling rendah sekalipun, namun dengan pemberkatan kewibawaan tekad Buddha, anda juga adalah Bodhisattva Avaivartika.
Bodhisattva Avaivartika telah mencapai tiga ketidakmunduran, anda telah berhasil memperolehnya, anda bukan mencapainya, yang disebut dengan mencapai adalah hasil jerih payahmu sendiri.
Sedangkan kalau disebut dengan memperoleh, adalah anugerah yang diberikan oleh Buddha Amitabha kepada dirimu, sehingga kebijaksanaan, kemampuan gaib, pelatihan dirimu sudah setara dengan Bodhisattva Avaivartika, hal ini sungguh istimewa!
Keistimewaan ini tidak ada di sepuluh penjuru alam, satu-satunya cuma ada di Alam Sukhavati, hal ini juga merupakan alasan mengapa para Buddha Tathagata menasehatimu supaya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati!
Jangan lagi mendambakan dunia fana ini, begitu terlahir ke Alam Sukhavati, saat permulaan kita pasti menginjakkan kaki di Tanah Suci tingkatan paling rendah yakni “Tanah Suci Kediaman Insan Suci dan Orang Awam”, mengapa demikian?
Oleh karena kita belum sanggup melenyapkan kekotoran batin, hanya mampu meredamnya saja. Setibanya di Alam Sukhavati, dengan mengandalkan pemberkatan kekuatan Buddha Amitabha, kita telah setara dengan Bodhisattva Avaivartika.
Bodhisattva Avaivartika telah mencapai pembebasan agung, serupa dengan telah menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan, beginilah kondisi batin Bodhisattva Avaivartika.
Maka itu begitu kekuatan Buddha memberkati, kebijaksanaan kita terbuka, seluruh kemampuan alami kita pulih seperti sedia kala, termasuk kemampuan gaib juga muncul ke permukaan, sehingga kita memiliki kemampuan untuk berjelajah ke seluruh jagat raya, menyelamatkan para makhluk yang berjodoh.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2011
Penjelasan Bodhisattva Avaivartika baca di :
http://daunbodhi.blogspot.com/2014/07/bodhisattva-avaivartika.html
Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :
http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html
生到極樂世界,逕登不退,縱然凡聖同居土下下品往生的人,到西方極樂世界,佛本願威神加持你,你就得到阿惟越致菩薩。
阿惟越致菩薩是三不退,你都證到了,你是得到,你不是證到,證到是你自己的,這是什麼?阿彌陀佛給你的,讓你自己的智慧神通道力跟阿惟越致菩薩相等,這個不得了!這個信息十方世界沒有,只有極樂世界有,這就是為什麼諸佛如來勸你到極樂世界去,太好了!這個世界別再逗留了。生到極樂世界是圓生四土,圓是圓滿。我們生肯定生凡聖同居土,為什麼?我們煩惱斷不掉,我們今天煩惱只是有本事把它伏住,斷不掉,這是真的不是假的。到極樂世界全憑佛力加持,居然把自己提升到跟阿惟越致菩薩相等。阿惟越致得大自在,在我們這個地方講,像禪宗講的大徹大悟、明心見性、見性成佛,他是這個境界,阿惟越致是這個境界。所以佛力一加持,好像智慧開了,能力恢復了,三明六通都現前,就有能力跟遍法界虛空界有緣眾生起感應道交的作用。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五八七集) 2011/9/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0587